Social Media Marketing : Memanfaatkan Facebook untuk Meningkatkan Traffik dan Penjualan

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Facebook masih menjadi salah satu media sosial paling besar di dunia. Bahkan berdasarkan laporan yang di kutip dari bbc.com, pengguna facebook secara global telah menumbus angka 1,55 miliar account. Dengan jumlah yang begitu fantastis, tidak mengherankan bila facebook merupakan salah satu media pemasaran yang menjanjikan. Meskipun demikian, hanya segelintir orang yang dapat memanfaatkan facebook secara maksimal. Kebanyakan penyebabnya adalah…salah strategi.

Banyak dari mereka yang mengharapkan penjualan secara instan dari facebook, namun tidak demikian adanya. Facebook bukanlah tempat berjualan! Loh kok? bukannya facebook media yang bagus untuk pemasaran? Jangan salah kaprah, ikuti 6 langkah berikut untuk meningkatkan traffik dan penjualan anda dengan memanfaatkan facebook.

  1. Buatlah fanspage yang menggambarkan brand anda
    Pilih nama fanspage yang sesuai dengan nama bisnis anda. Jika brand anda adalah ‘idcloudhost’, maka buatlah ‘idcloudhost’ sebagai nama fanspage anda. Ini penting! brand lebih dari sekedar nama. Kredibelitas perusahaan anda juga bergantung kepada nama fanspage yang anda gunakan.Apa yang anda pikirkan ketika suatu fanspage dengan nama ‘bUng4 mEk4r s3hari’ mempromosikan bisnisnya? Jika anda berfikiran mereka tidak profesional dan abal-abal, berarti kita sama!Pemilihan nama fanspage sangat mempengaruhi keputusan membeli seseorang.
  2. Orang tidak membuka facebook untuk membeli sesuatu
    Sesuai dengan fungsi utamanya, facebook digunakan untuk saling berbagi. Baik itu berbagi foto, video, maupun curhatan tentang hal-hal yang mereka kerjakan. Jadi, konsep dasar yang harus dipahami adalah ‘ORANG TIDAK MEMBUKA FACEBOOK UNTUK MEMBELI SESUATU’. Ketika seseorang membuka facebook, yang mereka inginkan adalah mengetahui bagaimana kabar dari teman-teman mereka. Jika demikian, apa yang harus kita lakukan?Sekali lagi, ciptakan branding! Mungkin anda tidak mendapatkan pembeli hari ini, namun dengan citra yang anda ciptakan, kepercayaan orang-orang akan meningkat yang memungkinkan mereka membeli di kemudian hari.
  3. Arahkan mereka ke website kita
    Sebelumnya anda telah mengetahui bahwa orang-orang tidak datang ke facebook untuk membeli sesuatu. Oleh sebab itu, anda harus menggiring mereka menuju website anda. Oh iya, sebelum kita lanjut ada satu hal lagi yang harus kita pahami. Fanspage itu bukanlah milik kita, melainkan milik facebook. Artinya, kita hanya meminjam fasilitas facebook. Andai kata suatu saat facebook bangkrut, berarti fanspage kita juga ikutan hilang seiring hilangnya facebook. Untuk itu, arahkan calon pembeli menuju website anda. Berbeda dengan fanspage, website merupakan milik anda seutuh. Selama bisnis anda masih berjalan, website itu akan selalu ada.#Point kunci : Fanspage bukan milik kita, arahkan mereka menuju website
  4. Bagikan konten yang sesuai dengan bisnis anda
    Jika bisnis anda bergerak di bidang kuliner, bagikan konten-konten yang berhubungan dengan kuliner. Jangan bagikan konten-konten yang sedang booming namun tidak sejalan dengan bisnis anda. Misal anda membagikan perselisihan antara V Rossi dan M Marquez. Apa yang anda dapat? Mungkin orang-orang akan mengunjungi fanspage anda untuk konten itu, namun mereka tidak akan tertarik dengan bisnis anda. Akhirnya usaha anda sia-sia
  5. Perhatikan judul konten yang anda bagikan
    Ini Dia 10 Hijabers Paling Cantik se-Unpad. Yang Mana Pilihan Hatimu?
    Hijabers Paling Cantik di UnpadDari 2 judul artikel di atas, anda lebih tertarik untuk membuka yang mana? Yang pertama kan? Buatlah judul yang membuat orang-orang penasaran, namun jangan terlalu berlebihan.faSelain itu, buatlah konten-konten yang berpotensi untuk dibagikan lagi oleh orang-orang. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh buzzsumo, kebanyakan orang lebih tertarik untuk membagikan konten yang menimbulkan rasa kagum.

    1. awesome 25%
    2. Laughter 17%
    3. Amusement 15%
    4. Joy 14%
    5. Anger 6%
    6. Empathy 6%
  6. Pemilihan waktu postingan
    Pilihlah waktu postingan sesuai dengan target pasar anda. Jika target anda pekerja kantoran, postinglah pada waktu istirahat makan siang. Jika mereka mahasiswa, postinglah pada malam hari. Pemilihan waktu postingan akan sangat menentukan mereka akan berkunjung atau tidak ke fanspage anda.

Demikian Postingan kali ini, semoga artikelnya bermanfaat 🙂

Related Post :