Spotify Melakukan Uji Coba Fitur Stories di Aplikasi

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Aplikasi Stories sekarang mulai menjamur di media sosial dengan para penggunanya yang banyak serta aktif. Melihat kesempatan ini, Spotify rupanya juga ingin membuat aplikasi serupa di platform-nya. Saat ini Spotify diketahui sedang menguji coba fitur stories mereka dengan memilih beberapa influencer.

Seperti yang dilansir dari TechCrunch, para influencer yang terpilih tersebut dapat mememasukkan elemen video ke dalam daftar putar publik mereka. Influencer pertama yang berkesempatan menguji fitur ini adalah Summer Mckeen, seorang YouTuber dalam bidang makeup dan fashion. Mckeen mempunyai 2,33 juta subscriber, 2,1 juta pengikut Instagram dan 126.455 pengikut Spotify. Fitur baru ini memperkenalkan daftar putar lagu-lagu kesukaannya sepanjang masa yang ia beri judul “all best besties”

Sama dengan produk Stories lainnya yang ada di aplikasi media sosial, Spotify juga menawarkan pengalaman serupa yang mencakup klip video pendek yang bisa di ketuk pengguna untuk melihat layar berikutnya. Sebuah garis horizontal di bagian atas yang menunjukkan berapa banyak layar yang masih menunggu tayang.

 

Cara Menggunakan Spotify Stories

 

Titik masuk Spotify Story adalah gambar ikon melingkar yang berada di atas judul playlist. Stories ini dirancang semenarik mungkin para perhatian pengguna dengan menampilkan preview video animasi yang akan dapat Anda lihat jika mengetuknya. Baru setelah itu klip akan diputar dan maju secara otomatis dan daftar putar dimana Anda menemukan Story tadi akan di tampilkan di bagian atas. Ketuk “X” untuk akses keluar kapan saja.

Pandangan unik Spotify dalam membuat format Stories sendiri tentu saja melibatkan musiknya. Untuk fitur Stories terbaru ini, influencer juga dapat membagikan klip video yang berisi cuplikan lagu dan album sebagai cara melihat preview musik di playlist. Khusus dari influencer Mckeen, para pengikutnya mengikuti petunjuknya menuju playlist baru.

Meski Mckeen adalah influencer pertama yang ditayangkan di Spotify Stories, tetapi untuk proyek ke depan, Spotify juga berencana untuk menggaet nama-nama terkenal lainnya di industri hiburan, gaya hidup dan musik dalam waktu dekat. Kelompok penguji awal ini ditentukan oleh berbagai faktor, termasuk jumlah pengikut, seberapa terlibatnya pengikut mereka dan seberapa aktif influencer tersebut di Spotify. Mckeen dipilih karena dia seseorang yang suka membuat daftar putar sendiri dan memiliki banyak daftar putar yang dibuat pengguna yang ia  bagikan dengan para penggemarnya.

Saat ini Spotify belum meluncurkan fitur ini kepada para artisnya, karena mereka ingin menjadikan Stories sebagai salah satu cara menemukan musik ketimbang sebagai alat promosi. Sebaliknya, para artis dapat menjangkau penggemar mereka secara kreatif menggunakan Canvas yaitu produk video pengulangan yang baru saja diluncurkan yang dapat menggantikan gambar media album saat lagu diputar. Lebih dalam nantinya para artis dari Spotify juga bisa menggunakan fitur Stories ini.

Baca Juga : TikTok Saingi Facebook Dengan Gandeng iFlix

 

Spotify Untuk Binatang

 

Selain Stories, Spotify juga meluncurkan generator playlist baru untuk mengumpulkan l lagu- lagu yang ditargetkan pada binatang peliharaan. Cara ini mereka buat demi menjadi terkenal atau viral serta menonjol daripada pesaing-pesaingnya yang hanya mempunyai fitur monoton. 

Sedangkan untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengunjungi situs web pet playlist di Spotify untuk masuk mendapatkan lagu yang diinginkan. Lalu spotify akan memberikan lima pilihan hewan peliharaan yaitu kucing, anjing, burung, iguana dan juga hamster. Kemudian pengguna diminta untuk memberi atau membangun karakteristik hewan peliharaan yang dipilih, apakah bersifat ceria, pemalu, ramah, lucu dan lainnya. 

Baca Juga : Mengenal Apa itu Podcast dan Tips dan Tricks Membuatnya

Proses berikutnya adalah memilih dan memberi nama pada hewan peliharaan yang nantinya akan muncul daftar lagu sesuai dengan karakter yang kita bangun beserta ikon juga nama hewan di atasnya. Disamping option memilih karakteristik hewan peliharaan, daftar lagu juga akan  disesuaikan menurut pilihan Spotify pengguna si pemilik akun.

 

Related Post :

popup image