Tips Bisnis Digital Merchant Laris Manis

Business, Marketing / 0 | | 0

Bisnis sekarang ini sudah sangat menjamur di kalangan masyarakat. Berbeda dengan zaman dahulu yang penjualannya dilakukan secara tradisional dengan menawarkan barang secara tatap muka dengan calon pembeli. Saat ini dunia digital berkembang pesat, tak heran jika semua bisnis bisa dilakukan dengan lancar menggunakan bantuan digital.

Digital yang digunakan di zaman sekarang tentunya berhubungan dengan internet tanpa batas. Salah satu bisnis tersebut yaitu bisnis digital merchant. Bisnis digital yaitu suatu bisnis yang memanfaatkan kemampuan seseorang dengan bantuan teknologi informatika dan komputer yang selanjutnya dihubungkan dengan dunia internet yang sudah mendunia.

Sampai saat ini, dunia internet sudah mendunia dan berkembang pesat sehingga akan memudahkan para pengusaha atau pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya. Tentunya, kemajuan dan akses internet yang cepat juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis ini.

Lantas apa saja yang bisa Kita ketahui tentang bisnis digital merchant? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

 

Kenali Apa Itu Bisnis Digital Merchant!

 

Bisnis digital merchant yaitu suatu bisnis yang menjual barang maupun jasa melalui internet atau toko online. Sedangkan merchant sendiri mempunyai arti suatu pengusaha jasa atau barang yang menjual barang dan jasanya secara online dan bekerja sama dengan sebuah bank sebagai alat penerima dari pembayaran barang yang diperjualbelikan secara online tersebut.

Dalam hal ini Anda sebagai seorang pengusaha tidak harus stok barang namun jika ingin juga bisa stok barang di rumah. Penyediaan barang di rumah ini bisa dilakukan dengan tujuan agar lebih cepat barang terjual tanpa pelanggan harus menunggu lama.

Jika Anda menjalankan bisnis digital merchant namun tidak stok barang, Anda akan berperan sebagai seorang agen penjual online. Jika ada yang memesan akan di ambilkan dari toko yang menjual barang tersebut.

Akibat banyak pembeli yang jauh dari rumah Anda, maka pembayaran bisa dilakukan secara ketemuan jika lokasi penjual dan pembeli tidak terlalu jauh. Namun jika pembeli jauh maka pembayaran harus menggunakan bank sebagai alat pembayarannya. Agar semakin mudah dalam menjalankan bisnis digital merchant Anda, simak beberapa tips laris manisnya berikut.

 

Tips Bisnis Digital Merchant Laris Manis

 

Setelah mengetahui dan mengenal apa itu bisnis digital merchant, mari simak tips yang bisa dilakukan agar bisnis digital merchant yang Anda kelola bisa laris manis tanpa ada kendala. Berikut ini tips agar bisnis digital merchant laris manis:

 

1. Mengajak Influencer

Sebagai seorang pengusaha yang menjual barang secara online, harus tahu tips satu ini. Anda harus bersiap-siap saling berkompetisi dengan para penjual online lainnya. Untuk itu, Anda harus mampu menarik minat pembeli dengan menyediakan seorang model dari barang atau jasa yang Anda tawarkan. Sebagai tips:

  1. Pilihlah model dengan fisik yang menarik.
  2. Pilih model yang sekiranya banyak orang yang mengetahuinya. Sehingga banyak orang yang akan mudah terpengaruh dan tertarik dengan barang dan jasa Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Influencer dan Cara Memilih yang Tepat Untuk Bisnis Online

2. Ikuti Event Bazar

Sekarang ini banyak sekali event bazar yang diadakan di Indonesia maupun luar negeri. Bazar ini akan menjadi tempat mempromosikan dan menjual barang atau jasa. Anda cukup mendaftarkan diri beserta produk yang dijual. Selanjutnya Anda tinggal menata barang atau jasa Anda di tempat yang sudah disediakan.

Jika ada orang yang datang pada tempat Anda jelaskan keunggulan dari setiap produk Anda. Jika perlu berikan perbandingan dengan produk dan jasa orang lain. Sebagai tips:
Gunakan brosur atau banner yang berisi kata dan gambar menarik minat pembeli.
Tawarkan barang dengan bahasa yang singkat namun mengena langsung pada keunggulan produk dan jasa Anda. Jika perlu ajak model dari produk atau jasa Anda.

