SEO Plugin : Pengertian, Cara Kerja dan Rekomendasi Terbaik 2022

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 1

Pernahkah Anda mendengar tentang plugin SEO untuk WordPress? Ini adalah alat penting untuk melengkapi fitur situs web atau blog. Mengindeks dan mengoptimalkan konten situs web Anda dengan benar adalah kunci untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian dan menghasilkan lalu lintas organik. Meningkatkan situs WordPress Anda melalui optimasi mesin pencari akan memastikan Anda tidak kehilangan lalu lintas yang berharga ini. Platform WordPress berisi fitur bawaan yang membantu mesin telusur merayapi dan mengumpulkan informasi tentang situs Anda. Selain itu, Anda dapat menginstal plugin pihak ketiga untuk membantu membawa situs WordPress Anda ke tingkat berikutnya.

Pemilik situs web di seluruh dunia lebih suka menggunakan WordPress sebagai Sistem Manajemen Konten mereka. Alasan utama di balik ini adalah WordPress mudah digunakan dan ramah SEO-nya. Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan konten online menggunakan WordPress untuk mendapatkan jangkauan organik yang lebih baik. Kemampuan SEO WordPress dan CMS-nya adalah cara efektif untuk mempromosikan situs web tanpa mengeluarkan uang untuk iklan.

Artikel ini akan memberikan Anda pemahaman yang komprehensif tentang fitur SEO plugin mulai dari definisi, cara kerja, serta rekomendasi plugin SEO terbaik di tahun ini yang dapat Anda gunakan pada konten digital untuk hasil yang maksimal di mesin pencarian.

 

Baca Juga :  Cara Memaksimalkan WordPress dengan Plugin

 

Mengenal Apa Itu SEO Plugin

SEO Plugin : Pengertian, Cara Kerja dan Rekomendasi Terbaik 2022
 

Plugin SEO adalah pihak ketiga untuk sistem manajemen konten, browser, dan solusi perangkat lunak. Plugin SEO memperluas cakupan sumber software dengan tugas dan fungsi khusus yang mempengaruhi pengoptimalan mesin telusur, analisis web, pemasaran online, dan aspek lainnya. Bergantung pada sistem sumber, ini termasuk pengoptimalan situs web dengan plugin SEO untuk CMS yang berbeda, serta analisis indikator kinerja utama untuk plugin SEO untuk browser web. Fungsionalitas plugin SEO gratis dan berbayar biasanya sangat berbeda. Ada banyak sekali plugin untuk CMS WordPress yang menangani tugas-tugas khusus yang berhubungan dengan mesin pencari. Ini serupa untuk browser web, dengan penekanan pada analisis daripada pengoptimalan aktif.

Plugin SEO biasanya dapat diinstal dengan relatif mudah dan ditambahkan ke aplikasi. Aplikasi dapat dilengkapi dengan plugin dan add-on dari pengembang lain, berkat kolaborasi pemrograman atau Application Programming Interface (API), yang sebelumnya diterbitkan oleh pengembang, jika program tertentu tidak dapat melakukan tugas tertentu, plugin akan menanganinya dengan memperluas program dalam bingkai yang ditentukan untuk waktu proses aplikasi. Flash Player yang sekarang sudah usang melengkapi browser dengan kemampuan untuk menampilkan file Small Web File (SWF) menggunakan proyektor dan untuk memproses konten multimedia. Fungsi yang ditambahkan plug-in ke aplikasi tergantung pada tugas dan pengembangnya.

 

Baca Juga : Plugin SEO terbaik untuk CMS WordPress

 

Cara Kerja SEO Plugin

Prinsipnya mirip dengan plugin SEO. Application Programming Interface (API) memungkinkan koneksi modul perangkat lunak ke aplikasi yang ada. Namun, tanpa aplikasi utama, sebuah plugin tidak dapat bekerja. Itu tergantung pada perangkat lunak dan kerangka kerja. Plugin menempatkan dirinya di perpustakaan default aplikasi utama dan kemudian dapat digunakan oleh aplikasi utama. Kontrol fungsi sebagian diteruskan ke plugin sehingga dapat mengakses fungsi kerangka kerja. Kerangka kerja menyediakan arsitektur di mana aplikasi dapat diprogram. Plugin hanya menggunakan komponen individual dan implementasi kerangka kerja, misalnya, kelas dan fungsi yang disediakan kerangka kerja. Transfer kontrol ke plugin juga disebut inversi kontrol, karena terjadi modularisasi dan inversi aliran kontrol.

