Sejarah Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Siapa yang tidak mengenal komputer saat ini, apalagi di tengah dunia yang canggih dan digitalisasi. Adapun komputer itu sendiri bisa berbentuk komputer desktop pribadi, laptop, dan tablet. Semua ini menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari sehingga sulit untuk mengingat waktu ketika komputer belum diciptakan.

Tapi rupanya, komputer seperti yang dikenal dan digunakan saat ini masih tergolong baru. Meskipun komputer secara teknis telah digunakan sejak sempoa sekitar 5000 tahun yang lalu, komputer modern yang memiliki pengaruh terbesar dan paling mendalam pada masyarakat.

Komputer digital berukuran penuh pertama dalam sejarah dikembangkan pada tahun 1944. Disebut Mark I, komputer ini hanya digunakan untuk perhitungan dan beratnya lima ton. Terlepas dari ukurannya dan kemampuannya yang terbatas, ini adalah komputer pertama dari banyak yang akan memulai generasi pengembangan dan pertumbuhan komputer yang dikenali seperti sekarang.

 

Sejarah Penciptaan dan Pengembangan Komputer

Sejarah Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun
 

Sebagai mesin yang canggih, komputer adalah mesin elektronik yang mengumpulkan informasi, menyimpannya, memprosesnya sesuai dengan instruksi pengguna, dan kemudian mengembalikan hasilnya. Komputer menjadi perangkat elektronik yang dapat diprogram yang melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis menggunakan serangkaian instruksi yang disediakan oleh pengguna.

Charles Babbage dikatakan sebagai Bapak Komputer, karena dialah yang pertama kali mencetuskan ide desain dasar komputer. Dengan kebutuhan untuk mengembangkan perangkat yang dapat melakukan perhitungan dengan presisi mutlak dan menghilangkan kesalahan perhitungan dalam perencanaan dan rekayasa, Babbage menawarkan kepada dunia desain untuk komputer pertamanya yang disebut Mesin Perbedaan (Difference Engine).

Dari sini perkembangan komputer secara bertahap selama bertahun-tahun. Sama seperti tahap kedipuna, komputer juga telah menghadapi evolusi teknis selama bertahun-tahun. Dengan kemajuan dalam pengetahuan ilmiah dan kemajuan teknis yang meningkat, komputer tumbuh lebih pintar dari hari ke hari.

Maka karena ilmu pengetahuan juga ikut maju setiap waktu, telah mampu menjadi ujung tombak perbaikan yang memungkinkan komputer untuk maju juga. Sekarang, komputer masa depan dapat membuat keputusan sendiri dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang lebih baik.

 

Baca Juga   :      Apa Itu Server, Pengertian, Fungsi, Jenis Serta Contoh Penerapannya

 

Mengenal Perangkat Komputasi Awal

Setiap generasi komputer telah membawa kemajuan yang signifikan dalam kecepatan dan kekuatan untuk tugas-tugas komputasi. Begitu juga setiap generasi komputer dicirikan oleh perkembangan teknologi utama yang secara mendasar mengubah cara komputer beroperasi.

Sebagian besar perkembangan besar dari tahun 1940-an hingga saat ini telah menghasilkan mesin dan teknologi komputasi yang semakin kecil, murah, lebih bertenaga, dan lebih efisien, sehingga meminimalkan penyimpanan dan meningkatkan portabilitas. Dibawah ini beberapa bagian dari sejarah komputasi awal :

  • Sempoa (Abacus)

    Sempoa ditemukan oleh orang Cina sekitar 4000 tahun yang lalu. Ini adalah alat penghitungan yang dibuat dari rak kayu dengan batang logam dengan manik-manik yang melekat padanya. Operator sempoa menggerakkan manik-manik sesuai dengan pedoman tertentu untuk menyelesaikan perhitungan aritmatika.

  • Napier’s Bones

    John Napier merancang Napier’s Bones, alat penghitung yang dioperasikan secara manual. Untuk menghitung, alat ini menggunakan 9 strip gading (tulang) terpisah yang ditandai dengan angka untuk mengalikan dan membagi. Ini juga merupakan mesin pertama yang menghitung menggunakan sistem titik desimal.

  • Pascaline

    Pascaline ditemukan pada tahun 1642 oleh Blaise Pascal, seorang matematikawan dan filsuf Perancis yang dianggap sebagai kalkulator mekanis dan otomatis pertama. Adapun bentuknya adalah kotak kayu dengan roda gigi dan roda di dalamnya.

  • Stepped Reckoner atau roda Leibniz

    Pada tahun 1673, seorang matematikawan-filsuf Jerman bernama Gottfried Wilhelm Leibniz meningkatkan penemuan Pascal untuk membuat peralatan ini. Temuan ini adalah kalkulator mekanik digital yang dikenal sebagai penghitung langkah karena menggunakan drum bergalur, bukan roda gigi.

