Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Melamar pekerjaan telah banyak berubah selama dekade terakhir karena adanya internet. Dulu, kebanyakan orang melamar pekerjaan melalui pos, telepon atau secara langsung, sekarang, orang harus mengirim lamaran mereka secara online. CV, surat lamaran dan referensi tidak lagi diserahkan dalam bentuk salinan kertas karena dikirim secara online ke perekrut baik melalui email atau di situs web mereka.

Saat Anda mencari pekerjaan baru, banyak dari lamaran Anda akan diselesaikan secara online baik secara langsung di situs web pemberi kerja atau melalui papan buletin pekerjaan. Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan semua yang diperlukan untuk melengkapi lamaran kerja online.

Resume atau CV sudah harus siap sedia dengan informasi, data dan pas photo terbaru. Begitu juga format yang digunakan karena akan dikirim sebagai attachment di dalam email nantinya. Selain itu, Anda juga harus banyak mencari atau bahkan bergabung pada milis atau website lowongan kerja agar tetap mendapatkan informasi peluang terkini dengan segera.

 

Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email

Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email
 

Sebelum Anda mencoba melamar pekerjaan secara online, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Ini akan memastikan aplikasi Anda bagus dan Anda menghemat waktu dalam prosesnya. Tips dan hal-hal yang harus disiapkan sebelum Anda melamar adalah :

 

  • Akses internet

    Saat ini akses internet mudah didapatkan dimana- mana bahkan pada tempat- tempat umum seperti mall, perpustakaan bahkan jika Anda tidak mempunyai akses internet dirumah, Anda bisa mencoba mendapatkannya di cafe terdekat.

  • Alamat email profesional

    Artinya, jangan gunakan alamat email yang Anda tidak dapat mengingat sandinya. Jika Anda tidak dapat mengaksesnya, Anda tidak akan dapat memeriksa apakah perusahaan telah membalas lamaran Anda. Selain itu, jangan gunakan alamat email tidak profesional yang akan dilihat oleh pemberi kerja.

  • CV terbaru

    Ini adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda pastikan sebelum melamar pekerjaan apa pun. Anda perlu memastikan bahwa CV memiliki detail kontak yang benar dan terbaru untuk Anda sehingga pemberi kerja dapat menghubungi Anda. Jika alamat email atau nomor telepon Anda salah, maka Anda mungkin melewatkan pekerjaan itu. Setelah Anda menyelesaikan CV Anda, pastikan untuk menyimpannya menggunakan nama file yang sesuai dengan nama Anda selaku pemilik CV.
     

    Baca Juga   :   Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar untuk Lamaran Kerja

  • Riwayat pekerjaan yang Anda

    Salah satu bagian dari CV adalah riwayat pekejaan Anda sebelumnya yang harus Anda dipersiapkan sebelum Anda memulai aplikasi apa pun karena Anda harus menulisnya setiap kali Anda melamar. Pastikan Anda memiliki tanggal kerja yang benar, jabatan Anda, dan tugas yang Anda lakukan setiap hari tercatat dan disusun dengan struktural.

  • Cover letter

    Tidak setiap pekerjaan akan meminta Anda untuk memberikan surat lamaran sebelum Anda melamar, tetapi Anda bisa tetap mempersiapkan cover letter. Ini akan menghemat waktu Anda di masa depan selama aplikasi apa pun jika Anda memiliki surat lamaran yang baik yang disimpan di komputer Anda.

  • Baca deskripsi pekerjaan dengan baik

    Jika Anda tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan itu atau tidak sesuai dengan deskripsinya, tidak ada gunanya menghabiskan banyak waktu untuk melamar. Kemungkinannya adalah, aplikasi Anda tidak berhasil dan ditolak sehingga kerja Anda akan menjadi sia- sia.

