logo Tips dan Trik Monetize YouTube Dengan Mudah - IDCloudHost

Tips dan Trik Monetize YouTube Dengan Mudah

Tips dan Trik Monetize YouTube Dengan Mudah

YouTube adalah sebuah platform berbagi video yang sangat populer di dunia, dimana semua orang bisa menonton, menyukai, dan berbagi video yang telah disebarkan. Hampir semua orang pasti pernah menonton YouTube, Anda bisa mendapatkan hiburan, edukasi, atau berita terkini melalui YouTube. Selain tempat untuk menonton, Anda juga bisa terlibat langsung untuk membagikan video Anda di kanal YouTube.

Seseorang yang terlibat langsung dan sering dalam memproduksi konten video di YouTube disebut Youtubers. Dikutip dari Clever Girl Finance, sebagian besar YouTuber memperoleh sekitar 18 dolar untuk setiap 1.000 tampilan iklan. Itu menghasilkan sekitar 3 dolar hingga 5 dolar per 1.000 tampilan video. Tentu saja ini tergantung Channel dan jumlah viewers yang bisa Anda dapatkan, namun ini bisa menjadi bayangan Anda dalam perhitungan berapa uang yang bisa Anda hasilkan melalui YouTube. Semakin Anda sering mengupload video terbaru dan ditonton oleh banyak orang, maka semakin besar juga uang yang bisa Anda dapatkan.

Menjadi seorang Youtubers tentu tidak mudah, apalagi jika ingin mendapatkan banyak viewers, Anda harus bekerja ekstra untuk membuat banyak perhatian di YouTube. Sebelum Anda terjun langsung untuk menjadi seorang Youtubers, ada hal yang perlu Anda ketahui soal cara mendapatkan uang lewat YouTube dengan monetisasi dan apa saja syaratnya. Simak artikel berikut ini tentang tips dan trik untuk melakukan monetize YouTube dengan mudah dan cepat.

 

Memahami Apa Itu Monetize dan Syarat-syarat Monetize YouTube

Tips dan Trik Untuk Melakukan Monetize YouTube Dengan Mudah dan Cepat
 

Monetize atau monetisasi YouTube adalah sebuah proses untuk mendapatkan uang dari YouTube dari iklan yang didapatkan ke akun Channel Anda. Tidak semua video yang Anda bagikan bisa mendapatkan iklan, tentu saja iklan ini akan Anda dapatkan jika Anda telah memiliki banyak viewers. Banyak iklan yang akan masuk ke dalam Channel Anda jika konten Anda disukai atau ditonton oleh banyak orang. Di sini Anda harus memikirkan konten apa yang bagus untuk Anda kembangkan.

Tujuan pengiklanan ini sendiri adalah untuk menambah awareness dari orang-orang yang menonton YouTube, pihak YouTube sendiri akan memasangkan iklan ke Channel yang memiliki banyak subscriber dan viewers. Serta akun-akun yang memang aktif untuk berkarya di YouTube. Maka dari itu, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin mendapatkan monetisasi dari YouTube.

 

Syarat-syarat untuk melakukan monetize YouTube adalah :

  • Mengikuti segala aturan yang berlaku dari pihak YouTube, seperti konten tidak boleh berisi kekerasan, pornografi, atau melakukan plagiasi dengan melanggar hak cipta.
  • Tinggal di negara atau tempat dimana program YouTube Partner tersedia.
  • Memiliki 1.000 subscriber.
  • Telah memiliki 4.000 jam tayang selama 12 bulan terakhir.
  • Terhubung dengan akun AdSense

 

Baca Juga  :   Cara Memulai dan Membangun YouTube Dari Awal

 

Cara Registrasi AdSense untuk Monetize YouTube

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Anda harus menghubungkan akun AdSense ke Channel YouTube. Sekarang saatnya registrasi terlebih dahulu AdSense sebelum Anda bisa monetize atau memonetisasi akun Anda. Jika Anda belum registrasi akun AdSense, Anda tidak akan bisa monetize akun YouTube Anda.

  • Login

    Login ke akun YouTube, klik “Icon Profile” dan pilih menu “Setting”

  • Klik “Creator Studio”

    Ketika sudah berada di halaman “Setting”, klik kembali “Icon Profile” lalu klik “Creator Studio”

  • Sesuaikan Pengaturan

    Pada halaman “Creator Studio”, Anda bisa melakukan berbagai macam pengaturan, sesuaikan dengan keinginan Anda.

  • Klik “Other Features”

    Setelah itu, pilih menu “Other Features” kemudian klik “Monetization”, biarkan YouTube yang mereview akun Anda.

  • Tahapan Monetize

    Setelah mengklik pilihan “Monetization”, Anda akan masuk ke halaman YouTube Partner Program.

