Tips dan Trik Mempersiapkan Lolos Tes Online Beasiswa

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Umumnya, ujian online agak rumit baik itu ujian untuk beasiswa atau ujian universitas reguler. Ujian online untuk beasiswa adalah analisis kemampuan dan bakat calon. Organisasi atau universitas pemberi beasiswa mencari siswa yang cukup berbakat untuk menerapkan pengetahuan mereka dalam berbagai cara dan berkontribusi untuk kemajuan institusi atau negara mereka.

Sebagian besar, siswa yang memiliki banyak keterampilan lebih disukai dan mempunyai peluang yang lebih besar. Beberapa organisasi meminta Esai Beasiswa untuk mengevaluasi kemampuan pelamar dan beberapa mengikuti ujian Beasiswa. Namun, banyak program beasiswa yang dikhususkan untuk pelajar yang ahli di bidang tertentu seperti seni, olahraga, dll.

Tujuan ujian reguler adalah untuk menilai pengetahuan siswa tentang mata pelajaran tertentu yakni mata pelajaran yang telah diajarkan. Sebaliknya, ujian beasiswa ditujukan untuk mengevaluasi kemampuan intelektual dan rasional calon secara keseluruhan. Anda tidak bisa begitu saja mengambil ujian ini layaknya ujian sekolah biasa. Simak tips dan trik mempersiapkan diri untuk tes beasiswa online.

 

Tips dan Trik Mempersiapkan Tes Online Beasiswa

Tips dan Trik Mempersiapkan Lolos Tes Online Beasiswa
 

Dengan keterbatasan akibat pandemi, mau tidak mau kita harus mengalihkan aktivitas dan kegiatan sosial kita secara online. Ini termasuk pembelajaran dan tes online baik untuk persekolahan, perkuliahan hingga juga tes untuk mendapatkan beasiswa. Simak beberapa tips yang yang bisa Anda coba jika Anda sedang mempersiapkan diri untuk melamar beasiswa.

  • Mengetahui tentang penyedia beasiswa

    Sebelum Anda memulai persiapan, lakukan riset dan kumpulkan semua informasi yang tersedia tentang organisasi penyedia beasiswa. Anda dapat melakukannya dengan berbagai cara seperti mengunjungi situs web mereka untuk informasi resmi. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa. Cobalah untuk mengumpulkan semua informasi yang berguna, seperti rincian ujian, tujuan organisasi, kriteria prestasi, dll. Berikan perhatian khusus pada rincian ujian dan tanyakan jenis pertanyaan apa yang umumnya ditanyakan dan juga jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan.

  • Persiapkan diri Anda untuk penalaran verbal

    Dalam tes ini, satu bagian dan beberapa pernyataan diberikan kepada Anda. Anda akan diminta untuk menganalisis teks itu dan memberikan jawaban yang masuk akal atas pernyataan yang diberikan. Ini hanyalah tes yang mengevaluasi kemampuan pemahaman dan interpretasi Anda. Cara ini akan menguji kemampuan argumentasi verbal Anda yakni bagaimana Anda menilai pernyataan masalah tertentu dan memberikan argumen rasional sesuai dengan situasinya. Setelah membaca suatu pernyataan, banyak orang yang menarik kesimpulan secara langsung dan tidak menganalisis pernyataan tersebut secara komprehensif. Oleh karena itu, tes ini membantu penguji dengan mengidentifikasi bakat analitis dan kesadaran calon.
     

    Baca Juga  :   Daftar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik di Indonesia

  • Persiapkan diri Anda untuk pertanyaan kuantitatif

    Ini adalah tes bagi kecerdasan yang sangat maju dan rumit untuk menguji bagaimana calon memanfaatkan kemampuan matematisnya untuk memecahkan masalah yang kompleks. Poin kunci dalam tes ini adalah untuk memahami inti dari pertanyaan tersebut. Setelah Anda selesai dengan memahami pertanyaan sepenuhnya, Anda dapat menerapkan metode yang relevan untuk menyelesaikan pertanyaan tersebut. Tes ini istimewa karena sebagian besar organisasi penyedia beasiswa mencari siswa yang memiliki keterampilan penalaran kuantitatif. Tidak peduli apa bidang Anda, Anda diharuskan memiliki keterampilan penalaran kuantitatif.

  • Konsultasikan kertas ujian sebelumnya

    Mulailah meninjau makalah sebelumnya setidaknya dua minggu sebelum ujian yang sebenarnya. Berkonsultasi dengan makalah sebelumnya dapat membuat prosesnya relatif mudah bagi Anda sehingga Anda akan melihat struktural ujian beasiswa biasanya. Sebaliknya, Anda harus mengikuti rencana yang tertata yakni menelusuri kertas dan temukan pertanyaan berulang dan cari jawaban yang relevan untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya jika perlu. Terakhir, coba makalah sebelumnya sebagai ujiancontoh yang mana strategi ini akan membuat Anda dapat mensimulasikan proses aslinya.

