Tips Membuat Email Blast Efektif Untuk Pemasaran Bisnis

Business, Email Marketing / 0 | | 0

Electronic mail atau email (e-mail) diperkenalkan pada tahun 1960-an meski memang masih dalam keterbatasan. Sekarang email menjadi sangat umum dan menjadi salah satu metode komunikasi pribadi maupun antar bisnis yang disukai, juga merupakan metode yang nyaman untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan Anda kepada pelanggan. Namun, ada undang-undang untuk mencegah pemasar mengirim pesan email yang tidak diminta, yang juga disebut spam.

Anda dapat menghindari tindakan hukum jika Anda membatasi pesan promosi Anda kepada orang-orang yang telah menyatakan minatnya untuk menerima buletin dan informasi produk atau layanan Anda. Email blast ini juga dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan mencapai tujuan bisnis Anda. adapun email belas sendiri merupakan istilah yang digunakan dalam pemasaran email untuk menggambarkan tindakan mengirim satu pesan email ke daftar email besar secara bersamaan.

Penerima biasanya tidak ditargetkan secara strategis, oleh karena itu disebut sebagai ledakan atau blast dan sering dikaitkan sebagai email spam. Strategi email ini terbukti berhasil efektif, meski memang ada kekurangan disebaliknya. Meskipun begitu, ini adalah salah satu teknik pemasaran yang tepat bagi bisnis kecil yang baru memulai dan mempunyai keterbatasan dana. Simak tips mengenai email blast dibawah ini jika Anda tertarik menggunakannya untuk bisnis Anda.

 

Memahami Apa Itu Email Blast

Tips Membuat Email Blast Efektif Untuk Pemasaran Bisnis
 

Secara umum, email blast hanyalah email massal yang dikirim ke sejumlah besar alamat email pelanggan. Sayangnya pemasaran email jenis ini sering mendapatkan reputasi buruk karena sering kali tidak ditargetkan dan karena itu tidak relevan bagi penerima. Ini bisa terjadi ketika pemasar lebih fokus pada pengiriman email ke sebanyak mungkin kotak masuk dan kurang pada siapa mereka mengirim email.

Kampanye ledakan email memungkinkan pemasar menjangkau ratusan atau bahkan ribuan orang sekaligus. Sebagai salah satu metode pemasaran modern, email blast juga dianggap sangat praktis karena dapat menekan budget sehingga banyak bisnis baru yang ikut mengandalkan cara pemasaran ini terutama sekali dalam mengenalkan bisnis dan brand mereka.

 

Baca Juga  :   5 Jenis Content Marketing yang Efektif Untuk Pemasaran

 

Tips Membuat Email Blast Efektif

Perlu diketahui bahwa email lebih dari sekadar kata-kata di layar. Agar email blast Anad benar-benar berhasil, Anda harus memiliki rencana yang tepat sebelum Anda mulai membuat email itu sendiri.Berikut adalah tips dan langkah untuk membuat email blast yang cukup efektif untuk pemasaran bisnis :

  • Mempunyai tujuan dan strategi

    Apa yang ingin Anda capai dengan email ini? Apakah Anda ingin menghasilkan sejumlah pendaftaran atau penjualan? Apakah Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke halaman tertentu? Jawab semua pertanyaanku ini sehingga Anda dapat menentukan tujuan Anda sebelum membuat email untuk membantu memandu pengiriman pesan Anda.

  • Menggunakan alat otomatisasi pemasaran

    Pilih alat yang memungkinkan Anda untuk mengotomatisasi dan mempersonalisasi komunikasi, membuat email, dan memodifikasi berdasarkan kinerja. Anda juga menginginkan perangkat lunak yang terintegrasi dengan CRM Anda, sehingga Anda dapat menyimpan semua informasi dan aktivitas pelanggan di satu tempat.

  • Buat email

    Kemudian saatnya membuat email itu sendiri. Email Anda akan terdiri dari baris subjek, body copy, satu atau lebih gambar, dan CTA. Mungkin elemen yang paling penting adalah baris subjek, yang menentukan apakah pesan Anda akan dibuka atau tidak. Saat menulis baris subjek, pastikan untuk membuatnya pendek (50 karakter atau kurang), jelas dan cerdas. Hindari kata-kata penghentian seperti mendesak, uang tunai, atau jutaan, yang dapat memicu filter spam.

  • Memilah daftar kirim

    Kecuali jika pesan Anda benar-benar relevan dengan seluruh basis pelanggan Anda, Anda harus mengelompokkan daftar Anda. Anda dapat mengelompokkan prospek dan prospek dengan cara apa pun yang Anda inginkan, memilih kriteria seperti perilaku email, perilaku pembelian, demografi, atau preferensi sehingga email blast Anda akan lebih tertarget dan tidak dianggap spam.

