Tips dan Trik Diterima Beasiswa IDCloudHost 2021

News & Release, Serba Serbi / 0 | | 0

Di zaman yang serba canggih tentu bukan hal yang sulit untuk menemukan info terkait program beasiswa, beberapa instansi yang mengadakan beasiswa bahkan menggunakan platform media sosial untuk menyebarkan informasinya. Tak jarang blog-blog informal ikut membagikan informasi beasiswa yang sedang buka, Anda bisa mudah menemukannya hanya dengan menuliskan kata kunci yang diinginkan pada kolom pencarian.

Beasiswa adalah bantuan finansial (uang) yang diberikan kepada seseorang yang ingin belajar. Beasiswa dapat diberikan oleh sekolah atau universitas atau perguruan tinggi atau institusi lain dimana orang dapat belajar atau dimana penelitian perlu dilakukan, ini bisa dibilang mirip dengan beasiswa. Beda instansi tentu berbeda pula syarat dan berkas yang dibutuhkan, Anda perlu teliti dalam melengkapinya. Syarat yang lengkap tentu menjadi point yang baik untuk pengajuan Anda.

Meningkatnya biaya kuliah membuat beberapa mahasiswa kesulitan dalam pembayaran uang kuliah nya secara mandiri, Inilah sebabnya mengapa pelamar menganggap beasiswa sebagai salah satu sumber terbaik untuk mendapatkan bantuan keuangan. Namun Anda perlu tetap memperhatikan syarat dan timeline agar tidak salah kaprah.

 

Pertanyaan Wawancara Beasiswa yang Sering Diajukan

Tidak semua wawancara beasiswa terdapat pertanyaan yang sama, bisa jadi menggunakan frasa yang berbeda atau bahkan tidak ditanyakan sama sekali. Pertanyaan-pertanyaan secara umum berikut hanya sebagai gambaran untuk Anda sebelum melewati tahapan beasiswa yang satu ini, Anda bisa menyiapkan diri untuk menghadapinya nanti.

 

  • Menceritakan Tentang Diri Sendiri

    Pertanyaan ini sering muncul pada wawancara beasiswa, Anda bisa menjawabnya di luar dari apa yang dicantumkan pada resume dan CV. Menceritakan kelebihan dan keunikan yang membedakan antara Anda dengan pelamar lainnya.

  • Menjelaskan Kelebihan dan Kekurangan

    Untuk pertanyaan ini, Anda bisa menjelaskan secara jujur terkait kelebihan yang dimiliki dan memberikan contoh. Sementara untuk penjelasan terkait kekurangan, Anda harus menjelaskan kekurangan yang dimiliki namun disertai dengan bagaimana cara mengatasi kekurangan tersebut.

  • Menceritakan Kesalahan dan Kegagalan yang Dialami

    Sama halnya dengan menceritakan kelebihan dan kekurangan, Anda juga harus menceritakan secara jujur apa yang ditanyakan namun jangan lupa untuk menjelaskan cara Anda mengatasi dan memperbaiki hal itu.

  • Rencana dalam 10 Tahun ke Depan

    Melalui pertanyaan ini penanya ingin mengetahui apakah Anda sudah memiliki rencana hidup jangka panjang, mereka juga ingin mengetahui seperti apa gambaran rencana tersebut dan bagaimana eksekusinya. Anda bisa menceritakan hal-hal yang ingin dan sudah dilakukan yang mengarah pada rencana tersebut.

  • Alasan Kenapa Beasiswa Ini Layak untuk Anda

    Pertanyaan ini termasuk salah satu pertanyaan penutup yang biasa ditanyakan, saat sudah memasuki tahap wawancara, Anda sudah dinilai hebat dengan menyisihkan pelamar lainnya. Namun perlu diingat ada pelamar lain yang juga mengalahkan kandidat lainnya dan berjajar dengan Anda. Melalui pertanyaan ini Anda bisa meyakinkan penanya bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut dan hal-hal yang bisa kamu tawarkan jika berhasil menerima beasiswa tersebut.

 

Baca Juga   :   Update Beasiswa Indonesia di Tahun 2021 yang Bisa Kamu Ikuti

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Pelamar Beasiswa

Tips dan Trik Diterima Beasiswa IDCloudHost 2021
 

Tidak yakin bisa lolos beasiswa yang sedang didaftarkan menjadi salah satu bentuk kesalahan yang dilakukan oleh pelamar beasiswa. Tidak hanya Anda, pelamar beasiswa secara keseluruhan juga mengalami hal yang sama. Namun yang membedakannya adalah pelamar lain sibuk menutup diri dan tidak jadi mendaftar, sedangkan Anda Si tidak percaya diri yang mau tetap mencoba. Tidak semua beasiswa yang didaftarkan bisa lolos, jadi tetaplah mencoba meski tidak yakin. Kesalahan-kesalahan secara umum lainnya bisa jadi cerminan Anda untuk menghindari hal tersebut terjadi.

