Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Dengan lebih dari 3 miliar pengguna aktif di media sosial, pemasaran media sosial atau Social Media Marketing (SMM) jelas merupakan salah satu saluran paling efektif bagi bisnis untuk membangun kehadiran online, memperoleh lalu lintas berkualitas, dan pada akhirnya mendorong penjualan. Hampir separuh populasi dunia ada di media sosial dan jika Anda tahu cara memanfaatkan platform media sosial dengan benar, ini akan menjadi peluang lebih besar untuk pemasaran di luar sana.

Setengah dari populasi dunia sekarang memiliki media sosial, jarang Anda akan menemukan brand atau bisnis yang tidak menggunakannya untuk menumbuhkan pengikut mereka, menghasilkan prospek, dan meningkatkan penjualan. Menavigasi dunia media sosial dapat sangat melelahkan, itulah sebabnya artikel ini memberikan tips dan trik untuk mengembangkan strategi media sosial yang akan membantu Anda mengidentifikasi tujuan sosial Anda, melibatkan audiens Anda, dan mengoptimalkan strategi Anda untuk hasil yang baik.

 

Baca Juga :  Bagaimana Menerapkan Strategi Social Media Marketing yang Sukses Untuk Bisnis Besar/Kecil

 

Mengenal Apa Itu Social Media Marketing (SMM)

Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022
 

Pemasaran media sosial adalah proses membuat konten untuk platform media sosial agar mempromosikan produk atau layanan Anda, membangun pengikut dengan audiens target Anda, dan mengarahkan lalu lintas ke bisnis Anda. Dengan fitur dan platform baru yang muncul setiap hari, pemasaran media sosial terus berkembang.

Pemasaran media sosial juga merupakan tentang memenuhi target audiens dan pelanggan Anda di mana mereka berada dan saat mereka berinteraksi secara sosial satu sama lain dengan brand Anda. Meskipun pemasaran media sosial secara keseluruhan sangat berharga dan bermanfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda, strategi Anda akan berbeda berdasarkan jaringan sosial yang digunakan audiens Anda. Adapun segmentasi strategi Social Media Marketing saat ini berdasarkan platform adalah sebagai berikut :

  • Facebook

    Facebook adalah platform media sosial terbesar dan paling mapan. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Facebook telah menjadi alat yang sangat berharga untuk bisnis B2C, menawarkan alat periklanan canggih serta peluang organik.

  • TikTok

    Ketika Anda memikirkan video pendek, Anda mungkin memikirkan TikTok. Platform ini naik popularitasnya pada tahun 2020 dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat. TikTok adalah salah satu platform terbaik untuk membangun pengikut, dengan peringkat pemasar di tempat kedua di belakang YouTube .

  • Instagram

    Meskipun Instagram diluncurkan hanya 12 tahun yang lalu, platform ini telah mengejutkan dunia. Dalam hal berbagi konten yang menarik secara visual, Instagram adalah tujuan brand. Hal lain yang membedakan platform ini adalah alat e-niaga canggihnya. Saat ini, pengguna dapat menemukan brand, menelusuri produk atau layanan mereka, dan menyelesaikan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi yang menjadikan Instagram sebagai platform yang sulit dikalahkan.

  • Twitter

    Sementara Instagram berfokus pada visual, Twitter berfokus pada kata-kata. Sejak awal, tweet memiliki 140 karakter dan platform ini telah diperluas untuk menyertakan alat audio yang disebut Twitter Spaces, yaitu alat pembangunan komunitas yang disebut komunitas Twitter, dan Momen Twitter untuk berbagi konten menarik dengan pengikut Anda.

  • LinkedIn

    LinkedIn adalah sepupu profesional Facebook. Ini mungkin satu-satunya platform di mana audiensnya didefinisikan dengan jelas yaitu profesional yang bekerja mencari jaringan dan mencari peluang baru. Itu menjadikannya platform yang ideal bagi perusahaan B2B yang ingin mengidentifikasi pembuat keputusan utama dan membangun komunitas khusus industri.

  • YouTube

    Menurut HootSuite, YouTube adalah situs web kedua yang paling banyak dikunjungi di dunia. Selain itu, pemasar menyebutnya sebagai platform terbaik untuk membangun pengikut. Selain menjadi platform yang sangat populer, penggunanya juga cenderung bertahan lebih lama karena sebagian besar menampilkan konten berdurasi panjang yang menjadikannya platform yang ideal untuk berbagi konten pendidikan.

  • Snapchat

    Ketika Snapchat keluar pada tahun 2011,.Snapchat memperkenalkan konten yang dapat Anda bagikan dengan teman-teman Anda dan itu akan berakhir setelah 24 jam. Platform ini mencapai puncaknya pada tahun 2015 dan telah bertahan sejak saat itu. Banyak yang mengira brand tersebut akan hilang begitu Instagram memperkenalkan Stories, fitur yang sama dengan nama yang berbeda. Namun, Snapchat terus menjadi populer di kalangan orang dewasa muda.

