Sejarah Internet of Things (IoT) dan Fungsi/Manfaatnya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Internet of Things (IoT) merupakan teknologi terkini yang menciptakan jaringan global mesin dan perangkat yang mampu berkomunikasi dan bertukar data satu sama lain melalui internet. Hanya saja berbeda dengan internet biasa, IoT adalah cara dimana semua informasi tentang objek yang terhubung, menganalisisnya, dan membuat keputusan. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa Internet of Things lebih pintar daripada Internet karena kamera keamanan, sensor, kendaraan, gedung, dan perangkat lunak adalah contoh hal-hal yang dapat saling bertukar data dengan praktis.

Jadi, Internet of Things (IoT) menggambarkan jaringan objek fisik atau sesuatu yang disematkan dengan sensor, perangkat lunak, dan teknologi lainnya untuk satu tujuan yakni menghubungkan dan bertukar data dengan perangkat dan sistem lain melalui internet. Perangkat ini berkisar dari benda-benda rumah tangga biasa hingga alat-alat industri yang canggih. Dengan lebih dari 7 miliar perangkat IoT yang terhubung saat ini, para ahli memperkirakan jumlah ini akan tumbuh dari 10 miliar pada tahun 2020 menjadi 22 miliar pada tahun 2025 nanti.

Ekosistem IoT sendiri terdiri dari perangkat pintar berkemampuan web yang menggunakan sistem tertanam, seperti prosesor, sensor, dan perangkat keras komunikasi, untuk mengumpulkan, mengirim, dan bertindak berdasarkan data yang mereka peroleh dari lingkungan mereka. Kemudian perangkat IoT akan berbagi data sensor yang dikumpulkan dengan menghubungkan ke gateway IoT atau perangkat edge lainnya, tempat data dikirim ke cloud untuk dianalisis atau dianalisis secara lokal. Terkadang, perangkat ini berkomunikasi dengan perangkat terkait lainnya dan bertindak berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari satu sama lain. Perangkat melakukan sebagian besar pekerjaan tanpa campur tangan manusia, meskipun orang dapat berinteraksi dengan perangkat, misalnya untuk mengatur, memberi instruksi, atau mengakses data hanya dengan perintah suara.

 

Mengenal Sejarah Singkat Internet of Things (IoT)

Sejarah Internet of Things (IoT) dan Fungsi/Manfaatnya
 

Walau kini sudah menjadi umum, ternyata Internet of Things (IoT) merupakan terobosan dan inovasi teknologi yang sebenarnya cukup baru meski wacana mesin berkomunikasi satu sama lain sudah ada sejak awal 1800-an. Mesin telah menyediakan komunikasi langsung sejak telegraf dan telepon rumah pertama yang dikembangkan pada tahun 1830-an dan 1840-an. Digambarkan sebagai telegrafi nirkabel, transmisi suara radio pertama terjadi pada 3 Juni 1900, alat ini menyediakan komponen lain yang diperlukan untuk mengembangkan Internet of Things.

Dari kemajuan ini maka dapat disimpulkan bahwa perkembangan komputer dimulai pada tahun 1950-an. Internet yang merupakan komponen penting untuk dapat mengoperasikan IoT sendiri dimulai sebagai bagian dari DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) pada tahun 1962 lalu berkembang menjadi ARPANET pada tahun 1969. Pada tahun 1980-an, penyedia layanan komersial mulai mendukung penggunaan ARPANET untuk publik, memungkinkannya untuk berkembang menjadi internet modern yang dikenal dunia saat ini.

Kemudian kemajuan teknologi berkembang dengan munculnya Global Positioning Satellites (GPS) pada awal 1993 yang dioperasikan departemen dari Amerika Serikat. Dari satelite milik pemerintah maka berkembang lagi untuk kegunaan komersial yang menyediakan komunikasi dasar untuk sebagian besar IoT.

 

Baca Juga  :     Mengenal Internet Download Manager : Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Fungsi dan Manfaat Internet of Things (IoT)

Sejarah Internet of Things (IoT) dan Fungsi/Manfaatnya
 

 

Secara sederhana, Internet of Things terdiri dari perangkat apa pun dengan saklar hidup dan mati yang terhubung ke Internet. Alat canggih ini mencakup hampir semua hal, mulai dari ponsel hingga perawatan gedung hingga mesin jet pesawat terbang. Perangkat medis, seperti implan monitor jantung atau transponder biochip pada hewan ternak, dapat mentransfer data melalui jaringan dan merupakan anggota IoT. Dengan adanya saklar mati dan hidup, maka secara teoritis dapat menjadi bagian dari sistem mengingat IoT terdiri dari jaringan raksasa dan perangkat yang terhubung ke internet. Berikut beberapa fungsi dan manfaat lainnya dalam kehidupan masyarakat modern abad ini.

