Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Setiap situs web dan blog yang berada di dunia maya, pasti susah ditemukan dengan cara manual manusia biasa. Tetapi ini semua bisa dilakukan dengan bantuan Googlebot yang bahkan tidak hanya menemukan situs web saja, tetapi juga memberikan peringkat pada setiap situs web tersebut. Googlebot sendiri bekerja dengan caranya sendiri sehingga pengguna bisa langsung mendapatkan hasilnya.

Adapun cara kerja Googlebot sendiri menggunakan dua teknik dasar. Mulai dari menjelajahi web, berpindah dari halaman ke halaman, mesin ini akan mencatat informasi tentang berbagai tautan yang dikunjunginya dan bagaimana tautan itu terkait. Dari sini Google kemudian menggunakan data ini untuk membuat hasil penelusuran, dan menentukan penelusuran konten tertentu yang paling relevan.

Mengingat popularitas besar Google dan pentingnya lalu lintas organik melalui mesin pencari secara umum, Anda pasti ingin mengupayakan agar bot ini bisa mengindeks dan memahami situs Anda. Oleh karena itu sebuah sitemap diciptakan, peta situs atau sitemap XML adalah file yang tidak akan pernah dilihat oleh pengunjung manusia Anda. Peta ini ditandai dan dirancang untuk dapat dipindai oleh mesin pencari saja dan mencantumkan setiap halaman di situs Anda. File sederhana ini adalah alat yang sangat berharga untuk membanyak situs web dikenal lebih cepat, mari simak penjelasan singkatnya berikut ini.

 

Mengenal Sitemap dan Hubungannya Dengan SEO

Secara sederhana, sitemap atau peta situs adalah file yang menyediakan mesin pencari tertentu dengan informasi rinci yang diperlukan tentang berbagai jenis konten yang berisi domain. Pada dasarnya, sitemap menggunakan banyak sistem berbeda yang mencakup sistem organisasi, navigasi, dan pelabelan untuk membantu mesin telusur memiliki kompilasi dan pengindeksan situs web yang lebih akurat dan terperinci lagi detail.

Sitemap juga terkait erat dengan SEO (Search Engine Optimization) karena peta situs ini akan membantu proses meperayap.crawling, yaitu program yang dirancang untuk mengumpulkan data dan informasi dari konten di situs web, mengindeks halaman. Ini berarti sitemap dapat membantu pemilik situs meningkatkan arus lalu lintas organik ke situs mereka. Karena sebagian besar situs web tidak dibuat dengan sitemap sedari awal, maka jika Anda memiliki sitemap, ini akan membantu membuat situs web Anda lebih unggul daripada situs web lainnya. Secara teknis, sebagian besar perayap mesin pencari pada akhirnya akan menemukan dan mengindeks situs Anda dengan mudah. Namun jika situs Anda berisi banyak konten dan besar, perayap/crawler mungkin akan lebih sulit untuk mengindeks laman dan situs semacam ini.

 

Manfaat Menggunakan Sitemap Bagi Pemilik Situs Web

Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah
 

Secara umum, dengan memiliki sitemap maka mesin pencari akan menganggapnya seperti undangan untuk merayapi dan mengindeks halaman yang terdaftar. Sedangkan sitemap sendiri mempunyai dua jenis yakni XML dan HTML yang masing-masing dari jenis ini mempunyai kegunaan dan nilainya sendiri untuk optimasi mesin pencari. Namun karena fokus utama peta situs HTML adalah untuk memandu pembeli, disisi lain jenis XML dapat membantu Anda untuk memastikan URL yang tercantum di situs ditemukan dan diindeks oleh perayap mesin telusur. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan sitemap :

 

  • Membantu perayap mesin telusur untuk memahami konten situs dengan lebih baik

    Jika Anda memiliki banyak halaman konten di situs Anda yang tidak tertaut dengan baik dan tidak saling merujuk secara alami, Anda dapat menggunakan peta situs XML untuk memberi tahu Google atau mesin telusur lainnya tentang halaman tersebut dan memastikan halaman tersebut tidak diabaikan . Selain itu, jika situs Anda menggunakan konten media kaya atau anotasi lain yang kompatibel dengan peta situs, peta situs XML akan memastikan bot mempertimbangkan informasi tambahan untuk pencarian, jika sesuai.

