Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Menguntungkan Bagi Pemula di Bisnis Online

Business, Marketing / 1 | | 0

Apakah Anda memiliki minat dalam pemasaran produk Anda di bidang online atau membutuhkannya bagi bisnis Anda? Seperti yang diketahui bahwa teknik atau metode pemasaran saat ini telah bergeser dengan mengikuti kemajuan zaman yang mana masyarakat lebih memilih berbelanja online maka penjual atau brand juga menyediakannya secara online.

Maka dengan strategi pemasaran produk online yang kuat akan membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan teknik pemasaran ini, maka Anda mungkin sedang dalam perjalanan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan potensial yang tepat. Selain juga dapat membantu dalam mempertahankan pelanggan tetap Anda karena mengikuti strategi pemasaran internet konkret yang tepat bagi bisnis Anda.

Secara umum pemasaran online atau yang sering disebut sebagai pemasaran digital diartikan sebagai strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Kegiatan pemasaran untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan memanfaatkan penjualan melalui media sosial, website, email, bahkan augmented reality. Cukup banyak hal yang bisa dilakukan pemasaran era digital saat ini seperti memanfaatkan iklan berbayar, konten berkualitas atau sekadar postingan sederhana melalui media online.

 

Mengenal dan Memahami Pemasaran Produk Online

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Menguntungkan Bagi Pemula di Bisnis Online
 

Pemasaran produk online adalah praktik memanfaatkan saluran berbasis web untuk menyebarkan pesan tentang merek, produk, atau layanan perusahaan kepada pelanggan yang potensial. Metode dan teknik yang digunakan untuk pemasaran online meliputi email, media sosial, iklan bergambar, pengoptimalan mesin telusur, Google AdWords, dan lainnya. Sama dengan iklan tradisional, maka tujuan pemasaran adalah untuk menjangkau pelanggan yang ditargetkan melalui saluran di mana mereka biasanya menghabiskan waktu mereka untuk membaca, mencari, berbelanja, dan bersosialisasi secara online.

Adopsi dan penggunaan luas internet untuk bisnis dan penggunaan pribadi telah menghasilkan saluran baru untuk periklanan dan keterlibatan pemasaran, termasuk yang disebutkan di atas. Ada juga banyak manfaat dan tantangan yang melekat pada pemasaran online, yang terutama menggunakan media digital untuk menarik, melibatkan, dan mengubah pengunjung virtual menjadi pelanggan.

Perlu diketahui bahwa pemasaran online berbeda dari pemasaran tradisional, yang secara historis mencakup media seperti iklan cetak, papan reklame, televisi, dan radio. Sebelum saluran pemasaran online muncul, biaya untuk memasarkan produk atau jasa seringkali sangat mahal selain sulit untuk diukur secara efektif. Saat ini, siapa pun yang memiliki bisnis online dan juga sebagian besar bisnis offline dapat berpartisipasi dalam pemasaran online dengan membuat situs web dan membangun kampanye akuisisi pelanggan tanpa biaya.

 

Baca Juga  :     Tips dan Panduan Penting Marketing Bagi Bisnis Online

 

Manfaat Strategi Pemasaran Produk Bagi Bisnis Pemula

Adapun pemasaran yang efektif dimulai dengan strategi pemasaran yang dirancang dengan pertimbangan kebutuhan dari bisnis tersebut. Mengingat karena strategi pemasaran yang baik membantu Anda menentukan tujuan pemasaran yang jelas, realistis, dan terukur untuk bisnis Anda. Maka strategi pemasaran Anda mempengaruhi cara Anda menjalankan bisnis, sehingga harus direncanakan dan dikembangkan melalui konsultasi dengan tim Anda. Ini adalah alat perencanaan strategis yang luas dan komprehensif yang dapat membantu merek/brand untuk :

  • Menjelaskan bisnis Anda dan produk serta layanannya.
  • Menjelaskan posisi dan peran produk dan layanan Anda di pasar.
  • Profil pelanggan Anda dan pesaing Anda.
  • Mengidentifikasi taktik pemasaran yang akan Anda gunakan.
  • Memungkinkan Anda membuat rencana pemasaran yakni taktik untuk menyampaikan dan mengukur efektivitasnya.

