Tips dan Trik Optimasi Google News Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Apakah Anda seorang jurnalis, penulisan konten profesional atau pemilik situs web maupun blog? Apakah Anda pernah sudah menulis hal yang sedang trending tapi belum ada satupun yang masuk ke dalam top SERP (Search Engine Results Page)? Ini saatnya Anda menuliskan berita terbaru di Google News yang akan membantu situs web dan blog Anda untuk lebih mudah menjadi relevan dengan isi konten yang sesungguhnya.

Bagi Anda yang suka menulis berita ter-update, Anda bisa mendaftarkan blog atau website Anda ke Google News. Semua orang dari seluruh dunia bisa membuat tulisan yang Anda buat, Anda juga bisa melihat berita terbaru yang ada di Google News. Ini dikarenakan zaman yang maju membuat akses berita menjadi lebih mudah, praktis dan cepat.

Selain itu, Google News bisa berdampak positif bagi blog atau situs Anda, mengingat karena 6 miliar kunjungan per bulan pada Google News. Tapi sebelum Anda menghubungkan blog atau situs Anda dengan Google News, Anda harus mengetahui seluk-beluk Google News. Pada artikel kali ini Anda akan tahu apa itu Google News, serta bagaimana tips dan trik optimasi Google News bagi pemula yang ingin memajukan situs web atau blog mereka.

 

Memahami Definisi Google News dan Fitur- fiturnya

Tips dan Trik Optimasi Google News Bagi Pemula
 

 

Jika Anda memiliki situs web berita dan ingin meningkatkan lalu lintas serta menjangkau lebih banyak pengguna, Google News bisa menjadi opsi yang tepat. Google News sendiri merupakan agregator berita oleh Google yang diluncurkan pada tahun 2002 yang dimana pada tahun 2013, platform ini memiliki lebih dari 50 ribu lebih sumber berita terverifikasi dan menerima 6 miliar kunjungan per bulan.

Secara singkat, apa yang dilakukan Google News adalah menyusun artikel berita dari daftar situs web terverifikasi dan menyajikannya kepada pengguna berdasarkan minat dan lokasi mereka. Tersedia di lebih dari 60 wilayah dan 35 bahasa, melalui Google News, pengguna dapat mengakses berita lokal dan global yang baru. Pengguna juga dapat menyesuaikan konten yang dapat mereka lihat dengan mengatur minat mereka. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat pada Google News yang harus Anda ketahui jika Anda juga ingin memanfaatkannya :

  • Berita Utama/Berita (Top News)

    Penerbit atau pemilik situs secara otomatis dipertimbangkan untuk Berita teratas atau tab Berita di Penelusuran. Disini penulis hanya perlu menghasilkan konten berkualitas tinggi dan mematuhi kebijakan konten Google News .

  • Cerita Populer

    Berita teratas atau Cerita Populer/Top Stories adalah bagian yang muncul dalam Google Search saat mesin mendeteksi bahwa kueri penelusuran berorientasi pada berita. Dari sini mesin kemudian mencocokkan pencarian dengan konten berita yang relevan dan berkualitas untuk ditampilkan. Sebuah berita utama akan menampilkan artikel yang terkait dengan pencarian, dan tautan ke artikel terkait lainnya di tab Berita/News. Adapun konten dipilih secara otomatis untuk fitur ini.

  • Tab Berita Pencarian

    Saat pengguna mencari berita, tab Berita di Penelusuran memfilter hasil penelusuran. Pengguna mendapatkan konten yang terkait dengan peristiwa di berita. Untuk konteks yang lebih luas, tab Berita juga dapat menampilkan lebih banyak artikel daripada kueri penelusuran biasa.

