Sejarah Singkat dan Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman C++

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Dibuat oleh ilmuwan komputer terkenal Bjorne Stroustrup sebagai bagian dari evolusi keluarga bahasa C yang sudah ada sebelumnya, C++ adalah bahasa komputer berorientasi objek yang C++ diucapkan ‘see-plus-plus’. Bahasa ini dikembangkan sebagai peningkatan lintas platform dari C untuk memberi pengembang tingkat kontrol yang lebih tinggi atas memori dan sumber daya sistem.

Selain itu banyak juga yang menyebut C++ sebagai ‘C dengan kelas’ karena memperkenalkan prinsip-prinsip pemrograman berorientasi objek, termasuk penggunaan kelas yang ditentukan, ke kerangka bahasa pemrograman C. Tidak hanya dalam pemrograman komputer itu sendiri, tetapi juga dalam mengajar programmer baru tentang cara kerja pemrograman berorientasi objek, C++ menjadi bahasa yang tetap berguna seiring waktu dan keperluan pengembangan.Namun tidak hanya mampu mendukung berorientasi objek, tetapi juga prosedural dan fungsional.

Dikarenakan fleksibilitas dan skalabilitasnya yang tinggi, C++ dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak, aplikasi, browser, Graphical User Interface (GUI), sistem operasi, dan game. Saat ini C++ masih sangat populer dan umum digunakan karena portabilitasnya yang memungkinkan pengembang untuk membuat program yang dapat berjalan pada sistem operasi atau platform yang berbeda dengan sangat mudah. Meskipun merupakan bahasa tingkat tinggi, karena C++ masih dekat dengan C, bahasa ini juga dapat digunakan untuk manipulasi tingkat rendah karena hubungannya yang erat dengan bahasa mesin.

 

Sejarah Singkat Pengembangan Bahasa Pemrograman C++

Sejarah Singkat dan Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman C++
 

C++ adalah bahasa pemrograman dengan tujuan penggunaan umum, dibuat oleh Bjarne Stroustrup dan timnya di Bell Laboratories pada tahun 1979. Selama beberapa dekade sejak diperkenalkan, C++ telah menjadi bahasa pilihan untuk jenis aplikasi tertentu. Penggunaan C++ yang paling populer digunakan untuk membangun infrastruktur perangkat lunak besar dan aplikasi yang berjalan pada sumber daya terbatas. Karena C++ dapat secara langsung memanipulasi perangkat keras atau mesin yang dijalankannya.

Ini membuat pemrogram dapat menyempurnakan kode mereka agar berjalan secara efisien di lingkungan apa pun, bahkan ketika ruang perangkat keras atau energi yang tersedia terbatas untuk menjalankan aplikasi. Dengan begitu, berarti aplikasi yang berjalan dengan cepat dan andal di berbagai perangkat, menjadikan C++ ideal untuk membentuk lapisan dasar dari banyak aplikasi penting. Karena kelebihan dan dukungannya inilah, C++ adalah pilihan yang sangat baik untuk membangun perangkat lunak yang cepat, efisien dalam mengelola sumber daya sistem, selain juga andal dalam melakukan tugas-tugas penting.

 

Baca Juga  :    Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

 

Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman C++

Sejarah Singkat dan Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman C++
 

Terkenal unik dari kebanyakan bahasa pemrograman yang sering dirancang dengan kebutuhan khusus dan kasus penggunaan tertentu, C++ menawarkan kemampuan untuk membuat dan memecahkan masalah pemrograman dalam berbagai industri dan kebutuhan pasar. Berikut adalah beberapa penggunaan yang paling populer dan umum dari bahasa pemrograman yang merupakan bagian dari C :

  • Peramban web (web browser)

    C++ mempunyai peranan dalam browser web, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Opera. Adapun penggunaan C++ disini untuk digunakan dalam mengembangkan layanan back-end yang mengambil informasi dari database dan membuat kode menjadi halaman web interaktif. C++ membantu browser web melakukan tugas-tugas ini dengan kecepatan dan penundaan minimal, yang berarti pengguna tidak perlu menunggu lama untuk konten muncul di layar mereka.

  • Perangkat IoT

    Perangkat IoT (Internet of Things) adalah perangkat yang sekarang umum digunakan saat ini, mulai dari smartwatch, smart TV, perangkat medis, mobil, dll adalah bagian dari IoT yang termasuk sistem tertanam yang sering mengandalkan C++. Karena perangkat keras sering tertanam di dalam suatu objek, perangkat ini harus beroperasi dengan sumber daya komputasi yang terbatas dan persyaratan daya yang ketat. Disini C++ berperan membantu pemrogram mengontrol bagaimana sumber daya ini digunakan untuk menjalankan program dengan lebih efisien.

