Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022

Business, Content Marketing / 0 | | 2

Selama beberapa tahun terakhir, YouTube telah muncul sebagai salah satu sumber utama konten menghibur dan mempertaruhkan klaimnya sebagai salah satu alat penting bagi pemasar. Faktanya, lebih dari 55 persen pemasar telah menjadikan YouTube sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka. Tidak hanya itu, platform ini sangat luas sehingga seperempat dari internet menghabiskan setidaknya sepuluh jam menonton video di YouTube sehingga menjadikannya platform yang paling banyak diakses.

Dengan mempertimbangkan statistik ini, artikel ini akan menghadirkan tips dan trik tentang tren pemasaran terbaru untuk tahun 2022, dan juga akan mencakup informasi tentang definisi YouTube marketing. Sehingga Anda tidak akan ketinggalan informasi terbaru mengenai hal-hal diatas agar pemasaran Anda semakin lengkap dengan YouTube.

 

Baca Juga :  YouTube Marketing : Penjelasan dan Tips Sukses 2022

 

Mengenal Apa Itu YouTube Marketing

Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022
 

Pemasaran YouTube adalah proses mempromosikan bisnis Anda di YouTube melalui video dan iklan. Karena video adalah media yang sangat kuat, YouTube tumbuh lebih cepat daripada platform lain di luar sana. Ini adalah situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia setelah Google. Sejak awal, YouTube menyumbang hampir 2 miliar pengguna aktif bulanan secara global. Jadi jika Anda ingin mendiversifikasi sumber lalu lintas Anda atau bahkan hanya menampilkan bisnis Anda di depan audiens target Anda, pemasaran YouTube adalah jawabannya.

Memanfaatkan YouTube untuk mempromosikan bisnis Anda memberikan banyak manfaat. Anda kemungkinan akan menjangkau audiens baru, dan karena layanan ini gratis, ini adalah cara yang hemat anggaran untuk memperluas jangkauan Anda. Karena Google memiliki Youtube, video YouTube berperingkat tinggi dalam hasil pencarian, jadi kemungkinan besar Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam hasil SEO Anda.

Kemudian komunitas Anda akan menjadi lebih terlibat, dan mudah untuk mendapatkan inspirasi dari orang lain di industri Anda. YouTube telah berkembang jauh sejak diperkenalkan ke world wide web pada tahun 2005. Diperkirakan memiliki 1,5 miliar pengguna yang masuk setiap bulan dan sekitar 300 jam video diunggah ke servernya setiap menit. Jika Anda masih memiliki rasa ragu untuk terjun ke strategi pemasaran video, ada beberapa hal positif yang dapat menjadi pertimbangan untuk Anda dan brand, diantaranya :

  • Meningkatkan SEO

    Seperti disebutkan sebelumnya, karena Google memiliki platform tersebut, YouTube mendapat perlakuan istimewa dalam hal sistem peringkat mesin pencari. Banyak yang menggunakan YouTube sebagai cara lain untuk benar-benar menegaskan diri mereka di halaman pertama Google seperti tujuan utama bagi musisi dan tokoh masyarakat, serta perusahaan yang menarik banyak lalu lintas langsung.

  • Menjangkau pelanggan baru

    Jika saat ini Anda tidak memiliki saluran YouTube, Anda akan memasuki pemirsa atau calon pelanggan yang baru. Miliaran orang menggunakan situs ini untuk semua jenis tujuan, dan sementara beberapa pelanggan Anda mungkin lebih menyukai informasi mereka dalam bentuk tertulis, akan ada sebagian lainnya yang sebagian dari satu atau dua video. Dalam hal ini, Anda memiliki kesempatan yang gratis untuk mengunggah video ke YouTube, yang berarti Anda dapat menyiarkan ke miliaran pemirsa potensial itu tanpa membayar sepeserpun untuk hak istimewa tersebut.

  • Pemasaran video adalah bisnis besar

    Membuat video yang menarik setidaknya untuk ribuan pemirsa setiap minggu mungkin tampak seperti tujuan ambisius bagi bisnis yang tidak menganggap produk atau layanan mereka cukup menarik untuk mendapatkan banyak penayangan. Sebenarnya dengan cara ini, setiap YouTuber dapat mengarahkan lalu lintas ke saluran mereka juga, asalkan mereka memecahkan masalah tertentu dan membuat orang penasaran untuk menonton.

  • Inspirasi dimana-mana

    Jika Anda tidak yakin tentang jenis konten yang ingin Anda terbitkan, mengapa tidak mengambil inspirasi dari apa yang ada di sekitar Anda Contohnya seperti restoran dan bar mungkin dapat melihat ke dalam karya orang-orang seperti Matt Levine yaitu pendiri Sons of Essex, sebuah restoran dan bar di New York. Salurannya dikemas dengan video tentang koktail dan pembuatan makanan.

  • Keterlibatan komunitas

    Kesempatan untuk membangun pengikut di YouTube adalah kesempatan untuk membangun komunitas. Jika orang menyukai apa yang Anda publikasikan, mereka akan berlangganan saluran Anda untuk melacak video terbaru. Itu melahirkan komunitas online, yang mewakili banyak orang yang menyukai apa yang Anda lakukan sehingga pada akhirnya memperhatikan apa yang sedang Anda jual.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Alat (Tools) YouTube Marketing Terbaik 2022

Saat Anda mulai membuat strategi pemasaran YouTube, prospeknya mungkin tampak luar biasa. Namun, banyak prosesnya yang mirip dengan strategi pemasaran lainnya. Mulailah dengan mengidentifikasi sasaran, anggaran, metrik utama, dan pemirsa ideal Anda. Ingatlah bahwa Anda akan menjangkau pasar yang lebih luas di platform baru ini, jadi Anda mungkin perlu membuat persona pembeli baru. Kemudian jangan lupa untuk teliti platform YouTube pesaing Anda dan lihat mana yang paling berhasil.