 

Baca Juga  :   Cara Efektif, Mudah dan Cepat Riset Keyword YouTube

 

Dari tahapan ke-5 maka ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Langkah 1

    Baca semua persyaratan dan klik “I accept”, Anda juga bisa memilih apakah Anda menyetujui pengiriman informasi terbaru dari YouTube Partner melalui e-mail atau tidak.

  • Langkah 2

    Jika Anda belum memiliki akun AdSense, maka klik “Create Account”, di sana Anda harus mengisi data diri. Namun jika Anda sudah memiliki akun AdSense, langsung klik “Sign up for AdSense”

  • Langkah 3

    Anda bisa mengatur iklan yang masuk ke Channel Anda. Klik “Monetization” pilih “Set Monetization Preference” lalu klik “Start” dan akan muncul 4 tampilan iklan, yaitu:

    a) Display Ads

    Iklan ini terletak di bagian kanan layar, iklan ini akan muncul sepanjang video. Namun tidak perlu khawatir, penonton bisa mendengar iklan jika mengklik gambar iklan.

    b) Overlay Ads

    Posisinya di bagian layar dengan ukurang sekitar 480×70 pixel membuat video yang hendak ditonton sedikit tertutupi. Pengunjung bisa mengklik tombol X jika tidak tertarik dengan iklan tersebut.

    c) Sponsored Cards

    Iklan ini muncul di kanan atas video dan akan tayang selama beberapa saat, namun hanya dalam bentuk teaser. Jika pengunjung tidak tertarik bisa klik X.

    d) Skippable Video Ads

    Iklan ini biasa dijumpai di awal atau akhir video selama 5 detik, penonton bisa melakukan pilihan “Skip Ad” jika tidak tertarik. Kalau Anda merasa menyetujui semua iklan tersebut, langsung pilih “Monetize all existing and future videos” menjadi enable.

  • Langkah 4

    Ketika Anda sudah mendaftarkan AdSense, sekarang waktunya Anda menggunakan waktu dan tenaga Anda untuk memenuhi 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber.

 

Ketika semua langkah ini telah Anda selesaikan, maka Anda sudah bisa monetize akun Anda. Jika Anda belum mendapat konfirmasi dari pihak YouTube, Anda harus sabar menunggu, biasanya pemberitahuan juga dapat memakan waktu hingga beberapa bulan.

 

Baca Juga  :    Ukuran Thumbnail Video YouTube Serta Tips dan Triknya

 

Cara Menarik Uang dari YouTube AdSense

Tips dan Trik Untuk Melakukan Monetize YouTube Dengan Mudah dan Cepat
 

 

Selanjutnya Anda pasti akan bertanya, bagaimana kelanjutan setelah Anda memiliki akun AdSense dan juga telah membuat video YouTube dengan banyak viewers dan subscriber? Tiba saatnya Anda bisa menarik uang dari YouTube! Untuk bisa mencairkan uang dari AdSense, Anda harus melakukan verifikasi akun Google AdSense. Anda perlu memasukan PIN yang aman dikirimkan oleh pihak Google ke alamat rumah Anda. Setelah Anda mendapatkan PIN tersebut, baru Anda bisa melakukan monetize. Ikuti langkah berikut ini.

  • Masuk ke akun AdSense sesuai dengan alamat email dan kata sandi yang didaftarkan
  • Klik menu pengaturan dan pilih “Setelan”
  • Di bagian kiri laman klik “Informasi Akun”, lalu klik “verifikasi alamat”
  • Terakhir masukkan PIN yang telah dikirimkan
  • Setelah AdSense terverifikasi, kamu tinggal memasukkan data-data rekening untuk pengiriman uang dari hasil konten yang Anda buat. Uang akan ditransfer setiap bulannya, sekitar tanggal 21-26.

 

Baca Juga  :    Cara Posting Terjadwal di YouTube dengan Mudah Tanpa Ribet

 

Kesimpulan dan Penutup

Hampir semua orang menonton YouTube dari rumah mereka, mulai dari mencari konten hiburan, edukasi, atau berita terkini. Anda tidak hanya bisa menonton YouTube, tapi bisa menjadi creator di YouTube yang disebut sebagai Youtubers. Siapapun bisa menjadi seorang Youtubers dengan latar belakang apapun, selama orang tersebut bisa mengelola kreativitasnya.

Pendapatan dari YouTube sangat besar, bisa mencapai 3 dolar hingga 5 dolar per 1.000 tampilan video. Diperlukan kreativitas yang tinggi untuk menjadi seorang Youtubers. Anda bisa menghasilkan uang dengan monetize akun Anda dengan syarat telah memiliki akun AdSense dan mendapat 1.000 subscriber dan 4.000 jam konten yang Anda produksi. Bagaimana menarik bukan? Apakah Anda tertarik untuk monetize akun YouTube sekarang?

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image