Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021

Business, Marketing / 0 | | 0

Apabila berbicara mengenai strategi pemasaran digital, Anda dapat menemukan berbagai cara dan teknik atau teknologi yang teknologi yang tersedia saat ini. Meskipun Anda mungkin akan mendengar banyak saran bahwa semua atau beberapa strategi pemasaran digital lebih baik daripada yang cara pemasaran lain, manakah yang paling penting? Atau apakah bisnis Anda memang memerlukan pemasaran model tertentu?

Untuk bersaing dalam lanskap digital tahun 202i yang terlalu kompetitif, Anda harus mengetahui cara dan triknya sendiri. Anda juga harus mengetahui dan memahami jenis pemasaran efektif untuk bisnis Anda. sudah berapa banyak detail pemasaran yang Anda kuasai dan terapkan sejauh ini? Memahami dan menerapkan detail pemasaran memang tidak mudah karena Anda harus mencoba banyak jalan agar dapat memasarkan produk Anda tepat target.

Terlebih lagi pemasaran saat ini mengalami banyak perubahan signifikan. Kini banyak bisnis dan perusahaan mengikuti trend zaman dan penggunaan internet serta digitalisasi. Ini tentunya akan mempengaruhi cara pendekatan marketing perusahaan dan bisnis kepada konsumen mereka. Simak teknik digital marketing terbaik untuk tahun 2021 berikut ini.

 

Memahami dan Mengenal Digital Marketing

Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021
 

 

Pemasaran atau digital marketing mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Dengan menggunakan saluran media online ini, pemasaran digital adalah metode yang digunakan perusahaan untuk mendukung barang, layanan, dan merek. Konsumen sangat bergantung pada sarana digital untuk meneliti produk.

Sementara pemasaran digital modern adalah sistem saluran yang sangat besar yang harus dilakukan oleh pemasar pada merek mereka, periklanan online jauh lebih kompleks daripada saluran pemasaran itu sendiri. Untuk mencapai potensi sebenarnya dari pemasaran digital, pemasar harus menggali lebih dalam dunia lintas saluran yang luas dan rumit saat ini untuk menemukan strategi yang memberikan dampak melalui pemasaran keterlibatan.

Keterlibatan pemasaran ini adalah metode pembentukan interaksi yang bermakna dengan calon pelanggan dan pelanggan kembali berdasarkan data yang Anda kumpulkan dari waktu ke waktu. Dengan melibatkan pelanggan dalam lanskap digital, Anda membangun kesadaran akan merek atau brand Anda, menetapkan diri Anda sebagai pemimpin industri, dan menempatkan bisnis Anda di garis depan saat pelanggan siap untuk membeli.

Dengan menerapkan strategi pemasaran digital omnichannel, pemasar dapat mengumpulkan wawasan berharga tentang perilaku audiens target sambil membuka pintu ke metode baru keterlibatan pelanggan. Selain itu, perusahaan dapat mengharapkan peningkatan retensi. Menurut laporan Invesp, perusahaan dengan strategi keterlibatan pelanggan omnichannel yang kuat mempertahankan rata-rata 89% pelanggan mereka dibandingkan dengan perusahaan dengan program omnichannel lemah yang memiliki tingkat retensi hanya 33%.

Untuk masa depan pemasaran digital, pelaku bisnis berharap dapat melihat peningkatan yang berkelanjutan dalam variasi perangkat wearable yang tersedia bagi konsumen. Forbes juga memperkirakan bahwa media sosial akan menjadi semakin komunikatif di ruang B2B, konten video akan disempurnakan untuk tujuan pengoptimalan mesin pencari (SEO), dan pemasaran email akan menjadi lebih personal bagi setiap calon pembeli.

 

Baca Juga :      Content Marketing : Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Cara Membuat Content Marketing

 

Teknik Digital Marketing Terbaik 2021

Teknik Digital Marketing Terbaik dan Ampuh di tahun 2021
 

Teknik pemasaran terutama digital marketing adalah hal yang baru di dekade ini sehingga selalu akan mengalami peningkatan dan penyempurnaan. Berikut beberapa trend dan teknik pemasaran digital tahun 2021 yang dapat membantu Anda dalam mengungguli pasar.

 

Optimalisasi SEO

Tidak ada yang lebih penting dalam pemasaran digital selain SEO, sesuatu yang mungkin masih membingungkan Anda dalam kompleksitasnya yang berkelanjutan. Meskipun memang algoritma Google masih bisa membingungkan, Anda dapat lebih memahami cara kerjanya saat Anda lebih banyak mengerjakan konsep dari SEO itu sendiri. Tidak ada salahnya memiliki divisi seorang ahli untuk mengelola SEO untuk Anda jika Anda ingin benar-benar sukses.

Meskipun Anda dapat mempelajari beberapa dasar, Anda pasti menginginkan seseorang yang sudah cukup lama bekerja di dalamnya untuk sepenuhnya membantu Anda mewujudkan strategi terbaik. Salah satu strategi terbaru melibatkan persyaratan HTTPS baru yang sudah mempengaruhi hasil SEO. Jika Anda terbiasa menggunakan halaman HTTP, Google sekarang menyarankan Anda untuk beralih ke format HTTPS. Alasan di balik ini adalah banyak formulir kontak yang menggunakan halaman HTTP dianggap tidak cukup aman.

 

Search Engine Marketing

Jika Anda baru mengenal pemasaran mesin telusur atau search engine, Anda biasanya akan melihatnya disingkat SEM. Ini adalah bentuk pemasaran Internet tempat Anda meningkatkan SERP melalui metode periklanan berbayar. Anda juga ingin seorang ahli membantu Anda dibidang ini, terutama yang bekerja dengan Google Ads dan iklan penelusuran / bergambar. Dalam kasus Google Ads, Anda sebaiknya mendidik diri Anda sendiri terlebih dahulu tentang cara kerja proses tersebut.

