logo 8+ Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Social Media Specialist - IDCloudHost

8+ Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Social Media Specialist

8+ Skill yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Social Media Specialist

Di era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai social media specialist tentunya sudah banyak yang melakoni. Anda juga mungkin sudah familiar dengan nama profesi yang satu ini, bukan? Menjadi social media specialsit merupakan pilihan karir yang memiliki banyak peminat selama beberapa tahun belakangan ini. 

Pekerjaan ini dibutuhkan oleh banyak industri, mulai dari makanan, fashion, pendidikan, kesehatan, fintech, dan lain-lain. Dari perusahaan besar hingga UMKM, sekarang sudah banyak yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan aktivitas marketing. Karena itulah, bekerja di bidang ini memiliki peluang besar karena Anda bisa bekerja di berbagai skala industri. 

Apakah Anda merupakan orang yang tertarik berkecimpung di dunia digital marketing dengan menjadi social media specialist? Dalam artikel ini, Anda akan memahami serba-serbi pekerjaan social media specialist lebih dalam. Simak selengkapnya, ya! 

Apa Itu Social Media Specialist?

8+ Skill Social Media Specialist

Social media specialist adalah mereka yang bertugas untuk memanajemen akun media sosial milik sebuah brand. Terdengar sederhana, ya? Padahal pekerjaan yang satu ini ternyata tidak semudah itu, lho. Ada banyak hal yang harus dilakukan seorang socmed specialist selain mengupload konten dan menulis caption. 

Mereka adalah orang yang mengawasi dan menjalankan proses pembuatan konten tersebut dari awal hingga akhir. Mulai dari tahap perencanaan konten yang sesuai dengan strategi marketing perusahaan, proses pembuatan konten, hingga menganalisis performa konten ketika konten tersebut sudah tayang. Dalam membuat konten, biasanya social media specialist harus berkoordinasi dengan tim lain seperti desainer, videografer, dan copywriter

Media sosial biasanya digunakan oleh brand untuk membangun awareness hingga meningkatkan penjualan. Seorang social media specialist harus kreatif dan strategis untuk mencapai kedua hal ini. Dalam sebuah perusahaan, mereka biasanya berada di tim marketing dan bertanggungjawab kepada Marketing Manager. 

Namun, jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang social media marketing, pilihan karir Anda tidak terbatas hanya bekerja di perusahaan saja, lho. Saat ini banyak juga individu yang membutuhkan social media specialist untuk memanajemen akun media sosial mereka. Biasanya, kebutuhan ini berasal dari kalangan artis, politisi, dan public figure lainnya. Selain itu, Anda juga bisa bekerja secara freelance dan mendapatkan client dari seluruh dunia. 

Skill Social Media Specialist

8+ Skill Social Media Specialist

Setelah memahami apa itu social media specialist dan sekilas tugas-tugasnya, Anda pasti bertanya-tanya skill apa saja yang harus dikuasai oleh social media specialist. Berikut adalah beberapa skill social media specialist yang wajib Anda ketahui.   

  1. Kemampuan Komunikasi

Skill social media specialist yang pertama adalah komunikasi. Hal ini karena Anda senantiasa berhubungan dengan orang banyak, bagi secara langung maupun online lewat media sosial. Sebagai social media specialist, Anda harus bisa membangun komunitas untuk brand Anda dan membina hubungan baik dengan konsumen. 

Komunitas adalah inti dari pekerjaan ini. Seorang socmed specialist diharapkan untuk membangun dan memelihara komunitas online, menjawab pertanyaan pelanggan, memecahkan masalah, dan mendorong diskusi yang hidup yang relevan dengan brand. Kecintaan pada komunikasi jelas akan sangat membantu dalam community building dan customer service. 

  1. Menulis dan Storytelling

Content marketing dan media sosial berjalan beriringan dalam membangun citra sebuah brand. Sebagai social media specialist, Anda adalah suara utama di balik channel media sosial milik perusahaan. Salah satu tugas Anda adalah mengedukasi orang-orang tentang brand. 

Sebagai seseorang yang terlibat dalam tiap tahap produksi konten, kemampuan menulis dan storytelling yang kuat sangat penting untuk menetapkan tone yang tepat dan membuat konten yang menarik serta relevan di seluruh platform yang benar-benar mewakili perusahaan.

  1. Wawasan Tentang Berbagai Platform Media Sosial

Skill social media specialist yang satu ini tidak perlu dikatakan lagi. Wawasan tentang berbagai platform media sosial tidak hanya berguna dalam pekerjaan sehari-hari, tapi juga menentukan kesuksesan Anda dalam bidang ini. 

