Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Cepat Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Programmer biasanya menguasai beberapa bahasa pemrograman salah satunya adalah C++ yang merupakan bagian keluarga bahasa pemrograman C. Bahasa C, yang cukup sederhana, tidak terikat pada perangkat keras atau sistem tertentu memudahkan pengguna untuk menulis program yang akan berjalan tanpa banyak atau apapun perubahan di hampir semua mesin.

Selain itu bahasa C sendiri sering juga disebut bahasa komputer tingkat menengah karena bahasa ini menggabungkan unsur-unsur bahasa tingkat tinggi dengan fungsionalisme bahasa rakitan. Pemrograman C memungkinkan manipulasi bit, byte, dan alamat dimana akan memberi pemrogram lebih banyak kontrol atas persis bagaimana program akan berperilaku dan lebih banyak akses langsung ke mekanisme perangkat keras yang mendasarinya.

C dibuat, dipengaruhi, dan diuji di lapangan oleh programmer yang bekerja dengan hasil nyata sesuai yang diinginkan oleh programmer. Dari sini C membuahkan versi C++ yang menjadi penyempurnaan induk awalnya. Kelebihan C++ mencakup semua yang merupakan bagian dari C dan menambahkan dukungan untuk object-oriented programming/pemrograman berorientasi objek (OOP). Selain itu, C++ juga berisi banyak peningkatan dan fitur yang menjadikannya lebih baik, terlepas dari pemrograman berorientasi objek. Mari simak penjelasan singkatnya dibawah ini jika Anda tertarik mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini.

 

Memahami Perbedaan Bahasa Pemrograman C dan C++

Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Cepat Bagi Pemula
 

Seperti yang dijelaskan di atas, C++ adalah evolusi dari C, dan meskipun mereka memiliki beberapa kesamaan, keduanya sekarang secara substansial berbeda. Pendapat ini dikeluarkan oleh Jon Kalb selaku instruktur rekayasa perangkat lunak dan ketua C++ Now, CppCon, dan C++ Track dari Silicon Valley Code Camp. Kalb juga mengatakan bahwa C++ tidak mendukung abstraksi, pemrograman generik, dan pemrograman berorientasi objek yang dapat dilakukan oleh C++, meskipun Meskipun C digunakan secara luas di kalangan pengembang.

Kemampuan C++ yang cukup kuat mampu mendukung mendukung abstraksi tingkat tinggi yang membutuhkan banyak kode. Disini lapisan abstraksi yang disebut mengacu pada jumlah kompleksitas sistem yang diamati atau diprogram. Tingkat abstraksi yang lebih rendah memiliki lebih banyak detail, sedangkan abstraksi tingkat tinggi dapat mencakup keseluruhan sistem.

Mengingat C adalah bahasa prosedural,kodenya terdiri dari instruksi yang secara langsung memberi tahu komputer atau komponennya untuk menyelesaikan tugas dalam langkah-langkah logis. C++ mempermudah semua itu tetapi juga dapat mendukung fitur tingkat tinggi seperti kelas dan orientasi objek, yang memungkinkan pemrogram untuk membuat objek yang berisi data dan fungsi. Keuntungan dari pendekatan ini adalah bahwa objek perangkat lunak tampil lebih cepat dan lebih mudah dieksekusi daripada perintah prosedural, dan pemrograman berorientasi objek membuat kode lebih mudah untuk dimodifikasi, dipelihara, dan di-debug dengan baik.

 

Baca Juga  :     Manfaat dan Rekomendasi Tempat Belajar Coding Online

 

Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Bagi Pemula

Karena C++ adalah bahasa pemrograman yang sangat populer, ada banyak sumber yang tersedia untuk pemula, termasuk tutorial online, situs web, dan buku jika Anda tidak berkesempatan mengikuti kelas perkuliahan resmi. Hanya saja, saat memutuskan untuk belajar C++ atau bahasa komputer apa pun, Anda harus memiliki pemahaman tentang apa yang ingin Anda lakukan dengan keahlian bahasa ini secara profesional. Jika Anda tertarik mempelajari C++, maka simak tips serta trik singkatnya berikut ini.

  • Memahami dasar Sintaks C++

    Sebagai permulaan pembelajaran, sintaks adalah tata bahasa bahasa pemrograman dan dasar untuk semua yang ditulis dalam C++. Tata bahasa ini juga mendefinisikan bagaimana kode C++ disusun dan dipahami, karena Anda harus juga mengenal dasar ini lebih dulu.

