Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022

Business, Content Marketing, Email Marketing, Startup & Bisnis / 0 | | 0

Business plan secara tepat mendefinisikan bisnis Anda, mengidentifikasi tujuan Anda, dan berfungsi sebagai resume perusahaan Anda. Ini menunjukkan kepada semua pihak yang berkepentingan seperti karyawan, investor, mitra, dan diri Anda sendiri bahwa Anda berkomitmen untuk membangun bisnis. Membuat rencana mengarahkan Anda untuk memikirkan dan memilih strategi yang akan mendorong pertumbuhan termasuk riset pasar untuk mendukung bisnis Anda. Komponen dasar dari business plan termasuk neraca saat ini dan proforma, laporan laba rugi, dan analisis arus kas.

Selain itu business plan membantu Anda mengalokasikan sumber daya dengan tepat, menangani masalah yang tidak terduga, dan membuat keputusan bisnis yang baik. Business plan yang baik juga bagian penting dari setiap kebutuhan pinjaman modal karena memberikan informasi spesifik dan terorganisir tentang perusahaan Anda dan bagaimana Anda akan membayar kembali uang pinjaman. Business plan dapat digunakan untuk menginformasikan tenaga penjualan, pemasok, dan lain-lain tentang operasi dan tujuan Anda. Business plan bukan hanya untuk pemula karena Ini adalah dokumen hidup yang harus diperbarui setiap tahun saat perusahaan Anda tumbuh dan berubah.

Bersamaan dengan Artikel ini, Anda akan mengetahui lebih lanjut mengenai definisi business plan serta akan dijabarkan juga tips membuat business plan terbaik untuk tahun 2022 ini sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan langka-langkah terbaik dalam membuat rencana bisnis bagi brand yang Anda miliki.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Business Plan dan Template Terbaik 2022

 

Mengenal Apa Itu Business Plan

Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022
 

 

Business plan adalah strategi yang tertulis lengkap untuk bisnis yang menyoroti tujuan dan rencana untuk mencapai kesuksesan bisnis. Ini menguraikan rencana pemasaran, proyeksi keuangan, riset pasar, tujuan bisnis, dan pernyataan misi. Tujuan dari rencana bisnis ada tiga yaitu merangkum strategi perusahaan untuk menjalankannya dalam jangka panjang, mengamankan pembiayaan dari investor, dan membantu meramalkan permintaan bisnis di masa depan. Semua bisnis harus memiliki business plan. Rencana tersebut harus menjelaskan strategi bisnis Anda dan tujuan utama dari tempat Anda sekarang ke tempat yang Anda inginkan di masa depan. Business plan juga diproyeksikan agar Anda mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dibawah ini seperti :

  • Bagaimana Anda akan membuat bisnis lebih menguntungkan, mendapatkan lebih banyak sumber daya atau meningkatkan aset?
  • Apa rencana Anda untuk pertumbuhan di pasar sasaran Anda?
  • Di mana Anda melihat bisnis Anda dalam satu, tiga atau lima tahun kedepan?

Siapa pun yang mendirikan perusahaan baru harus memiliki business plan. Namun terkadang business plan juga dapat menjadi alat penting bagi perusahaan mapan yang ingin bergerak ke arah yang baru dan lebih maju. Pada dasarnya, garis besar business plan harus menjelaskan apa yang ingin Anda lakukan dan bagaimana Anda akan melakukannya. Selain itu business plan harus bertujuan untuk memberikan gambaran yang baik tentang perusahaan Anda, strategi bisnis Anda dan rencana tindakan Anda. Sehingga Anda paham bagaimana cara untuk menghasilkan uang dan apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

 

Baca Juga :  Memahami Pentingnya Business Plan Dalam Memulai dan Menjalankan Bisnis yang Sukses

 

Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022

Tips Membuat Business Plan Terbaik 2022
 

 

Berikut adalah tips dalam membuat business plan atau perencanaan bisnis Anda untuk terbaik di tahun 2022 :

  • Berani

    Semua orang hidup di dunia yang tidak pasti, tetapi peluang tetap berlimpah jika Anda mengusahakan yang terbaik dan berani. Bermimpilah besar dan jadilah ambisius. Memulai sebuah bisnis mungkin akan sedikit lelah tetapi pemikiran ambisius yang berani dapat menghidupkan kembali gairah Anda.

  • Tetapkan target pendapatan 2022 yang realistis

    Walaupun bisnis yang Anda mulai dapat dikatakan masih dalam skala yang kecil dan berpendapatan jauh dari kata fantastis, penting untuk selalu berusaha memiliki target yang berbeda setiap tahunnya. Jika 2022 menjadi tahun bisnis Anda yang pertama, maka ini waktunya memikirkan berapa target yang harus dicapai dalam setahun pertama. Poin ini juga menuntut optimistis serta keberanian dari dalam diri Anda.

