Tips Membuat Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising

Business, Social Media Marketing / 0 | | 1

Perkembangan teknologi dan adanya inovasi yang cepat memberikan berbagai macam perubahan bagi masyarakat dalam melakukan banyak hal dalam kehidupan harian mereka. Pendekatan yang sebelumnya dilakukan secara kuno atau tradisional kini menjadi lebih modern dan efisien tidak terkecuali marketing yakni bagaimana suatu brand atau bisnis memasarkan produk dan jasa. Dahulu perusahaan dan bisnis lebih berfokus mengiklankan produk atau jasa mereka di TV, radio atau koran dimana pesan yang disampaikan hanya berisi informasi tentang produk dan pembeli mengetahui produk sebatas dari iklan yang beredar itu saja.

Bersamaan dengan kemajuan zaman, saat ini marketing fokus pada berbagai aspek serta juga platform. Tingginya pengguna sosial media juga menjadi alat untuk memasarkan produk atau jasa di berbagai platform, sehingga pendekatan yang kini dilakukan memperhatikan banyak aspek terkait media sosial seperti review dari pembeli, dan sebagainya. Mengingat pembeli kini bisa mendapatkan informasi produk yang dijual dari berbagai sumber, brand dan bisnis menjadi lebih menyadari betapa pentingnya opini para pelanggan mereka.

Ada beragam cara beriklan yang dipakai banyak perusahaan dan perseorangan di era modern, salah satu yang terkenal adalah PPC dimana ini adalah akronim dari Pay-Per-Click Advertising atau iklan yang dibayar per klik. Adapun PPC dapat dilakukan di banyak platform seperti Google AdWords maupun sosial media seperti Facebook, YouTube, Instagram dan sebagainya. Hanya saja, sebelum melakukan kampanye PPC, Anda harus menentukan jumlah budget dan petimbangan-pertimbangan lain agar kampanye Anda berjalan lancar dan sukses.

 

Manfaat Menggunakan Pay-Per-Click Advertising

Tips Membuat Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising
 

Sebagai bagian pemasaran digital atau online yang populer dan banyak diterapkan di zaman ini, Pay-Per-Click Advertising menawarkan berbagai manfaat yang mungkin menarik bagi Anda. Salah satunya manfaatnya adalah iklan dengan cara ini cost effective yang berarti Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak jika dipahami dengan benar. Masih banyak manfaat lainnya yang akan menjadi pertimbangan yang baik bagi Anda yang ingin menggunakan metode periklanan ini.

  • Hemat biaya dan sesusai dengan budget

    Ketika Anda beriklan dengan PPC, Anda hanya akan membayar sesuai dengan jumlah pengunjung yang Anda terima. Jika di model periklanan lain Anda perlu membayar setiap iklan ditampilkan, PPC mengkalkulasi jumlah pengunjung saja. Sehingga jika iklan Anda tidak mendapatkan banyak pengunjung, Anda tidak merasa terlalu ‘rugi’, pengeluaran hanya sebanyak pengunjung yang ada. Model periklanan yang memerlukan biaya setiap iklan ditampilkan tidak menjamin banyaknya pengunjung dan Anda perlu merogoh biaya yang dalam tanpa hasil yang sesuai.

  • Efektivitas iklan yang baik

    Menggunakan Pay-Per-Click Advertising memberikan Anda informasi bagaimana performa dari suatu iklan dalam bentuk statistik. Anda dapat melihat dan melakukan evaluasi pada iklan Anda dari informasi yang didapatkan seperti berapa banyak like, visitor, conversion, atau angka impression.
    Baca Juga   :    6 Tren Digital Marketing Tahun 2022

  • Kemampuan mengoptimasi iklan yang ada

    Karena data dan informasi yang Anda dapatkan berguna untuk menjadi bahan evaluasi apakah iklan bekerja dengan baik atau ada hal yang perlu dikembangkan lagi. Ini dikarenakan strategi yang banyak disarankan saat ini adalah membuat variasi iklan dan membandingkan mana yang paling berpengaruh dan efektif, serta mana yang tidak yang mana cara ini memungkinkan Anda mendapat hasil yang baik di masa mendatang.

  • Segmentasi yang akan menjangkau audiens yang relevan dan tertarget

    Kelebihan utama dari cara iklan ini adanya pilihan segmentasi agar memastikan Anda tidak membuang satu klik pun karena nantinya iklan hanya ditampilkan kepada audiens yang menjadi target pasar Anda. Hasil yang baik akan didapatkan karena yang audiens yang merupakan bagian dari target pasar Anda lebih tertarik mengklik iklan yang Anda miliki. Selain itu, semakin tinggi presentasi klik, maka semakin rendah biaya yang Anda keluarkan.

