Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

Business, Content Marketing / 0 | | 1

Kemajuan teknologi juga merupakan salah satu faktor mengapa sekarang banyak para pelaku usaha yang berfokus memasarkan produknya lewat internet dan memiliki website sendiri. Para pelaku bisnis tidak hanya memasukan produk atau layanan mereka dan mencantumkan harga pada website, ini tentu akan membuat bisnis Anda tidak berkembang. Jika ingin bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas, Anda harus menciptakan konten-konten yang berkualitas yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan.

Menurut Content Marketing Institute (CMI) dan MarketingProfs, sebanyak 63% bisnis tidak memiliki dokumentasi dalam strategi membuat Content Marketing. Apakah bisnis Anda salah satu yang belum memiliki strategi dalam menyusun content marketing? Anda harus segera membuat dokumentasi bagaimana cara membuat content marketing untuk meningkatkan penjualan Anda dan membuat para konsumen semakin tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Dengan membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda dan sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang, maka trafik pengunjung website Anda akan meningkat dan membuat orang tentu jadi mengetahui brand atau bisnis Anda karena sering kali muncul di pencarian teratas Google. Tidak hanya sampai di sini, Anda juga perlu memahami channel mana yang Anda gunakan untuk membuat konten marketing, bisa melalui blog, sosial media, email, atau kanal lainnya. Simak tips dan strategi mengoptimalkan content marketing pada artikel berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Content Marketing

Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing
 

Content marketing adalah sebuah strategi untuk meningkatkan penjualan dalam digital marketing. Dalam hal ini, Anda sebagai pemilik bisnis yang memiliki brand bertugas untuk merancang, membuat, dan mengelola konten-konten apa saja yang bisa Anda kenalkan ke calon konsumen, tentunya konten ini harus relevan dengan bisnis Anda.

Misalnya, Anda merupakan pemilik bisnis usaha baju bekas (thrift shop), maka Anda sebaiknya membuat konten yang berkaitan dengan pakaian atau mode baju, Anda bisa membuat konten bagaimana cara mix and match pakaian yang cocok secara warna atau musim-musim tertentu atau Anda bisa sekalian menggalakan campaign untuk mengurangi limbah tekstil. Intinya buat konten yang sesuai dengan bisnis Anda ke sosial media atau website Anda untuk meningkatkan awareness dari brand.

 

Baca Juga  :    Mengenal Berbagai Jenis/Tipe Email Marketing dan Solusi Terbaiknya

 

Manfaat Content Marketing untuk Bisnis

Content marketing tidak hanya untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, tapi untuk memperbaharui topik-topik yang menarik untuk audiens atau pelanggan Anda dari waktu ke waktu supaya pelanggan Anda tidak mudah bosan dengan kanal atau channel tempat Anda berbagi informasi tentang produk atau layanan Anda seperti blog, sosial media, atau email marketing kepada pelanggan Anda. Ini akan tetap membuat orang-orang lebih sadar tentang produk atau layanan yang Anda berikan ketika Anda terus menjalin komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan lewat content marketing, produk atau layanan Anda bisa mendominasi pencarian dengan lebih efisien, baik itu di mesin pencari atau sosial media. Berikut ini manfaat content marketing yang bisa Anda dapatkan :

  • Meningkatkan brand awareness

    Jika Anda sudah banyak menghasilkan konten yang bagus dan relevan dengan produk atau layanan Anda, ini membuat orang-orang pasti secara otomatis sadar tentang kehadiran dari Brand milik Anda. Contohnya saja, jika Anda mencari merk air mineral terkenal, pasti Anda akan menemukan merk Aqua dalam pencarian tersebut. Ini membuktikan bahwa content marketing yang baik dapat meningkatkan Brand Awareness dan membuat produk atau layanan Anda dapat dikenal secara luas oleh masyarakat.

  • Meningkatkan SEO dan trafik website

    Salah satu untuk meningkatkan SEO adalah dengan konten yang berkualitas dan menyesuaikan dengan target audiens. Membuat konten marketing yang bagus dapat meningkatkan pencarian secara organik tanpa harus memasang iklan. Dengan content marketing yang bagus, ini akan memicu Google akan memberi Anda peringkat yang lebih baik di halaman hasil mesin pencari (SERP), sehingga tingkat pengunjung website Anda menjadi tinggi dan banyak orang juga yang tertarik dengan brand Anda.

  • Membantu mendapatkan E-A-T dari mesin pencari

    Saat Anda sudah mendapatkan peringkat teratas dari pencarian di mesin pencari atau Google, ini membuat situs Anda menjadi lebih terpercaya. Jika Anda mampu menghasilkan ratusan konten yang relevan dengan produk atau layanan Anda, kemudian sering muncul pada posisi teratas di mesin pencari, Anda akan mendapat E-A-T atau akronim dari Expertise (Keahlian), Authority (Otoritas), Trust (Kepercayaan) yaitu konsep pedoman Penilai Kualitas Pencarian Google, E-A-T adalah salah satu faktor yang digunakan Google untuk mengevaluasi kualitas keseluruhan halaman web.

