Teknologi CRM (Customer Relationship Management) dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Para pebisnis tentu menginginkan usaha yang ditekuni terus mengalami perkembangan dan pertumbuhan, karenanya mereka berlomba-lomba untuk memasarkan produk yang kreatif, inovatif dan dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Selain produk, pebisnis juga mengusahakan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya, karena pelayanan sangat berpengaruh terhadap keputusan pelanggan untuk membeli.

Dilansir oleh emarsys(dot)com, pembeli loyal cenderung lebih sering mengeluarkan uang untuk membeli produk, dibandingkan dengan pembeli baru. Selain itu, lebih besar usaha dan biaya yang diperlukan untuk mendapatkan pembeli baru dibandingkan mempertahankan pembeli lama. Ini artinya Anda perlu mencari strategi yang tepat agar pembeli tetap memilih bisnis yang Anda jalankan. Pembeli yang loyal juga mencegah churn rate perusahaan terus naik

Karenanya, perusahaan berlomba-lomba untuk mempertahankan loyalitas pembelinya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan seperti memberi promo khusus, layanan prioritas dan sebagainya. Selain itu, ada teknologi yang dapat digunakan untuk membantu perkembangan bisnis, salah satunya CRM. Apa itu CRM? Dan bagaimana CRM dapat berdampak bagi bisnis? Mari simak artikel  di bawah ini hingga selesai jika Anda memerlukan teknologi untuk membantu bisnis Anda.

 

Mengenal Apa Itu CRM dan Kegunaannya

Teknologi CRM (Customer Relationship Management) dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis
 

 

CRM adalah akronim dari Customer Relationship Management. Secara garis besar, CRM adalah strategi yang digunakan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan sekaligus mendatangkan pembeli baru, namun CRM juga merujuk kepada tools (alat) atau teknologi untuk mendukung perkembangan suatu bisnis. Contohnya adalah beberapa perangkat lunak seperti qontak(dot)com dan salesforce.

Penciptaan CRM adalah untuk menawarkan banyak kemudahan bagi bisnis Anda. Salah satunya adalah Anda dapat mengolah data riwayat pembelian pelanggan, atau menyimpan banyak data dalam satu tempat yang dapat diakses oleh anggota tim lain sehingga tidak perlu membuang waktu dalam mencari data. Anda juga memiliki akses ke data pribadi pembeli, dan dengan data tersebut Anda dapat menganalisis tren yang saat ini sedang trend di sosial media dan memanfaatkan momentum tersebut bagi usaha Anda.

Selain itu, CRM juga menawarkan automasi bagi pekerjaan penting yang berulang, sehingga karyawan dapat fokus pada inovasi atau tugas penting lainnya. CRM memiliki berbagai fitur dan dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan yang diperlukan. Misalnya, Anda bisa memodifikasi dashboard, membuat workflows yang sesuai dengan bisnis Anda, dan masih banyak lagi. Lalu apa saja fitur yang diberikan oleh CRM? Simak informasinya di bawah ini.

 

Baca Juga  :      Mengenal Apa Itu Odoo, Software Open Source untuk ERP and CRM

 

Fitur – Fitur CRM (Customer Relationship Management) Terbaik Untuk Bisnis

CRM menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda. Berikut fitur CRM yang banyak dan umum digunakan oleh pebisnis dalam mempermudah pekerjaan mereka.

  • Manajemen Kontak

    Manajemen kontak menjadi salah satu fitur CRM terpopuler dilansir oleh Software Advice. Biasanya, manajemen kontak berisi nama, nomor telepon, alamat, dan data-data pembeli lainnya. Namun, seiring berkembangnya teknologi, manajemen kontak tidak lagi menjadi buku catatan elektronik, tetapi memungkinkan Anda untuk mengukur seberapa berpengaruhnya kampanye atau promosi yang Anda tawarkan.
    Ini bisa dilakukan karena manajemen kontak memberikan akses untuk melacak setiap interaksi yang Anda lakukan dengan sebuah kontak. Selain itu, data yang berada pada manajemen kontak juga langsung tersedia bagi orang lain. Misalnya, manajer dapat segera mengetahui dan memonitor efektivitas penjualan dari salah satu divisi.

  • Otomatisasi Pekerjaan

    Anda dapat mengotomatisasi berbagai pekerjaan dengan CRM. Misalnya, ada sebuah tugas yang perlu dilakukan secara berulang dan penting, seperti membuat email pemasaran, menyusun profil pembeli, maupun tugas-tugas lainnya dapat diatasi dengan menggunakan CRM. Tugas berulang yang ditangani dengan CRM tentu memangkas waktu anggota tim sehingga mereka dapat melanjutkan pekerjaan selanjutnya, terutama pekerjaan yang tidak dapat diotomatisasi dan memerlukan waktu lama.