  • Adanya batasan waktu

    Setiap siswa yang telah lulus tes beasiswa akan memberi tahu Anda bahwa bagian tersulit bukanlah tes itu sendiri, melainkan batasan waktu. Ini karena batasan waktu membuat prosesnya menegangkan, terutama ketika semua tujuan masa depan Anda bergantung pada skor tes. Meskipun demikian, waktu yang dialokasikan sudah cukup dan jika dikelola dengan baik, Anda dapat dengan mudah menyelesaikan semua tugas dalam waktu tertentu.

  • Terus berlatih

    Kerja keras akan membuahkan hasil dan tidak ada selain berlatih yang dapat mewujudkannya untuk Anda. Buat rencana persiapan dan bagilah menjadi beberapa bagian dan tetapkan tujuan spesifik untuk setiap bagian. Pastikan Anda mempertimbangkan semua sub-aspek dari pertanyaan sebelum menjawabnya. Setelah Anda selesai menjawab pertanyaan, analisislah secara kritis yang akan membantu Anda menemukan kekuatan dan kelemahan Anda.

 

Terakhir, jangan lupa untuk menyelesaikan semua persyaratan beasiswa Anda dengan seksama. Periksa kembali poin apa saja yang dibutuhkan agar Anda tidak ketinggalan satu informasi penting apapun. Ulang kembali pelajaran Anda yang dan ingat, kuncinya adalah selalu berlatih dengan giat. Agar tidak tegang yang biasanya akan mempengaruhi suasana hati Anda dalam tes online nantinya, Anda dapat memilih beristirahat sebelum hari ujian.

 

Baca Juga   :    Tips dan Cara Mendapatkan Beasiswa 2021

 

Tips dan Trik Agar Diterima Beasiswa

Sebelum mengirimkan berkas lamaran Anda ke instansi yang mengadakan program beasiswa, ada baiknya memperhatikan banyak hal yang tidak dilakukan dan yang harus dilakukan. Agar pengajuan lamaran Anda tidak terbuang percuma, Anda juga bisa mempersiapkan lebih awal untuk mengajukannya. Beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengajukan beasiswa.

  • Melamar/apply secapatnya

    Semakin cepat Anda mengajukan berkas beasiswa, semakin awal penyelenggara mengenali dan mempelajari berkas Anda. Dengan dana beasiswa yang terbatas, tentu diperlukan seleksi ketat untuk memilih kandidat yang sesuai.

  • Memperhatikan topik  bahasan esai

    Anda bisa mulai dengan memahami tema esai yang diberikan, mulailah untuk menjabarkan setiap kata kunci dari tema tersebut agar lebih memahami apa arti tema yang ada. Semakin lama dan matang persiapan esai Anda, tentu semakin bagus hasilnya bukan?

  • Manajemen waktu yang tertata

    Saat Anda ingin melamar banyak beasiswa, memanajemen waktu sangat perlu Anda perhatikan. Apalagi jika Anda berstatus pelajar atau mahasiswa yang juga disibukkan dengan rutinitas sekolah dan tugas. Jangan sampai memiliki alternatif menjadikan lamaran beasiswa lain persiapannya tidak matang.

  • Mendaftara sesuai minat dan bakat

    Perhatikan beasiswa dengan minat dan bakat Anda, sebab mendaftar di tempat yang salah tentu mendapatkan hasil yang tidak memuaskan dan keluar dari kemampuan serta potensi Anda.

  • Terus berusaha melamar/apply

    Berusaha keras dan sukses akan datang pada Anda dan hal yang paling penting dari semuanya adalah mengirimkan lamaran beasiswa. Ketidakpercayaan diri ini yang membuat Anda justru ragu untuk mulai mengajukannya, jadi percaya dirilah dan apply segera.

 

Baca Juga  :    Beasiswa GRATIS Sampai Lulus ? Yuk, Gabung Beasiswa IDCloudHost!

 

Beasiswa Gratis IDCloudHost 2021

Tips dan Trik Mempersiapkan Lolos Tes Online Beasiswa
 

Program beasiswa IDCloudHost merupakan program resmi dan sudah berkolaborasi dengan Seleksi Masuk Bersama (SMB) Telkom University. Beasiswa yang sudah bergerak sejak 2015 ini memiliki rata-rata pendaftar sebanyak 15.000 di tiap tahunnya, salah satu kelebihan dari beasiswa ini adalah sifatnya yang gratis. Anda bisa melaporkan pada email yang tersedia jika ada yang meminta biaya pendaftaran.

Beasiswa dari IDCloudHost tidak mewajibkan serta mengikat pesertanya untuk bekerja di IDCloudHost, Anda bisa melakukan pekerjaan sampingan di IDCloudHost jika menginginkannya selama tidak mengganggu aktifitas perkuliahan. Jika Anda berminat untuk mengikuti pendaftaran beasiswa IDCloudHost di tahun 2021, Anda bisa mendaftarkan diri melalui https://idcloudhost.com/beasiswa/

Related Post :