Startegi Online Marketing : Mengapa Harus Facebook?

Business, Social Media Marketing / 0 | | 1

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Media sosial ini sudah sangat familiar sejak mungkin dahulu ketika perkembangan social media tidak sepesat ini. Setelah berakhirnya masa keemasan Friendster di Indonesia Facebook seakan muncul dengan wajah baru untuk memukau pengguna Indonesia hingga iya dapat terkenal dan dengan cepat memunculkan para pengguna nya. Facebook merupakan symbol awal superiorisme media sosial di dunia.

Baca Juga : Pentingnya Merancang Marketing Mix untuk Bisnis Online

Facebook menawarkan fitur yang berebeda dari sebelumnya. Namun sudah beberapa tahun berjalan nampaknya Facebook telah ditinggalkan para peminatnya. Dimulai dengan munculnya Twitter, Path, Instagram, Google+ dan Social Media lainnya membuat orang berfikir bahwa strategi untuk memasarkan produk lebih baik untuk melakukannya pada social media yang lainnya. Padahal beberapa fakta menunjukan justru Facebook merupakan sebuah situs yang tepat untuk memulai memasarkan produk anda. Survey menunjukan Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia dengan pengguna Facebook paling aktif. Hal ini diungkap dari laporan riset We Are Social dan Hootsuite.

Menunjukan bagaimana pengguna social media masih didominasi untuk aktif pada Facebook dibandingkan yang lainnya. Ini menunjukan bahwa pasar konsumen di platform ini pun juga masih tinggi. Tapi mungkin banyak orang yang masih berfikir bahwa penggunaan Facebook hanyalah sebatas untuk saling membuat status, berkenalan dengan orang, ataupun berkomunikasi dengan orang. Padahal pada kenyatataanya Facebook sekarang telah memfasilitasi bagi anda para pelaku usaha untuk dapat membuka peluang memperluas jaringan pemasaran produk anda. Berikut adalah alasan 4 alasan nya:

  • Facebook merupakan jejaring sosial yang bersifat viral
    artinya ketika anda berbagi suatu tautan, informasi, fakta, berita, ataupun promosi produk maka akan menyebar dan dilihat secara cepat oleh pengguna Facebook dan memungkinkan untuk membuat sebuah pemasaran efektif dari orang ke orang.
  • Objek pemasaran yang luas
    Data dari APJII menunjukan bahwa 54% atau sekitar 71,6 Juta pemakai social media Facebook masih superior pada tingkatan terbanyak. Ini meyakinkan para pelaku pasar bahwa semakin banyak pengguna maka akan semakin besar peluang yang akan diapat dalam menjarign konsumen unutk dapat membeli produk atau layanan yang kita tawarkan.
  • Fasilitas Facebook yang memadai untuk pemasaran
    Fakta berikutnya yang tidak diketahui oleh orang banyak bahwa facebook mempunyai fitur yang mendukung usaha anda.
    Facebook Account digunakan untuk berkomunikasi secara pribadi/menawarkan produk secara pribadi (door to door antar 1 akun facebook ke facebook lainnya), bisa dengan cara menandai teman (tag facebook) produk kita, share ke dinding teman facebook, komunikasi via pesan facebook. Facebook Fanpage digunakan untuk promosi yang bersifat massive (besar/masal). Membuat suatu laman fanpage yang akan menimbulkan banyak fans/penggemar. Dengan hal ini akan secara mudah menyebarkan informasi produk atau promo produk. Facebook Group digunakan untuk privasi hubungan antara Anda dengan penjual loyal ataupun Reseller. Dengan hal ini akan lebih mudah berkomunikasi secara intens.
  • Analisis Pemasaran
    Dengan Facebook kita tidak hanya menjual dan memasarkan tapi juga dapt menganalisis siapa pesaing kita, dan siapa terget potensial konsumen kita. Similar Page sebuah fitur untuk mencari industri pesaing yang mempunyai produk atau layanan yang mirip atau bahkan sma dengan kita. Artinya ita bisa menganalisi bagaimana pesaing kita memasarkan dan menjual. Dan kita dapat memberikan keputusan untuk mebuat suatu yang berbeda denga pesaing kita agar halaman kita lebih banyak diminati.
  • Interests liked
    Kita dapat melihat siapa saja yang mempunyai ketertarikan akan suatu produk di bidang tertentu. Ini akan sangat membantu pelaku usaha untuk dapat mengenali target potensial mereka.
  • Insights
    Adalah fitur selanjutnya yang dapat menganalisis page atau post yang anda telah buat. Kita dapat dengan mudah menganalisa twaktu raffic pengunjung yang sering online dan Post mana yang mendapatkan paling banyak reach dan engagement.
  • Iklan berbayar
    Merupakan langkah terakhir anda untuk melakukan pemasaran agar menambah peluang usaha anda. Meskipun berbayar namun layanan ini akan sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan karena dilihat bagaimana banyaknya pengguna social media ini.

    Baca Juga : Ketahui Peraturan Facebook Ads

Jadi mengapa harus Facebook? Tulisan ini telah menjawabnya bagaimana Facebook dapat menjadi langkah yang efekti untuk membangun branding yang baik untuk produk anda.

Related Post :