 

Baca Juga  :   Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Strategi Pemasaran Produk Bagi Pemula di Bisnis Online

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif dan Menguntungkan Bagi Pemula di Bisnis Online
 

Semakin majunya era digitalisasi maka cara bisnis dalam memasarkan produknya juga turut berubah. Faktanya, menjadi jauh lebih sulit untuk membuat konsumen memperhatikan bisnis Anda di antara semua kompetisi yang semakin ketat juga banyak. Tanpa strategi pemasaran yang baik untuk memandu Anda,bisnis Anda bisa tenggelam di antara bisnis dengan ceruk yang sama. Oleh karenanya, beri waktu dan fokus Anda dalam memasarkan produk Anda dan pertimbangkan strategi dan taktik dasarnya berikut ini.

 

  • Bangun basis pasar pertama Anda terlebih dahulu

    Strategi pertama Anda adalah bagaimana caranya Anda membangun basis pasar Anda terlebih dahulu sebelum berinvestasi dalam kampanye pemasaran besar-besaran. Pelanggan awal Anda juga bisa membantu Anda dengan memberi umpan balik yang sangat berharga tentang produk Anda. Karenanya lempar produk Anda terlebih dahulu kepada calon pelanggan potensial pertama yakni orang-orang disekeliling Anda sebelum melemparnya secara massive.

  • Tawarkan sampel produk gratis

    Salah satu hambatan terbesar yang harus Anda atasi dengan pelanggan baru adalah keputusan pembelian mereka pada produk Anda. Ini adalah wajar karena pelanggan seringkali sangat cemas untuk membelanjakan uang untuk produk baru. Gunakan taktik dengan memberikan mereka sample gratis atau sebagai insentif untuk pembelian yang lebih besar. Dengan begitu Anda meningkatkan eksposur ke produk Anda yang pada nantinya akan menjadi promosi yang baik.

  • Buat daftar email/email marketing

    Data bisa dibilang mata uang paling penting dari bisnis apa pun, tetapi terutama yang menjual produk mereka secara online. Jadi, membangun daftar email dapat dipahami sebagai cara yang sangat diperlukan untuk menciptakan ikatan yang langgeng dengan pelanggan Anda. Pastikan untuk menawarkan semacam insentif untuk mendorong pengguna memasukkan alamat email mereka, dan kemudian menindaklanjuti konten, mendukung bisnis Anda dan produknya secara keseluruhan.

  • Manfaatkan platform media sosial

    Media sosial tidak lagi hanya untuk berkomunikasi dan berhubungan saja, tetapi juga telah menjadi platform serba lengkap termasuk dalam pemasaran bagi merek dan bisnis. Memanfaatkan platform ini karena selain gratis, Anda juga dapat menjangkau konsumen lebih luas lagi.

  • Terlibat dalam pemasaran konten

    Blog, podcast, whitepaper, dan bentuk pemasaran konten lainnya dapat menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan pengoptimalan mesin telusur dan mengarahkan konsumen langsung ke produk Anda. Ini adalah strategi yang tepat terlebih lagi jika Anda adalah pebisnis online pemula. Buat konten yang unik dan menggambarkan bagaimana Anda, selaku bisnis yang baru mulai berkembang dapat memberikan layanan terbaik kepada calon pelanggan Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Memulai Bisnis Online, Tips dan Trik yang Harus Diketahui Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Majunya teknologi dan progress digitalisasi yang semakin global membuat siapa saja mempunyai peluang untuk menjadi pebisnis online. Meski siapa saja mempunyai kesempatan yang sama tanpa lagi harus lebih dulu mengenyam pendidikan formal, tetap saja dibutuhkan pengetahuan bisnis dasar sebagai langkah permulaan. Ini bisa Anda dapatkan dengan mengikuti panduan dan kursus online khusus untuk pebisnis online pemula dan mereka yang memang mempunyai minat serta antusiasme dalam berbisnis modern.

Riset pasar dan pemilihan platform penjualan adalah dua hal dasar yang menjadi pondasi bisnis online, namun jangan lupa ada banyak lagi usaha yang harus Anda beri perhatian khusus termasuk kepada bagaimana caranya Anda memasarkan produk/jasa Anda nanti. Karena ini adalah zaman dimana semua serba mudah dan praktis, maka manfaatkan strategi pemasaran online diatas demi membantu Anda dalam menjalankan langkah yang efektif, praktis dan mendatangkan hasil yang diinginkan.

 

 

Related Post :

popup image