Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS Terbaik 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat, tak heran jika saat ini banyak sekali para pengguna internet. Dengan perkembangan teknologi saat ini semuanya dibantu dengan komputer, semua ini tidak mungkin terjadi tanpa komputer dan bahasa pemrograman yang menjalankannya. Banyak dari para pengguna internet terutama programmer yang pastinya tidak asing dengan kata coding. Tetapi, mungkin banyak juga dari para pengguna internet ingin mengetahui dan mempelajari bagaimana coding itu.

Coding merupakan suatu hal yang mengacu pada pembuatan kode pemrograman komputer yang berarti Anda memasukkan perintah di komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer, sehingga komputer dapat menjalankan perintah tersebut, dan melakukan tugas dari perintah yang sudah diberikan. Jadi dalam coding, Anda memberi instruksi dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang dimengerti komputer, karena komputer tidak bisa berkomunikasi seperti manusia, dalam artian komputer hanya mengerti bahasa komputer saja. Komputer berkomunikasi dalam bahasa yang disebut BINARY dan menggunakan 0 dan 1.

Oleh karena itu, dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini coding menjalankan sebuah masa depan yang sedang Anda jalani saat ini. Pasti banyak juga yang telah mengetahui bahwa coding ini terkait dengan pemrosesan dan membangun informasi yang menjalankan komputer dan gadget bantuan kecerdasan buatan secara umum. mari lihat manfaat menguasai coding dan rekomendasi tempat untuk mempelajarinya.

 

Manfaat Belajar Coding

Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS Terbaik 2021
 

Coding digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer. Banyak sekali yang menggunakan coding untuk memberikan perintah kepada komputer, dan banyak juga yang menggunakannya untuk memprogram situs web, aplikasi, dan teknologi lain yang berinteraksi dengan Anda setiap hari. Saat ini coding juga merupakan hobi bagi beberapa orang yang sangat menyukainya, terutama para programmer yang telah menjadi hobi pun berkembang menjadi keterampilan karir. Tak heran jika sekarang banyak sekali yang ingin belajar bagaimana cara menggunakan coding. Belajar coding juga memiliki manfaat yang mungkin manfaat ini belum Anda ketahui, berikut adalah manfaat dari belajar coding :

  • Menjadi ahli Coding memiliki potensi penghasilan yang besar.
  • Mendorong rasa ingin tahu.
  • Merupakan profesi yang kuat untuk suatu pekerjaan.
  • Memperluas kreativitas Anda.
  • Coding memberikan perspektif baru untuk pemecahan masalah.
  • Dengan belajar Coding dapat membuka lebih banyak kesempatan kerja untuk Anda.
  • Membantu mengembangkan keterampilan Anda dalam memecahkan masalah.

 

Seperti yang sudah disebutkan tadi apa saja manfaat dari belajar coding, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari belajar coding yang akan menguntungkan Anda. Walaupun Anda belajar coding hanya untuk bersenang – senang saja atau sebagai pengembang professional, Anda pasti akan mengerti dan menikmati manfaat terbaik dari belajar coding saat Anda membangun dasar keterampilan Anda. Tapi apakah Anda tahu dimana tempat Anda untuk belajar Coding? Untuk mengetahuinya mari simak rekomendasinya berikut ini.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Memulai Belajar Pemrograman Bagi Pemula

 

Rekomendasi Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS 2021

Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS Terbaik 2021
 

Hampir setiap aspek kehidupan modern saat ini bergantung pada coding mengingat semua sistem analog pun saat ini disederhanakan menggunakan sistem komputerisasi. Banyak hal disekitar Anda yang dijalankan menggunakan bahasa komputer yang contoh sederhananya seperti aplikasi di ponsel, tablet atau komputer telah menggunakan bahasa komputer untuk dijalankan. Begitu juga dengan sistem digital lain seperti smart TV dan kalkulator juga menggunakan bahasa komputer dan masih banyak lagi hal lainnya yang menggunakan komputer.

Setelah Anda mengetahui apa itu coding dan apa saja manfaat dari belajar pasti Anda ingin sekali mengetahui dimana Anda bisa belajar coding. Saat ini Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk belajar coding, Anda bisa belajar coding dengan gratis. Anda bisa belajar coding di situs web yang tersedia dan juga aplikasi karena banyak sekali aplikasi belajar coding gratis yang telah tersedia. Berikut adalah rekomendasi tempat dan aplikasi belajar coding online gratis yang bisa Anda kunjungi.

 

Grasshopper

Grasshopper adalah aplikasi yang bagus untuk pemula, karena Grasshopper mengajarkan JavaScript modern kepada pemula. Grasshopper adalah aplikasi pengajaran JavaScript yang dirancang oleh tim dari Code with Google. Tentu saja aplikasi ini sepenuhnya gratis dan memang dirancang untuk para pemula dan Grasshopper tersedia untuk sistem operasi Android dan Apple. Disini mereka mengajarkan dasar – dasar pemrograman seperti fungsi, variabel, dan metode. Grasshopper juga akan memberikan penghargaan kepada para peserta dengan penghargaan dan sertifikat untuk menyelesaikan setiap kursusnya. Grasshopper adalah aplikasi yang sangat mudah sekali untuk diakses dan mudah digunakan untuk membantu Anda belajar coding.

