Tips Melakukan Social Media Marketing Untuk Bisnis Secara Efektif

Business, Social Media Marketing / 0 | | 0

Marketing atau pemasaran global telah mengalami peningkatan dan perubahan yang sangat signifikan oleh umumnya penggunaan teknologi beserta inovasinya. Oleh karena itu pemasaran sekarang dikenal sebagai digital marketing yang menyesuaikan dengan digitalisasi saat ini. Salah satu teknik pemasaran ini adalah pemasaran media sosial atau media social marketing.

Awal dari bagian digital marketing ini adalah dengan membagikan konten mereka di media sosial untuk menghasilkan lalu lintas ke situs web sehingga bisa menghasilkan konversi penjualan. Tetapi media sosial telah berkembang sangat pesat dari sekedar wadah untuk berbagi dan menyiarkan konten. Saat ini bisnis dan brand menggunakan media sosial dengan berbagai cara, mulai dari menjangkau dan berinteraksi dengan pelanggan secara lebih dekat, memulai brand awareness bagi bagi bisnis baru, memanfaatkan konten viral dan lain- lain.

Bisnis yang ingin memahami bagaimana kinerjanya di media sosial akan menganalisis jangkauan, keterlibatan, dan penjualannya di media sosial dengan alat analitik yang kini juga didukung langsung oleh banyak media sosial. Sedangkan bisnis yang ingin menjangkau sekelompok audiens tertentu dalam skala besar akan menjalankan iklan media sosial yang sangat bertarget. Simak selanjutnya mengenai marketing yang memanfaatkan media sosial ini dibawah.

 

Manfaat Menerapkan Social Media Marketing

Tips Melakukan Social Media Marketing Untuk Bisnis Secara Efektif
 

Social Media Marketing adalah cara termudah untuk menjangkau audiens yang sangat besar mengingat setengah dari populasi global, 3,8 miliar orang telah menggunakan media sosial. Apalagi jumlah ini terus bertambah seiring tahun dan umumnya penggunaan internet dalam keseharian. Situs web, aplikasi dan media sosial menjadi wadah yang sangat strategis dalam membantu meningkatkan kesadaran merek.

Bahkan menurut data Hootsuite menyebutkan 52% dari penemuan merek online terjadi melalui umpan sosial publik. Dengan kata lain, mayoritas orang belajar tentang sebuah brand dan bisnis baru di jejaring sosial. Pada tahun 2019 saja, orang menghabiskan rata-rata 2 jam dan 24 menit setiap hari dimana indikator ini juga terus berkembang dikarenakan waktu yang dihabiskan di media sosial meningkat sebesar 1,4%. Data ini saja jelas membuat media sosial menjadi cara yang bagus untuk tidak hanya menjangkau audiens Anda tetapi juga untuk berinteraksi dengan mereka untuk waktu yang lama.

Setiap tahunnya, jejaring sosial menjadi semakin signifikan dalam hal mendongkrak penjualan. Selain akses ke khalayak yang luas dan interaksi yang dekat dengan pelanggan, teknik marketing yang satu ini juga memiliki keunggulan lain. Berikut adalah beberapa manfaat memasukkan media sosial ke dalam strategi pemasaran Anda.

Baca Juga :   Memahami Kegunaan Digital Marketing Bagi Bisnis Online

  • Membantu meningkatkan kesadaran merek

    Tercatat 54% pengguna meneliti produk melalui media sosial, yang mana ini bermakna sebuah brand harus memiliki akun berkualitas tinggi di jejaring sosial yang berbeda untuk memanfaatkan minat media sosial pengguna. Dalam hal ini, calon pelanggan dapat menjangkau merek di platform yang kerap mereka gunakan. Selain itu, pelayanan prima melalui media sosial juga penting. Pelanggan mengharapkan brand/bisnis dapat membantu mereka baik itu menjawab pertanyaan atau mengatasi keluhan mereka, dan jika bantuan yang diberikan brand sangat baik maka pelanggan akan dengan senang hati merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.

