Tips dan Cara Menjadi YouTuber Sukses 2021

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Selama bertahun-tahun, YouTuber telah berevolusi dari tempat berbagi video dengan niat bersenang- senang saja menjadi salah satu mesin pencari terbesar dunia ke-2 saat ini. YouTube telah menjadi pusat hiburan global terlengkap yang pernah ada. Mulai dari video musik, dokumenter, berita, vlog, pengunjung dapat mencari informasi dan hiburan dengan hanya 1 platform ini yaitu YouTube.

Sama awal mulanya dulu, orang- orang yang bergabung dengan YouTube sebagai content creator pasti tidak menyangka kalau YouTube menjadi sebuah trend yang berkembang sehingga bisa menjadikannya sebagai tempat meniti karir. Mereka yang menjadi content creator atau yang tekun membagikan konten- konten mereka kini bisa mengandalkannya menjadi profesi yang menarik banyak minta terutama di kalangan muda sekarang ini.

YouTube telah menjadi daya tarik dalam mendapatkan tidak hanya ketenaran dan popularitas, namun juga mendapatkan pendapatan yang tidak sedikit. Ini bisa dilihat dari banyaknya YouTuber yang sukses seperti Atta Halilintar, David Gadgetin, Dedy Cobuzier, Ria Ricis, dan banyak lainnya yang membuat semua orang juga berlomba- lomba membuka saluran YouTube mereka sendiri. Tapi layaknya karir lain, menjadi seorang YouTuber tidaklah semudah dan instan, ada banyak hal yang mesti Anda ketahui dan pelajari dengan seksama.

 

Mengenal Cara Kerja YouTube dan Menjadi YouTuber yang Sukses

Tips dan Cara Menjadi YouTuber Sukses 2021
 

Majunya zaman dan preferensi masyarakat yang memilih cara online membuat YouTube menjadi lokasi sentral untuk mendapatkan video tentang apa pun di dunia. Platform ini menjadi gudang besar bagi semua hal baik itu konten yang bersifat pribadi maupun berita yang dibagikan untuk umum. Vlog yang merupakan video yang dibuat oleh satu orang atau sekelompok orang yang mendokumentasikan pengalaman, pengetahuan, kisah mereka, menjadi sangat terkenal.

Orang- orang yang membagikan konten mereka di YouTube disebut sebagai pembuat konten (content creator) yang juga umum disebut sebagai YouTuber. Berawal dari berbagi pengalaman pribadi, YouTube mengalami peningkatan pesat yang diikuti oleh masyarakat global hingga juga bisnis yang turut memanfaatkan YouTube bagi usaha mereka. Dikarenakan kepopuleran ini, vlogging dan YouTube menjadi bisnis besar, karena mereka yang membagikan konten mereka di YouTube bisa dibayar ribuan hingga jutaan dolar jika mereka memang berdedikasi untuk konten mereka.

Tidak ada lagi batasan bagi siapa saja yang bisa membuka akun dan meluncurkan saluran YouTube mereka, karena siapa saja mempunyai peluang sukses yang sama besarnya jika mereka berdedikasi dalam menjadi seorang YouTuber yang sukses. Sedangkan untuk menjadi seorang YouTuber yang sukses adalah ketika Anda memiliki jam penayangan yang tinggi, kualitas konten yang baik, target audiens yang jelas, serta hubungan yang akrab dengan penonton, bisa menjadi tolok ukur kesuksesan di YouTube.

Jika lebih banyak orang yang dikonversi dari pemirsa menjadi pengikut melalui video Anda, ini bisa menjadi kesuksesan bagi Anda. Adapun bagi bisnis yang membuat saluran mereka di YouTube, kesuksesan adalah berarti Anda bisa membuat pemirsa menjadi lebih terlibat dengan merek Anda. Maka dari itu untuk menjadi YouTuber yang sukses maka untuk mengidentifikasi jenis kesuksesan yang Anda inginkan adalah dengan menyusun rencana yang strategis, tertata dan mencapainya.

 

Baca Juga  :      Cara Cepat Membuat Riset Keyword untuk YouTube Bagi Pemula

 

Cara Membuat Saluran YouTube

Kesuksesan yang ditampilkan para YouTuber di akun mereka masing- masing membuat para pengikutnya juga ingin membuka dan merasakan sukses yang sama. Ini tidak mengherankan karena menjadi sukses di YouTube, maka itu berarti Anda juga mendapatkan pemasukan yang besar pula. Berikut cara membuat saluran YouTube perdana Anda, tapi pastikan Anda telah memiliki akun email dari Gmail terlebih dahulu dan kemudian ikuti langkah- langkah berikut ini.