  • Mengukur hasil

    Setelah Anda mengirim email, tunggu tiga hingga lima hari sebelum mengukur hasilnya. Pastikan untuk melacak data seperti rasio terbuka, rasio klik-tayang, dan berhenti berlangganan. Jika Anda menjalankan tes A / B, ini juga saatnya untuk menentukan hasilnya dan mendokumentasikan pembelajaran Anda untuk penggunaan riset pemasaran Anda di masa mendatang.

 

Baca Juga  :   Memahami Manfaat Menggunakan Kampanye Email Marketing Bagi Bisnis

 

Saat yang Tepat Untuk Mengirim Email Blast

Sederhananya, email blast biasanya adalah email yang dikirim sekali saja atau hanyalah kampanye email satu kali. Email blast tidak dapat dikirim setiap minggu atau bulan karena itu akan mengganggu pelanggan dan mengurangi kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda. berikut saat- saat yang tepat untuk melakukan email blast :

  • Ketika ada pengumuman yang penting
  • Untuk melibatkan kembali pengguna yang tidak aktif
  • Saat meminta ulasan, review dan testimonial
  • Mengirim buletin
  • Hari libur dan hari jadi khusus
  • Ketika bisnis mengadakan kontes, sale/discount atau giveaway

 

Baca Juga  :    Mailchimp : Pengertian dan Pengaruhnya Pada Email Marketing

 

Rekomendasi Alat Penyedia dan Aplikasi Email Blast

Tips Membuat Email Blast Efektif Untuk Pemasaran Bisnis
 

 

Ada banyak perangkat lunak pemasaran email di pasaran.. Kebanyakan dari penyedia dan aplikasi tersebut memungkinkan Anda untuk mengelola daftar email, membuat kampanye email, dan tentu saja mendistribusikan email. Beberapa penyedia yang bisa Anda coba termasuk :

  • MailChimp

    Salah satu opsi paling populer untuk pemasaran email dan sangat populer adalah Mailchimp. Penyedia layanan email blast ini menawarkan daftar integrasi yang cukup luas dan menawarkan banyak sumber daya swadaya. Secara keseluruhan, Mailchimp adalah alat pemasaran email yang cukup terjangkau dan kuat.

  • Email Solution dari IDCloudHost

    Sebagai perusahaan cloud computing nasional, IDCloudHost datang dengan banyak pendukung untuk situs web mulai dari domain, hosting, cloud, VPS hingga solusi email pemasaran bagi perusahaan, bisnis dan brand. Anda bisa mendapatkan bantuan dan dukungan untuk melakukan pemasaran email marketing Anda dengan harga terjangkau dari IDCloudHost

  • Constant Contact

    Sebagai pesaing yang sangat kuat di dunia pemasaran email dan untuk alasan yang bagus, Constant Contact dibuat sederhana dan dapat disesuaikan sehingga ii cukup bagus bagi pemasar dan pebisnis pemula yang ingin mencoba kampanye email blast pertama mereka. Constant Contact menawarkan solusi ramah anggaran dan pilihan template yang bagus untuk kampanye ledakan email.

  • InfusionSoft

    Sebagai alat otomatisasi pemasaran yang cukup komprehensif, InfusionSoft juga memiliki platform pemasaran email yang cukup mendalam. Penyedia email blast ini juga mengizinkan pengguna membuat kampanye otomatis, yang sangat cocok untuk bisnis kecil.

 

Simak panduan berikut ini jika Anda ingin membuat akun Zimbra email di IDClousHost :   Panduan Cara Membuat Akun Zimbra Email di IDCloudhost

 

Kesimpulan dan Penutup

Baik Anda membuat bisnis baru, menyemarakkan bisnis yang telah ada atau merencanakan acara besar berikutnya, Anda akan memerlukan cara untuk menyebarkan berita. Ada lebih dari beberapa pilihan pemasaran yang tersedia untuk Anda, tetapi metode yang sederhana, terjangkau, dan sangat efektif adalah email blast yang sudah menjadi bagian pemasaran modern saat ini.

Komponen inti dari pemasaran email, tujuan email blast tersebut adalah untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda, meningkatkan kesadaran merek, atau memberi tahu pengguna tentang pembaruan penting atau acara mendatang. Bisa dikatakan saluran pemasaran ini adalah aset yang kuat untuk strategi pemasaran Anda, dan mereka dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan jika Anda melakukannya dengan benar. Namun, jika Anda salah mengartikannya, mereka dapat dianggap mengganggu atau bahkan berisi spam. Jadi perhatikan bagaimana Anda melakukan email blast agar pelanggan Anda memahaminya.

Related Post :

popup image