Software Editing Video Terbaik untuk Pemula di Tahun 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pembuatan konten video telah meledak dalam beberapa tahun terakhir dan semakin mudah bagi semua orang untuk membuat video mereka sendiri yang dapat dibagikan ke TikTok, YouTube, Instagram, dan banyak saluran sosial lainnya. Ada banyak juga software editor video gratis yang datang dengan fitur langsung untuk membuat video ini, tetapi mungkin sulit untuk menyaring video yang memberikan manfaat terbaik.

Sebelumnya banyak yang menggunakan Windows Movie Maker atau iMovie yang cukup terbatas pada kegunaan atau perangkat tertentu. Tapi sekarang dengan kecenderungan penggunaan di perangkat seluler, maka software dan aplikasi juga melebarkan sayap mereka dengan mempermudah pembuat konten di perangkat yang mobile.

Saat ini juga ada banyak sekali situs jejaring sosial untuk berbagi video Anda. Bahkan tidak jarang penggunanya pun dapat melakukan editing pada platform dan aplikasi tersebut. Ini tentu saja mempermudah content creator dalam menciptakan konten lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut ini beberapa rekomendasi software editing video yang bisa digunakan baik profesional maupun pemula sekalipun.

 

Software Editing Video Terbaik

Software Editing Video Terbaik untuk Pemula di Tahun 2021
 

Perangkat lunak pengeditan video terbaik memberi Anda semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat film epik yang akan menyenangkan audiens Anda. Selain itu, tidak jarang juga banyak yang mencari yang dapat menyediakan editing secara gratis atau dengan paket yang mempunyai fitur- fitur mumpuni. Serta yang paling penting adalah yang dapat menambahkan efek khusus, menerapkan filter menakjubkan, dan memotong adegan kompleks.

 

  • Adobe Premiere Pro

    Adobe Premiere Pro CC adalah salah satu dari dua alat standar industri dalam hal pengeditan video. Ini digunakan oleh para profesional top, dalam segala hal mulai dari video YouTube, iklan dan film pendek hingga siaran TV dan film. Alat standar industri lainnya adalah Final Cut Pro dan keduanya sangat cocok untuk fitur dan kecanggihan. Tetapi karena Final Cut Pro hanya tersedia untuk Mac, dan Premiere Pro tersedia untuk Mac dan Windows, yang menjadikan yang terakhir sebagai perangkat lunak pengeditan video terbaik secara keseluruhan.
    Jika Anda sudah menjadi pelanggan Creative Cloud, Anda sudah memiliki Premiere Pro, dan Anda akan dapat menggunakannya dengan mulus dengan alat Adobe lainnya, dari alat grafik gerak After Effects hingga mengimpor aset dari Adobe Stock. Premiere Pro mendukung format 4K, 8K dan VR. Alat pemangkasan dan pengeditannya memberi Anda tingkat presisi dan kontrol yang tinggi yang akan dapat mengerjakan sejumlah trek video yang tidak tertutup, yang dapat diimpor dari hampir semua sumber yang dapat Anda pikirkan. Dengan sinkronisasi otomatis memudahkan untuk menangani bidikan multi-sudut. Ini membanggakan pintasan keyboard yang dapat disesuaikan, dan fitur kolaborasi yang hebat juga.

  • Corel VideoStudio Ultimate

    Corel telah lama menjadi pesaing Adobe untuk perangkat lunak pengeditan video, dan melanjutkan persaingan itu dengan VideoStudio Ultimate, paket pengeditan yang luar biasa untuk pemula di platform Windows. VideoStudio adalah aplikasi yang kuat namun mudah dipelajari untuk siapa saja yang ingin membuat video sederhana dengan cepat tanpa repot dengan kontrol yang rumit. Antarmuka cadangannya yang menarik menawarkan beragam alat, termasuk dukungan 4K, pengeditan video 360 derajat, dukungan multicam, lebih dari 2.000 efek, alat koreksi lensa yang disempurnakan, dan pengeditan teks 3D. Masalah terbesar kami adalah ini hanya untuk Windows dan Anda tidak dapat menyesuaikan ruang kerja Anda semudah mungkin dengan program lain.

  • HitFilm Express

    Hitfilm Express adalah salah satu paket bernilai terbaik di antara perangkat lunak pengeditan video terbaik, bukan hanya karena gratis untuk memulai, tetapi juga karena Anda dapat menambahkan lebih banyak fitur dengan harga yang wajar. Program ini kompatibel dengan Mac dan PC, dan juga mendukung Nvidia dan AMD GPU terpisah untuk rendering dan decoding berulir.
    Alat terbaru dari Hitfilm Express adalah stabilisasi otomatis, yang membantu menghaluskan rekaman yang goyah. Fitur baru lainnya termasuk ekspor audio WAV, efek crop dan pan / zoom, efek referensi GoPro FX, efek penyesuaian warna. Meskipun Hitfilm Express dapat sedikit menakutkan bagi pemula, namu dengan paket yang terjangkau serta fitur- fitur yang terbaik dan dapat diskalakan membuatnya lebih menarik.
     
