Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Coding merupakan sebuah bahasa pemrograman sebagai cara Anda untuk berkomunikasi dengan komputer. Berkomunikasi dengan komputer yang dimaksud adalah seperti Anda memberi perintah pada komputer melalui coding, jadi coding akan memberitahu kepada komputer tindakan apa yang harus diambil yang mana coding ditulis seperti membuat serangkaian instruksi.

Keahlian menguasai coding semakin dibutuhkan mengingat saat ini situs web dan aplikasi adalah bagian hidup masyarakat modern saat ini. Mulai dari untuk mengembangkan sistem operasi baru untuk perangkat komputer, menyiapkan situs web, menginstruksi berbagai mesin, membuat aplikasi seluler, coding adalah bagian yang tidak terpisahkan karena menjadi pondasi untuk perancangan ini semua.

Karena permintaan akan ahli coding yang semakin meningkat, maka untuk mengakomodasi itu semua, ada banyak tempat belajar online yang juga menyediakan tempat pembelajaran online. Kini siapa saja bisa belajar coding secara online dari mana saja baik itu dengan latar belakang programmer yang ingin meningkatkan skill mereka atau penggemar coding amatir yang mempertimbangkan karir sebagai programmer.

 

Tips dan Cara Belajar Coding Untuk Pemula

Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula
 

Belajar coding adalah tren baru yang muncul karena tingginya permintaan akan ahli dan programmer di bidang IT. Meski sebelumnya belajar coding lebih identik dengan pelajaran formal di universitas dan cukup sulit, bahkan jika dibandingkan dengan keterampilan lain yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan yang paling terampil, maka coding merupakan hal yang sulit untuk dipelajari.

Layaknya bidang ilmu lain, untuk dapat terampil menguasai coding, Anda harus lebih dulu mempelajari dasar- dasar coding lebih dulu. Dukungan tempat belajar coding online juga mempermudah bidang ilmu yang terkenal sulit ini karena seiring waktu dan kebutuhan akan aplikasi membuat peminat coding mulai bermunculan. Jika Anda salah satu peminat coding amatir, maka untuk dapat mempelajari coding lebih cepat dengan harga terjangkau adalah melalui kelas- kelas online yang cukup kredibel. Sebelum Anda mempelajari coding lebih dalam lagi, Anda perlu mengetahui berbagai tips dan cara belajar coding bagi pemula seperti Anda dibawah ini.

  • Alasan dan niat belajar coding

    Keinginan Anda untuk belajar coding pasti timbul dari diri Anda sendiri dimana Anda harus mencari tahu alasan Anda ingin belajar bidang ilmu ini lebih jauh lagi. Apakah tujuan Anda mempelajarinya, apakah Anda ingin meniti karir sebagai programmer atau Anda ingin merancang aplikasi sendiri? Jawaban Anda dapat membantu Anda membangun niat Anda serta semangat Anda untuk mempelajari coding. Dengan jawaban Anda tersebut, Anda dapat membantu diri Anda sendiri untuk menentukan pemrograman mana yang harus Anda pilih dan kuasai nantinya.

  • Memilih tempat belajar coding online

    Majunya zaman membuat siapa saja bisa belajar secara online dari mana dan kapan saja, tanpa harus terbatas oleh umur dan biaya. Kursus- kursus online adalah pilihan yang tepat jika Anda tidak mempunyai waktu dan biaya untuk belajar di universitas yang resmi. Selain lebih terjangkau dan tidak jarang menawarkan kursus gratis, belajar online juga menawarkan variasi yang cukup lengkap bahkan dengan sertifikat yang sah.

  • Memilih bahasa pemrograman yang tepat

    Setelah Anda mengetahui alasan mengapa Anda ingin belajar coding, Anda dapat lebih mudah menentukan bahasa pemrograman mana yang ingin Anda pilih dan Anda kuasai. Meski bahasa pemrograman adalah bahasa yang kompleks bukan berarti Anda tidak bisa menguasainya. Sedangkan bahasa pemrograman umum yang biasanya sebagai dasar bagi banyak programmer adalah HTML dan CSS yang juga bisa Anda pelajari sebagai dasar.
    HTML dan CSS sendiri sebagai pondasi pembelajaran hanya berguna untuk mengembangkan situs web dasar, untuk situs web yang lebih interaktif Anda harus mengetahui Javascript, PHP, SQL, dan Phyton. Tidak hanya itu saja, jika Anda ingin membuat aplikasi, Anda dapat mempelajari bahasa yang berbeda untuk aplikasi Android maupun iOS. Begitu juga jika Anda ingin mengembangkan video game, ada bahasa pemrogramannya tersendiri. Setelah Anda memilih bahasa pemrograman mana yang tepat untuk Anda, mulailah mempelajarinya, dan setelah Anda nyaman dengan satu bahasa pemrograman, maka Anda dapat mempelajari bahasa pemrograman lainnya.
     
    Baca Juga  :   Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

  • Mengikuti tutorial pembelajaran coding

    Ini adalah cara dan tips yang bagus untuk pemula yang ingin belajar coding, dengan menonton tutorial yang dapat mengarahkan penonton langkah demi langkah, akan membantu Anda memahami coding lebih dalam lagi. Menariknya lagi, Anda bisa menemukan banyak video mengenai pembelajaran coding gratis di YouTube dan memilih tutorial mana yang penjelasannya akan mudah Anda mengerti dan ikuti.

