logo Strategi Youtube Marketing untuk Bisnis 2023 - IDCloudHost

Strategi Youtube Marketing untuk Bisnis 2023

Strategi Youtube Marketing untuk Bisnis 2023

Sebelum produk bisnis beredar di kalangan konsumen, ada strategi pemasaran yang perlu untuk persiapkan dengan matang. Mulai dari analisisnya, promosi hingga pemasaran yang akan dilakukan. Sehingga dalam sebuah perusahaan pasti memerlukan seorang marketer untuk menjalankannya. Marketer adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat dan melaksanakan rencana pemasaran untuk perusahaan. Mereka inilah yang membuat strategi pemasaran harus efektif.

Apalagi bagi seorang marketer penting untuk memprediksi strategi apa yang akan tren di tahun mendatang seperti di tahun 2023. Prediksi ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk lebih mengembangkan produk dan menjadi brand yang selangkah lebih maju membuat inovasi atau membuat hal-hal baru dibandingkan dengan kompetitor.

Dalam artikel kali ini, salah satu saluran strategi marketing yang akan kami jabarkan adalah Youtube marketing. Dimana Youtube marketing menjadi media yang bisa meningkatkan penjualan dari bisnis Anda secara digital. Lalu, apa saja strategi ampuh yang harus diterapkan pada bisnis jika menggunakan Youtube marketing?

Apa Itu Youtube Marketing?

Apa Itu Youtube Marketing?

Youtube marketing adalah saluran strategi marketing yang dapat digunakan sebagai wadah promosi sebuah produk melalui platform youtube. Tujuannya agar penjualan dapat meningkat karena platform ini juga menjadi alat pemasaran yang efektif. Pada saluran ini juga Anda bisa mempromosikan produk atau jasa, meningkatkan jangkauan konsumen hingga meningkatkan volume penjualan. 

Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda peroleh jika menggunakan Youtube marketing antara lain:

  • Konsumen lebih mengenal produk Anda

Kelebihan pertama yang berdampak pada bisnis Anda adalah para konsumen yang semula tidak mengetahui produk Anda menjadi lebih mengenal produk seperti apa yang Anda tawarkan. Ini disebabkan oleh saluran Youtube yang Anda gunakan dapat dilihat siapa saja bahkan dapat menjangkau calon konsumen Anda di berbagai belahan dunia.

  • Mendorong konsumen membeli produk

Kedua adalah lewat Youtube marketing Anda bisa mendorong konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Ini bisa saja disebabkan oleh konten video yang Anda buat menarik perhatian konsumen. Sehingga mendorong mereka untuk membeli produknya.

  • Meningkatkan brand awareness

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Youtube marketing adalah nama brand bisnis Anda akan semakin dikenal dan memberikan citra yang positif. Inilah yang menjadi alasan konsumen akan dengan mudah mengingat brand Anda, dan brand awareness bisnis Anda pun bisa meningkat.

  • Dapat memberikan kesan kredibel

Dilanjutkan dengan kelebihan jika Anda menggunakan Youtube marketing adalah dapat memberikan kesan kredibel. Maksudnya adalah konsumen dapat mengingat produk yang Anda tawarkan pada konten video dan otomatis mereka akan membelinya jika sangat tertarik. 

  • Lebih komunikatif 

Terakhir kelebihan dari Youtube marketing untuk bisnis Anda adalah lebih komunikatif. Komunikatif disini dalam hal konten video sertas penyampaiannya. Sehingga membuat konsumen yang melihatnya menjadi lebih udah mengerti dengan jenis produk yang Anda tawarkan pada mereka.

7+ Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Youtube Marketing 2023

7+ Strategi Pemasaran Bisnis Melalui Youtube Marketing 2023

Jika Anda ingin menggunakan strategi Youtube marketing untuk bisnis di tahun 2023 mendatang, simak beberapa hal berikut ini:

  • Buatlah Channel Khusus Bisnis

Agar penerapan strategi Youtube marketing berjalan secara maksimal, Anda harus membuat channel Youtube khusus bisnis. Anda bisa membuat nama channelnya sesuai dengan bisnis atau usaha yang Anda miliki. Tujuannya adalah agar konsumen lebih mudah mengingat bisnis Anda dengan channel khusus ini. Dan keuntungan akan lebih bisa ditingkatkan.

  • Verifikasi Channel Bisnis Anda

Kedua adalah verifikasi channel bisnis milik Anda. Tujuan dari verifikasi ini agar memastikan bahwa channel tersebut benar-benar milik Anda. Setelah selesai verifikasi Anda bisa menggunakan banyak fitur-fitur yang ada di Youtube. Mulai dari thumbnail khusus, live stream dan fitur pendukung lainnya. Hal ini dapat mendukung promosi dari produk yang akan Anda tawarkan. 

