Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Salah satu hal yang wajib diterapkan dalam menjalankan bisnis adalah strategi pemasaran produk/layanan. Anda sebagai pemilik bisnis tentu wajib untuik mengetahui dan memahami apa saja strategi pemasaran. Jika tidak, maka penjualan Anda tentu akan susah untuk naik, image serta branding dari bisnis Anda keseluruhan akan tidak dapat menjangkau target penjualan Anda sepenuhnya.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu menginginkan pemasaran produk atau jasa yang Anda jual mendapatkan hasil penjualan yang terus tumbuh dan berkembang secara signifikan bukan? Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui apa saja strategi pemasaran yang tepat untuk membantu mendongkrak penjualan bisnis. Mengingat strategi pemasaran akan dapat membantu Anda dalam panduan bertahap dalam menjual produk tepat sasaran.

Bagi Anda yang saat ini sudah memiliki produk maupun layanan yang cukup berkualitas, maka imbangilah dengan cara menerapkan strategi pemasaran produk untuk bisnis lengkap beserta contohnya di bawah ini. Namun sebelum itu, ketahui dulu lebih lanjut mengenai apa itu strategi pemasaran produk berikut untuk dapat membantu Anda dalam memberi panduan apa saja yang kiranya diperlukan dalam sebuah strategi pemasaran.

 

Apa Itu Strategi Pemasaran Produk

Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya
 

 

Saat Anda sudah memiliki produk untuk dijual di pasaran, maka Anda perlu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk. Untuk itu ketahui dulu apa itu strategi pemasaran tersebut. Dengan begitu, Anda tak hanya dimudahkan untuk mendapatkan pelanggan akan tetapi produk/layanan bisa dikenal oleh banyak orang dalam waktu singkat. Lantas apa itu strategi pemasaran produk?

Strategi pemasaran produk merupakan rencana detail mengenari bagaimana cara efektif menjualkan sebuah produk maupun layanan. Dengan menggunakan strategi tersebut, maka tentu sebuah produk/layanan jasa yang Anda miliki akan dapat dipasarkan secara luas dengan lebih efektif dan juga tertarget. Terlebih, strategi pemasaran produk juga termasuk sebagai salah satu hal yang cukup vital dalam perkembangan dunia bisnis. Namun begitu, saat menggunakan strategi tersebut jangan sampai membahayakan bisnis. Oleh karenanya, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa strategi pemasaran produk untuk bisnis beserta contohnya secara langsung.

Baca Juga :      Strategi Pemasaran Produk / Layanan Terbaik di tahun 2020

 

Strategi Pemasaran Produk Beserta Contohnya

Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya
 

Apabila Anda sangat awam dalam hal menjalankan strategi marketing dalam dunia bisnis, maka sangat disarankan untuk mengetahui secara langsung seperti apa strategi penasaran yang baik dan tepat. Di bawah ini terdapat beberapa strategi pemasaran produk beserta contohnya yang bisa Anda coba :

 

  • Pemasaran lewat sosial media YouTube dan lainnya

    Saat ini, media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar dalam berbagai kehidupan manusa, tak terkecuali penjualan produk mengingat media sosial merupakan salah satu media yang paling efektif untuk menerapkan strategi marketing produk. Anda bisa memilih Youtube menjadi salah satu media sosial yang cukup efektif untuk melakukan pemasaran dan Anda bisa mulai membangun channel Youtube untuk membantu mendongkrak penjualan.
     
    Sebagai strategi, Anda dapat melakukannya dengan membuat dan membagikan video menarik tentang mengapa orang harus memebeli, manfaat dari produk/layanan Anda, dan video berkualitas lainnya pada channel YouTube. Selain YouTube, ada beberapa sosial media lain yang bisa Anda pilih untuk memasarkan produk. Seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pemasaran produk/layanan dengan paid promote

    Strategi pemasaran yang satu ini bisa Anda lakukan dengan menjalin kerjasama bersama partner bisnis lain. Anda bisa melakukan kolaborasi dengan cara mengeluarkan produk baru bersama partner. Dengan begitu, selain menguntungkan produk maupun layanan jasa Anda pun bisa Anda gunakan lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan baru.
    &nbsp’

    Baca Juga :    Tutorial Cara Belajar Digital Marketing Untuk Bisnis Online

  • Pemasaran lewat sponsorship

    Bagi Anda yang masih memiliki produk baru, maka butuh kesan yang dapat lebih meyakinkan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk milik Anda. Dalam hal ini, strategi pemasaran produk yang bisa Anda lakukan adalah dengan melibarkan diri dalam kegiatan amal atau sponsorship. Misalnya saja keterlibatan sebuah bisnis dalam acara santunan untuk anak yatim, korban bencana alam, dan masih banyak lagi.
     
