Taksonomi WordPress : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Hampir semua orang yang mempunyai blog dan website pasti sudah mengetahui platform yang satu ini. Tetapi bagi pemula pasti mempunyai pertanyaan, apa itu WordPress? Pada intinya, WordPress adalah cara paling sederhana dan paling populer untuk membuat situs web atau blog Anda sendiri diantara beberapa platform yang tersedia seperti Blogger atau Joomla.

Faktanya, WordPress kini mendukung lebih dari 40,0% dari semua situs web di Internet. Lebih dari satu dari empat situs web yang Anda kunjungi kemungkinan besar menggunakan atau didukung oleh WordPress. Pada tingkat yang sedikit lebih teknis, WordPress adalah sistem manajemen konten sumber terbuka atau open-source content management system yang dilisensikan di bawah GPLv2, yang berarti siapa pun dapat menggunakan atau memodifikasi perangkat lunak WordPress secara gratis.

Sistem manajemen konten pada dasarnya adalah alat yang memudahkan pengelolaan aspek penting situs web Anda yakni seperti konten tanpa perlu mengetahui apa pun tentang pemrograman. Hasil akhirnya adalah WordPress membuat pembuatan situs web dapat diakses oleh siapa saja, bahkan orang yang bukan pengembang.

 

Pengertian Apa Itu WordPress

WordPress, WP atau WordPress(dot)org) adalah sistem manajemen konten atau content management system(CMS) gratis dan open-source yang ditulis dalam PHP dan dipasangkan dengan database MySQL atau MariaDB. Fitur termasuk arsitektur plugin dan sistem template, yang disebut dalam WordPress sebagai Tema. WordPress pada awalnya dibuat sebagai sistem penerbitan blog tetapi telah berkembang untuk mendukung jenis konten web lainnya termasuk milis dan forum yang lebih tradisional, galeri media, situs keanggotaan, sistem manajemen pembelajaran (LMS) dan toko online.

Platform WordPress digunakan oleh lebih dari 40,5% dari 10 juta situs teratas pada Maret 2021, yang menjadikan WordPress adalah salah satu solusi sistem manajemen konten paling populer yang digunakan. WordPress juga telah digunakan untuk domain aplikasi lain, seperti sistem tampilan pervasive atau pervasive display systems (PDS). Dirilis pada 27 Mei 2003, oleh pendirinya, pengembang Amerika Matt Mullenweg dan pengembang Inggris Mike Little, sebagai cabang dari b2 / cafelog. Perangkat lunak ini dirilis di bawah lisensi GPLv2 atau yang lebih baru.

Agar berfungsi, WordPress harus diinstal di server web, baik bagian dari layanan hosting Internet seperti WordPress(dot)com atau komputer yang menjalankan paket perangkat lunak WordPress(dot)org agar dapat berfungsi sebagai host jaringan dengan sendirinya. Komputer lokal dapat digunakan untuk tujuan pengujian dan pembelajaran pengguna tunggal.

 

Fungsi dan Kegunaan WordPress

Taksonomi WordPress : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya
 

Umumnya WordPress digunakan atau difungsikan untuk membuat dan mengembangkan blog maupun situs web. Dengan adanya CMS, WordPress mendukung backend situs web (antarmuka tempat pengguna masuk untuk membuat perubahan atau menambahkan konten baru) dan frontend (bagian yang terlihat dari situs web yang dilihat pengunjung Anda di web). Adapun fungsi dan kegunaan penerapan WordPress yang paling umum adalah untuk membuat :

 

  • Blog

    Blog adalah jenis situs web khusus yang ditujukan untuk berbagi pemikiran, foto, ulasan, tutorial, resep, dan banyak lagi. Blog biasanya menampilkan konten yang paling baru diterbitkan terlebih dahulu.

  • Situs web e-commerce

    Situs web e-commerce memungkinkan Anda menjual barang atau jasa secara online dan mengumpulkan pembayaran melalui sistem pembayaran online. Anda dapat mengunduh dan menginstal plugin e-commerce WordPress untuk memperluas fungsionalitas default WordPress sehingga Anda dapat memiliki toko online di situs web Anda.

  • Situs web bisnis

    Banyak bisnis akan mendapatkan keuntungan dari kehadiran online dalam bentuk situs web mereka sendiri. Jika bisnis Anda membutuhkan situs web bagi pelanggan untuk mempelajari tentang perusahaan Anda dan apa yang Anda tawarkan, WordPress adalah pilihan yang sangat baik. Pelanggan dapat menghubungi Anda, meminta penawaran, menjadwalkan janji temu, dan banyak lagi.

  • Situs web keanggotaan

    Situs web keanggotaan memungkinkan Anda meletakkan konten di balik paywall atau login akun. Untuk mengakses halaman atau posting, pengguna harus login atau membayar konten. WordPress juga dapat menangani situs web keanggotaan dengan plugin tambahan.

  • Situs web portofolio

    Pamerkan karya seni Anda, keterampilan desain, dan lainnya dengan situs web portofolio yang dibangun di WordPress dengan memilih tema- tema yang akan membuat portofolio Anda lebih menonjol.

  • Situs web forum

    Situs web forum dapat menjadi tempat yang berguna bagi pengguna untuk mengajukan pertanyaan atau berbagi saran. Percaya atau tidak, banyak situs forum yang menggunakan WordPress karena dukungan yang diberikan platform ini.

  • Situs web acara

    Apakah Anda sedang mengadakan acara baik online maupun offline? WordPress memudahkan Anda untuk membagikan detail acara dan menjual tiket secara online melalui sebuah situs web.