Setelah Anda mendapatkan gambaran tentang audiens Anda dan jenis video yang ingin Anda buat untuk membantu Anda memenuhi tujuan spesifik Anda, Anda dapat beralih ke storyboard. Papan cerita Anda pada dasarnya adalah garis besar untuk video Anda, tempat Anda dapat merencanakan semua yang Anda perlukan untuk mewujudkan ide Anda. Ini akan membantu Anda tetap teratur dan efisien selama sisa proses. Beberapa alat storyboard yang paling populer seperti Plot, Boords , dan Canva Storyboards.

Selain itu saat Anda merencanakan sebuah video, pastikan untuk mengikuti tren pemasaran video saat ini karena dunia bergerak cepat, dan pemasaran video tidak terkecuali. Untungnya, video yang lebih pendek cenderung berkinerja lebih baik, jadi Anda dapat bergerak cepat untuk membahas apa yang sedang populer saat ini. Beberapa tren yang berkembang sejauh ini adalah termasuk video berbasis data, video langsung, dan konten yang dipersonalisasi.

 

Baca Juga :  Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022

 

Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022

Tips dan Trik Meningkatkan YouTube Marketing Tahun 2022
 

Berikut adalah tips dan trik untuk Anda dalam memaksimalkan pemasaran video dari brand Anda melalui platform YouTube :

  1. Intro menarik

    10 hingga 15 detik pertama dari video Anda harus benar-benar menarik bagi audiens Anda. Lebih baik jika Anda dapat meyakinkan pemirsa Anda untuk penasaran tentang video Anda dalam batas waktu 10 hingga 15 detik itu. Jika pengantar video Anda menarik, sebagian besar pemirsa akan menonton sampai akhir. Begitulah cara Anda dapat meningkatkan waktu tonton video Anda juga.

  2. Garis besar

    Salah satu alasan mengapa beberapa video selalu mendapatkan jangkauan yang besar di YouTube adalah karena mereka menguraikan video mereka dengan sangat cerdik. Pastikan untuk menemukan format yang terbukti untuk menguraikan konten video Anda sehingga Anda dapat membuat video Anda menarik sampai akhir. Tidak hanya membantu dalam lebih banyak keterlibatan tetapi pemirsa Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu menonton video lainnya.

  3. Daftar putar

    Tahukah Anda bahwa Anda dapat meningkatkan waktu tonton video secara dramatis dengan membuat daftar putar video dengan cerdas?. Misalnya, jika seseorang menelusuri sesuatu di YouTube dan kemudian menonton serangkaian video dengan video Anda menjadi yang pertama. Setiap video yang ditonton dalam serial tersebut, apakah itu video Anda atau orang lain, akan diperhitungkan dalam sesi waktu tonton YouTube untuk konten tersebut. Semoga Anda semakin memahami pentingnya membuat daftar putar dengan lebih efektif.

  4. Analisa

    Cari tahulah strategi mana yang berhasil dan mana yang kurang berdampak pada pemasaran Anda. Pertama, Anda dapat membuka YouTube Studio Anda dan klik “Minat Pemirsa” lalu klik “Video Teratas” untuk melihat semua video Anda yang berkinerja terbaik dan paling banyak dilihat di YouTube. Setelah Anda mengetahui apa yang bekerja dengan baik untuk Anda di saluran YouTube, Anda dapat dengan mudah membuat jenis video serupa untuk menciptakan lebih banyak buzz, mendorong lebih banyak pengunjung, dan meningkatkan jangkauan Anda dengan video Anda.

  5. Judul menarik

    Sebagus apapun video Anda, percuma saja jika tidak ada yang mengkliknya. Jadi sangat penting bahwa Anda mengoptimalkan judul video untuk mendatangkan pemirsa. Ada tips berguna untuk membuat judul YouTube yang sempurna untuk jangkauan yang lebih luas yaitu dengan menemukan kata kunci yang tepat. Kata kunci dalam judul memberitahu pencari Google tentang video Anda. Dan kata kunci yang baik juga memberi tahu pemirsa Anda apa yang dapat mereka harapkan.

  6. Thumbnail

    Thumbnail yang efektif membuat pengguna langsung mengklik dan membuat saluran YouTube Anda lebih dikenal. Gambar mini harus relevan dengan konten dan judul video. Sertakan deskripsi singkat juga dan gambar yang relevan dalam gambar mini Anda untuk membantu orang-orang memahami isi video Anda.

 

Baca Juga : Panduan Lengkap YouTube Marketing Tahun 2022 Terbaru

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika Anda ingin menumbuhkan kehadiran YouTube, Anda harus mulai mempromosikan saluran YouTube Anda dan bereksperimen serta mempelajari apa yang paling cocok untuk Anda dan mencontoh tips dan trik diatas. Tetap setia pada brand Anda sama pentingnya dengan kepribadian Anda. Selain itu terus pantau setiap perubahan, lihat bagaimana perubahan itu mempengaruhi perilaku audiens Anda, dan perbarui strategi YouTube Anda.

Buatlah konten video yang menarik dan berkualitas untuk pemirsa Anda, tarik perhatian mereka dengan gambar mini atau thumbnail, berinteraksi dengan pemirsa Anda, patuhi rules YouTube, dan tepati janji Anda jika memiliki janji kepada pemirsa di video sebelumnya. Semoga informasi dari artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda seputar YouTube Marketing. Mulailah strategi ini sesegera mungkin mulai dari langkah kecil seperti menentukan nama channel YouTube Anda.

Related Post :

popup image