Kelebihan dan 6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan Dalam Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 0

Menjual sebuah produk atau layanan ke banyak orang lebih mudah daripada untuk membuat pelanggan Anda bisa kembali membeli produk atau layanan Anda. Mendapatkan kembali pelanggan Anda tidak mudah karena Anda harus membuat pelanggan Anda menyukai produk atau layanan Anda. Selain dari faktor kualitas produk atau layanan Anda, Anda perlu membuat strategi remarketing yang ampuh.

Remarketing adalah sebuah upaya untuk membuat pelanggan Anda ingin kembali membeli produk atau layanan Anda, remarketing sangat menguntungkan Anda dalam menarik pelanggan lama Anda untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Semua itu akan berdampak pada meningkatnya loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.

Ada berbagai kelebihan dari teknik remarketing, Anda akan mengetahui lebih banyak tentang remarketing beserta tipe-tipe remarketing yang umum digunakan dalam bisnis. Anda bisa membaca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan pengetahuan tentang remarketing dan strategi dalam menjalankan teknik remarketing berdasarkan tipe-tipenya.

 

Apa Itu Remarketing dan Kelebihannya untuk Bisnis

Kelebihan dan 6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan Dalam Bisnis
 

 

Salah satu cara untuk bisa menarik kembali orang-orang yang pernah menggunakan produk atau layanan Anda disebut Remarketing. Remarketing adalah sebuah cara untuk bisa terhubung kembali dengan orang-orang yang pernah menjadi pelanggan Anda. Sebagai seorang pebisnis, Anda bisa melakukan cara remarketing untuk membuat orang-orang kembali membeli produk atau layanan Anda. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda melakukan remarketing.

  • Membuat pelanggan Anda akan membeli lagi produk atau layanan Anda.
  • Brand awareness akan meningkat.
  • Loyalitas pelanggan Anda akan semakin tinggi.
  • Produk atau layanan Anda mudah untuk didapatkan oleh pelanggan Anda.
  • Membuat keuntungan Anda meningkat karena banyaknya orang yang menjadi pelanggan tetap Anda.

 

Baca Juga  :     Sensory Marketing : Definisi dan 5 Indra Utamanya

 

6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan dalam Bisnis

Kelebihan dan 6 Tipe Remarketing yang Umum Digunakan Dalam Bisnis
 

Anda sudah mengetahui apa itu Remarketing, Anda harus tahu juga bahwa remarketing terbagi menjadi beberapa tipe. Tipe-tipe tersebut bisa membuat Anda melakukan analisis terhadap strategi remarketing yang ingin Anda jalankan. Penting untuk mengetahui tipe-tipe remarketing yang umum digunakan dalam bisnis, berikut ini merupakan 6 tipe remarketing yang umum digunakan dalam bisnis.

  • Display Remarketing

    Display Remarketing adalah jenis yang paling umum digunakan untuk memancing pelanggan Anda kembali untuk menggunakan produk atau layanan Anda. Display remarketing menggunakan iklan berbayar untuk menjalankannya, Anda memasang iklan yang akan muncul di margin situs web pihak ketiga, dimana iklan tersebut akan menjangkau pengguna yang telah mengunjungi situs Anda. Cara menjalankan display remarketing salah satunya adalah memasang iklan di Google Ads. Google Ads akan melakukan pelacakan terhadap cookie dan kemudian menargetkan pengguna yang mengunjungi situs Anda dengan iklan untuk produk atau layanan Anda. Google ads akan menampilkan iklan Anda kepada orang-orang yang terhubung dengan jaringan Display Google.

  • Search Remarketing

    Hampir sama dengan display remarketing, search remarketing memanfaatkan iklan berbayar seperti Google Ads, bedanya Anda akan menemukan iklan ini di SERP (Search Engine Results Page) pada peringkat pertama atau kedua. Anda akan menemukan tulisan Ad pada samping kiri judul website. Berbeda dengan display remarketing yang menggunakan pihak ketiga (website lain) untuk menampilkan iklan Anda, search remarketing memanfaatkan pencarian Google Anda. Saat Anda menggunakan Google Ads, maka Google Ads akan menggunakan fitur Remarketing lists for search ads (RLSA) untuk menampilkan ulang iklan Anda ke mesin pencarian.

