Mengenal Soft Launching: Pengertian, Tujuan, dan Manfaatnya

Web & Development / 1 | | 1

Peluncuran suatu merek atau produk merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu untuk dilihat. Apalagi jika berasal dari brand makanan, maka Anda bisa mencicipi makanan secara gratis selama peluncuran (Opening) berlangsung. Biasanya, kegiatan seperti ini dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk keluaran terbaru mereka. Atau memperkenalkan brand baru milik mereka. Pernahkah Anda mendengar istilah soft launching sebelumnya? 

Jika yang biasa kita kenal dan lihat peluncuran suatu produk dilakukan secara terbuka, bahkan ada yang mengundang artis sebagai bintang tamunya. Ternyata ada peluncuran produk yang dilakukan secara tertutup atau diam-diam sebelum akhirnya dipublikasikan. Hanya perusahaan dan pelanggan saja yang tau, produk apa yang dikeluarkan dan stoknya pun terbatas. Straregi peluncuran produk ini bernama Soft Launching. Untuk memahaminya lebih dalam, kami sudah merangkum pengertian dari Soft 

Apa itu Soft Launching? 

soft launching adalah

Soft Launching adalah peluncuran suatu produk oleh perusahaan yang dilakukan secara tertutup dan hanya diketahui oleh beberapa pelanggan saja. Peluncuran ini termasuk dalam strategi marketing pemasaran, yang memperkenalkan versi awal sebuah produk kepada pelanggan terpilih. Hal ini dilakukan untuk melihat kekurangan yang ada pada produk sebelum akhirnya dirilis pada hard launching.

Secara sederhana, soft launching bisa juga disebut dengan tester produk. Dimana perusahaan memberikan informasi yang berkaitan dalam tahap akhir sebuah produk. Jika dalam aktivitas peluncurannya produk memiliki kekurangan, maka perusahaan akan segera memperbaikinya. Sebaliknya, produk yang tidak memiliki kekurangan lebih cepat untuk diproses peluncurannya.

Penerapan soft launching ini, tentu mendapatkan feedback dari pelanggan berupa kritik maupun saran. Ini yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta produk yang nantinya akan dipasarkan.

Perbedaan Soft Launching dan Hard Launching

soft launching adalah

Jika soft launching peluncuran yang dilakukan secara diam-diam. Sebaliknya, hard launching adalah peluncuran produk yang dilakukan secara terbuka  dan bersifat umum. Jadi, siapa saja boleh melihat dan membeli produk yang ditawarkan. Perbedaan yang signifkan dari dua strategi ini yaitu: 

  • Publikasi, jika launching dihadiri oleh pelanggan yang terpilih saja. Maka sebaliknya hard launching dihadiri oleh banyak pelanggan tanpa dibatasi jumlahnya.
  • Estimasi waktu pelaksanaan, jika launching memerlukan waktu yang lebih santai, sebaliknya hard launching membutuhkan waktu lebih cepat.
  • Taktik marketing, dari taktik marketing soft launcing lebih santai namun tetap sesuai dengan target, kebalikannya hard launching menggunakan taktik yang lebih agresif untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.
  • Target, launching hanya fokus dengan target pembaharui materi pemasaran sedangkan hard launching fokus untuk mendapatkan laba yang besar.

Tujuan Soft Launching

soft launching adalah

Anda sudah mulai mengenali apa itu Soft Launcing, maka selanjutnya adalah apa sajakah tujuan dari Soft Launching.? Simak penjelasannya berikut ini!

  • Menjadi strategi marketing yang efektif

Soft launching menjadi salah satu strategi marketing yang efektif. Meskipun membutuhkan waktu yang pas untuk menjalankannya, tetapi peluncuran ini tidak membutuhkan banyak biaya. Ini menguntungkan dari segi perusahaan untuk mengalokasikan biaya produk saat produk sudah matang untuk dirilis.

  • Mendapatkan feedback dari pelanggan

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit diatas, dengan melakukan strategi marketing soft launching perusahaan akan menerima respon dari pelanggan. Respon inilah yang menjadi faktor penting untuk mengoptimalisasi keluaran terbaru dari sebuah produk. Tidak heran, jika perusahaan merasa terbantu untuk memahami kebiasaan-kebiasaan pelanggan yang menggunakan produk dari mereka.

  • Mengatasi kekurangan produk secara optimal

Diterapkannya peluncuran ini sebagai wadah untuk mengatasi berbagai kekurangan yang ada pada sebuah produk. Soft launching membuat perusahaan mengetahui apa saja yang harus ditambah, kemudian bagian mana yang harus ditingkatkan dari produk yang akan mereka keluarkan. Semakin perusahaan mengenali kekurangan produknya, maka akan semakin baik produk yang akan mereka luncurkan nanti.

Manfaat Soft Launching

soft launching adalah

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat perusahaan Anda menerapkan strategi ini antara lain:

  • Menghemat biaya pemasaran

Manfaat yang akan didapatkan saat menggunakan soft launching adalah bisa menghemat biaya pemasaran. Mengapa hal itu bisa terjadi.? Karena untuk melakukan peluncuran yang satu ini, perusahaan hanya perlu melakukan perkenalan produk kepada pelanggan secara sederhana tanpa effort yang berlebihan. Sehingga perusahaan jadi hemat biaya untuk hard lauching produk.

  • Memperoleh hasil uji produk

Selain dapat menghemat biaya, manfaat soft launching juga bisa menjadi salah satu cara untuk menguji sebuah produk. Sebelum produk beredar, tahap yang tidak boleh dilewatkan adalah uji coba sebuah produk terlebih dahulu. Dalam strategi ini pelanggan yang terpilih akan diminta untuk mengetes produk yang ada. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko akan turunnya branding dari sebuah produk, sebelum akhirnya produk layak untuk diluncurkan.

  • Menarik perhatian pelanggan

Setiap produk yang diciptakan harus bisa menarik perhatian pelanggan. Meski tidak mudah, soft launching dapat membantu menarik perhatian pelanggan. Jika perusahaan menggunakan strategi ini, manfaatnya dapat membuat pelanggan merasa penasaran dengan produk yang akan dirilis. Baik itu dari segi perubahan atau penambahan layanan pada produk. Sehingga, nantinya pelanggan yang ingin tau final produknya akan antusias datang ke hard launching. 

  • Mengestimasi kekurangan sebuah produk

Terakhir, manfaat dari soft launching adalah dapat mengetahui kekurangan dari sebuah produk. Perlu diperhatikan bahwa produk yang sudah beredar dipangsa pasar pasti tidak memiliki kekurangan. Maka, untuk mengetahuinya perlu diadakan launching untuk menjadi simulasi dari peluncuran produk. Jika sebuah produk memiliki kekurangan, maka perusahaan bisa berbenah dan mempersiapkan jadwal perbaikan dari sebuah produk .

Penutup

Itulah penjelasan mengenai pengertian, perbedaan, tujuan serta manfaat soft launching yang sudah kami jabarkan untuk Anda. Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika Anda menerapkan ini. Bagi Anda yang memiliki bisnis, harus mencoba strategi marketing yang satu ini ya!

 

Related Post :

popup image