Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Website Pencari Kerja

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat Anda mencari pekerjaan baru, Anda bisa mencarinya secara online baik secara langsung di situs web pemberi kerja atau melalui papan buletin pekerjaan. Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan untuk melengkapi lamaran kerja online yang termasuk membutuhkan pengumpulan semua informasi yang Anda perlukan untuk mengisi semua persyaratan pekerjaan tersebut.

Sebelumnya jika seseorang ingin mencari kerja, maka mereka harus mencari secara manual yakni mendatangi perusahaan atau kantor, mencari lowongan pekerjaan di koran atau papan buletin pekerjaan seperti di kantor pos. Kini, dengan adanya digitalisasi, maka semua hal menjadi mudah termasuk memberikan lowongan dan mencari lowongan pekerjaan.

Jika perusahaan memiliki situs web mereka sendiri, maka mereka bisa memposting pengumuman pekerjaan disitu. Tidak hanya itu, ada banyak website yang mengkhususkan diri mereka untuk memberitakan lowongan pekerjaan seperti LinkedIn, Jobstreet, Monster dan lain- lain. Anda hanya perlu mendaftar dan membuka akun baru agar tetap mendapatkan informasi terbaru. Simak tips cara a melamar pekerjaan, cara mengunggah resume dan surat lamaran Anda dan semua informasi yang Anda perlukan.

 

Manfaat Mencari Pekerjaan Melalui Website Pencari Kerja

 

Apabila Anda menemukan posisi yang menarik perhatian Anda melalui situs web pencarian kerja besar seperti LinkedIn, Monster dan sejenisnya, catat lowongan pekerjaan itu dan kemudian pergi ke situs web perusahaan untuk mencari lebih lanjut mengenainya. Anda juga bisa mempertimbangkan melamar langsung melalui website resmi mereka. Manfaatnya adalah Anda akan bersaing dengan sekelompok kecil pelamar, yang secara alami akan menurunkan persaingan untuk melamar pekerjaan yang sama dengan cara berbeda.

Selain itu, Anda akan memberikan kredensial Anda kepada pemberi kerja dalam format pilihan mereka, bukan yang digunakan oleh situs kerja eksternal. Beberapa organisasi juga memberikan informasi yang lebih detail tentang lowongan pekerjaan di situs mereka, dibandingkan dengan deskripsi di situs listingan pekerjaan. Tetapi jika Anda tidak menemukan lowongan yang sama langsung di situs resmi perusahaan yang membuka lowongan tadi, tidak ada salahnya langsung melamar melalui website pencari kerja.

Mengingat situs pencari kerja sudah sangat kredibel dan profesional, ini akan menghemat waktu Anda karena sangat prkatis lagi efisien. Anda dapat mencari kategori yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda apalagi jika bidang tersebut langka dan hanya ada pada website penyedia kerja tertentu. Tetap perhatikan semua regulasi dan persyaratan agar lamaran Anda menonjol dari pelamar lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika Anda sedang mencari pekerjaan melalui situs- situs pencari kerja.

 

Baca Juga  :      Glints Website Lowongan Kerja dan Pengembangan Karir Indonesia

 

Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Website Pencari Kerja

 

Untuk melamar pekerjaan secara online dan untuk melengkapi lamaran kerja online, Anda memerlukan akses Internet, alamat email untuk digunakan untuk mencari pekerjaan, resume terbaru, surat lamaran untuk beberapa pekerjaan, riwayat pekerjaan Anda, dan ketersediaan waktu atau jadwal untuk bekerja jika Anda melamar pekerjaan paruh waktu. Selain itu, sebagai bagian dari proses lamaran kerja, Anda mungkin perlu mengikuti tes kerja online dan bersiap untuk memberikan referensi pekerjaan.

Berikut beberapa langkah yang harus Anda perhatikan :

 

  • Siapkan Resume Anda

    Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan dan menyelesaikan lamaran kerja online, Anda memerlukan versi terbaru dari resume Anda yang siap untuk diunggah. Anda mungkin juga memerlukan surat lamaran untuk melamar beberapa pekerjaan. Pastikan resume Anda menyertakan informasi kontak dan riwayat pekerjaan Anda saat ini. Simpan resume Anda sebagai namaandaresume.doc, bukan dengan nama file yang umum seperti resume saja.
     
    Dengan cara ini, manajer perekrutan akan mudah menghubungkan Anda dengan resume saat mereka meninjaunya. Siapkan juga surat lamaran dasar yang dapat Anda sesuaikan untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Anda harus selalu menyertakan surat lamaran saat melamar pekerjaan kecuali jika ada syarat yang tidak mengharuskannya.
     
    Beberapa situs memungkinkan Anda mengunggah resume yang ada dari Microsoft Word di komputer Anda dengan mengklik tombol. Terkadang Anda akan diminta untuk mengubah dokumen menjadi PDF atau jenis file lainnya. Di situs lain, Anda mungkin perlu menyalin dan menempel resume Anda ke profil online atau menggunakan pembuat resume yang dimasukkan ke dalam sistem lamaran kerja.

