Tips Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Spam adalah gangguan konstan bagi banyak pemilik situs web. Baik itu dari bot atau orang yang hanya mencoba menyebarkan tautan buruk dan konten yang tidak pantas. Sehingga menjaga kebersihan situs seringkali merupakan tugas yang berat yang harus selalu dilakukan pemilik web demi menghindari kemungkinan buruk dari komentar spam.

WordPress adalah platform pembuatan website yang selalu memiliki masalah spam. Orang- orang yang tidak bertanggung jawab atau berniat buruk bisa saja mengancam kelangsungan situs web dengan menjatuhkan komentar serta link penyusup. Untungnya, ada beberapa langkah yang akan mencegah sebagian besar memasukkan komentar tertunda Anda.

Namun, penghapusan spam komentar secara berkelompok lebih mudah dengan alat yang tepat. Disamping juga dapat mencegah komentar spam dan serta menghapus komentar spam yang saat ini ada di situs WordPress Anda. Berikut cara menghapus komentar spam secara massal dan tips lainnya di WordPress dalam waktu relatif singkat.

 

Apa Itu Pending Comments di WordPress

Apakah Anda memiliki banyak komentar tertunda atau pending comments di WordPress yang ingin Anda hapus? Selain komentar spam, ada juga pending comments. Ini biasanya terjadi jika Anda mendapatkan banyak komentar spam. Biasanya, menghapus komentar di WordPress itu mudah, tetapi menjadi lebih rumit ketika ada banyak komentar yang pending. Anda bahkan mungkin menemukan kesalahan aneh saat menghapus komentar secara massal jika jumlahnya terlalu banyak.

Pending comments sendiri di WordPress adalah komentar yang menunggu moderasi. Anda akan menemukannya di area admin WordPress dengan mengunjungi halaman ‘Komentar’ dan beralih ke tab ‘Tertunda’. Pengguna sangat disarankan untuk mengaktifkan moderasi komentar di semua situs web mereka untuk memerangi spam komentar. Ini berarti semua komentar di situs Anda akan masuk ke antrean Tertunda sebelum disetujui.

Lalu mengapa ada orang yang ingin menghapus pending comments? Ada banyak hal yang membuat pemilik situs web untuk menghapus komen ini karena :

  • Plugin anti-spam Akismet dinonaktifkan di situs Anda dan tiba-tiba semua komentar spam muncul dalam status menunggu keputusan.
  • Pemilik situs tidak mengunjungi situs mereka sehingga mengumpulkan ratusan komentar yang tidak lagi relevan.
  • Artikel di situs web Anda menghasilkan banyak komentar yang tidak diinginkan
  • Anda lupa mematikan komentar pada posting lama

 

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan detail, akan diperlukan waktu lama untuk memeriksa dan memoderasi setiap komentar satu per satu. Tetapi apabila Anda yakin tidak ada komentar bertanda pending comments yang ingin Anda simpan, Anda dapat menghapus semuanya secara massal.

 

Baca Juga  :     Spam Email : Pengertian, Sejarah dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Aman

 

Menghilangkan Komentar Spam dengan Menginstal Batch Comment Spam Deletion

Tips Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress
 

WordPress memiliki banyak metode yang tersedia untuk mengurangi komentar spam yang mengganggu. Beberapa metode memerlukan sedikit pengkodean sementara yang lain hanya mengandalkan membuat beberapa penyesuaian di pengaturan WordPress Anda. Banyak orang melindungi WordPress dari spam dengan mengaktifkan Akismet. Dan meskipun sistem ini sangat baik dalam membatasi apa yang ditampilkan di bagian komentar, sistem ini tidak sempurna.

Menghapus spam dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan masalah bagi situs Anda. Tidak hanya butuh waktu lama untuk menghapus pesan-pesan ini, tetapi para ahli mengatakan bagaimana pekerjaan menghapus yang berlebihan sebenarnya dapat menurunkan server web. Sedangkan cara yang bisa Anda tempuh adalah :

  • Instal Delete Pending Comments Plugin
  • Pergi ke Komentar dan klik pada Delete Pending Comments
  • Masukkan teks yang memberi tahu Anda, lalu klik pada elete pending comments
  • Hapus plugin ini setelah Anda selesai

 

Meski ini adalah alat yang sederhana, namun efektif, untuk menghilangkan pesan yang tidak diinginkan di bagian komentar demi upaya melindungi situs web Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Melindungi Website dari Serangan Hacker Tidak Bertanggung Jawab

 

Plugin Menghapus Komentar Spam

Jika alat Batch Comment Spam Deletion kurang cukup membantu Anda, berikut beberapa alternatif kumpulan plugin dari WordPress dengan rating tertinggi dan terpopuler.

  • Antispam Bee

    Dengan lebih dari 300.000 penginstalan aktif, Antispam Bee adalah plugin yang cukup populer. Tidak hanya menganalisis alamat IP pengguna untuk memverifikasi komentar, tetapi Anda dapat mengatur spam untuk dihapus setelah beberapa hari. Tentunya ini akan membantu menjaga database bebas dari gangguan dan berkinerja baik.

  • Spam Protection by CleanTalk

    Perlindungan Spam protection, AntiSpam, FireWall by CleanTalk plugin adalah alat all-in-one yang sangat baik untuk menghapus pesan atau komentar yang tidak diinginkan. Berada pada salah satu peringkat tertinggi pada sistem dan mendukung banyak alat lain seperti WooCommerce dan BuddyPress. Cara kerjanya adalah dengan mencegah spam saat secara otomatis menghapusnya untuk menjaga database tetap bersih.

  • Akismet Anti-Spam

    Akismet adalah salah satu plugin paling populer di seluruh WordPress. Alat ini sering kali ada di layar unggulan dan sering kali disertai dengan penginstalan massal sistem pengelolaan konten. Tidak hanya itu salah satu yang terbaik untuk mencegah komentar buruk, tetapi juga memiliki fitur untuk secara otomatis membuang dan memblokir beberapa pelanggar terburuk.

 

Baca Juga  :   Cara Menghindari Blacklist Google yang Mudah dan Aman

 

Cara Mencegah Komentar Spam dengan Comment Blacklist Keywords

Setelah Anda lelah menghabiskan banyak upaya dan waktu untuk menghapus semua komentar spam, sekarang saatnya untuk mencegah spam di masa mendatang memasukkan komentar Anda dengan cara pending comments.

  • Buka file di WordPress Comment Blacklist Keywords di platform website Anda
  • Salin seluruh daftar kata kunci spam yang Anda ketahui atau mencurigakan
  • Di WordPress, buka Settings lalu klik pada Discussions
  • Rekatkan kata kunci ke dalam bagian Comment Blacklist
  • Lalu simpan perubahan yang telah Anda buat

 

Baca Juga  :      Cara Blokir Website dengan Mudah dan Aman di HP dan Laptop

 

Bahaya dan Keharusan Menghapus Pesan/Komentar Spam

Tips Cara Menghilangkan Komentar Spam di WordPress
 

Komentar spam, meskipun disimpan di folder khusus Spam, akan menghabiskan ruang di database Anda. Bagi Anda yang dibatasi dalam ruang penyimpanan online, komentar- komentar spam akan cepat memenuhi folder Anda dalam waktu singkat. Menjaga komentar dan revisi WordPress yang selalu dibersihkan akan membantu menjaga ukuran folder Anda dan dapat dikelola dengan cepat.

Basis data lengkap juga sering kali menyebabkan kinerja situs yang buruk. Semakin banyak sampah yang harus disaring situs Anda saat orang mengaksesnya, semakin lambat jadinya situs web Anda. Oleh karena itu, melakukan pembersihan rutin adalah ide yang bagus karena situs web Anda akan lebih lancar dan tidak berpotensi menyebabkan ancaman yang mengkhawatirkan.

 

Kesimpulan dan Penutup

Sayangnya, komentar spam adalah bagian kehidupan di internet. Jika Anda mengaktifkan komentar di situs web Anda, Anda harus berurusan dengan spammer. Untuk mencegah situs Anda membuat kesan pertama yang buruk, Anda harus menemukan cara untuk menghentikan spam komentar. Meskipun Anda mungkin tidak akan pernah bisa menghapus spam sepenuhnya, Anda dapat melakukan banyak hal untuk memperlambatnya. Untuk pengguna WordPress, ada banyak perubahan sederhana yang dapat Anda lakukan yang akan memblokir atau menyembunyikan komentar ini sebelum pengunjung Anda melihatnya.

Anda bahkan dapat menggunakan plugin anti-spam yang kuat untuk memperkuat pertahanan Anda dan Anda dapat menghapus komentar spam dengan mudah menggunakan plugin tanpa membahayakan situs Anda. Meski terkadang database terlalu penuh, dan melakukan penghapusan tradisional sering kali melelahkan. Karena WordPress sangat fleksibel, tidak perlu banyak menemukan plugin spam untuk menjaga situs Anda tetap segar dan beroperasi dengan lancar secara normal.

Related Post :