  • Masuk ke YouTube.
  • Pada versi dekstop, klik gambar Anda di pojok kanan atas.
  • Pilih bilah yang bertuliskan ‘Create a Channel’ (Buat Saluran).
  • Berikutnya adalah memasukkan nama saluran Anda yang bisa Anda pilih dan sesuaikan.
  • Tambahkan detail ke bagian ‘about’ sebagai tempat Anda berbagi info singkat mengenai saluran Anda.
  • Sesuaikan tampilan saluran Anda dengan foto sampul dan gambar profil.
  • Unggah video pertama Anda.
  • Tambahkan daftar putar, isi profil Anda dengan lebih detail, dan tautkan ke akun media sosial Anda yang lain.

 

Perhatikan bagaimana Anda menuliskan perkenalan singkat Anda di kolom about, isilah data diri Anda yang kiranya relevan dengan saluran YouTube Anda. Tautkan juga situs web, laman media sosial Anda, atau alamat email untuk surat- menyurat jika Anda ingin audiens Anda lebih terhubung lagi dengan Anda.
Baca Juga  :     Tools/Aplikasi Riset Keyword YouTube dengan SEO Terbaik 2021

 

Tips dan Cara Menjadi YouTuber Sukses

Tips dan Cara Menjadi YouTuber Sukses 2021
 

Layaknya profesi dan bidang pekerjaan lain, menjadi seorang YouTuber yang sukses bermakna Anda juga harus melakukan kerja keras terlebih lagi jika Anda masih meniti karir menjadi YouTuber. Berikut beberapa tips dan cara yang bisa Anda pertimbangkan dalam membesarkan channel YouTube Anda.

  • Memilih niche yang tepat

    Dunia YouTube yang luas membuat semua YouTuber mau tidak mau harus bersaing guna dikenali oleh audiens. Ini termasuk dalam memilih niche yang tepat agar Anda bisa dikenali audiens yang menjadi target Anda. Sebaiknya pilih niche atau ceruk yang Anda minati dan kuasai mengingat ini akan membuat konten video Anda terasa lebih akrab dan relevan dengan audiens yang menontonnya nanti.

  • Penjadwalan postingan berkala

    Laporan terbaru menunjukkan bahwa saluran YouTube yang memposting lebih dari sekali seminggu berkinerja jauh lebih baik dan mendapatkan lebih banyak penayangan yang direkomendasikan. Jika memungkinkan, poskan video ke YouTube tiga kali atau lebih per minggu, terutama jika Anda baru memulai dan mencoba membangun serta menarik pemirsa. Menjaga jadwal reguler dengan beberapa posting per minggu dapat dengan cepat meningkatkan saluran Anda dalam algoritma.
    Membuat banyak konten di awal dengan topik serupa akan membantu saluran Anda berkinerja baik dan juga membuat perpustakaan konten yang akan mengantar pemirsa dari satu video ke video lainnya, meningkatkan waktu tonton Anda, dan memberi mereka alasan untuk berlangganan karena saluran Anda yang tersusun rapi.

  • Libatkan audiens Anda

    Saat Anda merekam video Anda, pastikan untuk berbicara dengan audiens Anda seolah-olah mereka berada di ruangan dengan Anda dan sedang melakukan percakapan. Anda juga dapat menyapa mereka dengan berbagi lelucon di sela- sela konten yang Anda bagikan atau membuat postingan yang interaktif di laman media sosial Anda untuk lebih meningkatkan interaksi yang lebih dekat dengan audiens Anda.
    Tips yang bisa Anda contoh dari YouTuber yang telah sukses adalah dengan memberitahu penonton Anda bahwa Anda senang bisa menyapa mereka melalui konten- konten Anda. Disamping juga menghargai mereka dan meminta pandangan mereka untuk menayangkan konten yang bermutu di masa yang akan datang, yang bisa membuat Anda menjadi YouTuber yang sukses dan terkenal.

 

Baca Juga  :   Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda bertanya pada YouTuber yang telah lebih dulu sukses, maka mereka akan menjawab bahwa membuat konten yang berkualitas dan dedikasi dengan penayangan yang konsisten adalah salah satu cara yang membuat mereka sukses. Selain itu dengan tuntutan dan kualitas YouTube yang semakin jernih, alat yang Anda gunakan dalam membuat konten Anda akan sangat berpengaruh.

Audiens saat ini lebih memilih konten yang bersih dengan kualitas yang baik, yang membuat YouTuber pemula juga harus mempertimbangkan untuk menggunakan alat seperti kamera yang bagus pula. Tidak ada salahnya menginvestasikan alat perekam, aplikasi editing yang bebas watermark dan kamera yang baik demi membuat audiens Anda menyukai saluran YouTube Anda yang nantinya akan membawa Anda pada penayangan yang tinggi dan pemasukan yang tak kalah tingginya pula.

Related Post :