Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast yang Efektif dan Efisien

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Dunia pemasaran global semakin maju dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam teknik pemasaran mereka. Digital marketing atau pemasaran digital apa yang umum diterapkan banyak bisnis dan brand, salah satunya adalah email marketing yang dalam bentuk penerapannya kali ini adalah blast email. Jenis pemasaran ini sangat populer dan acap kali digunakan oleh pemasar yang membuat pemasaran email terus berkembang dan benar-benar menjadi salah satu yang terdepan dalam pemasaran.

Ini karena rata-rata, biayanya jauh lebih murah daripada iklan tradisional. Plus, kampanye pemasaran email yang baik dapat meningkatkan bisnis Anda, dan membantu Anda mempromosikan kesadaran merek dan dari mulut ke mulut. Blast email bekerja dengan sangat baik oleh karena faktor- faktor ini, karena metode ini sebenarnya cukup sederhana, terjangkau, dan sangat efektif. Sebagai komponen inti dari pemasaran email, tujuan blast email adalah untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda, meningkatkan kesadaran merek, atau memberi tahu pengguna tentang pembaruan penting atau acara mendatang.

Teknik ini bisa menjadi aset yang kuat untuk strategi pemasaran Anda, dan mereka dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan jika Anda melakukannya dengan benar. Namun, jika Anda salah mengartikannya, mereka dapat dianggap mengganggu atau bahkan berisi spam. Dalam artikel ini, mari melihat strategi blast email yang bisa menjadi email solution yang benar untuk meningkatkan konversi dan mengembangkan brand serta bisnis Anda.

 

Memahami Apa Itu Email Blast

Email blast yang merupakan bagian dari digital marketing adalah metode tentang menjangkau sebanyak mungkin orang dengan satu pesan. Anda mungkin mengirim satu ke beberapa daftar kontak, semua pelanggan Anda, atau segmen yang sangat besar lainnya. Pemasar biasanya sudah mengenal dengan konsep kampanye email dimana cukup serupa dengan blast email kecuali bahwa metode ini kurang ditargetkan dan lebih digeneralisasi.

Kedua jenis pesan memainkan peran penting dalam pemasaran email modern, tetapi mereka mencapai tujuan yang berbeda. Kampanye membangun hubungan dengan prospek dan pelanggan yang ada dengan menyediakan konten yang relevan langsung ke kotak masuk mereka. Dalam banyak hal, email blast lebih merupakan email yang lebih general dan umum sehingga penting memahami kapan menggunakannya jika dibandingkan dengan kampanye yang lebih dipersonalisasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

 

Baca Juga  :    Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

Ciri dan Karakteristik Umum Blast Email

Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast yang Efektif dan Efisien
 

 

Meskipun tidak ada definisi pasti tentang apa itu email blast, Anda dapat menemukannya jika mereka memiliki sebagian besar atau semua ciri maupun karakteristik berikut ini :

  • Email muncul meski tidak diminta
  • Dikirim ke seluruh daftar distribusi Anda
  • Berupa email ccak, bukan bagian dari strategi pemasaran yang lengkap
  • Tidak memahami atau peka terhadap perilaku dan preferensi penerima sebelumnya
  • Berfokus pada kebutuhan perusahaan, bukan pada kebutuhan atau keinginan pelanggan

 

Baca Juga  :     Manfaat Penggunaan Email Hosting Bagi Bisnis dan Usaha

 

Tips dan Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast

Sederhananya, email blast menawarkan fleksibilitas dan skala. Tanpa jenis pemasaran ini, banyak usaha kecil bahkan mungkin tidak melakukan pemasaran email karena sifat manual dari email satu-ke-satu. Namun, tidak semua ledakan email dibuat sama, hanya karena Anda dapat mengirim email ke seluruh database Anda sekaligus, bukan berarti Anda harus melakukannya.

Teknik ini bisa menjadi strategi yang ampuh jika direncanakan dan dijalankan dengan hati-hati. Berikut adalah tips dan strategi untuk memastikan upaya email blast Anda sukses :

  • Terapkan personalisasi

    Penerima email seharusnya tidak melihat pesan Anda sebagai email umum. Sebaliknya bagi mereka, email yang Anda kirimkan akan terlihat dan terasa seperti email yang disesuaikan, jadi gunakan bidang khusus di email Anda untuk menambahkan lapisan personalisasi tambahan. Misalnya, Anda dapat menarik informasi seperti nama depan untuk meningkatkan salam Anda dan membuat penerima yakin ini adalah email yang memang ditujukan untuk mereka seorang.

