Tips dan Trik Cara Menjadi Selebgram Dengan Cepat dan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Dengan bermunculannya banyak platform media sosial saat ini membuat sebuah peluang terbuka bagi semua orang tanpa harus lagi meraih status selebritis terlebih dahulu. Ini adalah tren dimana influencer media sosial sedang naik daun yang juga sering disebut selebgram. Adapun selebgram tersebut merupakan panggilan singkat dari selebriti yakni orang yang mempunyai banyak follower dan Instagram sebagai media yang mereka gunakan.

Tren ini membuat selebgram tidak hanya memberi mereka yang termasuk didalamnya ketenaran tetapi juga dapat mendatangkan pemasukan hingga menjadi mata pencaharian juga. Menjadi selebgram membuat profesi ini di idam-idamkan banyak orang terutama dikalangan anak mudah. Memiliki banyak uang, dikenal banyak orang, memiliki circle pertemanan yang bagus, siapa yang tidak ingin menjadi selebgram.

Pada dasarnya cara menjadi selebgram cukuplah mudah dan ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menjadi terkenal di era modern sekarang. Jika anda memiliki jumlah followers yang banyak pada akun instagram Anda itu berarti Anda dapat sudah cukup dikenal. Meski Anda sudah memiliki banyak pengikut sekalipun, Anda harus tetap mampu membuat konten yang baik dan konsisten karena disinilah celah untuk mendapatkan kepercayaan brand untuk akhirnya mengajak Anda bekerjasama.

 

Mengenal Apa yang Dimaksud Dengan Selebgram

Tips dan Trik Cara Menjadi Selebgram Dengan Cepat dan Mudah
 

Instagram adalah aplikasi berbagi foto online gratis dan platform jejaring sosial yang diakuisisi oleh Facebook pada tahun 2012. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan mengunggah foto dan video pendek melalui aplikasi seluler. Pengguna dapat menambahkan keterangan di setiap posting mereka dan menggunakan tagar dan geotag berbasis lokasi untuk mengindeks posting ini dan membuatnya dapat dicari oleh pengguna lain di dalam aplikasi.

Adapun yang dimaksud dengan selebgram itu berasal dari dua kata, yaitu “seleb” yang berasal dari kata “selebriti”, yang berarti seseorang yang terkenal atau dikenal banyak orang, dan “gram” yang berasal dari kata “ Instagram “ adalah media sosial yang menaung banyak orang. Mereka yang bisa disebut selebgram karena memiliki banyak pengikut, mulai dari 2000-1 juta bahkan lebih pengikut. Selebgram juga sangat berpengaruh bagi pengikutnya untuk mengajak sesuatu yang disukai dan tidak disuka.

Diantara banyaknya para pengguna Instagram, banyak juga yang menyalurkan hobi mereka melalui foto atau video di akun mereka dengan niche tertentu maupun gaya khas mereka tersendiri yang membuatnya menarik untuk dikunjungi dan diikuti. Daris ini pula, peluang menghasilkan uang juga terbuka karena selebgram dapat mengarahkan pengikut mereka untuk membeli atau melakukan sesuatu karena mereka telah mendapatkan kepercayaan dari pengikut mereka.

Tidak dapat dipungkiri, kesan mudah menjadi selebgram seperti mendapatkan pengakuan follower dan penghasilan membuat siapa saja ingin juga menjajal profesi baru era digital ini. Namun disisi lain menjadi selebgram tidak semudah yang dibayangkan, banyak juga terkadang haters atau netizen yang tidak menyukai Anda karena jika Anda sudah terkenal maka akan lebih banyak netizen yang memantau tingkah perilaku Anda, jika Anda melakukan kesalahan sedikit maka Anda bisa juga terkena kritik.

 

Baca Juga  :     Mengenal Influencer Media Sosial : Jenis/Tingkatan dan Media yang Digunakan

 

Manfaat Menjadi Selebgram

Era digital dan gaya hidup yang serba online membuat banyak peluang profesi dan pekerjaan baru mulai ikut bertumbuh. Salah satunya yang paling menarik dan menjanjikan adalah menjadi selebgram yang datang memberi beberapa manfaat seperti :

  • Mendapatkan pemasukan dan pekerjaan

    Rata-rata para selebgram bisa menghasilkan uang dengan cara mencari endorsement atau bisa disebut mempromosikan barang jualan atau jasa kepada para pengikutnya. Sistem endorsement sendiri adalah mereka atau brand akan mengirim produk jualan/jasa yang akan dipromosikan kepada selebgram yang kemudian akan dipromosikan melalui posting-an feed, reel maupun story.

