Tiongkok Luncurkan 5G, Jaringan Komersial 5G terbesar di dunia

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Kini jaringan 5G di Tiongkok telah resmi diluncurkan, Bahkan tiga operator telekomuniaksi tiongkok telah menggunakan 5G. Yaitu China Mobile, China Unicorn, dan China Telecom yang sudah menjadi layanan komersil 5G di negara tersebut.

layanan 5G yang mulai digelar sejak pekan lalu itu dibanderol mulai dari 128 yuan (Rp 255 ribu)” Dikutip dari Reuters

Dengan peluncuran 5G yang sudah di komersilkan, maka akan menjadikan Tiongkok sebagai negara dengan jaringan 5G terbesar di dunia.

 

 

Tiongkok akan menjadi negara yang mengoperasikan jaringan 5G komersial terbesar di dunia, dengan skala jaringan dan harga layanan akan memiliki dampak penting di rantai pasokan,” tulis Berstein dalam laporannya.

Tiongkok menyebutkan akan memasang memasang lebih dari 50 ribu BTS 5G di 50 kota hingga akhir tahun 2019. Untuk beberapa kota yang menjadi target yaitu seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Hangzhou sudah menggunakan 5G.

Dengan adanya 5G di Tiongkok, dapat membuat 5G menyebar semakin cepat. Padahal, beberapa otoritas akan menghadirkan layanan tersebut pada tahun 2020. Seiring dengan pesatnya perkembangan 5G di Tiongkok. Bahkan Smartphone Huawei dan Xiaomi sudah mempersiapkan smartphone yang bisa support dengan layanan super cepat.

Untuk 5G di Indonesia, perusahaan XL Axiata salah satunya telah mempersiapkan impelementasi jaringan 5G. Bahkan, XL Axiata telah melakukan program fiberisasi, yang diperkirakan akan menghadirkan kecepatan data tinggi, dengan jumlah pemakai lebih banyak.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Gateway Gerbang Jaringan 

Untuk sampai pada implementasi 5G, banyak sekali persiapan, termasuk fiberisasi. Selain dari sisi infrastruktur, bisnis model, dan investasinya, terutama untuk spektrum dan peralatannya,” kata Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini, di kantor XL Axiata, Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Bahkan menurut Dian Indonesia diperkirakan baru bisa mengimplementasikan teknologi 5G dalam waktu tiga tahun kemudian. Saat ini pemerintah belum menentukan spektrum yang akan digunakan untuk jaringan yang support 5G untuk Indonesia.

Related Post :

popup image