  • Lead Management

    Fitur lain yang sangat menarik adalah lead management, dengan fitur ini, Anda dapat menentukan pelanggan terbaik yang kemudian dapat dinilai kembali berdasarkan faktor psikologis dan demografis. Lead management membantu para sales untuk fokus kepada pembeli/prospek terbaik, dan meningkatkan produktivitas serta efisiensi.

  • Document Management

    Anda dapat menaruh dokumen-dokumen penting pada satu tempat yang tersentralisasi, sehingga mudah untuk mencarinya jika diperlukan. Data tersebut juga bias diakses oleh anggota tim lain sehingga ketika dicari, tidak perlu memakan waktu yang banyak dan sangat efisien.

  • Sales Force Automation

    Fitur sales force automation dapat digunakan jika Anda ingin mengotomatisasi aspek-aspek tertentu dalam bisnis. Salah satu contohnya adalah mengorganisasikan data agar dapat digunakan dengan mudah untuk kampanye yang lebih efektif kedepannya. Salah satu keuntungan lain dari menggunakan fitur ini adalah pekerjaan berulang yang dilakukan oleh sales atau tim marketing dapat dikerjakan dengan CRM sehingga anggota tim dapat memfokuskan diri untuk menciptakan kampanye/pemasaran yang lebih baik.

 

Baca Juga :   Mengenal Jenis Churn Rate dan Cara Menghitungnya

 

Manfaat Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis

Teknologi CRM (Customer Relationship Management) dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis
 

Mengingat CRM diciptakan untuk membantu para pebisnis maka terdapat beragam manfaat dari penggunaan CRM bagi bisnis. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Mendapatkan data yang terpercaya

    CRM dapat digunakan untuk menyusun, membuat tabulasi, dan mengatur data sehingga Anda mendapatkan data bersih yang bebas dari kesalahan. Hal ini akan membawa Anda pada keuntungan lain, misalnya dengan data yang terpercaya Anda bisa melihat bagaimana interaksi perusahaan dengan prospek/pembeli sehingga Anda memiliki kesempatan untuk menjalankan ads/campaign yang sukses berdasarkan hasil analisis.

  • Mengenal pembeli lebih terperinci

    Menganalisis data-data dari pembeli Anda sangat membantu untuk menentukan promosi atau barang apa yang dapat Anda tawarkan, selain itu CRM memberikan kesempatan untuk mengenal lebih dalam tentang pembeli Anda. Keluhan-keluhan pembeli dapat langsung diketahui dan ditanggapi seefisien mungkin sehingga timbul rasa puas dengan pelayanan yang Anda tawarkan. Ini dapat membangun brand loyalty pada bisnis Anda.

  • Meningkatkan penjualan

    Pembeli yang merasa puas dengan pelayanan memiliki kemungkinan besar untuk menjadi loyal dan membeli kembali produk Anda. Selain itu, akan lebih sulit dan mahal untuk mendapatkan pelanggan baru, begitu pula usaha yang diupayakan tidak remeh. Menjaga pembeli loyal memberi keuntungan untuk pertumbuhan bisnis Anda.

  • Efisiensi proses kerja

    Pekerjaan yang memakan waktu banyak dapat dikerjakan menggunakan CRM sehingga waktu penyelesaiannya lebih cepat dan efisien. Selain itu, CRM juga dapat digunakan untuk mengerjakan seluruh tugas anggota tim yang repetitif dan lama sehingga anggota tim dapat memulai pekerjaan lain dan mempercepat proses kerja.

 

Baca Juga  :    Cara Instal Odoo (One Click Deploy) di Cloud VPS IDCloudHost

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat ini, banyak bisnis yang mulai bergerak untuk mengotomatisasi hal-hal yang berulang agar memangkas waktu dan mengalokasikannya untuk pekerjaan yang lebih bermanfaat. Seiring dengan perkembangan teknologi, pebisnis bias melakukan inovasi dalam berbagai aspek. Tidak hanyak menghemat lebih banyak waktu, tetapi teknologi bisnis modern juga membantu banyak hal termasuk riset dan pendataan dasar.

Salah satu contoh dari perkembangan teknologi adalah CRM yakni Customer Relationship Management yang dapat memberikan berbagai macam kemudahaan mulai dari manajemen kontak hingga layanan customer service. CRM bermanfaat untuk meningkatkan penjualan, memperdalam hubungan dengan pembeli dan menaikkan keuntungan. Hubungan baik antara perusahaan dan pembeli akan sangat menguntungkan kedua belah pihak. Pembeli yang loyal datang dari pelayanan yang baik, dan CRM sangat membantu agar Anda bisa memberikan pelayanan tersebut kepada pembeli.

Related Post :