  • Pinterest

    Pinterest seperti papan cerita visual yang memungkinkan pengguna mendapatkan inspirasi untuk segala hal mulai dari mode hingga dekorasi rumah. 85% dari Pinners mengatakan Pinterest adalah tempat untuk memulai proyek baru. Selain itu, 80% Pinners mingguan mengatakan mereka telah menemukan brand atau produk baru di platform ini. Jadi, ini bukan hanya alat penemuan yang hebat, tetapi juga cara bagi brand untuk membangun narasi mereka melalui cerita visual.

Baca Juga :  Rekomendasi Social Media Marketing yang Akan Terkenal di Tahun 2022

Setelah mengetahui beberapa platform yang sering digunakan untuk kampanye SMM, ini saatnya Anda mengetahui manfaat apa yang akan Anda dapatkan dari strategi pemasaran media sosial ini.

  • Meningkatkan brand awareness

    Karena banyaknya orang di media sosial, Anda akan kehilangan potensi untuk mencapai ribuan perhatian, dan bahkan jutaan, jika Anda tidak memiliki presence. Faktanya, media sosial telah terbukti meningkatkan brand awareness dengan meningkatkan keterlibatan. Keterlibatan sosial mencakup hal-hal seperti komentar, suka, berbagi, dan memposting ulang, serta menyimpan. Hal ini juga membantu Anda meningkatkan brand awareness dengan mengarahkan lalu lintas langsung ke situs web. Anda dapat melakukan ini dengan menyertakan tautan langsung ke situs web Anda di profil, bio, dan pos Anda.

  • Belajar dari pesaing

    Media sosial adalah cara yang bagus untuk mengawasi pesaing Anda. Apakah itu mengacu pada taktik media sosial mereka, produk yang mereka promosikan, kampanye yang mereka terapkan, atau tingkat interaksi mereka dengan pengikutnya. Media sosial memungkinkan Anda untuk melihat apa yang berhasil dan tidak untuk pesaing Anda, dan karena itu membantu Anda memutuskan apa yang harus atau tidak boleh diubah dalam hal pendekatan perusahaan Anda. Meninjau akun sosial pesaing Anda dapat membantu Anda memastikan apakah pemasaran Anda menonjol dan unik untuk brand Anda.

  • Membina hubungan dengan pelanggan

    Dengan menghubungkan dan terlibat dengan pengikut media sosial Anda, Anda akan dapat membangun hubungan yang langgeng antara mereka dan bisnis Anda. Anda dapat melakukan ini dengan berinteraksi dengan mereka di postingan Anda, menanggapi pertanyaan dan komentar mereka, dan memberikan bantuan apa pun yang mungkin mereka butuhkan. Anda juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pengikut Anda tentang produk Anda, kritik dari mereka, atau membuat hadiah untuk membantu Anda membangun kepercayaan dan menunjukkan kepada mereka betapa Anda menghargai masukan dan dukungan mereka.

  • Menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi

    Mempromosikan dan membagikan produk Anda di media sosial adalah cara sederhana untuk meningkatkan perolehan prospek, meningkatkan konversi, dan meningkatkan penjualan karena Anda beriklan kepada orang-orang yang telah memilih untuk terlibat dengan Anda dengan mengikuti akun Anda.

 

Baca Juga :  Prediksi Social Media Marketing 2022 yang Harus Dikuasai Pemasar/Marketer

 

Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022

Tips dan Trik Social Media Marketing Terbaik 2022
 

Berikut adalah tips dan trik yang dapat Anda terapkan pada kampanye pemasaran media sosial agar bisnis Anda dapat berkembang lebih baik dan menghasilkan prospek yang sesuai dengan target.

  1. Siaran langsung

    Pada akhir tahun depan, jangkauan siaran langsung diperkirakan akan tumbuh 15x lipat dan mencapai 17% dari semua lalu lintas internet. Jika Anda dan tim Anda belum melakukan siaran langsung secara teratur, inilah saatnya untuk memasukkan konten semacam ini ke dalam rencana pemasaran media sosial Anda. Siaran langsung sangat bagus untuk memberi penonton Anda gambaran di balik layar tentang bisnis Anda. Konten ini juga memberi Anda kesempatan untuk membina lebih banyak hubungan pribadi dengan pelanggan dan calon pelanggan saat Anda duduk dalam suasana santai untuk berbagi berita atau menjawab pertanyaan dari penonton secara langsung.