Ada berbagai plugin SEO untuk tugas dan fungsi khusus untuk WordPress. Mereka tersedia untuk diunduh di direktori plugin WordPress. Baik gambar, pengoptimalan gambar, kinerja, caching, minifying, XML sitemaps, crawling, pemeriksaan tautan rusak, atau penerusan memiliki plugin yang sesuai untuk semua aspek SEO. Oleh karena itu, perbedaan harus dibuat antara pendekatan solusi khusus dan umum. Hanya beberapa plugin yang menawarkan fungsionalitas ekstensif yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan proyek web dari perspektif yang berbeda.

Selain wpSEO, All in One SEO Pack atau SEO Plugin oleh Squirrly, Plugin SEO WordPress oleh Yoast adalah beberapa plugin paling populer yang memungkinkan Anda melakukan optimasi mesin pencari situs web WordPress. Yoast memiliki lebih dari satu juta instalasi aktif dan banyak peringkat bintang lima. Meskipun WordPress sudah relatif ramah mesin pencari dengan sendirinya, ekstensi yang lebih kuat daripada aplikasi utama diperlukan untuk menangani pengaturan dasar yang dioptimalkan SEO dan mengubah detail khusus. Plugin SEO mana yang harus dipilih tidak hanya bergantung pada fungsi yang tersedia dan keadaan saat ini, tetapi juga pada persyaratan dan pengetahuan Anda karena pengaturan individual dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, yang hanya terlihat setelahnya. Hal ini terutama berlaku untuk pengaturan lanjutan.

 

Baca Juga :  Manfaat Menggunakan SEO Plugin Untuk Situs Web

 

Rekomendasi SEO Plugin Terbaik 2022

SEO Plugin : Pengertian, Cara Kerja dan Rekomendasi Terbaik 2022
 

Jika Anda sudah siap untuk lebih berkembang di era digitalisasi, ini saatnya untuk menentukan SEO plugin yang dapat membantu mendukung setiap konten yang Anda terbitkan agar menjadi peringkat teratas di mesin pencari. Berikut 10 rekomendasinya untuk Anda :

  1. Yoast SEO

    Yoast SEO adalah plugin WordPress SEO populer dengan lebih dari 5+ juta instalasi aktif. Plugin ini telah menjadi solusi untuk banyak pengguna WordPress dengan tingkat keahlian mulai dari pemula hingga ahli. Yoast dengan mudah memungkinkan Anda menambahkan judul dan deskripsi SEO ke semua posting dan halaman di situs web Anda. Anda juga dapat menambahkan metadata grafik terbuka untuk halaman media sosial Anda secara otomatis menghasilkan peta situs XML untuk situs Anda.

  2. Premium SEO Pack

    Premium SEO Pack adalah plugin SEO ringan lainnya yang memiliki semua fitur dasar yang sama seperti SEO plugin lain. Anda dapat meningkatkan skor SEO Anda dengan menambahkan tag meta, deskripsi, kata kunci, dan meta Grafik Terbuka ke posting Anda. Salah satu fitur utama plugin ini adalah gratis dan berfungsi baik dengan WooCommerce dan plugin eCommerce lainnya. Selain itu Anda dapat menyesuaikan setiap halaman langsung dari bilah atas pratinjau pos atau dari bilah atas admin

  3. Rank Math

    Rank Math adalah salah satu plugin SEO yang paling kuat, tumbuh cepat, dan ramah pengguna. Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan situs Anda untuk mesin pencari dan media sosial dengan mudah. Dengan Rank Math, Anda dapat dengan mudah menambahkan judul meta, deskripsi, dan metadata grafik terbuka. Anda juga dapat membuat peta situs XML, dapat menghubungkan situs Anda ke Google Search Console, dan menyetel fitur plugin tertentu hanya untuk peran pengguna tertentu.

  4. SEOPress

    SEOPress adalah plugin SEO sederhana namun kuat lainnya yang dapat Anda instal sebagai pengganti Yoast. Muncul dengan fitur yang hampir sama dengan Yoast SEO termasuk kemampuan untuk menambahkan judul meta, deskripsi, dukungan grafik terbuka, peta situs XML gambar dan konten, dan banyak lagi. Pengaturannya sangat mudah untuk pemula dan kontrol lanjutan untuk pengguna yang lebih berpengalaman. SEOPress diketahui menjadi pesaing hebat bagi plugin lain dalam daftar ini.

  5. BoldGrid Easy SEO

    BoldGrid Easy SEO adalah plugin SEO sederhana namun efektif untuk situs WordPress Anda. Ini akan dengan mudah membantu Anda peringkat lebih tinggi dalam pencarian mesin pencari dengan menganalisis halaman Anda secara real-time dan memberikan mudah untuk mengikuti rekomendasi tentang cara terbaik untuk meningkatkan SEO Anda. Anda juga tidak perlu menjadi ahli saat menggunakan BoldGrid karena sangat mudah digunakan dan memiliki antarmuka pengguna yang sangat intuitif.