 

Baca Juga  :    Mengenal dan Memahami Cara Kerja Indeks Google News

 

Cara Kerja Google News dan Istilah-istilahnya

Terlepas dari format yang dipublikasikan, semua halaman web sekarang memenuhi syarat untuk bagian carousel di Top Stories baik di laman desktop maupun seluler. Di antara faktor-faktor untuk memberi peringkat halaman web di Berita Teratas/Top News adalah sinyal pengalaman halaman, yang didasarkan pada metrik pengguna nyata yang disebut Data Web Inti. Layaknya koran, Google News bekerja menyajikan berita terbaru setiap waktu tetapi hanya tersedia di Internet. Lalu Google News mengkompilasi artikel dari beberapa ribu sumber.

Selama bertahun-tahun, Google News telah banyak berubah, meskipun intinya tetap sama yang mencakup semua jenis situs, bukan hanya situs berita saja. Faktor kelebihan inilah yang membuatnya dilirik oleh pelaku dan mereka yang mempraktikkan SEO di laman situs dan blog di seluruh dunia. Dengan mengandalkan algoritma rahasia yang dijaga dengan baik, Google akan secara otomatis merayapi konten mencari indikator kualitas untuk memutuskan posisi apa yang akan diberikan pada artikel di Google News.

Di antara kriteria peringkat hipotesis, penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah klik yang dihasilkan, konsensus populer tentang keandalan penulisnya, relevansi topik dan terbaru (tanggal dan waktu publikasi) telah dipertimbangkan. Cenderung, Google News lebih memilih untuk menempatkan situs berita di suatu negara di daftar teratas hanya di negara tersebut saja sehingga berita yang sama dari sumber lain mendapatkan peringkat lebih rendah. Berikut pengertian istilah-istilah yang ada di Google News serta kegunaanya masing- masing.

 

  • Headlines

    Headlines tidak menyaring berita berdasarkan preferensi karena berita yang ditampilkan di tab ini mencakup semua berita dari semua topik dan sumber. Disini Headlines memberi pengguna akses langsung ke informasi yang komprehensif. Google percaya bahwa sama bermanfaatnya dengan penyesuaian, penting untuk memberi Anda akses gratis ke semua topik.

  • For You

    For You adalah ringkasan harian yang dipersonalisasi berdasarkan data yang ditentukan oleh teknologi pembelajaran berkelanjutan Google. Ini bisa membuat berita lebih relevan karena berdasarkan sejarah seorang penggunanya.

  • Favorite

    Favorite seperti namanya adalah untuk memberi pembaca kemampuan untuk menandai dan menyimpan artikel atau editor favorit mereka.

  • Newsstand

    Newsstand memungkinkan pembaca berlangganan majalah dan situs favorit dan mengunduhnya langsung ke perangkat mereka. Sebagian besar langganan ini berbayar.

 

Baca Juga  :     Google News Sitemap : Pengertian dan Cara Daftarnya

 

Tips dan Trik Optimasi Google News bagi Pemula

Tips dan Trik Optimasi Google News Bagi Pemula
 

Setelah Anda familiar dengan istilah-istilah Google News dan mengetahui apa itu Google News, sekarang waktunya Anda mengetahui tips dan trik optimasi Google News bagi pemula. Anda tidak perlu takut untuk mencoba Google News dan ikuti semua tips dan trik berikut untuk mendapatkan banyak trafik dari Google News.

 

Membuat konten yang original

Google adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, jadi menghindari duplikat konten sangat penting. Mempublikasikan konten asli dan menyertakan poin data akurat dari sumber yang kredibel membantu untuk dapat ditempatkan di Google News mendapatkan judul utama.

 

Gunakan prinsip penulisan jurnalisme yang baik

Meskipun Google News tampak seperti platform yang terkait dengan berita, namun tidak seluruhnya benar- benar berfokus pada konten berita atau peristiwa terkini. Google News yang telah berkembang selama bertahun-tahun, memiliki dampak besar pada perantara informasi, dengan menyamakan kedudukan bagi pakar konten, perusahaan penerbitan, dan blogger. Meski Google belum secara spesifik menekankan prinsip-prinsip jurnalisme yang baik, namun Google tetap memperhatikan substansi dan gaya artikel yang dipublikasikan di platformnya, terutama sebagai bagian dari Extensible Markup Language (XML).