  • Situs web e-learning

    Siswa dapat mengambil kursus online, melacak kemajuan mereka, mengunduh sumber daya, dan banyak lagi dari situs web e-learning. Dengan jenis plugin khusus yang disebut plugin LMS WordPress, Anda dapat menawarkan kursus online dari situs WordPress.

 

Baca Juga  :    Tips Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress

 

2 Jenis WordPress

Sering kali, ketika orang mengatakan WordPress, yang mereka maksud adalah WordPress yang dihosting sendiri yang tersedia di WordPress(dot)org. Jika Anda ingin benar-benar memiliki situs web Anda, WordPress(dot)org yang di hosting sendiri hampir selalu merupakan pilihan terbaik. Jadi WordPress sendiri dapat diklasifikan menjadi 2 jenis yakni :

  • WordPress(dot)org

    Jenis ini sering disebut WordPress yang di hosting sendiri, adalah perangkat lunak WordPress sumber terbuka gratis yang dapat Anda pasang di host web Anda sendiri untuk membuat situs web yang 100% milik Anda sendiri.

  • WordPress(dot)com

    Sedangkan jenis ini adalah layanan berbayar nirlaba yang didukung oleh perangkat lunak WordPress(dot)org. Mudah digunakan, tetapi Anda kehilangan banyak fleksibilitas dari WordPress yang di hosting sendiri.

 

Baca Juga   :    Cara Membuat Blog dan Website Gratis dengan WordPress

 

Cara Membuat Akun dan Daftar WordPress

Untuk membuat akun dan mendaftar di WordPress sebenarnya cukup mudah serta sederhana. Ikuti langkah- langkah cepat berikut ini :

  • Kunjungi laman wordpress(dot)com
  • Buat nama domain Anda
  • Pilih layanan web hosting
  • Instal WordPress di akun hosting Anda
  • Masuk ke dashboard WordPress
  • Pilih tema WordPress dan mulai sesuaikan situs Anda
  • Tambahkan fitur dengan plugin WordPress
  • Membuat postingan dan halaman di WordPress

 

Baca Juga    :    Trend Website WordPress Terbaik dan Favorit di Tahun 2021

 

Manfaat Menggunakan Platform WordPress

Taksonomi WordPress : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya
 

Jika Anda bertanya-tanya mengapa WordPress adalah sistem pengelolaan konten situs web yang banyak digunakan, berikut beberapa manfaat WordPress sebagai platform situs web :

  • Karena kesederhanaannya WordPress memungkinkan Anda untuk menerbitkan dan membangun konten situs web Anda dengan cepat. Bahkan sebagai pemula, Anda bisa dengan mudah menggunakan WordPress.
  • Dengan biaya gratis, perangkat lunak WordPress yang sebenarnya tersedia di WordPress(dot)org gratis untuk diunduh dan digunakan. Namun, Anda harus membayar hosting web dan nama domain.
  • Mempunyai fleksibilitas, WordPress memungkinkan Anda membuat banyak jenis situs web dari blog pribadi dan toko online hingga majalah dan surat kabar online.
  • Mudah digunakan dan jika Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengolah kata seperti Microsoft Word, Anda dapat menggunakan WordPress untuk membangun dan mengelola situs web.
  • Sebagai perangkat lunak sumber terbuka, WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL), artinya tidak dimiliki oleh satu perusahaan atau entitas. Ratusan pengembang dan pengguna berkolaborasi dan berkontribusi pada perangkat lunak untuk membuatnya lebih baik. Ini berarti peningkatan terus-menerus, akuntabilitas, dan penggunaan gratis untuk semua orang.
  • WordPress menghilangkan kebutuhan untuk mengetahui cara membuat kode untuk membangun situs web. Meskipun WordPress menggunakan berbagai bahasa pengkodean, Anda tidak perlu mengetahuinya untuk menggunakan WordPress.
  • Perangkat lunak WordPress inti dapat diperpanjang dengan plugin WordPress. Plugin WordPress adalah perangkat lunak yang dapat Anda unggah ke situs web Anda untuk menambahkan lebih banyak fitur (seperti e-niaga, SEO, cadangan, formulir kontak, dan lainnya). Ada ribuan plugin WordPress gratis yang tersedia di direktori plugin WordPress.org dan industri plugin premium (berbayar) yang berkembang pesat.
  • Tema WordPress menyediakan desain dan tata letak situs web Anda. Dengan satu klik tombol, Anda dapat mengubah seluruh tampilan situs web Anda dengan menerapkan tema WordPress baru. Tema WordPress yang lebih canggih lebih seperti pembuat halaman WordPress, memberi Anda lebih banyak kendali atas tata letak Anda.

 

Baca Juga  :     Gutenberg WordPress : Pengertian, Fitur, Keunggulan dan Kelemahannya

 

Kesimpulan dan Penutup

WordPress adalah platform pembuatan situs web sumber terbuka gratis. Pada tingkat yang lebih teknis, WordPress adalah content management system (CMS) yang ditulis dalam PHP yang menggunakan database MySQL. Dalam bahasa yang lebih mudah dipahami, WordPress adalah pembuat blog dan situs web termudah dan paling kuat yang ada saat ini.

Perjalanan WordPress sebagai platform situs web yang luar biasa untuk berbagai situs web. Dari blogging hingga e-commerce hingga situs web bisnis dan portofolio, WordPress adalah CMS serbaguna. Didesain dengan kegunaan dan fleksibilitas dalam pikiran, WordPress adalah solusi hebat untuk situs web besar dan kecil hingga penggunaan pribadi sekalipun.

Related Post :