Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk Toko Online Yang SEO Friendly & Benar

Business, Search Engine Optimization / 0 | | 0

Pada zaman yang serba digital ini tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang mengandalkan toko online untuk membeli atau menjual sesuatu. Istilah untuk toko online ini adalah e-commerce atau online shop. Sudah banyak sekali berdiri bermacam-macam toko online yang menyediakan pakaian, peralatan rumah tangga, barang elektronik, alat kecantikan, dan lain-lain. Toko online tersebut berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak pelanggan untuk meraih keuntungan yang banyak pula.

Sebuah toko online yang bagus adalah toko online yang terlihat profesional dari segi tampilan, deskripsi produk, foto produk serta pelayanan terhadap konsumen. Secara tidak langsung, pada masa sekarang ini pembeli dapat menebak mana toko online yang benar-benar bisa dipercaya atau tidak. Salah satunya adalah dengan kelengkapan deskripsi yang ada di toko online Anda. Menulis deskripsi produk yang SEO friendly tentunya bukan persoalan yang mudah tetapi harus mengetahui teknik yang tepat pula.

Kebanyakan toko online masih menulis deskripsi produknya menggunakan kalimat yang padat, ringkas, jelas dan mengabaikan faktor SEO. Banyak yang beranggapan jika faktor SEO dimasukkan ke dalam deskripsi produk maka hasilnya akan terasa berbeda. Hal tersebut dapat dikatakan tidak sepenuhnya benar. Sebenarnya deskripsi produk yang Anda tulis itu dapat berjalan secara beriringan dengan faktor SEO tanpa harus mengorbankan salah satunya. Dibawah ini terdapat cara menulis deskripsi produk yang SEO friendly yang dapat Anda terapkan.

 

 

Pengertian SEO Friendly

 

Sebelum membuat deskripsi produk yang SEO friendly Anda harus mengetahui pengertian SEO friendly itu sendiri. Pengertian SEO friendly adalah suatu cara yang dilakukan agar konten dalam suatu situs web diutamakan dalam mesin pencari dan menaikkan traffic situs web perusahaan. Ada beberapa indikator yang dapat membuat suatu konten menjadi SEO friendly. Beberapa di antaranya ada di bawah ini:

  • Riset keyword: Jika ingin meningkatkan traffic melalui kolom search, ada baiknya untuk melakukan riset keyword sebelum memulai menulis. Dengan begitu, tulisan akan lebih berfokus pada keyword. Semakin sering suatu keyword diperbincangkan di sosial media, maka akan semakin besar kemungkinan konten yang ditulis diakses oleh banyak orang.
  • Optimasi keyword: Ketahui dimana dan bagaimana menggunakan keyword yang tepat dalam membuat konten untuk kemampuan search yang maksimal.
  • Organisir konten: konten dalam situs web seharusnya dapat terorganisasi dengan cara yang masuk akal. Tidak hanya baik untuk SEO saja, namun juga turut membantu pengunjung dalam situs web menemukan konten yang saling berkaitan dengan mudah. Lebih singkatnya, semakin lama pengunjung berada di situs web Anda, maka akan semakin baik.
    Promosi konten: menaikkan visibilitas konten terbaru dengan membagikannya di sosial media, dengan menaruh tautan yang terhubung dengan konten baru.

Baca Juga :    Tips dan Trik Membangun Website Toko Online yang Baik dan Benar

 

Tips dan Cara Menulis Deskripsi Produk

 

Untuk melengkapi produk yang Anda jual tulislah deskripsi produk yang bersifat informatif dan menarik perhatian. Hal tersebut bertujuan agar konsumen dapat mengerti tentang apa produk yang Anda jual. Usahakan agar para konsumen berlarut larut dalam menjelajah toko online Anda dengan membaca beberapa deskripsi yang bisa menambah wawasan. Jangan sampai konsumen hanya melihat-lihat produk Anda kemudian pergi karena tidak cocok dengan produk Anda atau belum menemukan yang pas. Berikut cara dan tips yang dapat Anda gunakan.