  • Influencer

    Saat Anda menjadi seorang selebgram Anda juga bisa disebut sebagai Influencer, seorang selebgram akan menyuarakan sebuah ide pikiran yang dapat mengajak para pengikut sesuai dengan yang diminta para selebgram. Para selebgram juga ikut berandil besar saat di situasi terpenting, Biasanya para selebgram suka meminta untuk membantu vote atau menandatangani petisi bahkan meminta galangan dana untuk membantu beberapa orang yang membutuhkan.

  • Menjadi brand ambassador

    Banyak juga selebgram yang direkrut menjadi brand ambassador untuk sebuah produk dari sebuah perusahaan, Para selebgram yang sudah menjadi brand ambassador biasanya hanya memamerkan barang atau produk brand yang mensponsorinya dengan cara mempostingnya melalui media sosial mereka yang secara tidak langsung selebgram menarik perhatian para followers pada produk yang pakai tersebut.

  • Mendapatkan banyak cinta dan dukungan

    Jika Anda menjadi seorang selebgram sudah di pastikan Anda memiliki beberapa penggemar, dapat dipastikan karena mereka mengikuti profil instagram Anda karena suka dengan konten Anda. Selebgram juga memiliki banyak dukungan dan cinta dari para penggemar yang setia mengikuti akun media sosial mereka.

  • Dikenal banyak orang

    Siapa yang tidak suka menjadi seseorang yang terkenal dan juga dikenal banyak orang? Tidak hanya menjadi terkenal saja, ini juga akan mendatangkan banyak peluang dan memperbesar jaringan pertemanan Anda.

 

Baca Juga  :    Apa itu Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Online

 

Tips dan Trik Cara Menjadi Selebgram Dengan Cepat dan Mudah

Tips dan Trik Cara Menjadi Selebgram Dengan Cepat dan Mudah
 

Menjadi dan menata karir sebagai selebgram tidak hanya sekedar mengandalkan follower atau foto yang menarik saja, tetapi juga membutuhkan kerja keras dan usaha layaknya profesi atau pekerjaan lainnya. Berikut tips dan trik mudah yang bisa Anda ikuti untuk meluncurkan karir Anda sebagai selebgram :

  • Optimalkan penjelasan biodata

    Biodata atau informasi singkat mengenai Anda di profil Anda sangat penting karena itu adalah hal pertama yang akan dilihat orang ketika mereka tiba di laman akun Instagram Anda. Ini memberitahu pengguna siapa Anda, tentang apa Anda, dan juga memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan eksternal ke Instagram Anda, satu-satunya tempat di platform yang membuatnya dapat diklik.
    Untuk mengoptimalkan bio Anda, Anda harus memiliki bio tertulis yang efektif dan sesuai merek yang memberi pengikut semua info yang mereka butuhkan tentang Anda. Anda bahkan dapat menggunakan tagar khusus di sana untuk muncul dalam pencarian profil yang terkait dengan istilah tertentu. Pastikan juga gambar profil Anda jelas, menarik, dan representasi yang baik dari Anda atau merek Anda secara keseluruhan.

  • Gunakan tagar/hashtag khusus

    Bagaimana orang-orang mencari dan menemukan sesuatu? Dengan tagar atau hashtag, maka manfaatkan trik ini yang akan membantu konten Anda dapat ditemukan, dan telah menjadi penanda media sosial universal. Sedangkan teknik ini dulu telah dimulai oleh Twitter pada tahun 2007.
    Menggunakan tagar di Instagram adalah cara terbaik untuk menyebarkan konten Anda ke lebih banyak orang. Pastikan profil Anda disetel ke publik untuk mendapatkan jangkauan maksimal dan jangan menggunakan tagar yang terlalu umum. Dengan hashtag, Anda akan memberikan diri Anda kesempatan terbaik untuk dilihat dengan menggunakan tagar yang dapat membantu Anda menjangkau audiens yang sesuai dengan target Anda.