  • Berlatih membuat dan mempraktikkan coding

    Setelah Anda memilih dan mempelajari bahasa pemrograman, Anda bisa mencoba untuk menulis dan mempraktekkannya secara langsung. Ini adalah bidang ilmu yang tidak mengandalkan teori namun praktek secara langsung, maka meskipun Anda merasa bahwa Anda baru belajar sedikit saja, Anda harus mencoba untuk melakukannya saat itu juga sehingga Anda akan mengerti betapa cepatnya kemajuan Anda saat Anda mulai belajar. Anda dapat mulai membangun jenis program atau proyek Anda sesuai dengan bahasa yang sudah Anda pilih.

  • Belajar dan fokus

    Layaknya belajar bidang ilmu lain, begitu juga menjadi pengembang IT, maka Anda harus mempunyai fokus untuk belajar juga. Ilmu ini menuntut untuk selalu dipelajari dan dipraktekkan karena latihan yang teratur akan membantu Anda menguasai pemrograman yang pada waktunya akan membantu Anda membuat situs web atau aplikasi yang ingin Anda kembangkan. Hindari menggunakan pola dan sintaks coding yang serupa setiap waktu dan selalu kembangkan skill Anda karena ini adalah bidang ilmu yang cukup berkembang setiap waktunya. Pelajarilah cara atau hal baru untuk melakukan sesuatu dan meningkatkan metode pembelajaran Anda.

 

Baca Juga  :     Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Cepat Bagi Pemula

 

Rekomendasi Tempat Belajar Coding Secara Online

Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula
 

Setelah mengetahui bagaimana tips untuk belajar coding, Anda juga perlu mengetahui tempat untuk Anda belajar coding secara online. Saat ini siapa saja dapat berpartisipasi dan belajar coding serta mengembangkan kreasi maupun skill, seperti mengembangkan situs web, membuat aplikasi seluler, dan berbagai perangkat lunak. Adapun untuk belajar coding online, ada banyak bantuan aplikasi maupun situs pembelajaran yang menawarkan banyak level pembelajaran dan juga bermacam bahasa pemrograman lainnya. Berikut beberapa rekomendasi tempat belajar coding online yang valid dan kredibel.

  • Code Academy

    Code Academy akan mengajarkan Anda keterampilan teknis dan bahasa pemrograman melalui berbagai kursus yang telah disediakan. Kursus yang disediakan oleh code academy adalah, seperti HTML, CSS, PHP, Python, Ruby, Ruby on Rails, AngularJS, JavaScript, jQuery, SQL dan Git. Dengan jutaan orang yang mempercayakan pembelajaran mereka ke platform yang hebat ini, Code Academy juga memberi kesempatan kepada pemula untuk belajar dan memahami coding dari awal.

  • Khan Academy

    Khan Academy merupakan salah satu platform yang akan memberi Anda kemudahan untuk belajar dan mengembangkan keterampilan Anda. Platform ini tidak hanya mengandalkan sebuah instruktur untuk mengajar siswa, tetapi juga memungkinkan siswa untuk berbagi program apa pun yang mereka ketahui dengan siswa lain. Jenis pembelajaran bersama ini akan meningkatkan keterlibatan Anda dan membantu Anda memahami berbagai hal dengan lebih cepat. Kursus yang dapat Anda pelajari pada platform ini, yaitu adalah HTML, CSS, JavaScript, animasi dan lainnya untuk menyiapkan situs web dan game.

  • Codewars

    Codewars merupakan sebuah situs web yang memungkinkan Anda mempelajari bahasa pemrograman yang sudah Anda pilih dengan konsep yang menantang Anda. Pada platform ini Anda akan mempelajari coding dengan menyenangkan, Anda dapat menyelesaikan satu tantangan pada satu waktu dan mempertajam keterampilan Anda yang ada pada diri Anda. Ide di balik platform ini merupakan semangat untuk mendorong Anda agar terus berkembang setiap menerima tantangan yang Anda temui saat berlatih pada platform ini. Beberapa bahasa pemrograman khas yang diajarkan oleh Codewars yaitu adalah JavaScript, CoffeeScript, Java, Ruby, Python, C#, dan Clojure.

 

Baca Juga  :     Kumpulan Tempat Belajar HTML Secara Online Untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Belajar coding merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan jika tidak dengan niat, dan rasa semangat dari diri Anda. Agar berhasil menguasai coding, Anda harus meluangkan waktu Anda untuk terus – menerus berlatih. Sama halnya dengan mempelajari bahasa lain, pasti tidak semudah itu untuk cepat menguasainya, diperlukan tekad untuk berlatih dengan rajin dan semangat agar bisa menguasai bahasa tersebut.

Terlepas dari tren dan kebutuhan, belajar coding juga merupakan hal positif yang dapat mempengaruhi semua bidang kehidupan Anda dan memberi Anda energi atau semangat baru untuk mengejar tujuan yang Anda inginkan dalam hidup Anda. Banyak sekali orang yang berpikir bahwa dampak positif ini terbatas dan hanya didapatkan oleh orang yang berada di tingkat tinggi dalam soal keterampilan dan kemampuan belajar coding, padahal sebenarnya tidak. Di luar hal itu, belajar coding telah mengubah hidup Anda, mulai dari gaya hidup Anda melalui kehidupan sosial, hingga juga dapat menunjang karir Anda.

Related Post :