 

  • Menggunakan Esai yang Sama untuk Semua Beasiswa

    Penting bagi Anda untuk tetap membuat Esai baru dalam mengajukan beasiswa, karena bisa saja kemalasan tersebut membawa dampak yang buruk pada lamaran beasiswa Anda. Tidak sesuainya isi dan pertanyaan yang diajukan jadi salah satu contohnya, berkas esai yang seharusnya menjadi bahan pertimbangan nilai justru mengurangi peluang Anda untuk lolos beasiswa tersebut.

  • Jejak Media Sosial yang Buruk

    Pernahkah Anda memasukkan Username Instagram pada laman berkas beasiswa? Untuk mengenal lebih dalam karakter Anda, tak jarang beberapa beasiswa memeriksa akun media sosial. Tujuannya untuk melihat foto, bahasa kotor, atau lelucon tidak pantas yang pernah tercantum pada akun Anda, perlu diperhatikan hal ini bisa membuat beasiswa Anda dicabut atau bisa saja izin Anda untuk melamar beasiswa tersebut sudah masuk daftar hitam.

  • Tidak Tepat Waktu

    Melakukan pengiriman berkas dan mendaftar di luar jadwal yang ditentukan otomatis membuat pengajuan Anda ditolak, Anda tidak boleh menganggap enteng jadwal yang ditetapkan karena hal itu bisa menggagalkan Anda.

  • Berkas Tidak Sesuai

    Bukan tugas penyeleksi beasiswa untuk memeriksa dan memberitahu Anda bahwa berkas yang dikirimkan kurang atau salah. Sudah menjadi kewajiban Anda untuk memeriksa lebih detail sebelum mengirimkannya, karena jika terdapat kesalahan atau berkas tidak lengkap, maka lamaran Anda otomatis ditolak.

 

Baca Juga   :   Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

 

Tips dan Trik Agar Diterima Beasiswa

Sebelum mengirimkan berkas lamaran Anda ke instansi yang mengadakan program beasiswa, ada baiknya memperhatikan banyak hal yang tidak dilakukan dan yang harus dilakukan. Agar pengajuan lamaran Anda tidak terbuang percuma, Anda juga bisa mempersiapkan lebih awal untuk mengajukannya. Beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengajukan beasiswa.

 

  1. Apply Sejak Awal

    Semakin cepat Anda mengajukan berkas beasiswa, semakin awal penyelenggara mengenali dan mempelajari berkas Anda. Dengan dana beasiswa yang terbatas, tentu diperlukan seleksi ketat untuk memilih kandidat yang sesuai.

  2. Memperhatikan Topik Esai

    Anda bisa mulai dengan memahami tema esai yang diberikan, mulailah untuk menjabarkan setiap kata kunci dari tema tersebut agar lebih memahami apa arti tema yang ada. Semakin lama dan matang persiapan esai Anda, tentu semakin bagus hasilnya bukan?

  3. Manajemen Waktu

    Saat Anda ingin melamar banyak beasiswa, memanajemen waktu sangat perlu Anda perhatikan. Apalagi jika Anda berstatus pelajar atau mahasiswa yang juga disibukkan dengan rutinitas sekolah dan tugas. Jangan sampai memiliki alternatif menjadikan lamaran beasiswa lain persiapannya tidak matang.

  4. Daftar Sesuai Minat dan Bakat

    Perhatikan beasiswa dengan minat dan bakat Anda, sebab mendaftar di tempat yang salah tentu mendapatkan hasil yang tidak memuaskan.

  5. Apply, Apply, dan Apply

    Pernah baca ungkapan “Stop doubting yourself, and start applying!” Hal yang paling penting dari semuanya adalah mengirimkan lamaran beasiswa. Ketidakpercayaan diri ini yang membuat Anda justru ragu untuk mulai mengajukannya, jadi percaya dirilah dan apply segera.

 

Baca Juga    :    Hal yang Perlu Kamu Ketahui dari Beasiswa IDCloudHost 2021

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Tips dan Trik Diterima Beasiswa IDCloudHost 2021
 

Program beasiswa resmi yang berkolaborasi antara PT Cloud Hosting Indonesia dengan Masuk Kampus dan Telkom University ini merupakan program bantuan biaya studi untuk jenjang S1. Program ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA Sederajat kelas 12 atau yang sudah lulus maksimal lima tahun terakhir. Beasiswa ini tidak memungut biaya pendaftaran apapun, jika Anda diminta untuk membayar harap melaporkannya ke pihak IDCloudHost di kontak yang tersedia. Pendaftaran dilakukan secara online, dibuka sejak 1 februari hingga 20 juni 2021 mendatang.

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus melewati beberapa tahapan lagi sebelum tahap pengumuman kelulusan seperti Tes Kompetensi Online, hingga tes wawancara. Pengumuman dari beasiswa ini menjadi tahap terakhir yang harus Anda tunggu, sesuai jadwal yang ada pengumuman beasiswa ditetapkan tanggal 22 Juli 2021. PT Cloud Hosting Indonesia akan memberikan beasiswa minimal ke dua orang di tiap batch-nya, jika Anda memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar bisa dengan mengunjungi https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :