Tips Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Menjadi pengembang atau programmer adalah karir yang luar biasa saat ini. Karir ini penuh dengan tantangan besar dan pemecahan teka-teki yang membuat banyak programmer tetap terjaga di malam hari. Karena pengembang dengan tingkat keahlian apa pun banyak diminati dan cenderung terlalu sibuk, atau bahkan sangat dicari.

Teknologi maju dengan kecepatan yang luar biasa membuat semua orang mau tidak mau diminta untuk mengikutinya. Begitu juga programmer juga harus menyesuaikan skill dan kemampuan mereka demi dapat mengikuti perkembangan tersebut. Jika programmer tidak meningkatkan skil mereka, maka tentu saja mereka akan ketinggalan zaman.

Belajar dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda terhadap pemrograman dalam bahasa apa pun. Pengalaman memang penting, namun setiap tahun tentu ada saja inovasi baru yang harus dapat Anda sesuaikan setiap kalinya. Simak tips menjadi programmer handal dengan peluang penghasilan yang lebih baik berikut ini.

 

Tips Cara Menjadi Programmer Handal

Tips Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah
 

Ada banyak cara menjadi programmer handal dan salah satunya adalah mendapatkan pendidikan yang sesuai untuk profesi ini. Meskipun begitu, pengalaman dan selalu mengasah skill Anda juga menjadi bagian krusial demi menjadi programmer yang handal tadi. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan diantaranya adalah :

 

Pikirkan sebelum Anda membuat coding

Penulisan baris kode tidak boleh 100% dari waktu pengembangan Anda dan 50–60% lebih dari cukup. Banyak programmer menulis lebih cepat daripada kemampuan berpikir mereka tapi sebenarnya manusia tidak cocok untuk multitasking. Ambil satu langkah pada satu waktu dan pikirkan dengan matang, seperti :

  • Letakkan selembar kertas di dekat keyboard Anda dan mulailah menggambar grafik, konsep, gambar, tabel atau visualisasi apa pun dapat membantu.
  • Pikirkan dulu, lalu taruh ide Anda di atas kertas. Menulis kode setelah Anda tahu apa yang ingin Anda capai jauh lebih efektif.
  • Memulai dengan langsung menulis kode mungkin tampak seperti pengembangan yang sangat efektif, tetapi sebenarnya tidak. Anda mungkin benar-benar akan kewalahan dan tidak praktis karena bolak-balik, naik turun dalam kode Anda, terus-menerus membuat perubahan pada baris sebelumnya.
  • Setiap masalah tampak rumit di awal namun jangan cepat panik. Pikirkan tentang membagi kode Anda menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Ada beberapa kemungkinan pendekatan untuk melakukan ini.
  • Pikirkan tentang pengujian sebelum Anda menulis kode. Akan sangat membantu jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana penguji atau pemilik produk tahu bahwa tugas telah diselesaikan. Tujuan yang tidak spesifik akan berakibat buruk dan pada akhirnya menyebabkan waktu pengembangan yang lebih lama.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Memahami peluang bisnis di setiap proyek

Meski Anda hanya menjalankan dan membuat pemrograman saja, alangkah baiknya jika Anda juga mencari tahu peluang bisnis dari proyek tersebut. Jika Anda bekerja pada perusahaan, Anda mungkin memang mendapatkan gaji bulanan yang tetap, namun jika Anda ingin membuat bisnis Anda sendiri, Anda juga harus mengetahui banyak hal dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, skill coding Anda juga harus mengikuti beberapa tujuan bisnis. Banyak programmer hanya terpaku pada satu skill, yakni skill mereka saja.

Akan sangat berguna mengetahui latar belakang bagaimana bisnis sebagai programmer selama ini dilakukan. Selalu ada klien dengan kebutuhan, anggaran, konsep bisnis, dan ekspektasinya. Jika seorang programmer memahami gambaran besarnya, ini juga mungkin berguna untuk mungkin berguna untuk memecahkan masalah masa depan yang mungkin tidak terpikirkan oleh klien sebelumnya.

 

Selalu update skill dan kemampuan Anda

Programmer hebat juga membedakan diri mereka dari programmer biasa dalam pengetahuan mereka tentang teknologi yang mendasarinya. Tentu, pengkodean di React atau VueJs tidak memerlukan pemahaman apa pun tentang alamat IP, perutean, atau sistem DNS. Tapi semakin banyak Anda tahu, semakin sulit masalah yang bisa Anda selesaikan. Ajari diri Anda untuk mempelajari hal-hal baru dan memahami teknologi sedalam mungkin.