  • Riset

    Untuk menulis business plan, Anda perlu meneliti pelanggan ideal dan pesaing Anda guna mendapat informasi yang akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih strategis.

  • Buat skenario pendapatan

    Berdasarkan kondisi dunia selama dua tahun terakhir, dapat disimpulkan bahwa segala yang terjadi untuk semua aspek kehidupan didunia tidak dapat diprediksi. Sebelum Anda menyelesaikan rencana pembelanjaan 2022, pastikan Anda telah mempertimbangkan skenario pendapatan yang baik, terbaik, bahkan terburuk untuk memastikan Anda dapat bertahan dan merespons dengan cepat agar tetap menguntungkan.

  • Buat skenario pengeluaran

    Peningkatan biaya hidup cenderung meningkatkan biaya gaji. Meningkatnya masalah pasokan juga cenderung meningkatkan biaya. Pastikan Anda telah mempertimbangkan skenario ‘bagaimana jika’ jika biaya Anda melonjak 20-30 persen.

 

Baca Juga :  Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

 

  • Pertimbangkan valuta asing

    Apakah Anda menjual dalam USD dan membayar sebagian besar biaya Anda dalam CAD? Jangan lupa untuk memikirkan dampak ayunan FX pada bisnis Anda. Mengamankan kontrak valuta asing untuk mengurangi risiko FX untuk bisnis Anda mungkin layak dipertimbangkan.

  • Berhati-hatilah dengan alokasi pengeluaran

    Menambah atau mengurangi pembelanjaan di seluruh perusahaan tidaklah strategis. Rencana pembelanjaan Anda harus menjadi perpanjangan dari strategi Anda dan oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan secara strategis bagaimana Anda akan mengalokasikan dana. Jika Anda berencana untuk meningkatkan pendapatan, Anda perlu berinvestasi dalam inisiatif pertumbuhan. Jika Anda ingin memperluas pendapatan ke klien yang sudah ada, Anda harus berinvestasi dalam kesuksesan pelanggan dan produk serta layanan bernilai tambah. Sekali lagi, bersikaplah realistis tentang seberapa banyak yang dapat Anda lakukan pada saat yang sama. Mengurutkan fokus dapat membawa hasil yang lebih besar.

  • Selesaikan rencana Anda

    Jangan berhenti sampai Anda membuat proyeksi keuangan untuk tahun 2022 yang menegaskan empat target seperti penjualan, pendapatan, laba, dan uang tunai.

  • Mengukur kemajuan

    Setelah Anda menyelesaikan rencana Anda, Anda dapat mengunggahnya ke perangkat lunak akuntansi untuk mengukur kemajuan Anda. Langkah ini meningkatkan akuntabilitas dan kepuasan.

  • Kemitraan

    Jika Anda berencana untuk mendekati perusahaan lain untuk berkolaborasi, milikilah gambaran yang jelas tentang visi dan misi, audiens, dan strategi pertumbuhan Anda yang akan memudahkan mitra untuk mengidentifikasi apakah bisnis Anda cocok untuk mereka atau tidak. Selain itu gambaran jelas tentang perusahaan Anda juga membuat mitra akan bertahan dalam kerjasama yang Anda jalin.

  • Kalibrasi ulang sesuai kebutuhan

    Sama seperti pelacak GPS, Anda mungkin perlu mengkalibrasi ulang saat digunakan. Jangan batalkan rencana Anda, cukup kalibrasi ulang dan lanjutkan.

 

Baca Juga :  Business plan itu penting !

 

Kesimpulan dan Penutup

Perencanaan bisnis atau business plan adalah proses berkelanjutan yang dapat membantu Anda memvalidasi ide , menetapkan tujuan, mengelola, dan menentukan keberhasilan dalam bisnis Anda. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, akan sangat membantu untuk melihat beberapa rencana bisnis yang sudah ada saat Anda akan menjalani proses business planning.

Business plan harus fleksibel karena pasar dan dunia berubah dengan sangat cepat. Bersiaplah untuk merespons beradaptasi. Selain itu Anda dapat menerapkan tiga poin setiap kali Anda perlu membuat business plan untuk perusahaan Anda. Diantaranya adalah mulailah lebih awal, tentukan siapa Anda, dan buat komitmen. Semakin cepat Anda dapat mengklasifikasi identitas dan niat Anda, semakin cepat hal-hal besar dapat terjadi. 

Related Post :