Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System) yang Tepat

Development & Security, Web & Development / 0 | | 1

Dengan kebutuhan yang tinggi dan juga beragam vendor dan produk CMS yang ada, ternyata untuk memilih CMS (Content Management System) yang tepat ternyata tidaklah mudah. Pada kenyataannya, tidak ada CMS yang sempurna dan tidak ada solusi yang sesuai dengan semua kemungkinan situasi. Menggunakan CMS yang memerlukan pengawasan dan dukungan yang berlebihan, secara signifikan merusak kemampuan tim untuk mengelola konten yang bisa mengarah ke pengalaman situs web yang tidak diinginkan.

Kekurangan ini juga bisa menimbulkan untuk bisnis, perusahaan atau organisasi yang mengoperasikan banyak situs dan properti digital lainnya. Ini adalah paradoks bahwa sistem yang dimaksudkan untuk memungkinkan tim dan pemeliharaan situs web Anda menjadi lebih praktis ternyata juga bisa menjadi kemunduran besar.

Umumnya kesalahan pertama yang sering dilakukan saat memilih sistem manajemen konten adalah mereka mengabaikan biaya jangka panjang dari solusi murah, meremehkan jumlah pekerjaan yang diperlukan untuk mengelola sistem manajemen konten yang baik, dan lupa menyelaraskan kebutuhan tim mereka. Selain itu kesalahan lainnya karena mereka juga tidak begitu memahami kemampuan CMS lebih mendalam. Jika Anda sedang ingin mencari CMS untuk merancang situs web dan blog Anda, mari simak tips dan triknya dibawah ini.

 

Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System)

Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System) yang Tepat
 

 

Meskipun semua produk CMS dibuat untuk menghasilkan serangkaian hasil yang serupa, tapi tidak semuanya menawarkan fitur yang sama persis. Penting untuk memastikan produk yang Anda pilih benar-benar akan bekerja sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Seringnya proses memilih CMS akan memakan waktu yang lama, tapi simak tips dan trik dibawah ini untuk mempermudah Anda :

  • Kemudahan penggunaan

    Kemudahan penggunaan merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan saat memilih CMS karena sangat mempengaruhi tingkat adopsi dan alur kerja tenaga kerja Anda. Platform yang ideal akan mudah digunakan untuk semua pemangku kepentingan di tim Anda. Selain itu cari platform yang menawarkan editor WYSIWYG bagi anggota editorial untuk membuat dan mengedit konten dan modul dengan cepat bagi pengembang untuk menambahkan kode kustom dengan cepat.

  • Skalabel

    Skalabilitas adalah salah satu faktor penting karena perubahan tidak dapat dihindari untuk setiap bisnis yang sedang berkembang, dan perubahan memengaruhi situs web Anda. Pastikan Anda memilih solusi CMS yang dapat dengan cepat berkembang dan berskala sesuai kebutuhan.

  • UI (user interface) yang intuitif

    Memiliki antarmuka atau interface yang ramah pengguna sangat penting jika Anda memiliki tim yang akan menjalankannya di sistem setiap hari. Tim Anda akan membutuhkan solusi yang mudah digunakan, tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis atau pelatihan, dan dapat dengan cepat beradaptasi.

  • Jaminan keamanan

    Anda memerlukan platform yang akan menjaga konten Anda, pengguna Anda, dan pengunjung front-end Anda tetap aman. Saat mengevaluasi solusi yang berbeda, pertimbangkan peran apa yang diambil oleh platform dan peran apa yang harus Anda ambil dalam melindungi situs Anda. Sebagai aturan umum, jika Anda tidak punya waktu atau tidak terbiasa dengan praktik terbaik untuk mengamankan situs Anda, maka Anda memerlukan platform dengan protokol keamanan yang kuat, fitur, dan tim di tempat untuk menjaga situs Anda aman untuk Anda.

  • Harga

    Terakhir adalah anggaran yang memainkan peran penting dalam hampir setiap keputusan yang Anda buat untuk bisnis Anda. Ketika memilih CMS, pasti Anda menginginkan solusi yang memenuhi kebutuhan Anda, harapan pengunjung Anda, dan sesuai anggaran Anda. Untungnya, banyak platform menawarkan tingkat paket yang berbeda dengan sumber daya yang ditingkatkan pada setiap titik harga. Seperti opsi penyesuaian, opsi peningkatan ini menunjukkan bahwa CMS akan dapat tumbuh seiring pertumbuhan bisnis Anda sehingga ini bisa menjadi fleksibel untuk Anda.

