Tips Memanfaatkan Whatsapp untuk Berjualan Online dengan Mudah

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Di zaman serba canggih ada banyak cara orang-orang untuk memulai jualan secara online, sehingga tak heran jika media bisnis di internet berkembang sangat pesat. Ada banyak platform yang tersedia, sehingga Anda bisa memanfaatkan promosi barang dan jasa pada platform yang ada. Cara-cara yang umumnya dilakukan seperti memanfaatkan toko online seperti marketplace, promosi di media sosial, bahkan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp. Selain digunakan untuk kepentingan perpesanan pribadi, WhatsApp juga bisa dimanfaatkan untuk penawaran produk dan berinteraksi dengan pelanggan.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan instan yang terdapat pada telepon pintar, sekilas ia mirip dengan aplikasi short message yang dipergunakan pada telepon jadul. Yang membedakannya pada penggunaan pulsa untuk mengirim sms, sementara WhatsApp hanya bisa digunakan pada smartphone yang memiliki data internet. Tidak ada batasan karakter dalam pengirimannya, hal ini bergantung pada seberapa banyak data internet yang Anda miliki.

Aplikasi WhatsApp sendiri menghadirkan bermacam jenis, salah satunya WhatsApp biasa dan WhatsApp bisnis. Keduanya secara umum sama-sama aplikasi perpesanan, yang membedakan adalah dari fitur-fitur yang dimiliki masing-masingnya. Aplikasi WhatsApp biasa sudah sering dan paling banyak digunakan, sedangkan WhatsApp bisnis umumnya digunakan oleh para pelaku bisnis itu sendiri.

 

Fitur WhatsApp Business

Tips Memanfaatkan Whatsapp untuk Berjualan Online dengan Mudah
 

Ada beberapa perbedaan penting antara Aplikasi Bisnis dan akun API. Sebagai permulaan, bisnis kecil mungkin tidak diterima untuk akun API, sementara sangat mudah untuk mengunduh Aplikasi WhatsApp Business dan mulai berkomunikasi dengan pelanggan secara gratis. Dengan Aplikasi Bisnis WhatsApp, bisnis kecil dapat mengandalkan fitur- fitur:

 

  • Buat profil bisnis

    Profil bisnis dapat merinci jam buka, alamat situs web, detail kontak, dan informasi lain tentang bisnis Anda. Pengguna WhatsApp dapat melihat ini dan diyakinkan bahwa Anda adalah bisnis, bukan pengguna pribadi.

  • Kategorikan pelanggan dan obrolan

    Beri label pada pelanggan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan kategorikan obrolan menurut apakah itu terkait pesanan, kueri pelanggan, atau hal lainnya.

  • Siapkan tanggapan otomatis

    Otomatiskan tanggapan khusus kepada pelanggan saat Anda tidak sedang berbicara di telepon, atau kirim perkenalan otomatis ke kontak untuk memperkenalkan layanan Anda.

  • Mengirim siaran ke grup pelanggan

    Jika pelanggan telah menambahkan Anda ke kontak mereka, Anda dapat mengirimi mereka pesan dengan pesan broadcast meski terbatas pada 256 penerima sekaligus.

  • Gunakan balasan cepat

    Gunakan kembali tanggapan populer untuk pelanggan di chat hanya dengan beberapa ketukan dan simpan balasan yang telah ditulis sebelumnya, ketuk untuk memilih tanggapan, dan hindari menulisnya dari awal agar lebih praktis.

  • Buat katalog produk

    Pamerkan produk atau layanan Anda dengan katalog berbasis WhatsApp tentang hal-hal yang Anda jual dalam bentuk katalog yang tersusun rapi dan struktural agar mempermudah penjualan bisnis Anda.

 

Baca Juga  :    WhatsApp Business : Pengertian, Keunggulan, Fitur dan Cara Kerjanya

 

Keunggulan WhatsApp Business

Jika dibandingkan dengan penggunaan WhatsApp bisa, tentu dengan adanya embel- embel Business akan membedakan setiap pengguna dan intensi mereka menggunakan platform ini. Berikut keunggulan yang bisa didapatkan dari WhatsApp Business.

 

  1. Komunikasi Dua Arah yang Nyaman

    WhatsApp Business memberi perusahaan cara untuk terlibat dalam perpesanan dua arah dengan pelanggan melalui aplikasi yang kemungkinan besar sudah mereka gunakan untuk percakapan obrolan sehari-hari. Aplikasi ini menawarkan bisnis yang nyaman dan langsung ke berbagai komunikasi dan kampanye pelanggan.

  2. Meningkatkan Layanan Pelanggan

    Waktu dimana layanan pelanggan dan panggilan dukunan model lama telah berakhir dengan adanya kemudahan WhatsApp ini. WhatsApp Business memberi perusahaan lingkungan pribadi untuk mengobrol dengan pelanggan secara real-time. Dengan menyediakan informasi dan dukungan yang dicari pelanggan Anda, WhatsApp Business membantu memupuk loyalitas dan kepercayaan.

  3. Percakapan yang Diverifikasi oleh Brand

    Setiap bisnis harus membuat Profil Bisnis di WhatsApp, sebuah identitas bisnis unik yang memasukkan elemen branding ke dalam percakapan WhatsApp Anda. Anda dapat menambahkan nomor kontak, URL situs web, lokasi toko, detail promosi, dan lainnya. WhatsApp Business juga memungkinkan Anda menambahkan multimedia ke pesan, termasuk gambar, video, dan dokumen.

