Sumber Modal pada Startup

Serba Serbi, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Dalam menjalankan usaha, tidak dapat dipungkiri bahwa modal salah satu hal utama yang perlu diperhatikan. Untuk sebuah startup, sumber dana dapat berasal dari beberapa sumber seperti:

Bootstrapping

Bootstrapping adalah cara membangun startup dengan modal sendiri. Jon Yongfook dan CEO Beatrix yakin bahwa tidak ada jalur yang lebih awarding daripada bootstrapping. Salah satu keuntungan bootstrapping adalah tidak harus menjawab atau “melayani” investor. Dengan kata lain, entrepreneur yang memilih untuk bootstrapping memiliki kebebasan penuh atas usahanya.

Teman dan keluarga

Mempertimbangkan orang yang berada di lingkaran aktivitas merupakan suatu hal yang patut di pertimbangakan dalam memperluas bisnis. Karena teman atau keluarga merupakan salah satu investor yang mempercayai Anda.

Hibah dari small business

Ini merupakan alokasi dana dari pemerintah yang mendukung teknologi baru dan beberapa kasus yang krusial seperti pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan sosial.

Campaign Online

Mencari modal dengan melalui platform pencarian dana secara online dapat dilakukan. Hal ini bertujuan agar jaringan yang terbentuk semakin banyak.

Angel Investor

Dewasa ini banyaknya pihak yang tertarik untuk memberikan alokasi dananya ke startup yang menarik dan dikategorikan terpercaya. Kebanyakan angel investor memiliki uang pribadi dengan jumlah pinjaman yang tidak terlalu besar.

Venture Capital

Venture Capital merupakan investor yang profesional. Venture Capital memiliki kualifikasi dalam dunia startup. Memiliki business model dan memiliki skala. Dalam menginvestasikan modal, venture capital melihat peluang dan kemampuan untuk menghasilkan profit.

Bergabung ke Inkubator atau Akselerasi

Bergabung ke organisasi merupakan suatu hal yang cukup populer saat ini. Salah satu contohnya yaitu Y Combinator, yang mana asosiasinya sering dilakukan di universitas, organisasi pengembangan komunitas, ataupun di perusahaan besar. Selain itu ada juga yang bergerak di bidang konsultasi.

Negosiasi dari strategi dari partner atau konsumen

Menemukan major konsumen atau rekan bisnis yang dapat melihat beberapa nilai dalam ide yang kamu miliki dan mereka memiliki keinginan untuk menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang kamu jalankan.

Ekuitas perdagangan atau layanan untuk bantuan startup

Ini sering disebut pertukaran skill atau sesuatu yang kamu miliki untuk sesuatu yang akan kamu butuhkan. Sebagai contohnya negosiasi untuk kantor yang tidak berbayar untuk mendukung sistem komputer.

Carilah sebuah loan credit atau credit card line

Secara umum, hal ini tidak terjadi di startup yang baru berdiri, kecuali jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik atau aset yang Anda miliki akan menjadi jaminan.

Related Post :