  • Database

    C++ digunakan untuk membangun alat database populer seperti MySQL dan MongoDB. Basis data ini membentuk tulang punggung banyak aplikasi terkenal, termasuk yang dibuat oleh Google, Netflix, YouTube, Adobe, dan banyak lagi. Ini menjadikan C++ sangat ideal untuk membantu struktur database untuk mendukung penyimpanan yang efisien dan praktis.
     
    Baca Juga  :  Panduan Lengkap Belajar Bahasa Pemrograman PHP untuk Pemula

  • Sistem Operasi (OS)

    MacOS dan Windows hingga sistem operasi seluler seperti iOS, juga mengandalkan C++ dalam sistem operasi mereka. Secara umum, sistem operasi harus cepat dan efisien dalam mengelola sumber daya sistem. Dengan kemampuan C++ tingkat rendah yang mendekati kode mesin, pengembang dapat menyusun kode mereka untuk membuat detail terkecil dari sistem operasi menjadi cepat dan hemat energi.

  • Pengembangan permainan

    Game atau permainan melibatkan banyak fungsi yang membutuhkan banyak sumber daya, baik itu menghasilkan grafik atau memfasilitasi sesi multipemain. C++ membantu dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya, seperti memungkinkan pemrogram untuk menyesuaikan dengan tepat bagaimana struktur data dan alokasi memori ditangani. Tidak mengherankan kalau C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pengembangan game.

  • Mendukung mesin pencari Google

    Mesin pencari Google harus selalu memastikan bahwa hasil pencarian muncul dengan cepat dan dengan waktu respons yang minimal. Karena ini C++ digunakan karena bahasa pemrograman ini juga mampu mendukung pembelajaran mesin dan algoritma kompleks lainnya yang memastikan kami mendapatkan hasil terbaik untuk pencarian kami. Infrastruktur perayapan dan pengindeksan Google juga diterapkan di C++.

  • Aplikasi AR/VR

    C++ banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality dan virtual reality. Bahkan, banyak dari aplikasi ini berjalan di Unreal Engine, yang dibangun menggunakan C++. Mengingat aplikasi AR/VR perlu menangani sejumlah besar data yang menyesuaikan secara terus menerus berdasarkan masukan dari sensor kamera dan interaksi pengguna. Pemrograman C++ sangat ideal untuk membantu memproses semua data ini sekaligus menciptakan pengalaman virtual yang mulus.

  • Alat pembelajaran mesin

    Alat pembelajaran mesin, seperti TensorFlow, mengandalkan C++ sebagai bahasa pemrograman back-end. Meskipun ilmuwan data dapat menggunakan TensorFlow dengan Python, misalnya, perhitungan pembelajaran mesin inti dilakukan dengan kode C++. Ini tidak terlepas karena C++ memiliki banyak koleksi library yang mendukung perhitungan yang sangat canggih ini yang melatih model pembelajaran mesin.

  • Telekomunikasi

    C++ banyak digunakan dalam membangun telepon, internet, dan infrastruktur telekomunikasi lainnya. Karena C++ dianggap sangat ideal untuk mengelola sumber daya untuk menangani banyak komunikasi simultan dengan kecepatan dan efisiensi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

  • Aplikasi perusahaan

    Banyak aplikasi perbankan, perdagangan, medis, dan teknik ditulis dalam C++ karena memerlukan multi-threading, konkurensi, dan kinerja tinggi. Aplikasi ini digunakan oleh perusahaan terbesar di dunia dan mampu memproses jutaan titik data dengan lebih efisien dan cepat.

 

Baca Juga  :    Algoritma Pemrograman : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Salah satu bahasa yang lebih populer dan serbaguna yang digunakan oleh programmer, C++ merupakan bahasa pemrograman tujuan umum aplikasi yang luas dengan potensi menarik untuk proyek-proyek kreatif dari semua jenis. Bahasa pemrograman yang dikenal sebagai C++ atau ‘C-plus-plus’ adalah bahasa pengkodean tujuan umum yang telah digunakan untuk mengembangkan game, browser, sistem operasi, aplikasi, dan banyak lagi selama lebih dari empat puluh tahun.

Dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1979, mendukung pemrograman prosedural, berorientasi objek dan fungsional, dan dibuat sebagai ekstensi ke bahasa C yang lebih mudah untuk diintegrasikan. C++ mampu memberi programmer kontrol tingkat tinggi atas sumber daya dan memori sistem, dan merupakan dasar dari jutaan program dan baris kode yang ada membuat bahasa pemrograman ini masih sangat relevan dan umum digunakan hingga saat ini.

Related Post :