 

Menggunakan sumber terpercaya

Pilih sumber Anda dengan hati-hati dan tentu saja mempunyai kredibilitas yang baik. Di mana pun Anda mendapatkan informasi, pastikan semua sumbernya kredibel dan dapat dipercaya sebelum mereferensikannya di situs Anda karena Anda tidak boleh memasukan berita palsu atau hoax.

 

Baca Juga  :    Panduan Mudah Menghubungkan Custom Domain ke Google Sites

 

Konten resmi dan tepat waktu

Tidak semua artikel yang dipublikasikan di Google News terkait dengan berita. Meski begitu, standar artikel berita di Google terbilang ketat. Cerita harus memiliki sudut pandang yang unik atau tepat waktu dan terkini. Untuk menentukan peringkat konten Anda di platform, Anda harus membuktikan bahwa Anda mematuhi kebijakan konten Google News .

 

Adanya fleksibilitas website

Membangun otoritas dengan blog yang ada bisa menjadi salah satu cara untuk naik peringkat di Google News. Perhatikan bagaimana situs web dan halaman web yang ramah pengguna menautkan kembali ke halaman Anda sendiri. Karenya, gunakan alat webmaster untuk memeriksa kinerja Anda.

 

Mengikuti pedoman teknis resmi Google News

Menambahkan cerita Anda di Google News tidak selalu mudah, tetapi mengingat pedoman teknis ini akan membantu Anda naik peringkat. Berikut adalah persyaratan Google News yang harus diikuti oleh setiap penerbit atau pemilik situs :

  • URL halaman permanen

    Google News tidak akan dapat memahami situs web Anda jika URL di bagian berita utama Anda jika sering berubah. URL tidak permanen mencegah Google merayapi konten baru, karena perangkat lunaknya tidak dapat mendeteksi URL terbaru.

  • Konten yang dapat diakses

    Google perlu mengakses situs Anda untuk menyertakannya di Google Warta. Pastikan semua direktori yang menampung artikel Anda tidak diblokir oleh file robots. txt dan meta tag. Juga, pastikan spesifikasi header tidak memblokir akses ke link artikel Anda mengingat Google News menggunakan perayap robot yang sama dengan Google Penelusuran Web.

  • URL artikel

    Situs yang ingin disertakan di Google News harus memiliki URL yang unik dan permanen. Setiap halaman yang menampilkan teks lengkap konten harus memiliki URL unik. Google tidak dapat menyertakan situs di Google News jika beberapa artikel ditampilkan di bawah URL yang sama.

 

Baca Juga  :     Memahami Pentingnya SEO (Search Engine Optimization) dan Panduannya di Google

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai agregator berita oleh Google yang diluncurkan pada tahun 2002 yang semakin berkembang dengan puluhan ribu sumber- sumber berita terverifikasi dan menerima 6 miliar kunjungan per bulan, Google News juga telah tersedia dengan puluhan bahasa dan wilayah. Melalui Google News, pengguna dapat mengakses berita lokal dan global yang baru. Pengguna juga dapat menyesuaikan konten yang dapat mereka lihat dengan mengatur minat mereka.

Sedangkan di antara faktor-faktor untuk memberi peringkat halaman web di Berita Teratas yang didasarkan pada metrik pengguna nyata yang disebut Data Web Inti. sama seperti koran yang diketahui banyak orang, Google News merupakan versi lebih praktis dan efisien yang sesuai dengan kemajuan zaman yakni dimana semuanya serba online. Sangat up to date, Google News telah mengalami perubahan pesat yang berhasil membuat pengunjung bisa membaca berita dari mana saja.

Related Post :