Tips dan Trik Social Media Marketing Tahun 2021

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Media sosial atau social media adalah platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat global untuk berbagi informasi, berkomunikasi bahkan hingga melakukan brand awareness bagi pemilik bisnis dan brand. Ini dikarenakan ada banyak keuntungan yang bisa diberikan oleh social media mengingat semua orang pasti mempunyai akun dan kehadiran online di sana setiap waktu.

Brand memanfaatkan dan menggunakan media sosial untuk mengiklankan merek, produk, atau layanan. Sebelumnya, social media marketing adalah bagian dari digital marketing yang memanfaatkan semua teknologi dan inovasi yang ada untuk mempermudah bisnis. Pemasaran media sosial memungkinkan brand untuk memasukkan dirin merek ke dalam percakapan yang sedang berlangsung di saluran seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Praktik terbaik untuk pemasaran media sosial yang efektif termasuk membuat konten menarik yang menautkan kembali ke situs web Anda serta menjawab pertanyaan dan komentar secara publik.

Meskipun Anda dapat mengandalkan iklan media sosial, postingan dapat bersifat organik, artinya Anda tidak membayar apa pun untuk meningkatkannya atau dapat dipromosikan dengan uang media. Ada banyak juga tips dan trik dalam mempraktikkan social media marketing jika Anda ingin memanfaatkannya dalam pemasaran Anda. Pelajari dasar-dasar strategi media sosial yang efektif dalam panduan pemasaran media sosial ini untuk usaha kecil untuk pengembalian investasi yang positif dan kehadiran media sosial yang sukses berikut ini.

 

Memahami Apa Itu Media Social Marketing dan Jenisnya

Tips dan Trik Social Media Marketing Tahun 2021
 

Pemasaran media sosial adalah praktik menggunakan media sosial untuk menemukan dan terhubung dengan audiens Anda, membangun brand dan juga mendorong pendapatan. Agar berhasil dalam pemasaran media sosial, sebuah brand atau bisnis harus membuat konten otentik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat audiens mereka, melacak tingkat keterlibatan konten tersebut menggunakan analitik, dan menggunakan data ini untuk terus belajar untuk meningkatkan strategi mereka yang lebih efektif.

Brand dan bisnis dapat menggunakan pemasaran media sosial untuk mengarahkan pengguna ke situs web perusahaan dengan harapan menjual produk atau layanan. Namun sekarang profil media sosial lebih dilihat sebagai perpanjangan dari situs web bagi brand karena konten harus dirancang dan dipublikasikan langsung ke platform media sosial untuk meningkatkan kemungkinan keterlibatan pengguna dan menyenangkan algoritma media sosial. Konten bermerek di media sosial dapat hadir dalam dua jenis yakni :

  • Konten organik

    Untuk memaksimalkan konten organik, maka brand perlu menggunakan alat dan sumber daya gratis yang tersedia di platform pilihan mereka untuk membuat yakni halaman profil merek termasuk gambar profil, gambar sampul, deskripsi, jam kerja, dan tautan ke situs web Anda, dll. Pembaruan perusahaan dalam bentuk teks, foto, video, atau GiF, halaman grup atau komunitas bermerek, konten video langsung, dan banyak lagi adalah termasuk dalam jenis konten ini.
    Sedangkan jangkauan yang diterima konten organik tergantung pada algoritma media sosial yang mengurutkan posting di umpan pengguna berdasarkan relevansi dan waktu penerbitan. Algoritma memutuskan seberapa besar kemungkinan pengguna ingin melihat konten Anda dari pilihan kategori, interaksi sebelumnya dengan merek Anda, dan hastag yang digunakan, semuanya menjadi faktor dalam konten organik yang membuatnya menjadi umpan pengguna.

  • Konten berbayar

    Media sosial berbayar dapat membantu memperkuat konten organik Anda atau menghasilkan prospek untuk perusahaan Anda melalui kampanye iklan yang tertarget. Banyak pemasar media sosial telah mengalami dampak algoritma pada jangkauan mereka, meskipun memiliki puluhan ribu pengikut, postingan organik sering kali tampak tidak sesuai harapan. Iklan sosial berbayar, atau konten bersponsor seperti yang diidentifikasi dalam feedback pengguna, dapat membantu meningkatkan jangkauan Anda dan mengirimkan konten Anda ke audiens yang lebih luas.

