TikTok Saingi Spotify Dengan Meluncurkan Aplikasi Streaming Musik Online Resso

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Setelah diuji coba selama tiga bulan, akhirnya Bytedance selaku pemilik TikTok secara resmi merilis aplikasi streaming musik mereka yaitu Resso yang digadang- gadang akan menyaingi  Spotify. Aplikasi streaming musik online ini dirilis di dua negara yakni Indonesia dan India. Mempunyai ide yang sedikir berbeda dari Spotify, aplikasi Resso ini juga adalah sejenis media sosial yang dimana para penggunanya bisa saling berinteraksi dan memberikan komentar pada lagu- lagu dalam playlist mereka.

Memadukan fungsi media sosial dengan musik,  fitur utama Resso meliputi berbagi poster lirik yang dapat disesuaikan, lirik lagu yang akan otomatis bergulir mengikuti lagu, fitur share yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lirik dan lagu, serta membuat visual animasi untuk latar belakang lagu dan berinteraksi dengan pengguna lain. Bytedance sendiri telah mendapatkan lisensi dari perusahaan Universal Music Group selaku pemegang hak cipta terbesar, namun sepertinya kerja sama ini sepertinya tidak berlanjut karena adanya kerjasama lain dengan Sony Music dan Warner Music.

Baca Juga : Facebook Akan Membayar Pengguna Yang Menggunakan Fitur Barunya

Resso sendiri pertama kali diuji di India dan Indonesia pada awal Mei tahun lalu, dengan adanya perubahan penambahan katalog musik yang lebih besar pada bulan Desember. Di India sendiri aplikasi ini telah diunduh sebanyak 500.000 unduhan di Play Store dan  80.000 di App Store. Untuk mewadahi semua penggunanya, Resso membuka kantor mareka di Mumbai, Los Angeles, Singapura dan Indonesia.

 

 

Aplikasi ini menargetkan pengguna yang berada pada lingkup umur Gen Z yang memang selalu menggemari kemajuan yang ditawarkan teknologi. Biaya untuk berlangganan Resso sendiri di banderol $1.35 untuk pengguna Android dan $1.60  untuk pengguna iOS per bulan. Harga yang Resso tetapkan untuk penggguna Indonesia adalah Rp 49.000 per bulan. Bagi mereka yang belum pernah mencoba aplikasi ini, Resso akan memberikan coba gratis layanan premium selama satu minggu.

Hanya saja ada perbedaan untuk versi layanan gratis dan premium yang  terletak pada kualitas maksimal suara yang dihasilkan. Versi gratis hanya memberikan 128 Kbps saja sedangkan pengguna versi berbayar akan menikmati kualitas suara hingga 256 Kbps. Antarmuka (interface) Resso India memungkinkan penggunanya untuk menyelami musik, merekomendasikan artis berdasarkan pilihan awal mereak saat mendaftar, fitur daftar putar untuk suasana hati, genre, dan subgenre. Artis- artis yang mempunyai akun resmi mereka di Resso juga akan dapat berinteraksi dengan pengikut mereka dan membuat konten yang disebut dengan Vibes.

 

Related Post :

popup image