  • Membantu perayap mesin telusur menemukan dan mengindeks URL baru di situs

    Jika situs web Anda sangat besar, seperti kebanyakan situs web eCommerce, maka perayap web mungkin kesulitan menemukan dan mengindeks halaman baru atau yang diperbarui. Maka dengan memiliki peta situs XML akan mengarahkan mesin telusur ke arah yang benar, yanis situs web Anda.

  • Membantu perayap web memprioritaskan halaman dengan benar

    Peta situs XML memungkinkan Anda menambahkan tag untuk mengidentifikasi halaman terpenting situs web Anda, memberi tahu bot halaman mana yang harus difokuskan terlebih dahulu. Ini akan membuat prioritas bagi laman Anda lebih terarah dan relevan.

  • Membantu meningkatkan SEO situs web

    Jika situs web Anda cukup baru dan Anda tidak memiliki banyak tautan eksternal yang mengarah ke sana, perayap web mungkin tidak menemukan laman Anda karena mereka merayapi web dengan mengikuti tautan dari satu laman ke laman lainnya. Anda dapat menggunakan peta situs XML untuk mencantumkan semua URL situs web Anda.

 

Baca Juga  :    Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google

 

Jenis Situs Web yang Memerlukan Bantuan Sitemap

Sitemap : Hubungannya Dengan SEO, Manfaat dan Cara Membuatnya Dengan Mudah
 

Memang tidak ada aturan yang mengatakan situs web harus memiliki peta situs karena Google mungkin dapat menemukan semua informasi di semua halaman situs web tanpa bantuan sitemap. Tetapi mengirimkan sitemap adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa semua konten situs Anda dapat ditemukan, dan memiliki satu hanya dapat menjadi hal yang positif. Dibawah ini adalah jenis situs web yang mungkin memerlukan bantuan sebuah sitemap.

  • Situs web baru yang dimulai tanpa publisitas apa pun dan oleh karena itu hanya mendapatkan sedikit lalu lintas pasti harus mengirimkan peta situs. Bot Google mengikuti tautan dan pengunjung untuk menemukan situs web baru dan mengindeksnya. Jika sebuah situs web baru dan tidak dikenal, mengirimkan peta situs adalah cara untuk membuat Google mengetahui keberadaan situs web baru ini.
  • Situs web dengan banyak konten dan halaman dan sub halaman, misalnya toko online atau situs web khusus database.
  • Situs yang halaman individunya tidak tertaut dengan baik dan situs dengan struktur situs yang kurang konvensional.

 

Baca Juga  :    Tips SEO Agar Artikel Cepat Terindeks Oleh Google dan Mesin Pencarian

 

Cara Membuat dan Mengirim Sitemap ke Google dengan Mudah

Ringkasnya, sitemap adalah file yang menyediakan mesin pencari dengan informasi rinci tentang semua halaman dan konten yang berisi situs web Anda. Sebuah sitemap menggunakan sistem organisasi, navigasi, dan pelabelan untuk membantu Google dan mesin telusur lainnya merayapi situs Anda dengan lebih cerdas. Berikut cara melakukannya :

  • Pertama adalah dengan melakukan verifikasi situs Anda dengan Google
  • Kemudian masuk ke Google Search Console
  • Lalu pilih situs web yang peta situsnya ingin Anda kirimkan
  • Klik tombol Sitemap dan klik pada Add / Test Sitemap
  • Dari sini Anda dapat mengetik “sitemap.xml” dan klik Submit Sitemap

 

Baca Juga  :    Panduan Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

 

Kesimpulan dan Penutup

Dasarnya hampir semua situs web pasti bisa dikenali Google cepat atau lambat, tapi jika Anda tidak melihat situs web Anda dalam hasil saat mengetik URL ke Google, kemungkinan besar Googlebot tersebut tidak dapat menemukan situs web Anda atau mengakses informasinya. Ini akhirnya membuat Google tidak dapat memindai dan membuat katalog informasi ini dan menampilkan situs web Anda sebagai jawaban kepada pengguna kueri, dengan kata lain, Googlebot tidak dapat mengindeks halaman Anda.

Mengingat bahwa Googlebot ini terus-menerus memindai hampir setiap halaman internet untuk mengindeks informasi mereka untuk menjawab pencarian. Dapat dimengerti bahwa bot ini mungkin melewatkan beberapa halaman, dan akibatnya tidak mengindeksnya. Karenanya dengan sitemap, dapat membantu memastikan Googlebot untuk mengetahui tentang situs web Anda dan halaman mana yang harus dipindai, sehingga dapat ditampilkan di hasil Google.

 

 

Related Post :

popup image