Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman di Windows dan MacOS

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Editor teks atau text editor mungkin tidak terlalu diketahui oleh orang yang tidak bergerak di bidang IT. Tidak jarang pula text editor dianggap sebagai tempat menulis biasa tetapi sebenarnya ini adalah tulang belakang dari banyak pembuatan coding. Dengan bantuan text editor, maka sebuah situs web dapat disusun dan digunakan juga sebagai file konfigurasi, file dokumentasi serta kode sumber bahasa pemrograman.

Secara sederhana, text editor merupakan program yang menawarkan berbagai fitur untuk membuat menulis kode lebih mudah dan lebih cepat. Program pengolah kata seperti Microsoft Word dan Google Documents dirancang untuk membantu Anda mengelola dan memformat presentasi teks. Untuk mengubah tata letak teks, warna, ukuran, font, dan sebagainya, dengan cara yang sama, editor teks menyediakan alat untuk mempermudah pengelolaan dan format kode.

Selain juga dapat secara otomatis menyelesaikan tag HTML jadi Anda tidak perlu mengetik semuanya, text editor dapat menyorot tanda kurung dan kurung kurawal agar lebih mudah untuk membedakannya di mana fungsi Anda berakhir dan di mana mereka mulai. Di samping juga dapat membantu Anda mengidentifikasi kesalahan, seperti tanda kurung yang hilang, text editor memungkinkan Anda memvisualisasikan struktur file proyek Anda dengan mendaftar folder Anda dan file.

 

Mengenal Fitur- Fitur Umum dari Text Editor

Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman di Windows dan MacOS
 

Bagi banyak pengembang, editor teks terpercaya dan dapat diandalkan adalah salah satu kriteria yang mereka cari karena editor ini akan membantu mereka dalam merancang aplikasi dan web yang paling kompleks sekalipun. Baik Anda membuat situs dari awal, mengedit file CSS, atau bermain-main dengan file konfigurasi di server, sebuah editor teks yang bagus dan solid akan mempermudah pekerjaan itu. Berikut beberapa fitur- fitur umum yang biasanya ditemukan di text editor.

  • Operasi file

    Semua editor teks memiliki sarana untuk menyimpan file ke disk dan membuka file yang ada. Biasanya ada menu di sepanjang bagian atas atau bawah jendela, yang mana untuk mengklik mouse pada item File agar membuka menu tarik-turun dengan opsi Save/Simpan dan Open/Buka. Editor yang lebih canggih dapat menampilkan daftar direktori dan membiarkan Anda memilih nama file dengan mouse.

  • Cut and paste

    Semua editor memungkinkan Anda memilih atau memotong teks dan menyalin atau memindahkannya ke tempat lain. Jika Anda memiliki dukungan mouse, Anda biasanya memilih teks dengan menyorotnya dengan cara menahan tombol kiri mouse dan seret mouse melintasi teks. Biasanya teks yang disorot secara otomatis diletakkan di clipboard atau tempel di tempat lain dengan mengklik tombol tengah mouse.

  • Buffer and windows

    Sebagian besar editor mendukung banyak buffer yakni lokasi penyimpanan sementara untuk potongan teks. Editor yang baik juga memungkinkan Anda untuk membuka banyak jendela di layar yang akan berguna untuk bekerja dengan dua file berbeda atau dua bagian dari file yang sama.

  • Search and replace

    Editor apa pun memungkinkan Anda mencari string karakter tertentu yang layak memungkinkan Anda mengganti string baik secara lokal maupun global dan dengan atau tanpa konfirmasi.

  • Kustomisasi

    Anda dapat mengubah tampilan dan pengoperasian banyak editor yang bisa dilakukan dari entri menu Preferences atau Options. Beberapa editor akan menyimpan file titik di direktori home Anda yang mencatat preferensi Anda.

  • Gerakan kursor

    Biasanya Anda dapat menggerakkan kursor di sekitar layar dengan tombol panah terkadang juga dengan tombol Page up dan Page down. Anda juga dapat memposisikan kursor dengan mouse atau Anda mungkin atau mungkin tidak perlu mengklik mouse untuk memposisikan ulang kursor. Editor dengan dukungan mouse biasanya memiliki bilah gulir juga dan sebagian besar editor juga memiliki fitur pintasan keyboard untuk gerakan kursor.

 

Baca Juga :    Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula

 

Text Editor Terbaik untuk Windows dan MacOS

Text Editor Terbaik untuk Coding dan Pemrograman di Windows dan MacOS
 

Berikut kumpulan editor teks favorit dan populer yang digunakan oleh banyak pengembang. Banyak juga text editor yang tergolong sebagai IDE (Integrated Development Environment) dimana penggunanya dapat melakukan lebih banyak hal daripada sekedar menulis kode saja. Jika Anda sedang mencari text editor terbaik untuk Windows atau MacOS, simak rekomendasinya dibawah ini serta lakukan uji coba untuk menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Notepad ++

Mungkin Notepad adalah salah satu editor text yang terpopuler dan juga paling canggih di pasaran karena hadir dalam paket ringkas tanpa biaya dan komponen pengeditan yang kuat. Editor ini dapat digunakan secara gratis dengan adanya lisensi publik umum yang mana semua pengambang dan pembuat konten dapat memanfaatkan editor teks segera setelah pengunduhan cepat. Notepad ++ umumnya digunakan di perangkat Microsoft Windows yang menggunakan daya komputasi yang lebih sedikit daripada editor teks rata-rata. Adapan fitur yang disediakan oleh editor ini adalah :