  • Kembangkan hashtag bermerek Anda

    Cara lain Anda dapat memanfaatkan kekuatan hashtag adalah dengan membuat hashtag bermerek Anda sendiri yang menghubungkan konten Anda ke satu hashtag yang representatif. Ini adalah trik yang bagus karena beberapa alasan :
      a) Jadikan semua konten Anda dapat ditelusuri di satu tempat saja yakni saat orang mencari tagar tersebut, mereka akan melihat semua konten Anda ditandai dengan tagar tersebut
      b) Jika pengguna IG lain menggunakan tag Anda, Anda bisa mendapatkan beberapa User-Generated Content (UGC) yang selalu meningkatkan keterlibatan Anda dan membangun komunitas Anda. Setelah Anda membangun umpan tagar dengan konten dari Anda dan pengguna di komunitas Instagram, Anda akan memiliki reputasi yang lebih baik dan citra publik yang mapan di platform yang dapat ditemukan orang.

  • Terlibat dengan audiens Anda

    Jika Anda tidak aktif dan terlibat di platform Instagram, orang tidak akan memperhatikan Anda. Anda harus selalu hadir dan membuat diri Anda dapat diakses sehingga Anda dapat membangun ikatan dengan pengikut dan pengguna Anda. Ketika Anda mendapatkan komentar pada foto Anda, selalu balas dengan suka atau dengan komentar. Promosikan diskusi di bagian komentar Anda karena semakin Anda terlihat, semakin banyak orang yang akan merespons yang akan sangat bermanfaat bagi keterlibatan Anda. Algoritma Instagram bekerja berdasarkan keterlibatan, jadi jika Anda memiliki jumlah keterlibatan yang tinggi pada posting Anda, konten Anda akan berkinerja lebih baik dan mendapatkan jangkauan yang lebih alami.

  • Manfaatkan semua fitur IG

    Instagram telah berkembang dari sekedar memposting foto biasa dan Anda sekarang dapat memposting video, posting carousel (beberapa foto dalam satu posting), serta menggunakan fitur seperti IGTV, Story dan yang terbaru Reel. Dengan memanfaatkan semua fitur-fitur tersebut akan juga membantu Anda dalam membuat konten yang bermutu dan dapat terus terhubung dengan pengikut Anda.
    Jika Anda ingin menjadi terkenal di Instagram, Anda harus memiliki konten yang berkembang dengan baik, menyenangkan secara visual, dan menarik dalam berbagai gaya media agar pengikut Anda tetap tertarik dan untuk mempromosikan citra profesional.

  • Bangun citra yang baik dan konsisten dalam postingan Anda

    Ketika orang melihat halaman profil Anda, Anda harus memiliki citra merek yang jelas dan orang-orang harus tahu siapa Anda dan tentang apa Anda. Jika Anda tidak memiliki sesuatu yang linier tentang gambar Anda, orang tidak akan bertahan karena mereka ingin tahu apa yang dapat mereka harapkan dari Anda.
    Begitu juga dengan postingan Anda, pastikan untuk memposting konten Anda secara konsisten seperti di jam-jam tertentu agar pengikut Anda mudah menghafal jadwal dan menemukan konten Anda.

  • Selenggarakan giveaway

    Orang-orang menyukai barang gratis, dan jika Anda menawarkan sesuatu yang berharga yang khusus untuk pengikut Anda, kemungkinan besar Anda akan membangun jumlah pengikut dan keterlibatan yang baik melalui hadiah. Agar orang mendapatkan entri, mereka harus diminta untuk melakukan 2-3 hal, seperti mengikuti akun Anda, menyukai postingan Anda, dan menandai satu atau dua teman di komentar. Ini seperti dorongan ultra untuk pengikut dan keterlibatan Anda, terutama ketika Anda memilih hadiah yang diinginkan. Anda juga dapat bermitra dengan akun serupa lainnya atau brand yang melakukan kerjasama dengan Anda untuk memanfaatkan audiens lebih luas lagi.

 

Baca Juga  :    Perbedaan Antara Buzzer dan Influencer yang Perlu Anda Ketahui

 

Kesimpulan dan Penutup

Kunci menjadi selebgram adalah selalu menggunakan hashtag secara strategis dan menggunakan tips lainnya untuk membantu mengoptimalkan konten Anda. Karena jika Anda menawarkan sesuatu yang diminati orang dan Anda menunjukkan kepribadian, citra dan dedikasi Anda dalam membuat serta, Anda pasti akan sukses dalam meniti karir Anda sebagai selebgram.

Walaupun menjadi selebgram tidaklah instan dan pasti membutuhkan proses, Anda dapat mencoba tips dan trik di atas yang mempraktekkannya secara langsung. Untuk menjadi selebgram sebenarnya juga cukup mudah yang paling terpenting adalah Anda jangan pernah menyerah untuk membuat konten semenarik mungkin untuk menggaet dan membuat para pengikut Anda nyaman mengikuti Anda.

Related Post :