 

SoloLearn

SoloLearn adalah sebuah platform Coding dengan serangkaian kursus untuk berbagai bahasa pemrograman. Lebih dari 5 juta pelajar yang aktif menggunakan platform SoloLearn untuk belajar Coding yang membuatnya merupakan pilihan yang sangat baik untuk pemula yang ingin belajar Coding. Aplikasi SoloLearn juga menyediakan lebih dari seribu pelajaran dalam spektrum luas pendidikan industri. Disamping juga menawarkan tutorial dasar dan ringkasan untuk para pemula yang ingin belajar coding, termasuk juga seperti pelajaran dan kuis. SoloLearn memungkinkan Anda untuk memanfaatkan semangat kompetitif Anda dan membagikan hasil Anda dengan pengguna lain di platform. Selain itu terdapat kursus yang ditawarkan dari aplikasi SoloLearn yaitu seperti SQL, Javascript, Swift, HTML, C++, Phyton, CSS, PHP, dan JQuery.

Menariknya, SoloLearn juga tersedia di berbagai sistem operasi seperti Android dan iOS. Tidak hanya pada dua perangkat itu saja Anda juga dapat memanfaatkan fitur pembelajaran dari Sololearn di situs web mereka. SoloLearn juga merupakan platform yang sepenuhnya gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda ingin meningkatkan fitur pembelajaran Anda, Anda akan memerlukan Versi Pro yang lebih lengkap lagi.

 

Enki

Enki adalah aplikasi dimana Anda dapat mempelajari Coding, Anda dapat mempelajari semuanya mulai dari Python dan JavaScript hingga Spreadsheet dan Airtable. Seperti aplikasi SoloLearn,  aplikasi Enki dibangun oleh para tim pengembang yang keren dari seluruh dunia. Selain juga aplikasi yang cocok untuk para pemula yang ingin belajar Coding, aplikasi Enki menawarkan berbagai kursus coding. Berbagai kursus Coding yang ditawarkan oleh Enki yaitu seperti Blockchain, Java, Git, JavaScript, Phyton, Linux, SQL, dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi Enki tersedia untuk sistem operasi seperti Android dan Apple yang tentunya aplikasi Enki adalah aplikasi gratis untuk Anda yang ingin belajar di aplikasi Enki.

 

Baca Juga   :    Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

 

Programming Hub

Selajutnya, aplikasi yang juga mumpuni adalah Programming Hub juga merupakan platform untuk Anda yang ingin belajar coding. Programming Hub adalah aplikasi coding yang apik dan menarik perhatian untuk mempelajari coding. dengan cepat dan platform Programming Hub dalam setiap kursusnya menyajikan pelajarannya dalam semacam format cerita dan menampilkan kuis pemahaman untuk Anda. Programming Hub memenangkan penghargaan aplikasi “Best of The Best” Google Play pada tahun 2017 dan juga terpilih sebagai aplikasi “Editors Choice”.yang telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia yang didukung oleh Google Experts, maka dari itu Programming Hub merupakan rekomendasi yang baik untuk Anda yang ingin belajar Coding.

Selain itu terdapat kursus yang ditawarkan oleh aplikasi Programming Hub, yaitu seperti C#, VB.NET, Swift, CSS, PHP, Java, SQL, JavaScript, Phyton, HTML, R dan masih banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari. Aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran khusus lebih lanjut, seperti pembelajaran mesin, pengembangan Android, react native, pengembangan iOS dan masih banyak lagi. Programming Hub tersedia di sistem aplikasi seperti Android dan Apple dan aplikasi ini sepenuhnya gratis, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk belajar di aplikasi Programming Hub ini.

 

Encode

Encode adalah aplikasi yang juga bagus untuk para pemula yang ingin belajar tentang Coding. Selain Grasshopper, Encode adalah aplikasi Coding Android yang berbasis JavaScript, dan sangat direkomendasikan untuk para pemula. Aplikasi Encode ini sangat mudah untuk digunakan dan aplikasi ini memberikan tips dan juga tutorial yang menyeluruh untuk membantu Anda.

Encode adalah aplikasi khusus untuk Javascript, Phyton, dan Web (HTML & CSS) dan semuanya ditata dengan sangat elegan dalam aplikasi ini. Desain aplikasi ini juga sangat menarik, karena menyediakan dua tema seperti siang dan malam. Aplikasi ini tersedia untuk sistem operasi seperti android dan Apple. Tidak perlu diragukan lagi aplikasi Encode adalah aplikasi gratis untuk Anda yang ingin belajar Coding dengan gratis.

 

Baca Juga  :     Algoritma Pemrograman : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Telah terbukti bahwa belajar coding dapat membantu Anda melakukan lebih baik dalam mata pelajaran lain yang sedang Anda pelajari atau pelajari. Dalam pemrograman, Anda mempelajari cara memecah masalah menjadi langkah-langkah individual dan menggunakan bahasa yang dipahami komputer untuk membuat program kerja secara logis. Dengan melakukan itu, Anda mengembangkan pola pikir tertentu untuk mendekati masalah dan memproses sejumlah besar informasi yang diperlukan untuk menaklukkan topik baru apa pun.

Dengan kata lain, Anda belajar untuk melihat masalah dari gambaran yang lebih besar dan beradaptasi untuk bekerja melalui frustrasi memukul dinding bata untuk memecahkan masalah. Dikatakan bahwa penting untuk belajar bagaimana berpikir terlebih dahulu, sebelum benar-benar mempelajari apa. Belajar coding lebih dari sekadar belajar bahasa komputer , mengusaai coding juga tentang menciptakan pola pikir yang efektif dan produktif menuju pemecahan masalah yang secara positif akan memengaruhi setiap upaya intelektual baru yang Anda lakukan.

 

 

 

Related Post :