Sengaja Memperlambat Kinerja Iphone, Apple Di denda RP 374,4 M

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Apple dijatuhi denda oleh Directorate General for Competition, Consumer Affairs and Respression of Fraud ( DGCCRF ) setelah dengan sengaja memperlambat seri IPhone jadul, dengan dalih “memperpanjang hidup” smartphone yang berada di tangan para pelangan.

Denda ini diberikan setelah investigasi selama dua tahun pada iOS ( 10.2.1 dan 11.2 ) yang diluncurkan Apple beberapa tahun lalu. Update ini memiliki fitur baru untuk beberapa iPhone lawas. Salah satu fiturnya dapat membatasi peforma iPhone jika baterainya sudah tidak prima lagi, dan memiliki dampak memperlambat iPhone tersebut.

Yang menjadi masalah oleh DGCCRF karena Apple tidak pernah memberikan informasi tersebut kepada para pengguna iPhone lawas yang akan melakukan update bahwa perangkat mereka bisa menjadi lambat setelah di update.

 

 

Persuhaan tersebut mengaku kinerja yang melambat itu sengaja dilakukan dengan tujuan untuk menghindari kerusakan yang dapat disebabkan oleh penuaan baterai lithium-ion. Banyak pihak yang menyatakan tindakan Apple ini untuk memaksa penggunanya membeli iPhone Baru.

Pihak apple sepakat untuk menebus kesalahannya dengan membayar denda sesuai nominal, dan memberikan informasi selama sebulan di situs resmi Apple dengan bahasa Prancis, serta memberikan diskon 65 persen untuk penggantian baterai yang tidak garansi kepada siapa pun yang menggunakan iPhone 6 atau lebih baru di amerika serikat.

Baca Juga : 15 Alasan Mengapa iPhone kalian Harus Upgrade ke iOS 11

 

Menurut Apple, versi iOS yang ada saat ini akan menawarkan informasi yang lebih jelas kepada konsumen tentang kapan menajemen peforma perangkat mereka akan bekerja.

Related Post :