 

Baca Juga  :   Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

 

Sasaran dan Tujuan Social Media Marketing

Social media yang telah menjadi platform yang umum digunakan dalam keseharian juga dapat mengajarkan banyak bisnis dalam melakukan pemasaran mereka. Brand dapat melakukan berbagai macam tujuan dan sasaran dengan pemasaran media sosial yang memang tergantung pada strategi pemasaran Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa contoh sasaran populer untuk Social Media Marketing (SMM) :

  • Meningkatan keterlibatan pelanggan
  • Membantu penjualan dan membuka lead
  • Membantu menaikkan retensi pembayaran pelanggan
  • Membantu pertumbuhan lalu lintas situs web
  • Menaikkan pertumbuhan audien yang tertarget
  • Mengatasi dan menangani feedback negatif
  • Pencarian umpan balik yang relevan
  • Mengetahui pesaing dan pemantauan tren terkini
  • Membantu meningkatkan kesadaran atau brand awareness
  • Membantu melakukan riset permintaan konsumen

 

Baca Juga  :   Video Marketing : Cara Kerja dan Manfaat Penerapannya Bagi Bisnis

 

 

Tips dan Trik Social Media Marketing

Tips dan Trik Social Media Marketing Tahun 2021
 

Kehadiran media sosial telah mengubah pemasaran, menjadi lebih baik dari cara tradisional karena pemasaran saat ini juga mengikuti perkembangan zaman. Bisnis dapat memaksimalkan kekuatan pemasaran media sosial menggunakan pendekatan berbagi pendekatan strategis baik dari tim yang mereka punyai atau menggunakan jasa profesional. Berikut beberapa tips dan trik pemasaran ini yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Tetapkan tujuan bisnis untuk media sosial Anda hindari bereksperimen tanpa gagasan/strategi yang jelas tentang bagaimana media sosial akan mendukung tujuan bisnis Anda.
  • Sebuah strategi yang detail akan membantu Anda menyebarkan media sosial dengan cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda dengan memprioritaskan saluran di radar bisnis Anda yang paling efektif.
  • Mendengarkan secara sosial secara aktif dan mengatur manajemen reputasi. Sebagian besar saran tentang strategi pemasaran media sosial menyarankan untuk memulai dengan mendengarkan percakapan mengenai brand Anda. Dari sini muncul perlunya siklus umpan balik dalam pemasaran media sosial.
  • Tentukan konten dan strategi keterlibatan, karena kedua faktor ini adalah tantangan terbesar bagi pemasaran media sosial, sehingga diperlukan strategi yang jelas untuk menunjukkan cara mencapainya.
  • Di era media sosial yang sangat aktif, strategi komunikasi berkelanjutan diperlukan untuk melibatkan audiens Anda melalui banyak saluran yang tersedia. Masalah utamanya adalah menentukan jenis nilai konten yang Anda tawarkan melalui saluran sosial yang berbeda dan frekuensinya. Mengintegrasikan saluran digital yang berbeda termasuk pemasaran email melalui pusat pemasaran media sosial juga merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi semua bisnis yang menggunakan pemasaran digital ini.
  • Setiap platform media sosial seperti Instagram, Facebook, YouTube Twitter, memiliki karakteristik dan kebutuhan audiens yang unik disamping juga bisa berbeda. Ada juga serangkaian alat yang dapat diterapkan dan etiket yang harus diikuti sehingga Anda tidak akan terlihat sebagai bisnis yang profesional dan terpercaya.
  • Brand Anda mungkin memiliki kehadiran online yang kuat tetapi ini hanyalah awal dari perjalanan Anda untuk mengoptimalkan kehadiran Anda untuk memberikan nilai nyata bagi bisnis Anda. Tetap lakukan strategi pemasaran Anda dan tetap lakukan optimalisasi media sosial Anda.

 

Baca Juga  :    Tips dan Panduan Penting Marketing Bagi Bisnis Online

 

Kesimpulan dan Penutup

Masyarakat global yang menggunakan media sosial dalam keseharian mereka tidak hanya dapat membantu kebutuhan komunikasi secara individu dan kelompok, tetapi juga dapat digunakan dalam banyak hal termasuk membantu memperluas bisnis. Sebuah bisnis dapat melakukan kampanye pemasaran media sosial memiliki keuntungan menarik khalayak luas sekaligus. Dimana kampanye ini dapat menarik bagi pelanggan, karyawan, media, masyarakat umum, dan pemangku kepentingan saat ini dan calon pelanggan, seperti peninjau pihak ketiga atau kelompok perdagangan.

Namun kampanye ini juga dapat menciptakan hambatan yang mungkin tidak harus dihadapi perusahaan. Tidak jarang juga ada feedback yang tidak menyenangkan yang dapat berdampak buruk bagi brand karena ini akan juga mempengaruhi calon pelanggan lain nantinya. Oleh karena itu buat strategi social media marketing Anda dengan taktik yang lebih teliti dan detail beserta bagaimana Anda akan menghadapi kemungkinan terburuk sekelipuna.

Related Post :