Karena Google menjadikan Google Ads-nya mudah digunakan melalui perhatian mereka pada penyesuaian. Mereka membiarkan Anda memilih apakah Anda ingin iklan bergambar grafis, iklan video YouTube, iklan penelusuran berbasis teks, atau iklan seluler dalam aplikasi. Semua ini akan bergantung pada gaya bisnis Anda dan target pelanggan yang perlu Anda jangkau. Google membuatnya lebih mudah di trace dengan kemampuan iklan yang dilokalkan, ditambah metrik yang unggul untuk melacak seberapa baik iklan Anda bekerja. Jangan lupa tentang peluang iklan berbayar lainnya, terutama Iklan Facebook. Yang terakhir memberi Anda banyak kesempatan untuk menyesuaikan ke berbagai format iklan.

Baca Juga :     Tips Sukses Menjalankan Affiliate Marketing untuk Pemula yang Menguntungkan

 

Content Marketing

Sebagai tali penghubung keseluruhan pemasaran digital, pemasaran konten adalah bagian besar untuk menarik audiens yang ditargetkan. Trik utama tentang pemasaran konten adalah Anda perlu membuat konten Anda berharga, relevan, dan konsisten agar sepadan dengan waktu mereka yang mengonsumsinya. Di masa sekarang, Anda perlu fokus pada pembuatan konten yang dapat mengatasi masalah dan tetap menarik. Menggunakan shortcut atau taktik SEO blackhat hanya untuk pindah ke bagian atas mesin telusur tidak akan berfungsi berkat filter atau penyaringan dari Google.

Jadi, selalu pertahankan konten yang baik karena konten adalah inti dari segala pemasaran. Agar pemasaran konten berfungsi dengan baik, Anda perlu fokus pada konten digital seluler, periklanan, pemasaran influencer, dan otomatisasi pemasaran. Pikirkan dengan serius tentang konten digital ini karena ponsel cerdas sudah menjadi 50% dari semua perangkat global. Ini akan mempengaruhi periklanan digital, dan bagaimana influencer mempromosikan merek Anda. Alat otomatisasi juga dapat membantu mengirim konten ke prospek di perangkat seluler mereka pada waktu yang tepat.

 

Email Marketing

Apakah Anda telah melakukan beberapa pemasaran email, tetapi seberapa efektifkah itu dalam mencapai target yang Anda maksudkan pada waktu yang tepat? Email marketing sudah menjadi alat yang hebat untuk menghasilkan lebih banyak prospek daripada mungkin melalui metode pemasaran lainnya. Anda juga dapat meningkatkan penjualan dan tingkat konversi Anda. Jika Anda sudah mengalami pengeluaran berlebihan untuk pemasaran digital lainnya, pemasaran email adalah salah satu metode paling terjangkau yang ada.

Bahkan Anda bisa menggunakannya teknik ini secara gratis kecuali menggunakan layanan outsourcing. Anda dapat menggabungkannya dengan media lain yang juga salah satu metode pemasaran yang paling terintegrasi. Selain itu Anda dapat menambahkan ikon berbagi sosial, ditambah sistem hadiah rujukan. Pemasaran email pada akhirnya membantu Anda mempersingkat siklus penjualan Anda saat menggunakan konten yang menarik.

 

Baca Juga :    Social Media Marketing : Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Melakukannya

 

Landing Pages

Jika Anda sudah membuat halaman landing pages sebagai bagian dari kampanye pemasaran digital, apakah Anda yakin prospek yang pernah berkunjung sebelumnya akan kembali? Ini adalah pertanyaan yang harus menjadi inti utama dari upaya pemasaran digital Anda. Semua pakar pemasaran menegaskan kembali bagaimana lalu lintas landing pages adalah inti dari pemasaran masuk yang sukses. Masalahnya adalah landing pages Anda mungkin tidak terlalu menarik saat ini. Masalah ini bisa saja bermuara pada desain web, termasuk tempat Anda menempatkan Call To Action (CTA).

Anda sebaiknya berinvestasi dalam iklan PPC (bayar per klik. Pay per click) untuk menempatkan iklan untuk situs Anda di saluran digital terkait. Pilihan lain termasuk membeli sponsor dengan perusahaan lain, atau hanya pemasaran email sederhana. Menempatkan tautan yang membawa pembaca ke halaman arahan Anda untuk konten lebih lanjut adalah strategi umum. Untuk CTA, pastikan untuk menyertakannya di beranda Anda untuk menghindari komplikasi. Bahkan CTA di akhir blog Anda memberikan string penghubung ke konten Anda untuk menarik kunjungan lain.

 

Kesimpulan dan Penutup

Ada begitu banyak strategi pemasaran digital, dan terkadang bisa membuat kewalahan Anda ketika Anda mencoba memutuskan mana yang akan diprioritaskan. Pemasar yang mencari strategi pemasaran digital terbaik perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang bisnis, produk, dan demografi mereka sebelum memilih strategi pemasaran digital yang akan efektif untuk kebutuhan mereka.

Namun begitu, ada beberapa teknik dasar yang bisa Anda coba untuk memasarkan produk Anda secara digital. Anda juga dapat melakukannya sendiri dengan mengedukasi diri Anda tentang apa saja yang menjadi dasar pemasaran digital atau dapat menyewa ahli yang bisa membantu Anda. Mengingat digital marketing saat ini sangat penting dan berpengaruh, maka dari itu pastikan Anda berhasil memasarkan produk Anda dengan teknik digital marketing terbaik 2021.

Related Post :

popup image