 

Baca Juga  :    Apa itu Resume: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Cara Membuatnya

 

Cara Melamar Pekerjaan Online

Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email
 

Setiap pekerjaan akan memiliki prosedur dan instruksi lamaran yang berbeda yang tergantung pada perusahaan dan situs web apa yang Anda gunakan untuk mendaftar. Tetapi ada beberapa hal yang harus Anda ikuti saat membuat lamaran kerja apa pun secara online. Hal yang perlu diingat saat melamar online melalui email :

 

  • Baca deskripsi pekerjaan dengan baik saat Anda melamar dan cek kembali semua informasi yang harus Anda sertakan dalam aplikasi Anda.
  • Ikuti semua instruksi aplikasi dan sebelum Anda mengirimkan aplikasi Anda, periksa kembali apakah Anda mengikuti setiap langkah dengan baik.
  • Sesuaikan pengalaman Anda dengan pekerjaan tertentu dan cobalah untuk memikirkan bagaimana pengalaman Anda berkaitan dengan pengalaman yang diminta oleh lowongan ini. Jangan sertakan pengalaman atau pekerjaan tidak relevan yang Anda miliki karena ini akan mengalihkan perhatian pemberi kerja. Rangkum setiap pengalaman Anda dengan cara yang menunjukkan bahwa Anda sangat cocok untuk pekerjaan yang sedang Anda lamar ini.
  • Jadi diri sendiri dan jangan menyertakan hal-hal dalam aplikasi Anda yang telah Anda salin dari internet. Cobalah dan bersikap orisinal dengan semua yang Anda tulis dan sertakan hal-hal yang paling menggambarkan Anda sebagai pribadi. Anda dapat menggunakan internet sebagai contoh format CV atau cara untuk menyusun keterampilan tertentu, tetapi hindari menyalin dan menempelkan apa pun yang telah ditulis orang lain.
  • Pastikan aplikasi sudah lengkap sebelum Anda mengirimkannya dan pastikan juga Anda mengisi setiap bidang di lamaran kerja dan Anda telah menyelesaikan semuanya sebelum mengirimkannya. Ini akan membuat Anda tampak lebih teliti di mata calon pemberi kerja dan akan menguntungkan Anda. Lamaran Anda mungkin tidak akan dilirik jika Anda tidak mengisi semuanya dengan lengkap atau memberikan jawaban singkat.
  • Meski terdengar sederhana pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa karena ini dapat Anda lakukan untuk memastikan aplikasi Anda menonjol dari yang lain. Jika bebas dari kesalahan, pemberi kerja akan melihat Anda telah meluangkan waktu dan upaya untuk memeriksanya kembali.
  • Apabila memungkinkan, buat akun di situs web yang Anda gunakan untuk mendaftar. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyimpan detail pribadi dan CV Anda untuk digunakan di masa mendatang yang akan menghemat waktu Anda jika Anda menggunakan situs web itu lagi untuk melamar pekerjaan lain.
  • Periksa akun media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Jika Anda memposting sesuatu secara online ke akun publik, ingatlah bahwa pemberi kerja mungkin melihat hal-hal ini. Coba jadikan akun Anda pribadi atau hapus hal-hal yang mungkin tampak tidak profesional yang akan mengganggu profesionalitas Anda sebagai pekerja nantinya.

 

Baca Juga :    Cara Membuat CV Lamaran Kerja Terbaru dan Paling Kreatif Tahun 2020

 

Kesimpulan dan Penutup

Selain melamar pekerjaan langsung secara online, Anda mungkin juga perlu melamar melalui email. Beberapa perusahaan, terutama perusahaan kecil, tidak memiliki sistem untuk menangani lamaran kerja online. Oleh karena itu salah satu jalan dan cara lainnya adalah dengan mengirim lamaran Anda langsung melalui email. Satu hal penting yang harus dilakukan di awal proses pencarian kerja adalah menyiapkan akun email profesional untuk pencarian kerja Anda.

Hindari alamat email yang tidak profesional seperti [email protected](dot)com karena tidak hanya nama Anda tidak tercantum disitu, tetapi juga membuatnya terkesan main- main. idTetap gunakan alamat yang hanya menyertakan nama Anda dan beberapa nomor jika harus. Selain itu, perhatikan cara mengirim lamaran Anda termasuk cara melampirkan resume dan dokumen lainnya, apa yang harus disertakan dalam pesan email Anda, apa yang harus dimasukkan ke dalam baris subjek, dan informasi apa yang perlu Anda sertakan dalam tanda tangan email Anda.

Related Post :