  • Tentukan Jenis Konten Video Bisnis Anda

Youtube dikenal sebagai platform untuk mempublikasi video. Maka jika Anda menggunakan Youtube marketing pastikan bahwa Anda telah menentukan konten video apa yang sesuai dengan bisnis Anda. Jika Anda bisnis pada bidang kuliner tentu harus membuat konten video mengenai makanan dari produk Anda. begitupun sebaliknya jika bisnis Anda pakaian maka konten yang harus dibuat juga mengenai pakaian.

  • Manfaatkan Video Berdurasi Pendek

Selain konten video yang harus sesuai, Anda juga harus memanfaatkan video yang durasinya pendek untuk sekedar membuat konsumen penasaran dengan produk bisnis Anda. Pada Youtube Anda bisa menggunakan fitur Reels dan Short. Dengan video ini di pastikan Anda lebih dapat menjangkau konsumen.

  • Gunakan SEO Youtube

Search Engine Optimization (SEO) bukan hanya diperlukan dalam tulisan artikel pada website namun juga diperlukan dalam konten Youtube. Tujuannya agar konten video yang Anda buat berada di pencarian atas. Sehingga, dalam pembuatan konten video perlu adanya analisis kata kunci yang sesuai.

  • Lakukan Riset Terhadap Konten Kompetitor

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan strategi Youtube marketing. Anda juga harus melakukan riset terhadap konten yang dibuat oleh kompetitor bisnis Anda. Riset seperti ini bisa Anda lakukan sebelum Anda mempublikasi konten video Anda. Pelajari terlebih dahulu konten kompetitor kemudian Anda bisa saja meniru konsepnya, akan tetapi buatlah versi produk bisnis Anda sendiri.

  • Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Memanfaatkan media sosial juga perlu dilakukan untuk mempromosikan konten video bisnis yang sudah Anda publikasi di Youtube. Tujuannya agar pengikut Anda di media sosial juga tahu mengenai bisnis Anda. Anda bisa gunakan media sosial seperti Instagram,Facebook atau Tiktok.

  • Optimasi Channel

Selanjutnya adalah mengoptimasi channel Youtube milik Anda. Optimasi ini meliputi profil Youtube yang dapat Anda lengkapi dengan informasi situs website bisnis milik Anda,alamat email,akun media sosial dan lainnya. Jika optimasi ini sudah Anda lakukan dapat mengundang konsumen untuk subscribe channel Anda.

  • Memasang Iklan di Youtube

Jika memiliki dana yang cukup, tidak ada salahnya Anda memasang iklan di Youtube untuk memperkenalkan brand bisnis milik Anda. Jika Anda berhasil memasang iklan tersebut, channel Youtube bisnis milik Anda dapat peningkatan dari segi jumlah penayangannya.

  •  Gunakan Youtube Analytics

Setelah konten video bisnis milik Anda di publikasi perlu untuk mengetahui sejauh mana performa dari channel itu sendiri. Cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan Youtube Analytics. Dimana fitur ini membantu Anda melihat seberapa banyak yang menyukai video Anda,jumlah penayangan yang terjadi,jumlah subscribe,traffic kunjungan,  hingga metrik lainnya.

  • Konsisten

Terakhir strategi yang harus Anda terapkan jika menggunakan Youtube marketing adalah konsisten dalam mempublikasi konten video Anda. Buatlah jadwal secara terstruktur mulai dari persiapan pengambilan video, pengeditan video hingga jadwal tayang video di channel akun Youtube bisnis Anda. Konsisten ini juga memudahkan konsumen untuk mengetahui kapan publikasi konten video Anda berada di Youtube.

Penutup

Youtube marketing diprediksi menjadi tren di 2023 yang akan tetap diminati oleh marketer bisnis. Hal ini disebabkan oleh pengaruh Youtube yang semakin banyak digunakan oleh pengguna. Apalagi digitalisasi saat ini membuat audiens lebih menyukai menonton video dibandingkan yang lain. Begitupun dalam bidang bisnis yang perlu memanfaatkan saluran strategi marketing yang satu ini untuk meningkatkan penjualan.

Bagi Anda yang baru akan mencoba menggunakan Youtube marketing, Anda perlu mengetahui kelebihan apa saja yang ada pada saluran tersebut. Selanjutnya terapkanlah beberapa strategi yang sudah kami rangkum diatas ya!

 

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image