  • Difference Engine

    Pada awal 1820-an, Charles Babbage menciptakan Difference Engine yang merupakan komputer mekanik yang bisa melakukan perhitungan dasar. Komputer ini adalah mesin hitung bertenaga uap yang digunakan untuk memecahkan tabel numerik seperti tabel logaritma.

  • Mesin Analitis

    Charles Babbage menciptakan mesin hitung lain, Analytical Engine, pada tahun 1830 yang merupakan komputer mekanis yang mengambil input dari kartu punch. Mesini ini mampu memecahkan masalah matematika dan menyimpan data dalam memori yang tidak terbatas.

  • Mesin tabulasi

    Seorang Ahli Statistik Amerika yakni Herman Hollerith menemukan mesin ini pada tahun 1890. Mesin Tabulasi adalah tabulator mekanis berbasis kartu punch yang bisa menghitung statistik dan merekam atau mengurutkan data atau informasi. Hollerith mulai memproduksi mesin ini di perusahaannya, yang akhirnya menjadi International Business Machines (IBM) pada tahun 1924.

  • Penganalisis Diferensial (Differential Analyzer )

    Vannevar Bush memperkenalkan komputer listrik pertama, Differential Analyzer, pada tahun 1930. Mesin ini terdiri dari tabung vakum yang mengalihkan impuls listrik untuk melakukan perhitungan. Itu mampu melakukan 25 perhitungan dalam hitungan menit.

  • Mark I

    Howard Aiken berencana untuk membangun sebuah mesin pada tahun 1937 yang dapat melakukan perhitungan besar-besaran atau perhitungan dengan menggunakan angka yang sangat besar. Komputer Mark I dibangun pada tahun 1944 sebagai kolaborasi antara IBM dan Harvard.

 

Baca Juga   :      Jaringan Komputer atau Computer Network Pengertian LAN, WAN dan MAN

 

Sejarah Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun

Sejarah Generasi Komputer dari Tahun ke Tahun
 

 

Sebelum 1990-an, komputer sangat mahal dimana tidak semua orang mampu membelinya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, setiap orang normal mampu membeli laptop atau komputer dengan teknologi baru dan canggih. Ini tidak terlepas dari adanya evolusi dari generasi komputer yang membuat manusia bisa memiliki komputer sendiri.

  • Generasi Pertama : Tabung Vakum (1940–1956)

    Sistem komputer pertama menggunakan tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk memori utama, dan seringkali berukuran sangat besar sehingga membutuhkan tempat penyimpanan besar. Serian itu, komputer ini sangat mahal untuk dioperasikan dan menggunakan banyak listrik, sehingga menghasilkan banyak panas, yang sering menjadi penyebab malfungsi.

  • Generasi Kedua : Transistor (1956–1963)

    Generasi kedua ini ditandai ketika transistor menggantikan tabung vakum di komputer generasi kedua. Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 tetapi tidak digunakan secara luas di komputer sampai akhir 1950-an. Komputer generasi ini juga mencakup kemajuan perangkat keras seperti memori inti magnetik, pita magnetik, dan disk magnetik.

  • Generasi Ketiga : Sirkuit Terpadu (1964–1971)

    Perkembangan sirkuit terpadu merupakan ciri dari komputer generasi ketiga. Transistor diperkecil dan ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer.

  • Generasi Keempat : Mikroprosesor (1971–sekarang)

    Mikroprosesor mengantarkan komputer generasi keempat, karena ribuan sirkuit terintegrasi dibangun ke dalam satu chip silikon. Teknologi pada generasi pertama yang memenuhi seluruh ruangan kini dapat digenggam dalam genggaman. Chip Intel 4004, dikembangkan pada tahun 1971, mengintegrasikan semua komponen komputer, dari unit pemrosesan pusat dan memori hingga kontrol input/output, pada satu chip.

  • Generasi Kelima : Kecerdasan Buatan

    Teknologi komputer generasi kelima, berbasis kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan, meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang digunakan saat ini. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor membantu mewujudkan kecerdasan buatan. Sejauh ini, ini juga merupakan generasi utama untuk mengemas sejumlah besar penyimpanan ke dalam perangkat yang ringkas dan portabel.

 

Baca Juga  :     Memahami Topologi dan Kegunaan Computer Network (Jaringan Komputer)

 

 

Kesimpulan dan Penutup

Sejak evolusi manusia, perangkat telah digunakan untuk perhitungan selama ribuan tahun. Salah satu perangkat paling awal dan paling terkenal adalah sempoa. Kemudian pada tahun 1822, bapak komputer, Charles Babbage mulai mengembangkan komputer mekanik pertama.

Kemudian lebih dari satu abad kemudian dalam sejarah komputer, dunia melihat komputer elektronik pertama yang dibuat untuk tujuan umum yang disebut ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). Penemu komputer ini adalah John W. Mauchly dan J. Presper Eckert. Seiring waktu, teknologi berkembang dan komputer menjadi lebih kecil dan pemrosesan menjadi lebih cepat seperti yang diketahui dan digunakan masyarakat modern sekarang.

 

 

 

Related Post :