Dengan media sosial yang berkembang dengan sangat cepat, Anda harus tetap up to date dengan tren dan mampu mengetahui apa yang dapat dilakukan setiap channel tersebut. Selain itu, Anda harus tahu untuk apa setiap platform harus dioptimalkan. Tak hanya itu, social media specialist juga diharapkan bisa meneliti dan menemukan channel baru, peran Anda yang satu ini dapat memastikan hasil yang luar biasa untuk seluruh tim pemasaran digital. 

  1. Mengikuti Tren

Tren dalam media sosial bergerak sangat cepat, karena itu Anda harus selalu mengikutinya dengan cara tetap aktif di media sosial yang Anda gunakan sebagai saluran marketing. Biasanya, tren adalah sesuatu yang sedang dicari-cari banyak orang, sehingga membuat konten yang sesuai dengan tren juga dapat meningkatkan engagement rate. 

Konten Anda akan muncul saat audiens mencari sesuatu yang berhubungan dengan tren, hal ini akan membantu mempercepat pertumbuhan akun media sosial brand Anda, lho. Dalam social media marketing, ada istilah yang disebut dengan riding the wave, yang berarti mengikuti tren yang sedang beredar. 

Dengan mengikuti tren, Anda jadi bisa membuat konten yang relate dengan banyak orang. Namun, jangan lupa tetap sesuaikan dengan identitas brand Anda, ya!  

  1. Kreatif

Menjadi unik adalah tantangan terbesar bagi brand di tengah media sosial yang dipenuhi konten baru setiap waktu. Setiap social media specialist tentunya ingin membuat konten yang menarik, bukan? Konten yang viral dan memancing banyak interaksi serta diskusi di kalangan audiens tentu menjadi dambaan setiap brand. 

Namun, untuk memproduksi konten tersebut tentunya dibutuhkan ide-ide cemerlang dan kreatif. Karena itulah, skill social media specialist yang tak boleh dilewatkan adalah kreativitas. Dengan memiliki kreativitas, Anda bisa membuat konten yang menarik, mempertimbangkan setiap detail estetika dari sebuah postingan, memimpin brainstorming tim, serta menonjolkan personality dari brand Anda. 

  1. Time Management

Social media specialist seringkali memiliki hari yang sibuk di tempat kerja. Karena itu, membuat to-do list untuk tugas harian dan mingguan serta membuat kalender media sosial sebelumnya akan membantu Anda untuk tetap teratur dalam bekerja. Membiasakan diri untuk memanajemen waktu dengan tools social media marketing yang memiliki fitur penjadwalan konten seperti Buffer dan Hootsuite juga akan menghemat waktu.

  1. Teamwork

Sebagai social media specialist, Anda tidak bisa bekerja sendirian. Dalam sebuah perusahaan, biasanya orang yang bekerja di posisi ini harus berkoordinasi dengan banyak tim selama proses pembuatan konten. Anda harus bisa bekerjasama dengan talent, videografer, desainer grafis, hingga copywriter. Semua ini memerlukan teamwork yang baik dan dapat Anda pelajari untuk mempersiapkan diri meniti karir di bidang yang satu ini. 

  1. Analisis 

Performa konten di media sosial tentunya harus dievaluasi secara teratur, biasanya dalam jangka waktu mingguan atau bulanan. Anda dapat membuat laporan performance media sosial untuk membantu Anda mengevaluasi konten.

Karena itu, penguasaan terhadap berbagai tools social media analytic akan sangat berguna dalam pekerjaan Anda. Evaluasi konten ini bertujuan untuk mengetahui jenis konten seperti apa yang memiliki engagement rate tinggi dan rendah. Untuk konten dengan engagement rate yang rendah, Anda bisa membuatnya menjadi lebih baik lagi ke depannya. 

  1. Pemahaman tentang dasar-dasar visual dan desain 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, profesi social media specialist mengharuskan Anda untuk berkoordinasi dengan desainer grafis. Namun, Anda tetap harus merancang konsep visual dari konten tersebut, ya! Desainer grafis akan lebih mudah mengerjakan tugas mereka jika mendapatkan brief yang jelas dari social media specialist. 

Dengan memahami dasar-dasar visual seperti ini, Anda akan lebih mudah berdiskusi dengan desainer tentang tampilan seperti apa yang cocok untuk media sosial yang Anda jalankan. Desain yang menarik juga menentukan minat orang untuk berinteraksi dengan konten Anda, lho! 

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang skill social media specialist dan pengertiannya. Semoga penjelasan dari kami menambah wawasan Anda tentang profesi yang satu ini, ya! Perkembangan teknologi yang cepat memang memunculkan banyak pekerjaan baru, termasuk salah satunya di dunia digital marketing.

Untuk dapat berkarir di bidang ini, tentunya Anda butuh portofolio yang menarik dan bisa meyakinkan HRD atau klien. Yuk, coba Website Instan IDCloudHost yang memungkinkan Anda untuk membuat landing page dan bio link untuk menunjang portofolio Anda tanpa coding sama sekali!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image