  2. Jangan abaikan micro influencer

    Micro influencer adalah influencer media sosial yang memiliki lebih dari 1.000 pengikut tetapi kurang dari 100.000 pengikut. Beberapa brand beranggapan, jika ingin berinvestasi di influencer marketing, mereka perlu bermitra dengan influencer yang memiliki ratusan ribu bahkan jutaan pengikut. Padahal bukan itu masalahnya. Micro influencer seringkali memiliki hubungan yang lebih dalam dengan audiens mereka dan kepercayaan yang tinggi, sehingga hal ini dapat menghasilkan konversi yang lebih baik dan lebih banyak pertumbuhan untuk brand Anda.

  3. Mulai gunakan TikTok

    Dengan lebih dari 1 miliar pengguna pada tahun 2021, TikTok dengan mudah menjadi salah satu aplikasi paling populer di dunia. Untuk sementara, aplikasi ini terutama digunakan oleh remaja dan dewasa muda yang ingin berbagi video lucu. Ini dengan cepat akan menjadi alat pemasaran media sosial besar berikutnya. Banyak orang menggunakan TikTok saat ini, tetapi banyak bisnis masih ragu untuk menggunakan aplikasi baru ini. Karena itu, persaingan untuk brand Anda lebih sedikit, dan Anda memiliki lebih banyak peluang untuk membuat gebrakan dan membuat orang tertarik dengan apa yang Anda jual.

  4. Coba iklan Pinterest

    Ketika kebanyakan orang memikirkan pemasaran media sosial, akan terpikirkan Instagram, Facebook, dan mungkin TikTok tergantung preferensi masing-masing. Pemasar yang ingin melihat hasil yang bagus pada tahun 2022 tidak boleh mengabaikan aplikasi lain seperti Pinterest. Pinterest memiliki sekitar 460 juta pengguna, sehingga iklan di platform ini berpotensi menjangkau banyak orang. Karena tidak banyak dibicarakan seperti beberapa aplikasi lain, persaingan untuk brand Anda di Pinterest mungkin juga lebih sedikit.

  5. Jangan tinggalkan video pendek

    Untuk sementara, berkat munculnya IGTV, brand mengira video media sosial berdurasi panjang akan menjadi biasa. Namun, berkat aplikasi seperti TikTok dan fitur seperti Instagram Reels dan YouTube Shorts, video berdurasi pendek telah berhasil dan akan tetap ada di masa mendatang. Dengan pengecualian YouTube, di mana video berdurasi panjang masih dihargai, yang terbaik adalah menjaga konten video media sosial Anda tetap pendek dan jelas.

  6. Berinvestasi pada iklan berbayar

    Jika Anda memerlukan bantuan untuk menonjol dari pesaing dan meningkatkan konversi Anda pada tahun 2022, berinvestasi dalam iklan media sosial berbayar dapat menjadi strategi yang efektif. Iklan berbayar membantu Anda menampilkan produk dan layanan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan berbelanja dengan Anda. Mereka juga cukup terjangkau, dengan banyak pilihan untuk mengakomodasi brand yang memiliki anggaran iklan terkecil sekalipun.

  7. Prioritaskan keterlibatan pengikut

    Berbicara tentang engagement, di tahun 2022, Anda dan tim perlu memprioritaskan untuk berinteraksi dengan pengikut di berbagai platform media sosial. Cari grup Facebook dan LinkedIn yang relevan dengan bisnis Anda, atau pantau tagar yang relevan sehingga Anda dapat tetap mengikuti perkembangan dan tetap mendapat informasi tentang topik dan masalah yang paling penting bagi audiens target Anda. Saat Anda terlibat dengan grup ini, pastikan Anda memberikan nilai dan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang mendetail. Jangan hanya mencoba secara agresif menjual produk atau layanan Anda setiap ada kesempatan.

 

Baca Juga :  10 Trend Social Media Marketing yang Populer Tahun 2022

 

Kesimpulan dan Penutup

Tahun baru membutuhkan rencana pemasaran media sosial baru juga. Jika Anda merasa sedikit buntu saat membuat rencana untuk tahun 2022, tips dan trik di atas ini dapat membantu Anda merampingkan strategi dan melihat hasil yang luar biasa. Mengingat ada milyaran orang di media sosial saat ini, mudah untuk melihat mengapa begitu banyak bisnis dan pemasar menggunakan saluran media sosial untuk mempromosikan produk mereka dan terlibat dengan pelanggan.

Meskipun menentukan tindakan media sosial perusahaan Anda mungkin tampak sulit, Anda dapat menghindari perasaan kewalahan dengan memahami tren pemasaran media sosial dan menggunakan beberapa tips dan trik yang tersedia yang sesuai dengan citra perusahaan. Jadi, mulailah bekerja pada strategi pemasaran media sosial bisnis Anda hari ini untuk meningkatkan jumlah pengikut Anda, meningkatkan keterlibatan, dan meningkatkan konversi.

Related Post :