    Dengan Anda melibatkan diri dalam kegiatan tersebut, maka secara tidak langsung Anda bisa mendapatkan kesan positif dari sudut pandang calon konsumen dan mereka akan mengetahui bahwa bisnis Anda memiliki kepedulian sosial yang cukup besar. Sehingga para konsumen dapat lebih mudah terdorong untuk melakukan pembelian produk Anda.

  • Turut aktif dalam mengikuti bazaar atau festival

    Strategi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan turut andil dalam mengikuti berbagai bazaar maupun festival. Anda bisa memilihnya sesuai dengan produk atau layanan yang Anda punya. Misalnya saja Anda memiliki produk/layanan yang bertemakan kuliner maka pilihlah event khusus kuliner sehingga Anda bisa langsung berhadapan dengan calon pelanggan yang memang sudah tertarik dengan tema tersebut.

  • Strategi pemasaran produk lewat marketplace

    Strategi ini sebenarnya sudah ramai digunakan, terlebih seiring berkembangnya internet, keberadaan marketplace bisa jadi pilihan tepat untuk memasarkan produk dengan lebih luas. Anda bahkan dapat memilih beragam fitur menarik dan untuk melakukan pemasaran melalui marketplace maka Anda disarankan untuk menggunakan strategi promosi yang tepat. Pilihlah marketplace yang memang cocok dan sesuai dengan produk/layanan yang Anda ingin pasarkan.
     
    Kemudian, Anda juga perlu menyesuaikan kategori produk yang ingin Anda jual. Contohnya, saat memiliki produk berupa sepeda gunung, maka pastikan produk tersebut masuk ke dalam kategori yang sesuai yakni sepeda sehinga calon pembeli Anda  juga tidak akan sulit untuk menemukannya.

  • Lakukan endorsement lewat selebgram

    Aktivitas endorsement merupakan promosi online yang dilakukan oleh para selebriti atau influencer Instagram. Tentu saja selebriti tersebut memiliki jumlah pengikut yang sangat banyak karena dengan adanya selebriti Instagram/selebgram tersebut maka Anda bisa mengenalkan produk/layanan secara efektif dan mudah. Umumnya, selebgram akan mematok biaya tertentu untuk melakukan endorsement. Anda hanya perlu menghubungi kontak seleb tersebut, mengirimkan bahan yang ingin dipromosikan, dan produk/layanan jasa Anda pun akan dipromosikan lewat akun pribadi selebgram tersebut.
     
    Baca Juga :    Apa itu Digital Marketing : Jenis-jenis, Manfaat, Konsep dan Strateginya

  • Buat website Anda sendiri

    Selain beberapa strategi di atas, Anda juga bisa memasarkan produk melalui website dan oleh karena itu, jangan ragu untuk segera membangun website bisnis Anda mulai dari sekarang. Dengan membangun website, maka ini bisa menjadi strategi yang cukup efektif karena nantinya bisnis Anda akan terlihat jauh meyakinkan dan profesional.
     
    Contohnya saja saat Anda memiliki bisnis layanan dekorasi pernikahan. Anda tak hanya mempromosikannya lewat sosial media saja, akan tetapi buatlah website khusus untuk mengenalkan layanan dekorasi pengantin Anda kepada banyak orang. Dengan begitu, layanan jasa Anda dapat ditemukan lewat mesin pencarian Google.

 

Baca Juga :    10+ Marketing Trends 2020 Paling Update yang Wajib Kamu Ketahui

 

Kesimpulan dan Penutup

Dari berbagai strategi pemasaran di atas, Anda bisa memilih beberapa diantaranya untuk meningkatkan penjualan produk. Pastikan Anda tidak hanya melakukannya sekali dua kali saja, akan tetapi strategi pemasaran haruslah tetap dilaksanakan secara berkala. Pasalnya, kegiatan promosi/pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis dan tidak bisa hanya dilakukan sesekali karena pemasaran akan selalu berlangsung.

Dengan melakukan kegiatan pemasaran, maka Anda dapat meningkatkan kemajuan bisnis lebih mudah. Bukan hanya itu saja, bisnis Anda akan dikenal oleh lebih banyak orang sehingga brand/perusahaan Anda pun akan terbangun cengan citra yang baik dan lebih menarik perhatian. Terlebih, beberapa strategi pemasaran di atas juga terbilang cukup mudah dilakukan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah pemilihan produk yang tepat dan harga yang tepat kepada target yang tepat pula yang dengan begitu, bukan tidak mungkin penjualan Anda dari waktu ke waktu akan meningkat dengan signifikan.

Related Post :