Tips dan Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis

Business, Marketing / 0 | | 0

Pemasaran adalah komponen kunci dalam kesuksesan setiap bisnis baik skala kecil maupun besar. Rencana pemasaran dapat membantu mengidentifikasi audiens target Anda dan menjadi saluran paling efektif untuk terlibat dengan mereka dan wawasan analitis yang memandu strategi masa depan. Bisnis membutuhkan rencana pemasaran yang komprehensif untuk mengkoordinasikan kampanye pemasaran mereka dan untuk mengukur dampaknya dengan tepat.

Ini membuat pemasaran adalah upaya kumulatif, dan rencana terpadu memaksimalkan nilai setiap kampanye menuju strategi yang kohesif. Ada beberapa dokumen yang menyaingi pentingnya rencana bisnis, yang menguraikan jalan perusahaan Anda untuk sukses. Satu bagian penting dari rencana itu adalah strategi pemasaran Anda, salah satu dari banyak garis besar kecil yang bersatu membentuk keseluruhan visi.

Karena strategi ini hanya salah satu bagian dari usaha yang lebih besar dan membutuhkan investasi yang lebih besar untuk hasil yang kurang langsung, Anda tidak boleh memberikan perhatian yang layak untuk pemasaran. Namun, strategi pemasaran yang dipikirkan dengan matang dapat mengungkapkan peluang melalui segmen audiens baru, perubahan dalam strategi penetapan harga, atau dengan membedakan merek Anda dari pesaing.

 

Tips dan Trik Menerapkan dan Merancang Strategi Pemasaran

Tips dan Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis
 

Sebuah rencana dan strategi pemasaran yang terfokus menetapkan dua tujuan yaitu untuk mempertahankan keterlibatan dan loyalitas di antara pelanggan Anda saat ini, dan untuk menangkap pangsa pasar dalam segmen audiens tertentu dari audiens target Anda. Rencana pemasaran Anda menguraikan strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan dan tindakan spesifik yang akan diterapkan tim pemasaran Anda, seperti kampanye penjangkauan spesifik, di saluran mana mereka akan muncul, anggaran pemasaran yang diperlukan, dan proyeksi berdasarkan data.

Sedangkan pemasaran sendiri adalah komitmen berbasis data dan riset yang biasanya membutuhkan data berbulan-bulan untuk menyempurnakan kampanye yang akan dijalankan. Serta rencana pemasaran yang saling berhubungan membuat bisnis tetap berkomitmen untuk tujuan jangka panjangnya. Semua pedoman pemasaran akan melingkari kembali ke Empat P yakni produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Tips berikut adalah titik awal yang akan membiasakan diri untuk terus berputar kembali ke Empat P tadi.

 

  • Buat ringkasan eksekutif

    Kampanye pemasaran tidak boleh dianggap sebagai fungsi individu. Pemasaran adalah kisah tentang merek Anda seperti yang diceritakan kepada pelanggan seperti narasi lainnya, nada dan karakternya harus tetap konsisten. Ringkasan eksekutif merinci tujuan pemasaran Anda untuk tahun depan dan membantu menyatukannya. Sasaran ini harus bekerja sama untuk mencapai harmoni internal dan eksternal, menceritakan kisah yang konsisten yang memberi tahu pelanggan tentang pesan Anda yang sebenarnya sambil membangun ringkasan bab sebelumnya.

  • Identifikasi target market

    Sebelum Anda menulis rencana pemasaran, Anda perlu menemukan dan memahami ceruk pasar Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri siapa demografis spesifik yang Anda targetkan. Misalnya, jika bisnis Anda menjual makanan selama 30 menit, maka mereka yang melakukan pekerjaan tradisional dari jam 9 pagi ke jam 5 sore kemungkinan besar ada di pasar Anda. Pelajarilah kelompok individu tersebut untuk memahami perjuangan mereka dan pelajari bagaimana bisnis Anda dapat menyelesaikan masalah.

  • Kembangkan wawasan untuk menggunakan bisnis Anda

    Tentukan kebutuhan inti yang akan dipenuhi oleh produk atau layanan Anda. Apakah ini untuk membantu pelanggan Anda menjalani hari dengan lebih mudah? Atau membantu mereka melakukan pekerjaan mereka dengan lebih efisien? Penawaran Anda harus menyelesaikan masalah klien atau memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik daripada persaingan. Buat persona pembeli untuk pelanggan ideal Anda agar lebih memahami kebutuhan mereka dan memandu komunikasi dengan audiens tersebut.
     