  • Akses informasi secara real-time

    Manfaat utama dari perangkat yang terhubung ke internet adalah mereka menyediakan informasi nyata atau langsung. Contohnya seperti produk di seluruh gudang besar semuanya terhubung ke jaringan lokal. Koneksi terus-menerus ini memberikan informasi seperti pergerakan produk yang masuk dengan waktu dan tanggal dan data kapan stok baru perlu dipesan dan dalam jumlah berapa. Anda dapat mempertimbangkan peluang perangkat yang terhubung ke internet dalam pengaturan di mana pemantauan waktu nyata sangat penting. Selain itu contoh lain seperti sensor yang mengukur suhu yang dapat memberikan umpan balik ke sistem yang mengontrol dan mengotomatiskan pendinginan komersial dan industri.

  • Pengurangan biaya

    Pengurangan biaya tersebar luas ketika perangkat terhubung dan terhubung ke jaringan. Data mesin ke mesin (M2M) ini tidak hanya menyediakan data waktu nyata dan peluang untuk analisis, tetapi juga memungkinkan peningkatan efisiensi yang jauh lebih besar di seluruh bidang. Tidak hanya terbatas pada teknologi inventaris cerdas, tetapi juga pengurangan biaya pengembangan dan penurunan biaya bahan karena saat sensor dan konektivitas internet diluncurkan, bisnis menjadi lebih pintar.
     
    Baca Juga : Cache  :   Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet

  • Peningkatan efisiensi dan produktivitas bisnis

    Sama seperti produk yang diaktifkan suara perintah Google untuk meningkatkan efisiensi di rumah, IoT juga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis dan industri. Manfaatnya bisa dilihat dari pengumpulan data yang ditingkatkan melalui jaringan perangkat yang terhubung ke internet dapat memberikan informasi yang sangat rinci yang dapat dianalisis dan digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan layanan pelanggan atau proses bisnis.

  • Meningkatkan pemantauan dengan sensor

    Untuk bisnis, Internet of Things memberikan peluang fantastis untuk pertumbuhan dan pengumpulan data. Saat digunakan di seluruh jaringan objek, data yang dikumpulkan dapat menginformasikan keputusan bisnis pada tingkat yang benar-benar terperinci. Contoh sederhana, tag yang terhubung ke internet pada produk supermarket dapat memberikan informasi real-time dan langsung tentang tren pembelian di hari-hari biasa. dengan begitu, ini akan memberikan kontrol inventaris yang jauh lebih baik, dan juga memberikan wawasan yang sangat baik tentang pola pembelian. Bahkan dapat ditautkan langsung ke transaksi pelanggan individu di kasir dan referensi silang dengan data kode pos yang juga dikumpulkan.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Internet Clean Pipe Technology : Fungsi dan Manfaatnya Dalam Perlindungan Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Dimulai dengan teknologi sederhana dan munculnya internet yang semakin umum digunakan di abad baru ini, manusia juga mencari cara termudah untuk menghubungkan semua perangkat mereka dengan lebih mudah. Manusia mencari cara cepat, praktis dan efisien agar pekerjaan mereka menjadi lebih singkat dengan memanfaatkan mesin yang sudah terhubung sehingga mereka bisa memberikan kode ataupun perintah.

Munculnya inovasi sehebat Internet of Things (IoT) di dunia telah membuat semua impian itu menjadi kenyataan karena dari sini juga muncul berbagai peluang baru. Mulai dari pengguna individu yang hanya memastikan rumah dan properti mereka aman, hingga bisnis dan perusahaan yang mengintegrasikan Internet of Things (IoT) dalam operasional keseharian mereka untuk membuat pekerjaan lebih cepat dan praktis.

Karena kemampuan IoT memberikan informasi yang lebih baik kepada bisnis dan orang-orang tentang dan kontrol atas objek dan lingkungan yang saat ini berada di luar jangkauan internet. Dengan demikian, IoT membantu bisnis dan orang-orang untuk lebih terhubung dengan dunia di sekitar mereka dan melakukan pekerjaan yang lebih bermakna dan tingkat yang lebih tinggi.

Related Post :

popup image