  • Meningkatkan lalu lintas situs web

    Meskipun banyak platform media sosial memungkinkan brand dan bisnis untuk menjual produk mereka tanpa pergi ke situs web eksternal atau halaman arahan, media sosial masih merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan lalu lintas. Anda bisa menempatkan opsi link pembelian yang Anda punyai pada profil akun media sosial Anda sehingga audiens bisa langsung mengunjungi website atau toko online Anda.

  • Pendistribusian konten yang lebih cepat dan mudah

    Jika Anda mempromosikan bisnis Anda melalui pemasaran konten, Anda dapat mendistribusikan konten Anda secara lebih efektif dengan metode marketing ini. Pengguna media sosial selalu berbagi informasi yang bermanfaat, menarik, dan menghibur dengan teman-teman mereka di jejaring sosial yang juga sering bergerak di luar satu jaringan dan anggotanya sehingga akan memfasilitasi pertumbuhan audiens target Anda. Social media marketing menjadi cara yang bagus untuk memberitahu pelanggan Anda tentang penawaran atau promosi khusus. Jejaring sosial membantu menyampaikan informasi tentang penjualan atau pemberian dengan cepat dan murah.

  • Berinteraksi secara cepat dengan target audiens

    Dikarenakan setengah dari populasi dunia menggunakan jejaring sosial selama hampir tiga jam setiap hari, pemasaran media sosial adalah cara terbaik untuk berinteraksi dengan audiens. Dengan cara ini, brand Anda berada tepat di tempat yang paling sering dikunjungi pengguna online, yakni media sosial sehingga membantu Anda tetap dekat dan lebih dapat dipercaya. Selain itu, media sosial menjadi saluran pemasaran lainnya yaitu dengan membantu Anda mendapatkan feedback cepat dari pelanggan melalui review, ulasan, tombol like dan share, komentar di kolom komen dan lain- lain.
    Jika klien Anda memiliki pengalaman buruk dengan produk Anda, mereka lebih suka memberi tahu Anda tentang langsung melalui jejaring sosial, daripada melalui email atau panggilan telepon. Ini tentunya menciptakan kesempatan untuk bereaksi dengan efisien, efektif agar dapat mempertahankan klien khusus ini dan menarik peluang audiens lain.

 

Baca Juga  :    Memahami Hubungan Content Marketing Dalam Bisnis Online

 

Tips Melakukan Social Media Marketing yang Efektif

Social Media Marketing (SMM) adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan dan menggunakan situs web media sosial dan jejaring sosial untuk memasarkan produk dan layanan perusahaan. Pemasaran ini muncul karena masyarakat global kini lebih memilih menghabiskan waktu mereka dengan berbagi banyak hal di media sosial sehingga juga turut memberi peluang untuk berbisnis dan mengenalkan sebuah brand disana. Berikut beberapa tips jika Anda ingin menggunakan media sosial dalam cara pemasaran Anda.

  • Strategi yang tepat

    Sebelum Anda mulai membuat kampanye pemasaran media sosial, pertimbangkan tujuan bisnis Anda. Memulai kampanye pemasaran media sosial tanpa memikirkan strategi sosial adalah tindakan ceroboh dan juga akan berdampak buruk pada brand Anda.

  • Periklanan

    Ketika Anda memiliki lebih banyak dana untuk mengembangkan pemasaran media sosial Anda, iklan media sosial adalah area yang dapat Anda pertimbangkan. Iklan media sosial memungkinkan Anda menjangkau audiens yang lebih luas tidak hanya terpaku pada followers Anda saja. Platform periklanan media sosial sangat kuat sehingga Anda dapat menentukan dengan tepat platform mana yang akan menampilkan iklan Anda. disamping itu Anda juga dapat membuat audiens target berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Bahkan ketika Anda menjalankan beberapa kampanye iklan media sosial sekaligus, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat perubahan massal, mengotomatiskan proses, dan mengoptimalkan iklan Anda menggunakan bantuan aplikasi dan alat iklan khusus media sosial.