 

  • Menggunakan Google Keyword Planner

    Google Keyword Planner akan memberi akses data pencarian yang lengkap. Selain itu, tool satu ini didesain khusus untuk riset kata kunci paid search. Maka dari itu, tools ini dapat menangkap intensi komersial secara tepat. Tak hanya keyword beserta volume pencarian, bahkan Google Keyword Planner juga bisa dipakai untuk:

    • Mencari kata kunci dari gabungan kata, URL, dan produk;
    • Mencari kata kunci yang dipakai kompetitor;
    • Melakukan filter kata kunci;
    • Melihat kata kunci potensial beserta perkiraan biaya iklannya di Google Ads;
    • Mencari kata kunci relevan berdasarkan lokasi.
  • Tempatkan Kata Kunci Pada Bagian Deskripsi dan Meta Description

    Untuk deskripsi produk pada umumnya hanya menjelaskan tentang fitur dari produk tersebut. Tetapi untuk menulis deskripsi produk ini Anda perlu menyertakan kata kunci yang relevan dengan produk Anda. Lakukanlah riset terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci. Misal Anda menemukan kata kunci “jual sandal motif kekinian” maka tempatkan kata kunci tersebut di dalam deskripsi dari produk Anda sekaligus di bagian meta descriptionnya.

  • Tempatkan Kata Kunci Pada Kalimat Pertama

    Setelah Anda menempatkan kata kunci pada deskripsi produk dan meta description langkah berikutnya adalah dengan menempatkan kata kunci yang sudah Anda pilih ke kalimat pertama di paragraf yang pertama. Supaya Anda mendapatkan gambarannya seperti apa, silahkan Anda lihat contoh di atas yang kata kuncinya kami cetak tebal. Usahakan kata kunci yang Anda pilih penempatannya merata. Letaknya bisa diawal, di tengah dan di akhir sebuah paragraf supaya tidak ditandai sebagai spam oleh mesin pencari.

  • Gunakan Kalimat Ajakan (Persuasif)

    Berjualan melalui toko online memanglah mudah karena Anda tidak perlu bertemu dan menawarkan langsung produk yang Anda jual. Konsumen hanya tinggal melihat dan memilih produk mana yang cocok dengan kebutuhan atau keinginannya setelah itu melakukan pembayaran. Namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan interaksi dengan pelanggan lewat kalimat dalam deskripsi produk Anda. Buat seolah-olah Anda sedang menawarkan secara langsung produk Anda dengan kalimat yang bersifat persuasif.
     
    Contohnya adalah “Anda pecinta kuliner Korea? Tapi tak punya waktu untuk mengunjungi restoran Korea atau berkunjung langsung kesana? Kimchi instan Yummy bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa membuatnya di rumah hanya dengan waktu 5 menit”.

  • Sematkan Link Menuju Halaman Lain

    Dalam penulisan deskripsi produk di toko online Anda perlu juga untuk menyematkan link menuju ke halaman lain. Dapat dialihkan pada halaman yang masih satu domain, dapat juga ke halaman yang berbeda domain. Ini tujuannya untuk menyeimbangkan antara link yang masuk dan link yang keluar. Selain itu ada alasan lain yang melandasi pemberian link menuju halaman lain ini.

  • Minimal 300 Kata

    Masih banyak toko online yang mengabaikan jumlah kata ini. Kebanyakan dari mereka melakukan kesalah seperti terlalu singkat, tidak informatif, copy-paste dari deskripsi produk resmi, kaku. Seharusnya adalah menggunakan jumlah kata minimal 300, namun terkadang ada beberapa platform toko online yang membatasi jumlah karakter pada deskripsinya. Biasanya platform tersebut juga memberikan solusi berupa long description.
     
    Anda bisa menggunakan long description ini untuk menulis deskripsi produk yang jumlah katanya lebih dari 300 kata. Untuk mendapatkan konten yang baik di halaman produk, sertakan informasi berupa kalimat deskripsi, spesifikasi produk, keunggulan & kekurangan. Halaman ini menjadi halaman dimana seorang calon pembeli mengambil keputusan akhir. Itu merupakan tugas utama anda disini adalah membujuk dan meyakinkan mereka untuk membeli.

Baca Juga :    Cara Jualan di Toko Online khusus Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Deskripsi produk memang sangat penting untuk lebih meningkatkan nilai jual produk Anda. Kalimat yang mudah dipahami dan bersifat persuasif akan menimbulkan perasaan yang berbeda dari konsumen dan tidak menutup kemungkinan akan percaya pada toko online Anda lalu membeli produknya. Tidak lupa juga deskripsi produk haruslah SEO friendly agar website toko online Anda berada di urutan atas hasil pencarian Google.

Menulis deskripsi produk haruslah menggunakan cara dan teknik yang tepat serta tidak boleh menggunakan kalimat yang kaku dan kurang persuasif. Pemilihan kata kunci yang tepat menggunakan tools yang ada akan memudahkan Anda untuk membuat deskripsi produk yang didalamnya terdapat kata kunci nya. Namun tidak hanya deskripsi produk saja yang diutamakan namun juga gambar dari produk itu sendiri. Jangan sampai konsumen ragu untuk membeli karena melihat foto dan deskripsi yang tidak sesuai.

Related Post :

popup image