  • Dynamics Remarketing

    Dynamics Remarketing merupakan tipe remarketing yang cukup unik dari kedua tipe di atas. Dynamics remarketing punya ciri khas tersendiri, yaitu memanfaatkan konten yang berbeda untuk setiap pengguna internet. Misalnya saja, Anda baru saja mencari layanan hosting di salah satu situs website, khususnya kemudian Anda pasti akan menemukan iklan tentang layanan hosting seperti idcloudhost.com yang akan menampilkan iklan tersebut kepada Anda. Tipe dynamics remarketing sangat efektif karena mampu menampilkan iklan berdasarkan personalisasi dari setiap pengguna di internet. Iklan yang ditampilkan pasti sesuai dengan apa yang sedang Anda butuhkan.
     
    Baca Juga  :   Strategi dan Kiat Menerapkan Business Process Management Bagi Bisnis/Perusahaan

  • Video Remarketing

    Video remarketing adalah cara remarketing untuk membuat orang yang sudah membeli produk atau layanan Anda bisa tertarik lagi kepada produk atau layanan Anda dengan melihat iklan video yang Anda buat. Video remarketing bisa Anda pasang di platform berbagi video seperti YouTube, Instagram, atau TikTok. Anda hanya tinggal menyesuaikan siapa target pelanggan Anda sebelumnya yang ingin Anda jangkau kembali. Anda bisa menggunakan video remarketing untuk membuat orang-orang kembali membeli atau menggunakan brand Anda. Tips membuat video remarketing adalah membuat durasi yang singkat dan menarik, Anda harus membuat orang-orang tidak melewati iklan video yang Anda pasang.

  • Email Remarketing

    Salah satu tipe yang efektif untuk melakukan remarketing adalah email remarketing. Anda bisa mengajak pengguna lama Anda untuk menggunakan produk atau layanan Anda dengan satu email ke banyak orang. Anda juga pasti sudah memiliki daftar pelanggan Anda yang tidak lagi melakukan transaksi ke situs Anda, email remarketing bekerja untuk mendapatkan pelanggan Anda kembali menggunakan produk atau layanan Anda. Tips ampuh untuk melakukan email remarketing adalah memberikan pelanggan lama Anda diskon spesial agar mereka ingin membeli produk atau layanan Anda lagi. Anda juga bisa memberitahu mereka tentang produk atau layanan baru yang Anda luncurkan agar menarik perhatian.

  • Social Media Remarketing

    Social media remarketing adalah salah satu cara yang cukup ampuh untuk memancing pelanggan lama Anda untuk menggunakan kembali produk atau layanan Anda. Anda bisa memasang iklan di sosial media seperti Facebook atau Instagram untuk memancing pelanggan lama Anda mengunjungi sosial media Anda kembali. Anda juga bisa melakukan remarketing dengan cara memberi giveaway atau hadiah untuk orang-orang yang pernah membeli atau menggunakan produk Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur di snapgram seperti polling untuk memastikan apakah pelanggan lama Anda masih mengikuti Anda di sosial media mereka. Social media remarketing ini bisa menjadi cara yang cukup efektif untuk mendapatkan hati pelanggan lama Anda kembali.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Sukses Menggunakan Go-To-Marketing Strategy

 

Kesimpulan dan Penutup

Remarketing adalah sebuah cara untuk membuat pelanggan lama Anda bisa tertarik lagi untuk membeli produk atau layanan Anda. Ada berbagai tipe remarketing yang ampuh untuk menarik pelanggan lama Anda kembali, ada enam remarketing umum yang biasa digunakan untuk bisnis, yaitu display remarketing, search remarketing, dynamics remarketing, video remarketing, email remarketing, dan sosial media remarketing.

Semua tipe-tipe remarketing tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, Anda bisa memilih tipe mana yang ingin Anda gunakan untuk melakukan remarketing. Anda harus menyesuaikan yang paling bisa Anda jalankan dengan maksimal agar pelanggan Anda bisa kembali membeli produk atau layanan Anda. Ini akan meningkatkan pendapatan Anda ketika pelanggan lama Anda kembali untuk membeli produk atau layanan Anda. Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari remarketing adalah menambah loyalitas pelanggan, peningkatan SEO karena brand Anda kembali mulai dibicarakan oleh banyak pelanggan lama Anda, dan masih banyak manfaat lainnya.

 

 

Related Post :

popup image