  • Susun Riwayat Pekerjaan

    Siapkan detail riwayat pekerjaan Anda karena sistem lamaran online biasanya meminta informasi yang sama seperti lamaran pekerjaan umumnya termasuk informasi kontak Anda, latar belakang pendidikan, dan riwayat pekerjaan termasuk jabatan, tanggal mulai dan berakhir pekerjaan, dan gaji untuk setiap posisi pekerjaan sebelumnya. Anda mungkin dapat memasukkan nama perusahaan dan posisi pekerjaan Anda terdahulu.

  • Tinjau Contoh Formulir Aplikasi Pekerjaan

    Unduh contoh formulir lamaran kerja dan lengkapi sebelum Anda memulai lamaran online Anda. Kalau perlu, Anda bisa mencetak dan isi, sehingga Anda tahu persis informasi apa yang perlu Anda masukkan saat melamar pekerjaan secara online. Gunakan contoh lamaran pekerjaan yang telah dilengkapi sebagai panduan saat Anda menyelesaikan lamaran pekerjaan Anda. Selain itu Anda bisa meninjau daftar pertanyaan yang diajukan pada lamaran pekerjaan untuk mempersiapkan pengisian lamaran.
     

    Baca Juga :   Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

  • Buat Akun di Situs Pencari Kerja

    Beberapa pekerjaan dan situs web perusahaan mengharuskan pengguna membuat akun ketika mereka melamar pekerjaan. Karena ada banyak website pencari kerja d i luar sana, maka Anda bisa memilih yang mana yang paling sesuai dengan Anda. LinkedIn lebih cenderung dengan posisi profesional yang beroperasi baik dalam dan luar negeri.
     
    Untuk membuat akun, Anda harus mendaftar dengan alamat email saat ini agar akun Anda dapat dikonfirmasi. Nama pengguna Anda bisa berupa alamat email Anda atau nama yang Anda pilih. Beberapa situs mengizinkan pencari kerja untuk mendaftar dengan tautan akun Facebook atau LinkedIn mereka.

  • Posting Resume Anda Secara Online

    Sebagian besar situs pekerjaan menyediakan sistem bagi pencari kerja untuk memposting resume secara online. Setelah Anda mengunggah resume Anda, Anda akan dapat menggunakannya untuk melamar pekerjaan dengan cepat di situs tersebut. Terkadang Anda juga akan dapat membuat resume Anda terlihat oleh pemberi kerja yang akan memberikan eksposur ekstra pada pencarian kerja Anda nantinya.

  • Gunakan Kata Kunci Pencarian Kerja

    Saat Anda mencari pekerjaan secara online, cara paling efektif untuk mencari adalah dengan menggunakan kata kunci pekerjaan untuk mencari pekerjaan di bidang karir dan industri yang Anda minati. Terlebih lagi, ini akan menjadi sangat berfungsi jika bidang pekerjaan Anda sangat spesifik dan tidak umum. Kata kunci biasanya lebih efektif daripada menggunakan opsi pencarian yang telah ditetapkan di kategori pekerjaan karena Anda harus mencari seluruh daftar kategori yang ada.
     
    Selain itu, daftar kata kunci pencarian pekerjaan dapat mencerminkan minat pekerjaan Anda, termasuk lokasi tempat Anda ingin bekerja, jenis posisi, industri, dll. Jangan lupa untuk mencocokkan daftar keterampilan ini dengan resume sehingga Anda dapat menyesuaikan keterampilan Anda dengan persyaratan pekerjaan.

  • Buat Email Profesional

    Selain melamar pekerjaan langsung secara online melalui website pencari kerja, Anda mungkin juga perlu melamar melalui email. Satu hal penting yang harus dilakukan di awal proses pencarian kerja adalah menyiapkan akun email profesional untuk pencarian kerja Anda dan hindari alamat email yang tidak profesional seperti [email protected](dot)com.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Umumnya pencari kerja banyak memanfaatkan website penyedia lowongan kerja karena selain lengkap dan menawarkan banyak kategori, situs- situs itu juga membuat proses lamaran kerja menjadi mudah. Anda tidak perlu lagi menyisir perusahaan dan posisi yang sesuai dengan Anda satu persatu di mesin penelusuran. Cukup dengan mendatangi website pencari kerja, Anda dapat melihat lowong apa saja yang sedang terbuka saat itu.

Hanya saja, tentunya sebagai website pencari kerja, mereka berfungsi sebagai agen atau pihak ketiga yang menghubungkan perusahaan dan calon pelamar pekerjaan. Tidak jarang website ini meminta penggunanya untuk mendaftarkan diri merek dulu sebelum dapat menggunakan jasa mereka. Meski ada pembayaran untuk membership, Anda tetap dapat memanfaatkan layanan gratis website pencari kerja dengan baik.

Related Post :