    Baca Juga   :    Strategi Pemasaran Produk/Layanan untuk Bisnis + Contohnya

  • Bedakan merek Anda dengan pemasaran masuk

    Pemasaran masuk atau inbound marketing menggunakan alat internal seperti pemasaran konten, aktivitas media sosial, atau search engine optimization (SEO) untuk menarik perhatian pelanggan terutama melalui komunikasi online. Pemasaran konten dapat mencakup posting blog informatif, wawancara, dan podcast dengan tokoh industri yang relevan, atau panduan tambahan tentang cara terbaik menggunakan produk Anda.
    Masing-masing strategi ini memberdayakan yang lain dalam satu lingkaran untuk mencapai perhatian pelanggan yang lebih besar. Penawaran konten yang kuat dapat meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, yang membawa lebih banyak orang ke situs web dan halaman sosial Anda. Anda kemudian dapat membagikan potongan konten yang dikembangkan itu kepada audiens yang lebih luas, yang akan kembali meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Semua ini dapat dilakukan tanpa biaya pendukung terkenal atau kampanye iklan komersial.

  • Identifikasi pesaing yang juga menargetkan pelanggan Anda

    Tidak peduli seberapa orisinil produk atau layanan Anda, selalu ada persaingan untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan target Anda. Bisnis kecil jarang meluangkan waktu untuk mempelajari pesaing mereka secara mendalam atau menentukan persaingan yang mungkin berada di luar industri mereka tetapi juga mampu membuat pelanggan pergi. Mengetahui siapa pesaing, keunggulan kompetitif inti mereka dan bagaimana mereka mungkin menanggapi penawaran Anda seperti pemotongan harga, peningkatan komunikasi, dll yang akan membantu Anda menyusun strategi untuk memerangi kerugian tersebut.

  • Mengukuhkan posisi merek Anda untuk pelanggan sasaran

    Pada akhirnya, brand Anda dan apa yang dilambangkannya bagi pelanggan, adalah keunggulan kompetitif terkuat Anda. Anda harus bisa menulis kalimat deklaratif sederhana tentang bagaimana Anda akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan memenangkan persaingan. Pernyataan pemosisian terbaik adalah pernyataan yang berpikiran tunggal dan fokus pada penyelesaian masalah bagi pelanggan dengan cara yang mempromosikan nilai terbaik.

  • Melakukan audit

    Jangan panik jika strategi pemasaran awal Anda tidak memberikan hasil yang Anda inginkan. Mengaudit bisnis Anda, yang dapat Anda lakukan dengan bantuan kontraktor pihak ketiga, dapat membantu Anda pulih. Pahami produk atau layanan apa yang Anda tawarkan, kemudian identifikasi siapa yang Anda bantu dan bagaimana Anda membantu mereka. Selanjutnya, periksa semua platform pemasaran Anda untuk memastikannya mencerminkan pesan itu. Jika Anda memahami pesan merek Anda secara berbeda dari audiens Anda, pemutusan hubungan itu perlu diperbaiki.

 

Baca Juga  :    STP Marketing: Panduan Lengkap Cara Menerapkannya Bagi Bisnis Anda

 

Memanfaatkan Jenis Saluran Pemasaran Digital

Tips dan Trik Menerapkan Strategi Pemasaran Dalam Bisnis
 

Setelah Anda mengetahui elemen-elemen dari rencana tersebut, langkah selanjutnya adalah mengembangkan rencana yang rinci tentang bagaimana Anda akan menjangkau pelanggan sasaran. Selain media cetak dan penyiaran tradisional, berikut saluran pemasaran digital yang banyak dimanfaatkan pemilik bisnis saat ini.

  • Media sosial

    Media sosial adalah bagian penting dari rencana pemasaran bisnis, karena setiap jenis pelanggan ada di beberapa jenis platform, seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn. Pemilik bisnis kecil mungkin merasa kewalahan dengan jenis pemasaran ini, tetapi harus fokus pada situs yang paling menguntungkan mereka.

  • Email

    Meskipun pemasaran email tidak baru seperti pemasaran media sosial, ini adalah pilihan yang efektif dan populer bagi pemilik usaha kecil. Perusahaan dapat menerapkan teknik pemasaran email dengan banyak cara, termasuk buletin, kampanye promosi, dan email transaksional.

 

Baca Juga  :     Cara Membuat Storyboard untuk Video Marketing yang Baik dan Buruk

 

Kesimpulan dan Penutup

Membuat anggaran, sasaran, dan produk t yang terdefinisi dengan baik, dengan personil yang sesuai yang ditugaskan untuk masing-masing, dapat membuat rencana pemasaran Anda menjadi lebih teratur. Pikirkan tentang seberapa banyak yang Anda telah Anda curahkan, hasil yang Anda harapkan dan tugas yang diperlukan untuk mencapai hasil tersebut.

Alat analisis yang melacak perilaku pelanggan dan tingkat keterlibatan dapat berfungsi sebagai panduan bermanfaat untuk strategi pemasaran Anda. Tidak seperti papan reklame atau iklan, prevalensi saluran digital memungkinkan Anda menilai setiap langkah perjalanan pelanggan dan mendapatkan wawasan tentang pola individu dan maksud prospek. Rencana Anda dapat segera berkembang menjadi prediksi, memberdayakan tim pemasaran untuk mengembangkan kampanye yang secara konsisten menjangkau audiens target pada waktu yang tepat.

Related Post :