 

Baca Juga  :       Fungsi dan Tipe/Jenis B2B Marketing Terbaik 2022

 

Tips dan Strategi Pemasaran Untuk Pay-Per-Click Advertising

Tips Membuat Strategi Pemasaran Dengan Menerapkan PPC (Pay-Per-Click) Advertising
 

 

Mengingat ini adalah bagian pemasaran yang mungkin belum umum bagi banyak bisnis dan target pelanggan mereka, tentu saja pertama kali yang harus Anda lakukan adalah benar-benar mempelajarinya. Lalu agar kampanye yang Anda jalankan berjalan dengan lancar dan sukses tentu Anda perlu mempersiapkan berbagai hal seperti menggunakan keyword yang efektif hingga mencoba ekstensi. Berikut adalah tips yang bisa membantu Anda sebelum meluncurkan kampanye dengan Pay-Per-Click Advertising.

  • Menentukan target pasar yang jelas

    Pertama yang pasti adalah Anda harus mentukan target pasar yang ingin Anda jangkau dengan kampanye yang dari sini Anda juga harus menyesuaikan keyword yang Anda gunakan dengan target tersebut. Anda akan memilih parameter geografis dan demografis agar iklan sampai ke target pasar yang dituju. Pastikan iklan Anda menarik, berhubungan dengan keywords yang Anda gunakan kemudian perhitungkan hasil seperti apa yang Anda inginkan. Dalam hal ini, apakah Anda ingin audiens membeli produk, menonton video ataupun mendaftarkan email mereka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Apapun target Anda, pastikan semua dilakukan dengan jelas sehingga mudah dipahami oleh target Anda.

  • Memanfaatkan mengiklankan produk Anda di banyak platform online dan digital

    Perlu diketahui, mayoritas bisnis saat ini berfokus pada iklan online di Google Ads yang memang terbukti efektif karena Google Ads memungkinkan produk Anda mencapai audiens dengan jumlah yang fantastis, termasuk orang-orang yang berada pada target pasar Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak hanya fokus pada penggunaan Google Ads sehingga Anda bisa menjangkau target pasar Anda di berbagai platform. Anda dapat memanfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Instagram maupun TikTok yang mampu meningkatkan brand awareness, loyalitas pembeli hingga mendapatkan penjualan. Lakukanlah research platform apa yang cocok dengan produk yang Anda tawarkan agar menjangkau target pasar yang diinginkan.

  • Meluncurkan kampanye untuk melakukan remarketing

    Apakah Anda merasa taktik dan metode Anda dianggap kurang efektif? Maka Anda dapat mencoba remarketing merupakan salah satu taktik periklanan yang bisa Anda gunakan. Remarketing sendiri merupakan metode untuk memasarkan ulang bisnis Anda kepada orang-orang yang berinteraksi dengan website Anda. Dari sini Anda bisa menentukan audiens untuk kampanye remarketing, mengerucutkan audiens Anda secara lebih spesifik menurut halaman, perangkat dll lewat Google Analytic. Taktik ini terbukti ampuh untuk membuat pengunjung membeli produk Anda yang mana ketika Anda sudah membangun audiens, Anda bisa mulai menggunakan taktik ini.

  • Menambahkan bantuan extensi iklan

    Lebih umum digunakan dan diketahui, jaringan iklan seperti Google Ads selalu memperluas daftar ekstensi iklan mereka tetapi ada beberapa ekstensi yang mungkin cocok dengan Anda. Dua diantaranya yang bisa Anda coba adalah mesaage extension yang sesuai bagi pengguna mobile user dan call extension agar panggilan telpon pada bisnis menjadi lebih mudah, praktis dan instan. Dari kedua opsi ini Anda bisa menggunakannya sekaligus atau hanya satu diantaranya yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bisnis Anda itu sendiri.

 

Baca Juga  :     Cara Kerja Content Marketing yang Mudah dan Efisien

 

Kesimpulan dan Penutup

Di zaman yang serba digital saat ini ada banyak taktik dan cara pemasaran produk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Marketing yang sebelumnya menggunakan media seperti koran, televisi dan radio perlahan-lahan tergantikan dengan iklan di platform daring. Jika Anda seorang pebisnis, salah satu cara beriklan yang bisa dicoba adalah Pay-Per-Click advertising atau PPC yang merupakan iklan yang hanya dibayar berdasarkan klik yang didapat dan juga telah banyak membuat banyak bisnis dan brand dikenali.

Ini adalah opsi yang sangat inovatif jika dibandingkan dengan model iklan tradisional dimana bisnis harus tetap membayar setiap kali ditayangkan yang performanya tidak dapat diukur. Dengan adanya PPC, tidak hanya Anda cuma membayar sesuai dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website Anda, tapi juga Anda dapat melacak performa serta menargetkannya dengan target relevan sehingga iklan Anda tidak sia- sia.

 

Related Post :

popup image