 

Baca Juga  :    Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

<center?Tips dan Strategi Mengoptimalkan Content Marketing

 

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu content marketing dan manfaat content marketing, sekarang tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui tips dan strategi mengoptimalkan content marketing. Strategi pembuatan content marketing harus dibuat dengan perencanaan yang matang karena menyangkut jangka panjang dari keberlangsungan bisnis Anda. Berikut ini tips dan strategi mengoptimalkan content marketing.

  • Tetapkan Target Audiens

    Anda sebagai pelaku bisnis tentunya sudah mengamati beberapa tipe konsumen Anda, maka dari itu ketika Anda membuat content marketing, Anda perlu menganalisis dan menerapkan target audiens yang tepat. Anda bisa membuat konten tips dan trik bagi pelanggan Anda yang senang mengaplikasikan hal baru atau Anda bisa membuat konten terkait testimoni dari pemakaian produk atau layanan Anda untuk menarik calon pelanggan yang potensial. Banyak macam-macam konten yang bisa Anda buat dan sesuaikan dengan pesona tipe-tipe pelanggan Anda, gunakan variasi konten dan channel atau kanal apa yang tepat untuk membagikan content marketing Anda sesuai target audiens.

  • Tetapkan Tujuan Konten

    Anda harus mengetahui tujuan Anda dalam membuat content marketing, apakah untuk meningkatkan awareness atau untuk membuat orang-orang tertarik membeli produk Anda? Anda harus membuat strategi content marketing yang tepat dengan membuat konten untuk sisi pelanggan dan calon pelanggan. Buat content marketing yang menawarkan solusi untuk membantu Anda membangun kredibilitas dengan audiens target Anda.

  • Buat Konten yang Berbeda

    Jika Anda ingin menarik banyak orang melihat konten Anda, Anda harus membuatnya dengan unik dan berbeda dari kompetitor Anda. Misalnya saja Anda bisa memposting meme di akun sosial media bisnis Anda yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda, ini akan menarik minat orang-orang dalam membagikan postingan Anda.

  • Fokus Pada Format

    Setelah Anda mengetahui pesona dari pelanggan atau calon pelanggan potensial Anda, sekarang Anda harus tahu kira-kira mereka lebih senang berada di channel atau kanal mana. Misalnya, Anda merupakan pemilik bisnis kosmetik, tentu Anda akan melihat bahwa orang-orang yang gemar mencari tahu produk kosmetik berada di kanal Instagram, TikTok, atau YouTube, biasanya mereka akan mencari tahu bagaimana cara memakai produk kosmetik tersebut atau informasi yang diberikan oleh influencer yang sedang memberi review produk kosmetik, pasti calon pelanggan potensial Anda akan memilih produk kosmetik yang tengah digemari oleh banyak orang. Maka dari itu manfaatkan channel atau kanal berbagi video untuk membuat content marketing produk Anda dengan membuat format konten berupa video dibandingkan dengan tulisan.

  • Susun Rencanda Pembuatan Konten

    Setelah Anda mengetahui pesona audiens, channel apa yang ingin Anda gunakan, dan format konten apa yang ingin Anda buat, sekarang Anda bisa menyusun semua itu dalam bentuk konten plan. Anda bisa menyusun jadwal tanggal dan waktu dalam memproduksi konten apa dan kapan content marketing Anda bisa diterbitkan. Anda juga memerlukan tim untuk membuat dan mengelola content marketing ini supaya terus berjalan dan konsisten, diperlukan orang-orang kreatif dan inovatif untuk membuat sebuah konten yang bagus dan berkualitas.

 

Baca Juga  :    Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Kesimpulan dan Penutup

Menurut Content Marketing Institute (CMI) dan MarketingProfs, sebanyak 63% bisnis tidak memiliki dokumentasi dalam strategi membuat Content Marketing. Dengan membuat konten yang relevan dengan bisnis Anda dan sedang ramai diperbincangkan oleh banyak orang, maka trafik pengunjung website Anda akan meningkat dan membuat orang tentu jadi mengetahui brand atau bisnis Anda karena sering kali muncul di pencarian teratas Google.

Di zaman pemasaran modern saat ini content marketing menjadi sebuah strategi untuk meningkatkan penjualan dalam digital marketing. Content marketing tidak hanya untuk berkomunikasi dengan audiens Anda, tapi untuk memperbaharui topik-topik yang menarik untuk audiens atau pelanggan Anda dari waktu ke waktu supaya pelanggan Anda tidak mudah bosan dengan kanal atau channel tempat Anda berbagi informasi tentang produk atau layanan Anda seperti blog, sosial media, atau email marketing kepada pelanggan Anda.

Related Post :