  • Berlatih dasar-dasar C++

    Setelah menguasai sintaks, programmer C++ pemula harus memahami aspek bahasa yang lebih besar, seperti :
    a) Functions
    b) Arrays
    c) Strings
    d) Pointers
    e) References
    f) Classes and Objects
    g) Polymorphism

  • Berlatih dan praktik secara langsung

    Dengan beberapa keterampilan pemrograman C++ yang dipelajari, selanjutnya adalah tetap melakukan latihan serta praktek secara langsung, salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengerjakan sebuah proyek. Ada banyak sumber daya berbasis web untuk ide proyek yang bisa Anda coba, seperti memprogram game sederhana atau membuat aplikasi. Anda juga bisa bergabung di komunitas online untuk minat dan aplikasi C++, untuk berlatih bersama dan mencari peluang pekerjaan.

 

Baca Juga  :    Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

 

Rekomendasi Tempat Belajar C++ Online

Tips dan Trik Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Cepat Bagi Pemula
 

Mungkin tutorial adalah cara pertama yang bagus untuk mengenal bahasa pemrograman ini. Tutorial akan membantu Anda melihat garis besar C++ dan apa saja yang bisa dilakukan dengannya, namun sayangnya cara ini tidak tepat atau cukup bagi semua orang. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mengikuti kursus online khusus untuk menguasai C++ lebih lanjut lagi terutama jika Anda ingin menjadikannya sebuah karir sebagai programmer. Berikut beberapa rekomendasi tempat belajar online C++ yang populer yang bisa dipertimbang oleh programmer pemula maupun profesional yang ingin menambah skill mereka.

  • Coursera

    Jika Anda sudah terbiasa dengan C dan ingin mendalami C++ dengan lebih profesional, maka kursus di Coursera ini akan sangat cocok untuk Anda. Kursus ini benar-benar menyoroti perbedaan antara kedua bahasa C dan C++ dan menunjukkan kepada Anda cara memanfaatkannya secara maksimal.

  • Udemy

    Sebagai penyedia kursus online, Udemy menawarkan opsi kursus yang cukup lengkap, mulai untuk pemula, pelatihan hingga level yang lebih advance. Anda bisa memilih salah satu tingkatan sesuai dengan kemampuan Anda dan kemudian mengikuti tingkatan lanjutan dengan praktis dalam satu penyedia kursus, yakni Udemy.

  • LearnVern

    Selanjutnya adalah LearnVern yang menawarkan kursus online pemrograman C komprehensif ini sangat bagus untuk pemula, yang belum tentu memiliki pengalaman pemrograman sebelumnya. Kursus ini dimulai dari dasar-dasar C dan pemrograman secara umum dan mencakup topik-topik lanjutan, seperti alokasi memori dinamis, manajemen file, dll. Dari sini Anda bisa mengembangkannya dengan mempelajari C++.

  • PluralSight

    Di sisi lain, jika Anda ingin memulai dari dasar-dasar C++ dan mempelajarinya dari awal, PluralSight adalah pilihan yang tepat Anda. Kursus online ditujukan untuk mereka yang ingin lebih efisien dengan pembelajaran C++ mereka.

 

Baca Juga  :    Panduan Lengkap Belajar Bahasa Pemrograman PHP untuk Pemula

 

Kesimpulan dan Penutup

Bahasa pemrograman C++ pertama kali ditemukan pada tahun 1979 oleh Bjarne Stroustrup saat mengerjakan tesis PhD-nya di Bell Labs. C++ dirancang untuk menjadi perpanjangan dari bahasa pemrograman C, maka nama aslinya adalah C with Classes. Tujuan Stroustrup adalah untuk menambahkan fleksibilitas dan OOP (object-oriented programming) ke bahasa C. Pelebaran ini juga menyertakan fitur seperti kelas, pemeriksaan tipe kuat, argumen fungsi default, dan pewarisan dasar.

Kemudian C berkembang ke C++ dan meskipun siapa pun dapat belajar memprogram dalam C++, sebaiknya Anda paling tidak telah mempunyai pengalaman pemrograman lebih dulu. Pengetahuan tentang istilah komputasi dasar seperti pernyataan, loop dan struktur lain yang umum untuk C++ dan bahasa seperti JavaScript dan Python juga akan sangat berguna. Ketahui beberapa prinsip pemrograman dasar dan sintak sehingga Anda bisa memahami dan menguasai C++ lebih baik lagi.

Related Post :