 

Baca Juga  :    CMS (Content Management System) : Definisi dan Cara Kerjanya

 

Daftar Rekomendasi Layanan CMS (Content Management System) Terbaik

Tips dan Trik Dalam Memilih Layanan CMS (Content Management System) yang Tepat
 

Bertransformasi dan mengubah bisnis Anda menjadi bisnis digital berarti Anda juga telah memahami bahwa persaingan semakin ketat. Karena itulah penting untuk tetap kompetitif tetapi juga menguasai manajemen konten dengan perangkat lunak yang memungkinkan Anda beradaptasi dengan perubahan teknologi, tetap gesit, dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Berikut adalah beberapa rekomendasi CMS populer yang telah banyak mendukung brand dan bisnis besar yang mungkin saja juga mampu mendukung bisnis Anda.

 

WordPress

Awalnya diluncurkan sebagai perangkat lunak blogging, WordPress telah berkembang menjadi platform CMS paling populer yang pernah ada. Karena sifat platform sumber terbuka, yang menekankan fitur editorial seperti artikel dan penerbitan blog, platform ini secara teratur digunakan dalam industri besar dan juga blog pribadi.

Mengingat antarmuka dan tema situs webnya cukup mudah digunakan, bahkan WordPress dapat mendukung bisnis kecil yang baru saja membangun strategi web mereka atau kurang berpengalaman dengan desain. Jika Anda seorang editor web atau pengembang yang paham teknologi yang ingin menambahkan penyesuaian ke situs Anda, WordPress mengizinkan sejumlah plugin dan peluang personalisasi lainnya.

 

Baca Juga  :     Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Joomla Dalam Merancang Situs Web dan Blog

 

Drupal

Drupal adalah CMS open-source yang sangat fleksibel yang ditargetkan untuk berbagai pengembang, pemasar, dan agensi. CMS memungkinkan pemasar dengan pengalaman yang lebih mendasar untuk membuat situs dari template atau untuk membuat situs yang dapat menangani volume data yang besar dan lalu lintas yang padat. Karena Drupal dirancang oleh pengembang untuk pengembang, Anda harus memiliki pemahaman tentang PHP, HTML, dan CSS untuk memanfaatkan semua kekuatan Drupal. Anda juga harus memahami cara untuk menyiapkan dan mengkonfigurasi situs Anda daripada di CMS lain.

 

Joomla

Dirancang untuk menjadi opsi di antara WordPress dan Drupal, Joomla memiliki lebih banyak fitur unik dan tidak baisa daripada kebanyakan sistem CMS open-source. Dengan fungsionalitas bawaannya, Anda dapat mengelola ratusan pengguna, membuat halaman dalam berbagai bahasa, dan membuat jenis posting khusus yang menggunakan template atau tema berbeda. Anda juga dapat mengonfigurasi banyak pengaturan situs Anda untuk mengubah artikel, spanduk, menu, media, pengalihan, dan pengaturan SEO Anda. Namun untuk melakukan hal ini, berarti Anda harus benar- benar memahami back end sehingga pilihan ini kurang tepat bagi pengembang pemula dan pengguna umum.

 

Magento

Sedang mencari CMS khusus untuk bisnis online Anda? Mungkin Anda bisa mempertimbangkan Magento yang merupakan eCommerce milik Adobe yang menawarkan kemungkinan hampir tak terbatas bagi pemilik toko yang paham teknologi. Disamping itu Magento menawarkan dua versi, Magento Open Source dan Magento Commerce, Anda bisa memilih yang lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Website Gratis di WordPress dan Ide Template Terbaik

 

Kesimpulan dan Penutup

Memilih CMS yang sempurna mungkin akan menjadi mustahil, tetapi paling tidak Anda dapat memilih CMS sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti jika Anda ingin membangun situs web untuk berjualan online, maka Anda bisa menggunakan CMS yang memang handal dalam industri tersebut. Ini akan membuat toko online Anda menjadi lebih spesifik karena apa saja yang Anda butuhkan dapat dipenuhi CMS pilihan Anda.

Platform ideal Anda akan menawarkan fitur CMS yang Anda butuhkan, meningkatkan kemampuan tim Anda untuk mengelola konten, juga memungkinkan Anda memberikan pengalaman situs web yang diinginkan bagi pengunjung Anda. Oleh karena itu, pikirkan secara matang layanan CMS manakah yang memang telah memenuhi kriteria Anda mengingat pilihan Anda sangat berpengaruh pada bisnis Anda nantinya

Related Post :