Karena beberapa pengetahuan tentang teknologi yang mendasari selalu menguntungkan karir Anda. Programmer hebat tidak selalu membuat coding baru, tetapi juga dapat menggunakan aset sumber terbuka yang sudah ada, contohnya adalah material open source telah melonjak pesat dalam 10 tahun terakhir. Berikut adalah beberapa tip yang mungkin menarik dan berguna bagi Anda untuk memajukan karir Anda. Selain itu, Anda akan meningkatkan kemampuan Anda untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks.

  • Pelajari tentang komputer sampai ke intinya dan lihatlah bagaimana prosesor kecil dan cara mereka menangani data. Seperti apa Assembler, dan bagaimana perintah C atau C ++ dapat dikompilasi ke Assembler. Ada banyak sumber daya bagus yang menjelaskan komputer pada tingkat inti mereka.
  • Jika Anda seorang pengembang web, Anda harus mempelajari bagaimana data disimpan dan bagaimana perjalanannya ke seluruh dunia. Lapisan fisik, lapisan data, lapisan jaringan, dll. Ini juga disebut model OSI, sumber: 1 atau 2.
  • Pengembang web harus terbiasa dengan arsitektur klien-server. Nama-nama seperti Apache, Nginx, IIS, Postfix, Node, Composer seharusnya sudah tidak asing lagi bagi mereka.
  • Cloud adalah tren populer besar hari ini seperti Azure dan AWS adalah alat yang sangat kompleks. Anda mungkin tidak harus menjadi ahli di bidang teknologi cloud ini, tetapi paling tidak Anda mengerti cara kerja cloud.Sebagai pengembang web, Anda pasti akan berkomunikasi dengan tim yang menangani masalah induk cloud. Sejatinya selalu bermanfaat untuk dapat memahami satu sama lain dan menyadari masalah apa yang mungkin muncul.
  • Walau Anda bukan pengguna Linux, pelajari setidaknya beberapa perintah dasar. Linux digunakan secara luas untuk server web, dan kemungkinan besar Anda tidak akan dapat menghindarinya. Baris perintah OS satu ini tidak terlihat ramah untuk semua orang, tetapi diperlukan beberapa pengetahuan dasar. Ketika Anda terbiasa, keefektifan kerja dan keahlian Anda akan meningkat.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Situs Belajar Coding (Developer) untuk Pemula dan Gratis

 

Mempelajari  dan Memahami Bahasa Programming

Tips Cara Menjadi Programmer Handal dengan Penghasilan Jutaan Rupiah
 

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan pemrogram untuk mengembangkan program perangkat lunak, skrip, atau sekumpulan instruksi lain untuk dijalankan oleh komputer. Meskipun banyak bahasa memiliki kesamaan, masing-masing memiliki sintaksnya sendiri. Setelah programmer mempelajari aturan bahasa, sintaks, dan struktur, mereka menulis kode sumber di editor teks atau IDE. Kemudian programmer sering mengkompilasi kode-kode tersebut ke dalam bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer.

Bahasa skrip, yang tidak memerlukan kompilator, gunakan juru bahasa untuk menjalankan skrip. Masing-masing bahasa pemrograman berbeda yang disebutkan di bagian selanjutnya dapat dipecah menjadi satu atau lebih jenis atau tipe (paradigma) bahasa berikut :

  • Level tinggi (paling umum) / level rendah
  • Deklaratif / imperatif / prosedural
  • Tujuan umum / khusus domain
  • Berorientasi objek / bersamaan
  • Bahasa Command / Compiled / Script
  • Set jawaban/Answer set

 

Seiring perkembangan komputer, banyak bahasa pemrograman komputer yang berbeda dibuat untuk berbagai jenis pengembangan. Bahasa pemrograman tersebut akan terbagi lagi pada jenis spesifik tergantung penggunaanya seperti untuk kegunaan data base, pengembangan website, game, aplikasi hingga AI.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi Aplikasi Text Editor untuk Programmer [GRATIS dan BERBAYAR]

 

Kesimpulan dan Penutup

Bekerja sebagai programmer berdasarkan spesifikasi keahlian Anda di industri TI, mungkin adalah jawaban dari cita- cita dan passion Anda selama ini. Tetapi untuk membuat pemrograman itu menyenangkan dan mendapatkan kegembiraan abadi darinya, seseorang perlu belajar dan mematuhi beberapa dasar yang membuat Anda menjadi programmer yang baik.

Tergantung pada motivasi setiap programmer termasuk Anda sendiri, untuk menjadi programmer yang baik dengan peluang penghasilan yang mumpuni, Anda harus menerapkan etos kerja yang baik. Anda juga dapat mengikuti beberapa tips cepatnya diatas tadi. Karena programmer yang baik adalah programmer yang selalu siap mengikuti rentak kemajuan inovasi dan membekali dirinya sendiri dengan banyak pengetahuan akan pertumbuhan industri ini secara keseluruhan.

 

 

Related Post :