  • Perencanaan dan penerbitan

    Teknik pemasaran media sosial untuk usaha kecil biasanya dimulai dengan kehadiran yang konsisten di media sosial. Ini akan memberikan bisnis Anda exposure dan kesempatan untuk menemukan pelanggan yang tertarget nantinya. Mempublikasikan di media sosial semudah membagikan postingan blog, gambar, atau video di platform media sosial. Tetapi sebaiknya rencanakan konten Anda sebelumnya daripada membuat dan menerbitkan konten secara spontan. Juga, untuk memastikan bahwa Anda memaksimalkan jangkauan Anda di media sosial, Anda perlu mempublikasikan konten relevan yang disukai audiens Anda, pada waktu dan frekuensi yang tepat.

  • Melakukan analisis

    Dalam perjalanan pemasaran Anda, Anda tentu harus kembali mengevaluasi dan menganalisa semua konten juga strategi Anda. Ini termasuk poin apakah Anda telah menjangkau lebih banyak orang dari rentang waktu tertentu, ulasan buruk dan positif mengenai bisnis Anda atau berapa banyakkan orang yang memakai tagar khusus yang mencerminkan brand/bisnis Anda. Platform media sosial sendiri menyediakan tingkat dasar informasi ini meskipun Anda juga bisa memanfaatkan bantuan pihak ketiga untuk mendapatkan analisa yang lebih spesifik.

  • Menjaga engagement

    Seiring bisnis dan media sosial Anda terus berkembang, maka percakapan tentang brand/bisnis Anda juga akan meningkat. Orang-orang akan mengomentari postingan media sosial Anda, menandai Anda di postingan media sosial mereka, atau mengirimi Anda pesan secara langsung. Siapa saja bahkan dapat membicarakan tentang Anda di media sosial tanpa memberi tahu Anda lebih dulu jadi sebaiknya Anda memantau percakapan mengenai brand Anda juga. Setiap komentar yang menyenangkan atau tidak, tentunya harus mempunyai solusi yang tepat untuk semuanya.

 

Baca Juga :   Mengetahui Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) yang Efektif Beserta Tipenya

 

Platform Media Sosial Terbaik untuk Pemasaran Bisnis

Tips Melakukan Social Media Marketing Untuk Bisnis Secara Efektif
 

Media sosial yang menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling menguntukan yang memberikan cara terbaik untuk membangun kesadaran akan merek, terhubung dengan pelanggan yang sudah ada, dan menghasilkan prospek baru sesuai niche. Tetapi dengan lebih dari 65 platform media sosial yang ada baik itu umum di Indonesia atau tidak, brand tentu harus memilih platform yang lebih tepat untuk bisnis mereka, diantaranya adalah :

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube
  • Twitter
  • LinkedIn, dll.

 

Baca Juga  :   Rekomendasi Aplikasi dan Alat/Tool untuk Digital Marketing

 

Kesimpulan dan Penutup

Majunya zaman dengan teknologi dan cara hidup yang serba online dan pemanfaatan banyak hal yang di digitalisasi membuat kehidupan masyarakatnya berubah. Kini hampir semua orang menggunakan platform media sosial sebagai saluran pilihan mereka untuk membangun dan memperkuat hubungan dengan teman, keluarga, rekan kerja,dan bahkan brand yang mereka sukai.

Bisnis dan brand yang memposting konten relevan yang konsisten dengan nilai-nilai mereka, sambil membiarkan karakter dan kepribadian mereka terlihat telah mendapatkan pengaruh baik dari media sosial sebagai saluran pemasaran yang sangat efektif. Platform media sosial yang berbeda menarik bagi pelanggan karena alasan tertentu dan brand harus memilih platform sosial yang paling tepat untuk digunakan untuk segmen dan sasaran pelanggan spesifik atau tertarget mereka.

Related Post :