  4. Jangkauan Global

    WhatsApp adalah aplikasi perpesanan paling populer di lebih dari 100 negara, dengan basis pelanggan global lebih dari 2 miliar, menjadikannya saluran yang sempurna bagi bisnis untuk menjangkau khalayak yang tertawan.

  5. Memulai Lebih Banyak Percakapan Secara Otomatis

    Setelah pengguna memilih untuk menerima pesan WhatsApp dari bisnis Anda, Anda dapat membuat pesan template yang memberitahu pelanggan untuk mengambil langkah berikutnya dan memulai percakapan. Dengan memberlakukan kebijakan yang ketat untuk kualitas konten dan waktu respons, WhatsApp memastikan pengguna tidak menerima komunikasi berisi spam atau tidak relevan. WhatsApp juga mengharuskan pengguna bisnis untuk menanggapi pesan pelanggan yang masuk dalam waktu 24 jam menggunakan pesan non-template.

  6. Tambahan Keamanan Dengan Keikutsertaan Pesan Pelanggan

    Mengelola berbagai peraturan dan undang-undang kepatuhan bisa menjadi masalah besar bagi bisnis yang tidak mempunyai banyak dukungan untuk melakukannya. WhatsApp memasukkan fitur keamanan seperti enkripsi end-to-end dan otentikasi dua faktor untuk menjaga keamanan konsumen dan bisnis. WhatsApp Business juga memverifikasi akun bisnis Anda setelah pendaftaran, memastikan identitas pelanggan Anda ketika mereka memilih untuk menerima teks dan komunikasi Anda.

 

Baca Juga  :    Cara Membuat Link WhatsApp (WA) Agar Bisa Dishare dan Di Klik

 

Tips Berjualan dengan WhatsApp

Tips Memanfaatkan Whatsapp untuk Berjualan Online dengan Mudah
 

Untuk memanfaatkan WhatsApp sebagai lahan berjualan, Anda bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

 

  1. Memperbanyak Teman

    Saat membuka lahan baru untuk jualan Anda, tentu diperlukannya memasarkan produk. Di sini menjadi peran penting dalam fungsi memperbanyak teman, semakin banyak teman yang Anda kenal dan miliki semakin memungkinkan peluang produk Anda terjual lebih besar. Mengapa bisa terjadi? Sebab teman merupakan lingkaran pertama konsumen dari produk Anda, bahkan tak jarang teman-teman Anda itu yang akan menjadi reseller dari produk tersebut. Atau bisa jadi menjadi pelanggan dan menggunakan produk yang Anda jualkan.

  2. Profil Picture

    Rutinnya mengganti profil picture ternyata juga cukup berpengaruh dalam penjualan, pasalnya orang-orang yang melihat bisa langsung mengerti jenis produk apa yang sedang Anda jajakan.

  3. Grup WhatsApp

    Membuat grup WhatsApp ternyata mampu memperluas jaringan bisnis Anda secara online lebih meningkat, Anda bisa dengan membuat grup WhatsApp sebagai alat komunikasi kepada reseller dan pelanggan.

  4. Upload Foto Produk

    Barang yang dijualkan umumnya juga memiliki banyak reseller, sehingga seringkali foto produk yang ditampilkan akan memiliki bentuk yang seragam. Usahakan untuk menggunakan foto produk yang berbeda, produk dengan foto yang berbeda mampu menjadi penarik pelanggan. Orang-orang akan lebih senang melihat produk yang dijualkan, ketika penggunaan foto yang berbeda. Entah dari segi pengambilan gambar, sudut foto, dan hal lain yang mampu menarik perhatian dan menimbulkan rasa penasaran. Hingga akhirnya menimbulkan ketertarikan dan mendatangkan keuntungan saat produk tersebut berhasil dipasarkan.

  5. Broadcast

    Ini juga salah satu cara ampuh untuk memasarkan produk, namun kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula adalah gencar melakukan broadcast. Penjual diharapkan memiliki etika dan attitude yang baik, serta mampu mematuhi kode etik yang berlaku. Sebab broadcast yang terlalu sering akan menimbulkan keresahan bagi penggunanya, akibat paling buruk yang bisa Anda terima adalah mereka menghapus kontak Anda atau bahkan menambahkan Anda ke daftar kontak yang di blokir. Sehingga Anda hanya akan kehilangan calon pembeli yang potensial dalam bisnis Anda.

 

Baca Juga   :    Cara Memindahkan / Import Chat WhatsApp ke Telegram dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

WhatsApp kini juga mampu menjadi lahan untuk berjualan secara online, entah itu produk kecantikan, makanan, pakaian, hingga penjualan rumah bisa dilakukan dengan aplikasi satu ini. Paling umum dilakukan para penjual adalah dengan beralih dari aplikasi WhatsApp biasa ke WhatsApp bisnis, hal ini disebabkan oleh banyaknya fitur yang ada pada WhatsApp bisnis memudahkan para pebisnis namun tidak terdapat pada akun WhatsApp biasa. Fitur-fitur tersebut umumnya berhubungan dengan kebutuhan penjualan, seperti jawab otomatis yang bisa menimbulkan kesan bahwa bisnis tersebut tertata dengan baik dan ramah pelanggan.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan dan hindari agar tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi penjualan produk, paling rentan untuk benar-benar diperhatikan adalah pada penggunaan fitur broadcast. Menjadi kesalahan paling umum yang sering dilakukan, broadcast penawaran produk yang berulang sering dijumpai. Hal ini ternyata membuat sebagian orang menjadi terganggu, efek paling besarnya adalah Anda akan kehilangan calon pembeli. Tentu hal itu menimbulkan kerugian pada penjualan Anda, apalagi jika skala broadcast tersebut cukup luas penerimanya.

Related Post :