  • Kenali dan pahami pelanggan Anda

    Anda tidak harus selalu mengirim email ke grup pengguna terbesar dan berkali-kali sehingga ini akan menjadi distraksi dibandingkan efektivitas yang baik. Sebaliknya, kenali pelanggan Anda dan kelompokkan mereka berdasarkan perilaku, keterlibatan, minat, atau preferensi. Misalnya, kirim email blast ke pengguna yang mendaftar dalam dua minggu terakhir atau email pelanggan yang menghadiri webinar.

  • Selalu melakukan pengujian

    Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua email blast, jadi lakukan pengujian A / B untuk melihat salinan, warna, dan gambar apa yang paling beresonansi. Anda dapat menguji hal-hal seperti baris subjek, gambar spanduk, ukuran dan warna tombol, tata letak email, dan banyak lagi.

 

Baca Juga  :    Tips Cara Memilih Platform Email Blast untuk Email Marketing Bisnis

 

Contoh Penggunaan dan Penerapan Email Blast yang Efektif

Strategi Terbaik Untuk Melakukan Email Blast yang Efektif dan Efisien
 

Di dunia modern sekarang ini, email, salah satu metode komunikasi baik itu antar bisnis maupun antar bisnis yang disukai, juga merupakan metode yang nyaman untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan Anda kepada pelanggan. Namun, ada undang-undang untuk mencegah pemasar mengirim pesan email yang tidak diminta, yang juga disebut spam. Anda dapat menghindari tindakan hukum jika Anda membatasi pesan promosi Anda kepada orang-orang yang telah menyatakan minatnya untuk menerima buletin dan informasi produk atau layanan Anda.

Adapun sebuah email blast yang efektif dapat berguna untuk berbagai jenis kampanye. Anda dapat menggunakannya untuk hal-hal seperti :

  • Email blast mempromosikan produk

    Kirimkan pengumuman tentang produk Anda yang paling populer, rilis baru yang menarik, penjualan kilat, atau email multiproduk yang menampilkan kategori tertentu yang mungkin menarik bagi segmen tertentu dalam daftar email Anda. Jangan lupa sertakan link dan tautan yang bisa mengarahkannya ke bisnis dan brand Anda.

  • Email blast mengumumkan pembaruan konten

    Baik itu setiap tiga bulan, bulanan, atau bahkan mingguan, audiens Anda mengharapkan pembaruan dari Anda. Gunakan teknik email blast marketing ini untuk memperbarui hal-hal seperti konten blog, berbagi cerita mengenai brand Anda, tips berguna tentang cara menggunakan atau merawat produk Anda, atau multimedia seperti video dan podcast. Initnya, Anda selaku pemilik bisnis atau brand tentu ingin pasangan Anda tetap berkomunikasi dengan Anda setiap waktu, dimana email blast adalah cara yang cukup tepat untuk melakukan itu semua.

 

Baca Juga  :    Panduan Cara Membuat Akun Zimbra Email di IDCloudhost

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai teknologi yang maju dan umum digunakan, email tidak hanya disediakan untuk komunikasi antara teman dan keluarga. Faktanya, sebagian besar email yang diterima pelanggan dikenal sebagai email blast merupakan kebalikan dari pesan satu-ke-satu. Ini adalah bagian dari pemasaran digital yang masih relevan dan dianggap cukup efektif dalam mengembangkan pemasaran bisnis.

Juga dikenal sebagai siaran email, email blast adalah saat Anda mengirim satu email ke sekelompok pelanggan atau prospek sekaligus. Alih-alih komunikasi langsung antara dua orang, Anda menyampaikan pesan Anda ke ratusan atau ribuan orang secara bersamaan. Misalnya, Anda dapat mengirim email blast untuk mengumumkan fitur baru atau untuk mempromosikan penawaran waktu terbatas. Walau memang lebih ringkas, namun tidak ada salahnya Anda mengubah suai metode ini sesuai dengan kebutuhan maupun target pemasaran Anda sendiri.

Related Post :