  6. Slim SEO

    Slim SEO adalah plugin SEO yang sangat kuat dan praktis yang pada dasarnya melakukan semua fungsi yang sama seperti plugin lain dalam daftar ini, tetapi dengan satu perbedaan utama. Ia ingin menghemat waktu Anda dengan mengonfigurasi semua hal yang Anda perlukan dan melakukan sebagian besar secara otomatis. Slim SEO cocok untuk semua jenis pengguna terutama Anda yang lebih menyukai kesederhanaan dengan cara mereka mengerjakan SEO halaman mereka.

  7. Schema Pro

    Schema Pro adalah plugin yang dikembangkan dan dikelola oleh Brainstorm Force. Ini adalah plugin yang sangat baik dalam membuat situs web Anda terlihat menarik. Dengan plugin Schema Pro, situs Anda akan muncul di mesin pencari dengan peringkat, biaya, fitur, dan informasi relevan lainnya. Estetika cuplikan kaya Anda menarik perhatian orang dan membuat situs Anda terlihat lebih profesional, dan Google memberi nilai lebih pada situs web yang lebih mungkin untuk mendapatkan klik. Schema sama pentingnya dengan konten situs. Brainstorm Force membuat plugin ini untuk memberi Anda opsi untuk menambahkan Schema dan menampilkan cuplikan kaya di hasil pencarian mesin pencari. Schema Pro mendukung semua jenis markup skema. Anda akan mendapatkan dukungan profesional dari tim pengembang berpengalaman.

  8. The SEO Framework

    The SEO Framework adalah plugin SEO penuh fitur yang sangat mirip dengan semua plugin lain dalam daftar ini. Perbedaan utama adalah bahwa plugin ini lebih ringan daripada yang lain juga menjadikannya pilihan yang layak. Dengan mempertimbangkan kemudahan penggunaan, plugin ini pasti salah satu yang membutuhkan perhatian Anda. Mampu melakukan pra-isi tag meta membantu Anda menghemat waktu untuk melakukannya sendiri.

  9. Platinum SEO

    Platinum SEO adalah plugin yang tampaknya ringan untuk membantu SEO situs WordPress Anda. Ini menawarkan semua fungsi dasar yang Anda perlukan untuk dapat meningkatkan skor SEO Anda dengan mesin pencari. Anda dapat dengan mudah menambahkan URL kanonik, menambahkan metadata Grafik Terbuka untuk media sosial, dan menambahkan posting dan judul halaman untuk mesin pencari. Satu-satunya perbedaan antara plugin ini dan kebanyakan plugin lainnya dalam daftar ini adalah bahwa Platinum SEO tidak memberikan saran konten apa pun selain membantu menambahkan tag dan meta data yang diperlukan.

  10. All In One SEO Pack

    All in One SEO Pack adalah plugin yang bahkan lebih tua dari Yoast, mengenalkan dirinya sebagai plugin SEO WordPress asli. Dengan lebih dari 2+ juta pemasangan aktif, plugin ini juga merupakan salah satu yang paling populer dalam hal plugin SEO untuk WordPress. All in One SEO Pack memiliki sebagian besar fitur Yoast tetapi sedikit lebih dapat disesuaikan dan fleksibel dengan beberapa tambahan fiturnya sendiri, salah satunya adalah memiliki dukungan untuk AMP yang berarti dapat dengan mudah diintegrasikan dengan plugin AMP WordPress.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik SEO 2022 Terbaru

 

Kesimpulan dan Penutup

SEO adalah segalanya untuk situs baru dan blogger pemula di internet, ini adalah alat terbaik Anda untuk mendapatkan pengunjung dan pengikut yang selalu Anda inginkan. Tapi ini adalah hal yang rumit dengan banyak aturan dan regulasi. WordPress sendiri sudah SEO friendly, tetapi untuk meningkatkan konten Anda, Anda mungkin masih ingin mempertimbangkan untuk menggunakan plugin SEO untuk membantu.

Ada banyak jenis SEO plugin di luar sana, jadi pastikan untuk memilih yang Anda butuhkan dan hanya satu. Karena sebagian besar plugin ini tidak akan berfungsi dengan baik jika saling bertentangan. Semoga artikel ini dapat memberi Anda informasi dan rekomendasi terbaik dalam pemilihan SEO plugin Anda di tahun 2022 ini.

Related Post :

popup image