 

3. Jadilah Sponsor Suatu Kegiatan

Sponsor merupakan pendukung suatu acara. Dukungan ini biasanya juga berhubungan dengan uang yang digunakan untuk membantu lancarnya acara. Sedangkan berperan sebagai sponsor bisa juga menjadi alat dalam menawarkan produk atau jasa dari bisnis Anda.

Berpartisipasi menjadi sebuah sponsor suatu acara mempunyai keuntungan dan kerugian juga. Namun kerugian ini bisa di antisipasi dengan berbagai hal, salah satunya yaitu:

 

  1. Lakukan riset awal tentang event yang akan berjalan tersebut.
  2. Lakukan perkiraan awal apakah event tersebut bisa mendatangkan banyak masa.
  3. Simak secara teliti proposal yang telah diajukan oleh panitia event tersebut.
  4. Ajukan beberapa pertanyaan pada panitia pengadaan event tersebut

Semua hal tersebut bisa Anda lakukan dengan tujuan meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi. Jika Anda sudah yakin untuk menjadi sebuah sponsor maka segera siapkan barang atau jasa Anda dan tawarkan pada setiap masa yang datang.

 

4. Jual Produk dengan Sistem Grosir Melalui Retailer Lain

Saat ini dunia digital berkembang sangat pesat. Untuk itu, manfaatkan juga sebaik mungkin untuk menjaring beberapa orang yang mau bekerja sama dengan Anda. Orang-orang yang sudah bekerja sama dengan Anda bisa menjualkan barang dengan harga grosir.
Tujuan dari sistem grosir ini, Anda bisa laris menjual barang namun tetap mendapatkan keuntungan tanpa memberikan uang gaji pada orang yang sudah bekerja sama. Penjelasan singkatnya orang yang sudah bekerja sama dengan Anda akan mengambil untung dari barang yang dijualnya juga. Cukup mudah bukan?

 

5. Membangun sebuah email untuk marketing penjualan

Sebagai seorang pengusaha di bidang online Anda harus membuat sebuah email marketing. Tidak lupa email tersebut harus mampu menjangkau jaring yang lebih luas dan tentunya aman dari jenis pembobolan sebuah email. Untuk itu, manfaatkan Layanan IDCloudHost sebagai penyedia web hosting dengan layanan yang baik, dan jaringan yang luas.

Baca Juga : Apa Itu Zimbra Email Keunggulan dan Harganya

6. Mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas

Setelah melakukan promo melalui website yang dibuat oleh IDCloudHost, ingatlah juga untuk selalu mengutamakan kualitas produk atau jasa yang Anda tawarkan kesemua orang. Kualitas harus terjaga dan menjadi prioritas yang benar-benar harus diutamakan. Sekalipun website Anda nampak keren tapi kualitas produk tidak terjaga maka akan mengurangi pula reputasi Anda sebagai penjual.

 

7. Cepat dan tanggap dalam hal apapun

Hal berikutnya yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis online selalu cepat dan tanggap dalam menanggapi permintaan pelanggan. Misalnya, Anda melakukan fast respon dengan mengomentari pelanggan yang bertanya. Misalnya saja, paling maksimal satu jam sekali sebaiknya lihat apakah ada yang menulis di kolom komentar pada web Anda, kemudian lakukan feed back kepada pelanggan secara sopan. Jangan sampai kehilangan pelanggan karena tidak segera merespon.

 

Kesimpulan dan Penutup

Dalam membangun sebuah bisnis online, anda perlu menguasai digital marketing. Salah salah satu tipsnya ialah : 1. Influencer, 2. Ikuti Event Bazar, 3. Jadi Sponsor sebuah kegiatan, 4. Menjual produk dengan sistem grosir, 5. Membangun email marketing.

Layanan IDCloudHost menawarkan produk email premium dengan harga terjangkau, sehingga perusahaan anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kenyamanan dalam pemakiannya. Selain lebih aman, email premium ini juga dapat meningkatkan kualitas kerja perusahaan anda.

Tips-tips di atas bisa Anda coba sebagai langkah untuk memajukan dan mengembangkan bisnis. Jangan lupa amankan email Anda dengan membeli sebuah web hosting dan layanan-layanan di dalamnya di IDCloudHost.

 

Related Post :

popup image