    Baca Juga  :   Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

  • Final Cut Pro X

    Final Cut Pro X dan Adobe Premiere Pro cukup bersaing dalam hal pengeditan video tingkat profesional yang kaya fitur. Keduanya adalah pemimpin industri, dan sulit untuk mengatakan bahwa yang satu lebih baik daripada yang lain secara keseluruhan. Tidak seperti Premiere Pro, Final Cut Pro tidak berbasis langganan, namun mempunyai paket harga yang lumayan. Meskipun dalam jangka panjang itu pasti lebih murah daripada membayar setiap bulan untuk berlangganan, beberapa pengguna mungkin ragu-ragu untuk berkomitmen untuk menghabiskan jumlah yang begitu besar. Untungnya, Final Cut Pro juga hadir dengan uji coba gratis selama 90 hari, jadi Anda memiliki waktu untuk memanfaatkan sebelum membuat keputusan.
    Sementara Premiere Pro bekerja dengan baik dengan Creative Cloud, Final Cut Pro juga sangat cocok dengan ekosistem Apple yang lebih besar. Itu dibuat untuk memanfaatkan Metal untuk grafik yang sangat cepat, dan dioptimalkan untuk Mac Pro. Tidak ada kekurangan fitur lanjutan, seperti Magnetic Timeline, opsi rentang efek, dan pemangkasan Smart Conform yang cerdas, yang mengikuti gerakan dominan di layar untuk memastikan tidak ada hal penting yang terpotong.

  • Pinnacle Studio

    Pinnacle Studio hadir untuk pembuat konten dari pembuat VideoStudio Ultimate yang sama, grafis dan Corel pemukul media yang hebat, jadi tidak mengherankan jika software ini cukup populer. Dibuat dan dirancang untuk audiens yang lebih profesional daripada VideoStudio dan mencakup dukungan untuk video multicam, video stop-motion, pelacakan gerak, VR 360 derajat, dan video 4K.
    Pembaruan terkini telah menghadirkan antarmuka yang jauh lebih bersih, dan perangkat lunak tersebut sekarang mudah dan menyenangkan untuk digunakan, meskipun terkadang kami mengalami beberapa bug atau perilaku lambat. Layar Beranda awal mencakup tutorial bermanfaat, pembaruan berita dan fitur, serta add-on. Tiga mode tambahan, Impor, Edit, dan Ekspor, mencakup semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat video yang terlihat profesional.
    Pinnacle juga menawarkan kecepatan rendering yang mengesankan dan perpustakaan efek yang besar, ditambah alat pengeditan audio yang bagus. Editor profesional akan senang menemukan berbagai fitur pro, seperti video masking, clip nesting, LUT preset, dan batch processing. Penggemar Corel akan merasa senang dengan tampilan Pinnacle yang baru dipoles dan beragam fitur level profesional.

  • Filmora9

    Filmora9 oleh Wondershare adalah salah satu aplikasi perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk para amatir yang antusias dan mereka yang baru memulai. Memiliki antarmuka yang sederhana, bersih, dan intuitif yang mudah dipahami dan di navigasi, serta banyak efek dan filter yang dapat dengan mudah diterapkan ke rekaman yang akan mempermudah pembuat konten YouTube. Perpustakaan suara bebas royalti, dengan efek dan musik, memudahkan untuk menambahkan emosi dan bakat.
    Ini kekurangan banyak fitur pro yang akan Anda temukan di Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro, seperti dukungan untuk pelacakan gerak, multicam, atau VR, tetapi tidak dibuat untuk pemirsa atau tingkat pengetahuan yang sama. Itu juga tidak membawa label harga profesional. Ada versi gratis berfitur lengkap dengan watermark dan versi berbayar tanpa watermark dengan dukungan pengguna penuh. Jika Anda baru saja memulai pengeditan video dan ingin mempelajari seluk-beluknya dengan aplikasi yang sangat sederhana namun kuat yang tidak akan menguras kantong, Filmora9 adalah pilihan yang bagus.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Storyboard untuk Video Marketing yang Baik dan Buruk

 

Software Editing Video yang Umum Dipakai YouTuber

Software Editing Video Terbaik untuk Pemula di Tahun 2021
 

Secara umum, para YouTuber cenderung memilih aplikasi yang sederhana, efektif, dan terjangkau. Salah satu aplikasi gratis terbaik adalah Lightworks, yang bisa Anda dapatkan untuk perangkat Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini telah mengintegrasikan ekspor YouTube dan banyak efek real-time yang sangat mengesankan terutama saat ini kualitas konte YouTube juga menuntut pembuat konten untuk dapat menyuguhkan kualitas video yang cerah dengan resolusi tinggi.

Ada banyak pilihan bagus lainnya juga seperti salah satunya yang populer adalah HitFilm Pro memiliki versi gratis tetapi juga menawarkan versi profesional yang kuat. Aplikasi gratis DaVinci Resolve juga sangat bagus, terutama pada koreksi warna, dan sementara VSDC Free Video Editor tidak memiliki akselerasi perangkat keras dari aplikasi pengeditan berbayar yang sebenarnya tidak menjadi masalah jika Anda tidak berada di lingkungan kerja yang sibuk.

 

Baca Juga  :   Cara Download Video TikTok GRATIS dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Setiap pembuat konten pasti mempunyai beberapa faktor kunci, budget dan kebutuhan lain dalam memilih software editing video. Ini akan menimbulkan pertanyaan bagi pemula yang sedang mencari dan mencoba- coba software editing. Mulai dari pertanyaan tentang jenis video apa yang ingin Anda buat dan platform yang akan Anda gunakan untuk menerbitkannya, hingga apakah fitur yang Anda perlukan sudah cukup?

Anda juga perlu mempertimbangkan format apa yang perlu diekspor perangkat lunak, tingkat kualitas apa yang diperlukan untuk menghasilkan (HD? 4K? 8K?) Apakah perangkat dapat memberikan jenis efek visual yang ingin Anda gunakan. Jika Anda akan berkolaborasi, aplikasi Anda juga harus kompatibel dengan aplikasi orang lain. Maka dari itu, tidak ada salahnya mencari dan mencoba berbagai macam software editing sampai Anda menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Related Post :