  • Sepenuhnya gratis untuk digunakan semua orang.
  • Notepad++ menyediakan daftar plugin untuk meningkatkan fungsionalitas editor teks atau berintegrasi dengan program lain.
  • Sudah diterjemahkan ke dalam lusinan bahasa, dan menyediakan dokumentasi yang diperlukan untuk menerjemahkan ke lebih banyak bahasa.
  • Alat kustomisasi mudah dimengerti dan cukup kuat untuk pengembang paling canggih.
  • Menawarkan antarmuka multi-dokumen untuk beralih antar tab dan mengelola beberapa proyek sekaligus.
  • Pengaturan pelengkapan otomatis memastikan bahwa Anda dapat menyelesaikan fungsi, parameter, dan kata-kata tanpa harus mengetiknya berulang-ulang lagi.

 

Sublime

Meski hanya menawarkan versi gratis untuk pengujian, Sublime adalah text editor yang ringan dengan hanya menggunakan daya rendah namun menawarkan beberapa fitur canggih layaknya editor populer berkelas. Adapun fitur yang disediakan oleh editor ini adalah :

  • Memungkinkan penggunanya untuk menguji editor teks sebelum melakukan investasi.
  • Editor teks bisa digunakan di berbagai platform seperti Mac, Windows, dan Linux selain juga lintas platform, jadi satu lisensi akan berfungsi di semua perangkat Anda sehingga tidak perlu membeli lagi.
  • Menyediakan pengeditan terpisah untuk mengelola dan mengedit file di samping satu sama lain. Anda juga dapat membuka banyak jendela dan menempatkannya di monitor yang berbeda.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Vim

Selanjutnya editor yang bisa digunakan oleh banyak OS adalah VIm yang dibuat 1991 silam yang saat itu dianggap sebagai salah satu text editor yang paling menonjol. Sebagai text editor tertua yang masih umum digunakan, Vim memungkinkan pengembang untuk dapat menghasilkan pembaruan dan skrip dengan serangkaian perintah. Dirancang untuk digunakan baik dari antarmuka baris perintah/command-line interface (CLI) dan sebagai aplikasi mandiri dalam antarmuka pengguna grafis/graphical user interface (GUI). Adapun fitur yang disediakan oleh editor ini adalah :

  • Disediakan gratis dan merupakan solusi open source yang menerima pembaruan secara teratur.
  • Menyediakan sistem yang ramah bagi orang-orang yang senang menggunakan plugin untuk memperluas editor teks mereka.
  • Tidak masalah bahasa pemrograman apa yang Anda gunakan, karena Vim mampu mendukung ratusan bahasa, bersama dengan beberapa jenis format file yang berbeda.
  • Salah satu editor teks tertua di pasar yang memiliki beberapa fitur paling kuat dan pengikut yang kuat.
  • Dengan sifat open source Vim, dan komunitas yang dinamis, Anda dapat memilih fitur baru dan benar-benar memberi dampak pada pengembangan editor teks di masa depan.
  • Vim dapat diintegrasikan dengan beberapa alat yang sudah Anda gunakan untuk kebutuhan bisnis atau desain Anda.

 

Komodo Edit

Ide di balik Komodo Edit adalah untuk menawarkan sesuatu yang kuat, namun dengan tingkat kesederhanaan tertentu, sehingga bahkan pemula pun harus dapat memahaminya. Pengguna Mac atau Windows dapat mengunduh editor yang sepenuhnya gratis dan bersifat open source jika mereka ingin menyelesaikan proyek skala kecil saja. Sedangkan jika Anda ingin mengerjakan proyek yang lebih besar dan kompleks, maka Anda bisa menggunakan Komodo IDE yang jauh lebih lengkap juga canggih. Adapun fitur yang disediakan oleh editor ini adalah :

  • Menawarkan dua versi terpisah, satu yang bagus untuk pengguna ringan dan satu lagi untuk pengguna mahir.
  • Baik Komodo Edit dan Komodo IDE dapat diunduh secara gratis.
  • Versi Komodo IDE memiliki alat kolaborasi kode waktu nyata untuk terhubung dengan pengembang lain di tim Anda dan berbagi serta mengedit file bersama-sama.
  • Pratinjau langsung di Komodo IDE memastikan bahwa Anda dapat membuat visual HTML sambil menyesuaikan kode Anda.
  • Versi Komodo Edit memiliki kemampuan untuk melacak perubahan dan membuat banyak pilihan.

 

Baca Juga :   Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Beberapa editor teks sangat baik untuk pengembang berpengalaman, sementara yang lain lebih untuk pemula atau penulis. Anda juga akan menemukan beberapa editor hebat untuk kolaborasi, berbagi kode waktu nyata, dan banyak lagi. Maka jika Anda ingin menemukan fitur atau spesifikasi dari sebuah text editor tertentu, Anda harus lebih dulu memeriksa dan memastikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebagai contoh, Notepad dan Vim adalah pilihan yang bisa Anda manfaatkan jika Anda mencari editor yang sepenuhnya gratis namun sangat berfungsi dengan baik. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan editor di semua sistem operasi, mungkin Anda harus mempertimbangkan beberapa editor yang mampu melakukan itu semua. Terlebih lagi jika Anda bersedia membayar, ada banyak text editor bagus dan canggih yang bisa Anda pilih dengan leluasa.

 

Related Post :